Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Aksi Nyata PAFI Probolinggo untuk Bangsa

 

PAFI kabupaten Probolinggo


Dulu, saat lulus dari bangku sekolah menengah pertama (SMP), saya punya cita-cita untuk melanjutkan kuliah ke  SMF (Sekolah Menengah Farmasi). Bagi saya, ahli farmasi itu keren. Mereka punya andil dalam menjaga kesehatan bangsa. Sebagaimana yang dilakukan oleh PAFI Probolinggo. Berbagai kegiatan sudah dilanjutkan, wujud aksi nyata PAFI Probolinggo untuk bangsa. 


Berkenalan dengan PAFI


PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) adalah organisasi skala nasional yang bergerak di bidang kefarmasian. Keberadaan organisasi ini sudah ada sejak Indonesia merdeka. Namun, PAFI baru diresmikan pada tanggal 13 Februari 1946  di Yogyakarta. 


Sejak dulu PAFI telah punya peran penting dalam mendukung pembangunan bangsa, khususnya di bidang kesehatan. PAFI tak hanya ada di tingkat nasional saja, tetapi juga ada dalam skala daerah, salah satunya PAFI Probolinggo. 


Visi dan Misi PAFI Probolinggo


Ketua PAFI Kota Probolinggo saat ini dijabat oleh Ida Ayu Made Manuastiniari, A,Md.Farm. Sebagai organisasi profesi, PAFI memiliki sejarah panjang demi memajukan kesadaran hidup sehat di Indonesia. PAFI tingkat pusat telah menyatukan ahli farmasi di seluruh Indonesia guna mengembangkan profesi sesuai perkembangan ilmu dan teknologi. 



PAFI Probolinggo memiliki visi dan misi tersendiri untuk bisa melakukan perannya dalam membangun bangsa. 


Visi PAFI Probolinggo adalah menjadi organisasi yang unggul dalam pengembangan profesi farmasi. 


Sedangkan misinya adalah:


  • Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme ahli farmasi.

  • Mendorong penelitian dan pengembangan di bidang farmasi.

  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.



Aksi Nyata PAFI Probolinggo untuk Bangsa


Selama ini, PAFI Probolinggo sudah banyak melakukan kegiatan untuk masyarakat di sekitarnya. Kegiatan ini menjadi aksi nyata PAFI Probolinggo untuk ikut serta membangun bangsa. 


Berikut aksi nyata yang sudah dilakukan oleh PAFI Probolinggo. 



1. Pelatihan & Workshop


PAFI Kabupaten Probolinggo memiliki program pelatihan atau workshop berkala dengan pembahasan materi perkembangan terbaru di bidang farmasi, teknologi farmasi, serta manajemen farmasi.


Jadi, bila teman-teman ingin mendapatkan pelatihan di bidang yang sudah disebutkan, silahkan ikuti workshop yang disediakan oleh PAFI  Probolinggo ya.


2. Seminar & Simposium


Program kerja kedua, ada seminar dan simposium. Di program ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi dari para pakar dan praktisi secara langsung lho! Para pemateri kredibel ini akan berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait isu-isu terkini di dunia farmasi.


3. Pengabdian Masyarakat


PAFI Probolinggo juga memiliki program kerja yang langsung memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat lho! Beberapa program pengabdian masyarakat yang pernah dilakukan antara lain seperti; penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan kampanye penggunaan obat yang bijak di masyarakat.


PAFI Kabupaten Probolinggo




4. Sertifikasi Profesi


Selain menargetkan masyarakat umum, PAFI juga ingin memberikan manfaat terbaiknya untuk para tenaga medis dan farmasi, khususnya yang telah menjadi anggota PAFI Probolinggo. Jadi, para anggota PAFI akan mendapatkan sertifikasi profesi untuk meningkatkan kredibilitas dan kompetensi di bidang farmasi. 


5. Bakti Sosial


PAFI Kabupaten Probolinggo juga pernah melakukan bakti sosial atau baksos untuk masyarakat di sekitarnya. Contohnya, PAFI Probolinggo bisa melakukan bakso untuk korban banjir dan penanganan gizi buruk. 


Penutup


Melalui berbagai aksi nyata yang dilakukannya, PAFI Probolinggo telah membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan farmasi yang berkualitas dan terjangkau. PAFI kabupaten Probolinggo juga berperan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran farmasi dalam sistem pelayanan kesehatan.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Probolinggo ini juga ikut terlibat dalam peningkatan kapasitas kefarmasian. Ahli Farmasi bisa terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya untuk memberikan layanan terbaik bagi bangsa. 



Tak hanya itu, PAFI Probolinggo juga berperan sebagai fasilitator bagi para ahli farmasi di wilayah ini untuk terus mengembangkan kompetensi dan pengetahuannya dalam bidang farmasi. 


Demikian cerita tentang aksi nyata PAFI Probolinggo untuk membangun bangsa. Bagi teman deestories yang ingin tahu lebih lengkap tentang kegiatan PAFI Probolinggo, kunjungi langsung website resminya, ya! 

25 komentar

  1. Keren...salut pada kontribusi dan aksi nyata yang dilakukan PAFI Probolinggo dalam bidang kefarmasian seperti membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan farmasi yang berkualitas dan terjangkau juga aksi lainnya, demi membangun bangsa yang lebih baik ke depannya

    BalasHapus
  2. Jujur aku baru tahu loh ada organisasi PAFI. Dalam hal kesehatan selama ini tahunya IDI aja. Padahal ahli farmasi juga sangat penting untuk pelayanan dalam hal obat-obatan.

    BalasHapus
  3. Semoga dampak kontribusi dan aksi nyata PAFI semakin terlihat di masyarakat terutama untuk membasmi mitos-mitos tentang pengobatan

    BalasHapus
  4. Kiprah Pafi Probolinggo sangat bermanfaat bagi masyarakat agar mereka semakin tercerahkan dan sadar pentingnya mendapat obat-obatan yang aman

    BalasHapus
  5. PAFI Probolinggo gak hanya bertumbuh bersama masyarakat tetapi juga turut memberi kontribusi yang besar karena ada kontribusi nyata yang dilakukan melalui Pelatihan & Workshop, pengabdian masyarakat dan juga aksi sosial.

    BalasHapus
  6. Masya Allah programnya luar biasa sekali yan.. bertumbuh bersama masyarakat

    BalasHapus
  7. Bagus nih organisasi profesi seperti PAFI bersedia untuk terus memberikan edukasi pada masyarakat serta peduli pada peningkatan kemampuan para anggotanya dengan berbagai workshop yang diadakan.

    BalasHapus
  8. Semoga PAFI probolinggo dapat memberikan manfaat positif bagi semua masyarakat.

    BalasHapus
  9. wuah keren juga ya PAFI Probolinggo, semoga bisa ditiru oleh PAFI-PAFI di kota lain. Semangat!!

    BalasHapus
  10. Mantap ini ada sertifikasi profesi juga, sehingga kesejahteraan para anggotanya untuk makin berkembang dan punya skill bertambah ya

    BalasHapus
  11. Keberadaan PAFI membuat masyarakat lebih tenang karena adanya ketersediaan obat-obatan yang dikeluarkan oleh ahlinya dengan skill yang sudah mumpuni

    BalasHapus
  12. Salut dengan visi, misi, dan tindakan nyata dari PAFI Probolinggo. Memberikan literasi tentang farmasi yang tentunya sangat dibutuhkan publik. Dengan cara ini masyarakat jadi lebih kenal dengan karakterisasi obat-obatan sekaligus sadar akan pentingnya hal tersebut. Tentu saja akan memberikan manfaat sebanyak mungkin dalam memahami setiap obat yang berhubungan dengan kesehatan fisik.

    BalasHapus
  13. PAFI dengan cabangnya yang ada di berbagai daerah, termasuk Probolinggo, pastinya akan lebih bisa mengedukasi masyarakat tentang obat-obatan.

    BalasHapus
  14. keren banget PAFI, membentuk persatuan profesional agar anggotanya selalu update
    Selama ini orang hanya tahu dokter yang menjaga kesehatan masyarakat
    dan melupakan para apoteker yang berjasa menyiapkan obat
    apa jadinya kita tanpa jasa para apoteker

    BalasHapus
  15. Barakallaah untuk komunitas/organasi yang banyak berkontribusi untuk masyarakat.
    Termasuk PAFI ini...
    membantu dan memudahkan banyaak orang
    Semoga semakin banyak organisasi serupa yang berpengaruh banyak untuk sesama

    BalasHapus
  16. Keren banget ya kak PAFI Probolinggo ini memiliki visi dan misi tersendiri untuk bisa melakukan perannya dalam membangun bangsa.

    BalasHapus
  17. Pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi selain dokter, aku pikir pharmasist yaa..
    Karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan dengan adanya PAFI Probolinggo, ada wadah untuk berkontribusi pada masyarakat.

    BalasHapus
  18. Kayaknya kerjaan farmasi sangat menjanjikan ya, mba. Organisasi Pafi kaya gini membantu buat improve dan networking dengan rekan lainnya.

    BalasHapus
  19. aku kira farmasi kerjaannya hanya berkecimpung di dunia peracikan obat dan sales, ternyata banyak juga kontribusinya ya, hebat...

    BalasHapus
  20. Semoga upaya PAFI untuk memberika edukasi tentang obat semakin melejit, hingga mitos tentang obat di masyarakat kita bisa terjawab dan sirna.

    BalasHapus
  21. ih emanglah dikau nih keren mbak. Banyak sekali minatnya. Aku baru dengan akronim PAFI ini. bebrapa kali mempunyai teman farmansi tapi jarang mereka membahas seputar komunitas semcam ini. Semoga makin banyak ornag teredukasi ya dg adanya PAFI

    BalasHapus
  22. Salut banhet sama lembanga yang banyak kontribusinya pada masyarakat, apalagi yang bersentuhan langsung kayak workshop dan bansos, nilak edukasi dan sosialnys berjalan beriringan.

    BalasHapus
  23. Keren banget ada pelatihan/workshop seputar farmasi yang diadakan Pafi probolinggo, sangat bagus dan cocok untuk mahasiswa yang menempuh kuliah di bidang farmasi. Wajib ikut.

    BalasHapus
  24. Semoga dengan berbagai aksi nyata yang dilakukan PAFI Probolinggo, masyarakat makin merasakan manfaat dari keberadaan organisasi ini ya. Manfaat dalam bidang kesehatan, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat

    BalasHapus
  25. Keren banget PAFI Probolinggo. Ikut kontribusi buat masyarakat, nggak cuma mikirin kerja dan nambah keuntungan dari bisnis obat kimia.

    BalasHapus