Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Bulan Ramadan Saat yang Tepat untuk Menanamkan Sikap Peduli Pada Anak. Lakukan dengan 5 Kegiatan Sosial Ini

 

Bulan Ramadan Saat yang Tepat untuk Menanamkan Sikap Peduli Pada Anak. Lakukan dengan 5 Kegiatan Sosial Ini




Ramadan bulan mulia. Bulan penuh keberkahan. Ramadan tak hanya menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan anak nilai-nilai ibadah, tetapi juga baik untuk menumbuhkan sikap peduli pada anak. Sangat penting agar anak memiliki sikap peduli. Dan itu bisa ditumbuhkan dengan mengajak anak melakukan beberapa kegiatan sosial saat bulan Ramadan. 


Pentingnya Anak Memiliki Sikap Peduli Pada Sesama


Mengapa anak harus memiliki sikap peduli pada sesama? Ada banyak manfaat positif yang didapat bila anak memiliki kepedulian pada sesama, diantaranya;


Pandai bersyukur


Jika anak memiliki jiwa kepedulian pada sesamanya, dia akan pandai bersyukur. Dia akan mensyukuri apa yang ada pada dirinya. Sebab, dia banyak melihat orang lain yang kurang beruntung dari dirinya. 


Bulan Ramadan Saat yang Tepat untuk Menanamkan Sikap Peduli Pada Anak. Lakukan dengan 5 Kegiatan Sosial Ini



Mensyukuri kesehatannya saat melihat orang yang sakit. Mensyukuri kenyamanannya tinggal di rumah yang nyaman saat melihat orang lain hidup menggelandang tanpa tempat tinggal. Mensyukuri nikmat kenyang saat ada orang yang lapar. Dan segala berkat yang dimilikinya. 


Memperluas wawasan


Saat si kecil melihat sekitarnya yang kurang beruntung dari dirinya, wawasannya bertambah. Bahwa, tidak semua orang bisa hidup berkecukupan. Mereka yang beruntung harus membantu pada yang kurang beruntung. 


Berbuat kebaikan


Melalui rasa kepedulian yang dimiliki, anak bisa melakukan kebaikan. Dia bisa melakukan kegiatan sosial untuk membantu orang lain. Dia akan tahu bagaimana rasanya berbuat kebaikan. 


Cara Menanamkan Sikap Peduli Pada Anak


Menanamkan sikap peduli pada anak tentu butuh proses. Anak tidak secara tiba-tiba memiliki sikap peduli. Beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menanamkan sikap peduli pada anak antara lain;


Keteladanan


Anak adalah peniru ulung. Mereka akan mudah mencontoh apa yang dilihatnya sehari-hari. 


Jika ingin anak memiliki sikap peduli, tentu terlebih dahulu orang tua perlu menunjukkan sikap kepeduliannya pada sesama. 


Perlihatkan sikap kepedulian, misalnya mengajak si kecil berbagi ke anak-anak panti asuhan. 


Jelaskan makna kepedulian


Sebelum anak-anak memiliki sikap peduli, jelaskan terlebih dahulu maknanya. Ajarkan padanya apa itu sikap peduli. Mengapa harus memiliki kepedulian pada sesama. 


Dengan begitu, akan muncul sikap empati pada anak. Rasa kepeduliannya pun tumbuh. 



Ceritakan kisah inspiratif


Anak tentu makin semangat jika mendengar kisah inspiratif tentang pentingnya kepedulian. Dia akan merasa bahwa kepedulian itu nyata manfaatnya. Dan bisa dilakukan. 


Baca Juga : Cerita Mengajarkan Toleransi Melalui Dongeng


Kisahkan kisah-kisah Nabi dan sahabatnya yang selalu punya sikap peduli pada sesama. Kisah inspiratif seperti ini akan membuat si kecil terinspirasi untuk melakukan hal yang sama, peduli pada sesama. 


Konsisten


Mengajak anak untuk memiliki sikap peduli tak cukup satu kali. Lakukan secara konsisten. Sebisa mungkin selalu ajak anak menumbuhkan sikap pedulinya. 


Mengajak anak melakukan kegiatan sosial


Mengajak anak melakukan kegiatan sosial menjadi cara yang ampuh untuk menumbuhkan sikap peduli pada anak. Mereka bisa learning by doing. 


Ajak anak melakukan berbagai kegiatan sosial untuk mengasah kepekaan sosialnya. Kegiatan sosial bisa menumbuhkan sikap kepedulian. 


Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan Bersama Anak


Manfaatkan momen Ramadan untuk mengajak anak melakukan kegiatan sosial. Beramal soleh di bulan penuh berkah ini tentu akan memiliki pahala yang berlipat. 


Beberapa kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa dilakukan bersama anak. 


Sedekah


Sedekah menjadi kegiatan sosial sederhana yang bisa dilakukan bersama anak. Biasanya saya mengajak anak bersedekah selepas shalat tarawih. Memasukkan sejumlah uang di kotak amal masjid. Sederhana, tetapi bisa mendorong anak untuk mau berbagi. Mau peduli dengan orang lain. 


Baca Juga : Selasa BerInfaq


Berbagi takjil


Ramadan menjadi momen yang tepat untuk mengajak anak berbagi takjil. Ajak anak berbagi takjil di jalan. Memberi kepada orang-orang yang lewat. Agar buka mereka meriah karena takjil yang dibagikan. 


Buka bersama anak yatim


Boleh juga mengajak anak buka bersama dengan anak-anak yatim. Ajak anak membagikan hidangan buka puasa ke panti asuhan. 


Donasi


Biasanya, lebaran identik dengan baju baru. Setelah membeli baju baru, ajak si kecil mendonasikan baju lamanya yang layak pakai. 


Bulan Ramadan Saat yang Tepat untuk Menanamkan Sikap Peduli Pada Anak. Lakukan dengan 5 Kegiatan Sosial Ini



Tak hanya menjadi kegiatan sosial, ini juga membantu anak memiliki barang secukupnya. Mengeluarkan baju lama setelah membeli baju baru. 


Bisa juga mengajak anak mendonasikan mainannya. Membaginya untuk anak-anak lain yang kurang beruntung. 


Seperti Ramadan ini, bersama tempat ngajinya si kecil mendonasikan pakaian dan mainan untuk anak-anak di Palestina. 


Membayar zakat fitrah


Membayar zakat fitrah adalah kegiatan sosial yang hanya dilakukan di bulan Ramadan. Tak sekadar kegiatan sosial, membayar zakat fitrah adalah sebuah kewajiban. 


Ajak si kecil saat membayar zakat fitrah. Kegiatan ini bisa mengajarkan padanya tentang kewajiban sebagai seorang muslim sekaligus menumbuhkan kepeduliannya pada sesama. 


Penutup


Manfaatkan Ramadan sebagai waktu yang tepat untuk menumbuhkan rasa kepedulian pada anak. Ajarkan anak pentingnya berbagi pada sesama. 


Semoga dengan melakukan beberapa kegiatan sosial di atas, anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang peduli pada sesamanya. 


#BPNRamadan2024

#BPNRamadan2024Day11



11 komentar

  1. Aku pun sama mbak. Sebelum berbuka.. waktu anak2 kecil diajari untuk pandai bersyukur, cerita tentang kisah2 teladan di buku. Ngajak untuk sedekah dan berbagi.

    BalasHapus
  2. Ada banyak aksi sosial yang bisa kita terapkan kepada anak ya. Intinya sebagai orang tua dan lingkungan terdekatnya, kita harus menjadi contoydan teladan yang baik pastinya

    BalasHapus
  3. Si adik, anak kedua saya umur 6.5 tahun, juga sudah terbiasa dengan aksi-aksi sosial. Hanya satu yang belum saya tunjukkan padanya, yaitu tentang membayar zakat fitrah. Makasih diingatkan, insyaa allah masih ada waltu benerapa hari lagi.

    BalasHapus
  4. Memangnya untuk peduli pada sesama itu harus diajari sejak kecil apalagi momentum Ramadhan ini bisa digunakan untuk mengajari si kecil untuk berbagi termasuk ketika berzakat fitrah

    BalasHapus
  5. Well said, mba Dian
    momentum yg tepat banget ya
    di Ramadan ini utk ajarkan anak peduli dgn org lain.

    BalasHapus
  6. Jika sejak kecil dikenalkan pada kegiatan sosial gini, Insya Allah ketika besar nanti bisa melanjutkan contoh2 yang pernah dilihatnya semasa kecil.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, jadi bersyukur anakku sekolah di lingkungan yang banyak mengadakan kegiatan sosial kek gini juga, terus juga beberapa waktu suka ada bagi2 sembako untuk warga sekitar.

    BalasHapus
  8. Ramadan membuka banyak pintu orangtua untuk mengajarkan banyak hal yaa..
    Salah satunya adalah berbagi. Momennya pas banget yaah..

    BalasHapus
  9. Bener banget, Ramadan saatnya menanamkan kebaikan pada anak-anak ya Mbak.

    BalasHapus
  10. Betup nih. Bulan Ramadan jadi momen yang pas untuk ngajarin anak tentang kebaikan dan peduli sesama. Apalagi kegiatan sosial yang dipilih dilakukan sore hari, itung² sambil ngabuburitkan ya.

    BalasHapus
  11. Bener banget mba. Ramadan kesempatan ortu ya untuk mengajarkan hal-hal baik ke anak. Aku sampai melupakan hal ini karena ya berjalan aja apa adanya. Masih ada dua hari lagi nih bisa kukenalkan kebaikan dan bersyukur ke anak

    BalasHapus