SCRIPT ANTI M1 BL Serunya Berkunjung ke Museum Tembakau Jember - Dee Stories

Serunya Berkunjung ke Museum Tembakau Jember




Museum, kapan terakhir kali berkunjung ke museum? Ya, museum seringkali tidak menjadi destinasi favorit saat berwisata. Museum kesannya kuno dan kurang asyik dikunjungi. Eitss, kesan kuno dan kurang asyik tidak akan berlaku kalau kamu berkunjung ke Museum Tembakau Jember. Disini kamu tak hanya bisa mengenal tembakau lebih dalam, tapi juga bisa menikmati benda-benda yang dipamerkan. Lalu pastinya bisa dapat foto-foto yang instagramable lho.


Jember dan Tembakau


Jember tak bisa dipisahkan dengan tembakau. Letak geografisnya yang cocok untuk budidaya tembakau, membuat Jember menjadi kota penghasil tembakau di Indonesia selain Klaten dan Deli. Tembakau menjadi komoditas ekspor bagi kota Jember. Dari tembakau. Jember banyak menghasilkan devisa untuk negara. Tembakau Jember sudah memiliki kualitas yang teruji dipasaran dunia. Tak heran bila tembakau pada akhirnya  dijadikan lambang kota Jember.


Ada dua jenis tembakau yang sangat populer di Jember, yakni jenis kasturi dan nag oost (namun orang Jember biasa menyebutnya na’us). Hampir seluruh areal perkebunan di Jember pada musim tertentu menanam tembakau dari kedua jenis tersebut. Tembakau inilah yang nantinya disortir di gudang-gudang penyimpanan untuk selanjutnya melalui serangkaian proses tembakau-tembakau ini diolah untuk kemudian diekspor ke berbagai negara misalnya, Cina,  Jerman, Belgia, Perancis dan lain-lain.


Tentang Museum Tembakau Jember



Pendirian Museum Tembakau Jember ini bertujuan untuk mengenalkan tembakau kepada khalayak umum. Melestarikan keberadaan tembakau yang sudah berjasa dalam perekonomian kota Jember. Selain itu museum ini juga bertujuan untuk menggali beragam dampak postif dari pengelolaan tembakau. Ini penting, sebab sebagian besar masyarakat menggagap tembakau sebagai hal yang negatif. Tembakau selalu diidentikkan dengan rokok.


Museum Tembakau Jember



Museum Tembakau Jember  didirikan sejak tahun 2014. Letaknya di jalan Kalimantan no 1 Jember. Museum ini dikelola oleh UPT PSMB-LT Jember. Banguna museum terdiri dari dua lantai.


Lantai satu digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan komoditas tembakau yang dihasilkan oleh para petani tembakau Jember. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai ruang perpustakaan.


Ada Apa di Museum Tembakau Jember?


Berkunjung ke Museum Tembakau Jember



Saat berkunjung ke Museum Tembakau Jember, kamu akan disambut petugas yang ramah. Petugas ini akan memandu kamu berkeliling museum. Tak hanya itu, petugas akan menjelaskan tentang seluk beluk tembakau.


Pemandu Museum Tembakau Jember



Di lantai satu kamu bisa melihat beragam tembakau yang ada di Jember. Selain itu juga ada beberapa tembakau khas daerah lain yang dipamerkan disini. Bagian-bagian ruangan museum ini mengikuti proses pengolahan tembakau dari awal hingga akhir. Mulai dari proses penanaman tembakau hingga hasil olahannya.

Tembakau yang digantung


Beragam jenis tembakau di dalam toples


Di museum ini kita bisa melihat dan memegang secara langsung daun tembakau. Tembakau-tembakau yang digantung di museum ini masih memancarkan aroma lho. Menghirup aroma tembakau membuat saya berasa sedang di kebun tembakau.



Beragam peralatan tradisional untuk mengolah tembakau






Menghirup aroma tembakau





Beragam alat pengelolaan tembakau dipamerkan disini. Salah satunya adalah timbangan atau alat ukur tembakau yang dipakai petani tembakau jaman dulu.



Rokok , salah satu hasil olahan tembakau



Beragam jenis tembakau



Di bagian akhir museum ini kamu bisa melihat beragam hasil olahan tembakau. Ya, tembakau tak melulu untuk rokok. Banyak hasil olahan tembakau lainnya yang bernilai positif. Diantaranya parfum, bio diesel, pestisida, pupuk organik dan minyak atsiri.


Beragam hasil olahan tembakau lainnya




Guna melestarikan tembakau, setiap tahunnya UPT PSMB-LT Jember menggelar call for paper. Call for paper ini bertujuan mengajak masyarakat berpartispasi untuk mengeksplorasi manfaat tembakau lebih dalam lagi. Harapannya, semakin banyak manfaat postif dari tembakau bisa terus melestarikan eksistensi tembakau di kota Jember ini.


Menjadikan tembakau sebagai kearifan lokal yang harus dilestarikan. Tembakau memiliki jasa yang besar terhadap denyut nadi perekonomian di kota Jember ini.


Bergaya di Museum Tembakau Jember


Arsitektur museum ini di dominasi dengan bahan kayu. Bangunan-bangunan kayu yang ada di museum ini menjadi latar foto yang sangat menarik. Tak hanya itu, benda-benda yang dipamerkan akan membuat kesan vintage yang menarik bagi setiap foto yang diambil. Instagramable, begitu kata generasi milineal.


Tangga menuju perpustakaan



Puas menjelajah lantai satu, kamu bisa naik ke lantai dua. Disini terdapat perpusatakaan yang banyak memiliki koleksi buku-buku tentang tembakau. Literasi tembakau lengakap bisa kamu dapatkan disini.


Perpustakaan Tembakau



Selain referensi seputar tembakau, disini juga terdapat buku-buku lainnya. Mulai dari buku seputar budi daya pertanian lainnya hingga buku-buku pengetahuan umum.


Buku-buku koleksi perpustakaan



Membaca salah satu koleksi perpustakaan




Beberapa lukisan yang ada di lantai dua

Saat naik ke lantai dua, kamu bisa melihat beragam lukisan karya Dewa L (disebut juga Ek ‘Chuah). Lukisan-lukisan yang dipamerkan bercerita tentang proses pengolahan tembakau. Dari lukisan-lukisan ini kita bisa mengetahui bagaimana kehidupan petani tembakau jaman dulu.


Lukisan beretema tembakau




Bagaimana? Seru juga kan jalan-jalan ke museum! Saat berkunjung ke Jember, jangan lupa mampir kesini ya.





23 komentar

  1. Tembakau memiliki jasa yang besar terhadap denyut nadi perekonomian di kota Jember ini.

    Gimana jadinya jika kampanye stop merokok, mereka yang terkena dampaknya hehehe


    Oia, ku kira cuma Temanggung ajah penghasil tembakau terbaik. Ternyata jember juga, bahkan lebih keren sampai punya Museum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebnarnya banyak hal lain yg bisa dihasilkan dari tembakau selain rokok

      Hapus
  2. wah keren juga nih, bangunannya juga dari bambu

    BalasHapus
  3. Bangunannya dari bambu, lukisannya bertema tembakau, perpustakaannya juga menyediakan bacaan seputar ilmu tembakau. Lengkap banget ya.

    Aku juga baru tau kirain tembakau buat rokok aja, ternyata punya manfaat lain.

    BalasHapus
  4. pengalaman baru banget kalau bisa ke museum tembakau ini ya, mungkin taunya cuma jadi bahan baku buat rokok aja, ternyata ada banyak hal yang belum diketahui tentang tembakau ini.

    BalasHapus
  5. Aku yg asli Jember malah belum pernah ke sini. Lewat doang di Jl. Kalimantan tp belum pernah mampir. Next kalo pulkam harus diniati ke sini, terus ditulis di blog. Makasih udah nulis tentang kota kelahiranku, Mbak. :)

    BalasHapus
  6. jadi setiap daerah mempunyai museum ya ... museun tembahan jember isinya parfum, bio diesel, pestisida, pupuk organik dan minyak atsiri.wah pengalaman baru nih bisa berkunjung ke museum tembakau

    BalasHapus
  7. Ah iya betul mba sebagian besar orang menganggal tembakau hanyalah rokok padahal Ada fugsi lainnya ya

    BalasHapus
  8. iih seru yaaa, pasti harum tembakau santer banget disana hehehe

    BalasHapus
  9. Harum tembakau pasti terasa banget yah Kak, tembakau ada yang buruk ada yang baik

    BalasHapus
  10. Aku bayangin kalau masuk Kesana wangi harum aroma tembakaunya menyengat y mba...suamiku diajak kesana keknya sneng banget nih

    BalasHapus
  11. Waahh design museum nya kusuka dengan banyak bambu dan kayu. Twrnyata tembakau banyak ya jenisnya

    BalasHapus
  12. Olahan tembakau menjadi rokok memang kurang baik, itulah yang sering kita kenal. Padahal bisa pula dibuat parfum kan dari tembakau

    BalasHapus
  13. nyaman banget museumnya ya mba. Tapi ada baiknya tembakau pilihanlah yang cocok buat rokok. Tapi maunya sih rokok dihapuskan dari negara ini.

    BalasHapus
  14. Lumayan baru ya museumnya, tapi isinya lengkap dan bisa menambah wawasan... Menarik untuk dikunjungi nih kalau main ke jember...

    BalasHapus
  15. Wah ini nih salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalo ke Jember. Sejak baca tahun lalu dari blogger yang ikut acara Blogger Jember, aku jadi kepengen ke sini. Semoga berkesempatan

    BalasHapus
  16. Wah jadi nambah pengetahuan soal tembakau yaaaaa.. tempatnya juga bagus banyak bambu bambunya.. buat pepotoan jadi keceh tuh.. kalo denger kata Jember saya langsung inget Jember Carnaval...

    BalasHapus
  17. Museum Tembakau Jember yang aku lihat dari beberapa ulasan teman-teman blogger jadi bikin aku kepengen kesana tentunya. Apalagi menelisik Museum Tembakau ini, bisa aku jadikan list destinasi liburan nanti nih.

    BalasHapus
  18. Aku kalau gak baca liputan teman blogger yang kemarin ikutan ke Jember juga gak tau lho kalau Jember sebenarnya pengepul tembakau gtu dna punya sejarah panjang yaaa. Selama ini kalau ke Jember hanya ke kotanya blm eksplor lain2 mbak. Beruntung banget bisa ikutan jalan2 ke Jember kmrn :D

    BalasHapus
  19. Museum tembakau di Jember ini memang dijadikan tempat wisata yaa..?
    Ibuku senang sekali karena wisata ke sini. Katanya baguuss..

    BalasHapus
  20. Hasil terbaik tembakau setauku memang dhasilkan dari Jember ini mba. Senangnya bisa berkunjung langsung ya mba :)

    BalasHapus
  21. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus