Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Pentingnya Support System untuk Blogger

 

Pentingnya Support System untuk Blogger



"You can't achieve anything entirely by yourself. There's a support system that is a basic requirement of human existence. To be happy and successful on earth, you just have to have people that you rely on." ~ Michael Schur



Manusia sejatinya memang tidak bisa hidup sendirian. Sebagai makhluk sosial, tentunya kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Bukan.., bukan untuk menjadi tergantung dan tidak mandiri, melainkan menjadi sumber motivasi dalam berusaha. 


Begitu juga saat menjadi blogger. Blogger butuh support system. Hari ini saya mau cerita tentang pentingnya positive support system bagi blogger dan siapa saja orang-orang yang mendukung saya untuk menjalani dunia blogging


Apa Sih Support System Itu? 


Emangnya apa sih yg support system itu? Kalau menurut Highland Springs Clinic, support system adalah seseorang atau sekelompok orang yang dapat membantu secara nyata dan memberikan dukungan emosional. Orang yang kita percaya sebagai support system bisa membuatmu merasa lebih aman dan secara tidak langsung meningkatkan kualitas kesehatanmu.


Dengan adanya support system, kecemasan dan ketakutan yang dirasakan dalam menghadapi situasi sulit tertentu dapat menurun karena kita tahu ada sosok yang bisa diandalkan dan siap mengulurkan tangan kapanpun dibutuhkan. 

Melalui laman Health Shots, seorang psikolog senior bernama dr. Preeti Kochhar mengatakan bahwa dukungan emosional dari sosok yang dipercaya dapat membantu seseorang melewati masa-masa sulit dengan cara yang tidak terduga. 

Kebanyakan orang memang tidak suka menerima nasihat sewaktu menghadapi persoalan. Akan tetapi, jika orang tersebut diizinkan meluapkan perasaannya dan ada support system yang bersedia meminjamkan telinga baginya, ia akan merasa diperhatikan dan tidak perlu khawatir berlebihan sebab ia tahu, ia tidak menghadapi tantangan itu seorang diri.

Saat kita sedang dikejar target, misalnya, bukankah akan lebih menyenangkan jika memiliki seseorang untuk mencurahkan keluhan sebelum kembali berkutat dengan pekerjaan yang harus diselesaikan? 

Di lain waktu ketika  mendapatkan komplain dari klien karena ada kesalahan minor yang diperbuat, daripada menangis seorang diri, bukankah lebih nyaman menerima afirmasi positif supaya bisa kembali semangat bekerja?

Manfaat Support System

Apa sih manfaat support system itu? Mengapa sangat penting bagi kita untuk memiliki support system itu? 

Support system memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Tak sekadar menjadi bahu untuk bersandar. 

Berikut manfaat memiliki support system

Self of belonging

Memiliki support system membuat kita memiliki rasa saling memiliki. Memiliki support system membuat kita menyadari sebagai bagian dari kelompok, yang memungkinkan kita untuk terus maju dan berkembang. 

Self esteem

Tak hanya mampu memunculkan rasa saling memiliki, support system membuat kita merasa dihargai. Adanya support juga mampu membuat kita menyadari bahwa kita memiliki orang-orang yang sangat mendukungmu. 

Dukungan emosional

Support system memberikan dukungan emosional bagi kita. Support system bisa merasa aman bahkan ketika dunia kita sedang tidak baik-baik saja. Kita yakin bahwa ada seseorang atau sekelompok orang yang peduli dan siap menopangmu di kala kesulitan datang.

Mengurangi stres

Memiliki support system bisa mengurangi stres. Saat kita terkena masalah, ada support system yang akan menghibur sekaligus menyemangati untuk bangkit lagi. Dengan begitu, stere akan berkurang. 

Menjaga kesehatan mental

Pada akhirnya, support system bisa menjaga kesehatan mental kita. Saat kita tidak perlu melalui rintangan hidup seorang diri tentunya bisa mencegah munculnya stres dan kecemasan. Hal ini memberikan efek tenang pada jiwa yang tentunya berpengaruh positif terhadap kualitas kesehatan mental.

Nah, bagaimana? Banyak ya manfaat memiliki support system itu. Oleh karena itu, penting banget punya support system itu, termasuk bagi blogger. 

My Support System

Lima tahun menekuni dunia blogging tak akan mudah jika tanpa dukungan orang-orang terdekat. Apa yang sudah saya jalani hingga kini, tidak terlepas dari support system yang saya miliki. 

Berikut adalah beberapa support system yang saya miliki. 

Suami

Suami adalah support system utama saya. Sebagai seorang istri, dimana semua langkah yang dilakukan harus dengan seizin suami, maka tak heran jika suami adalah pendukung utama saya dalam menekuni dunia blogging ini. 

Manfaat support system


Tak hanya memberikan izinnya, suami juga yang dulu membantu saya membuat blog. Dia juga yang memberikan dukungan finansial untuk membayar domain.

Suami juga mendukung jika saya harus ikut pelatihan blogging. Mulai dari pelatihan menulis hingga SEO Workshop. 

Bahkan, suami juga mendukung dengan mau berbagi peran mengurus anak dan pekerjaan rumah, jika saya ada pekerjaan blogging. Ah, love you sekebon pak suami 🥰🥰🥰. 

Anak

Dua puteri saya juga merupakan support system bagi saya. Mereka tak hanya sebagai sumber inspirasi bagi tulisan saya, tetapi juga bagaimana mereka bisa memahami pekerjaan ibunya ini. 

Saat saya sedang bekerja didepan laptop, mereka tidak mengganggu. Saat saya harus keluar rumah untuk meliput acara, mereka pun bisa mengerti. 

Bahkan, mereka suka bercerita dengan bangga pada teman-temannya. Katanya, ibunya itu blogger dan tulisan ibunya bisa ditemukan di Google. Hehe, saya jadi terharu. 

Bestie 

Bestie alias sahabat adalah support system yang juga penting dalam hidup saya. Saat sumpek dengan deadline pekerjaan atau mengalami writers block, chit chat dengan sahabat adalah obat mujarab. 

Salah satunya, bisa cekikikan dengan teman-teman di Drakor Class, adalah obat mujarab saat sedang mumet dengan deadline. 

Baca Juga : Persahabatan Kami Sehangat Kisah Hospital Playlist

Tak hanya Drakor Class, ada dua genk bestie yang saya miliki, Ticicong & Lambe Lamis. Haha, jangan salfok ke namanya nya. 

Sahabat adalah support system


Ticicong adalah genk teman SMA, sedangkan Lambe Lamis adalah genk teman SMP. Dan keduanya cuma beranggotakan 3 orang. 

Pentingnya support system


Oh ya, ada juga genk olahraga yang juga menjadi support system saya, namanya genk BISTIQ. Olahraga juga penting bagi blogger biar tetap sehat. Apalagi kalau olahraga bareng bestie. Double bahagianya! 

Olahraga pound fit


Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah support system terpenting bagi blogger. Di komunitas, blogger bisa belajar banyak hal sekaligus menjalin relasi. Bahkan, dari komunitas ini jugalah, blogger mendapatkan pekerjaan. 

Baca Juga : My Blogger Buddies

Hingga saat ini, saya pun bergabung dalam beberapa komunitas blogger. Mulai dari KEB (Kumpulan Emak Blogger), IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis), ISB, BLITZ, Blogger Crony, Blogger Perempuan, dan yang paling baru adalah CAK KAJI, yang merupakan komunitas bagi para kompasianser Jawa Timur. 


Penutup

Support system menjadi bagian penting yang harus kita miliki dalam hidup. Memiliki support system akan membuat kita tetap semangat dalam menghadapi setiap tantangan yang datang. 

Pun sebagai blogger, sangat penting memiliki support system. Jatuh bangun dalam dunia blogging yang sudah saya alami selama lima tahun terakhir ini, menjadi lebih mudah dilalui dengan adanya dukungan dari orang-orang terdekat. 

Support system membuat kita lebih semangat meraih impian dan tetap berdiri untuk bangkit dari badai yang menerpa. 

Bagaimana dengan teman-teman? Siapa support system yang teman-teman miliki? Share di kolom komentar, ya! 

Kumpulan emak blogger






Tidak ada komentar

Posting Komentar