SCRIPT ANTI M1 BL Menginap di Kokoon Hotel Surabaya, Menikmati Suasana Heritage Kota Tua - Dee Stories

Menginap di Kokoon Hotel Surabaya, Menikmati Suasana Heritage Kota Tua

Kokoon Hotel Surabaya








Kesibukan saya dan suami selama sepekan terakhir ini membuat kami berdua merasa bersalah. Bagaiamanapun juga kami banyak berhutang dengan anak-anak. Maka sebagai balasannya, kami mengajak mereka meniknati staycation. Tak perlu jauh-jauh, cukup ke kawasan Surabaya Utara. Dimana letaknya 20 km dari tempat tinggal kami. Kokoon Hotel menjadi pilihan staycation kami akhir pekan ini. 


Kokoon Hotel, Mutiara Tersembunyi di Kota Tua


Staycation di Kokoon Hotel Surabaya




Awalnya saya terkejut saat suami bilang bahwa staycation kami akan di habiskan di Kokoon Hotel. Terus terang baru kali pertama saya mendengar Kokoon Hotel. Keterkejutan saya semakin bertambah saat suami mengatakan dimana lokasinya. Kokoon Hotel terletak di Jalan Slompretan 26 Surabaya. Kawasan kota tua Surabaya, tepatnya Surabaya Utara.


Tentu saya sangat mengenal daerah tersebut. Maklum saya lahir dan besar di kawasan Surabaya Utara. Meskipun sejak menikah selama tujuh tahun ini, saya menetap di Sidoarjo. Sub urbannya Surabaya.




Seingat saya, daerah Slompretan hanya ada bangunan-bangunan kuno yang tak terurus. Juga kawasan niaga yang sangat ramai. Banyak toko dan gudang disekitarnya. Mana mungkin ada hotel bintang tiga yang ada disana.


Setelah shalat ashar, kami pun berangkat. Selama 90 menit perjalanan,  rasa penasaran saya semakin membuncah. Bagaimanakah Kokoon Hotel? Apa suami nggak salah pilih? 


Saat tiba di depan hotel, dahi saya mengkerut. Ingin protes ke suami. Hotelnya sepi, terlihat sangat kuno. Dan sedikit menyeramkan. Maklum kami tiba saat matahari baru saja tenggelam.


Suasana lobi Kokoon Hotel










Kami pun memasuki lobi. Dan betapa terkejutnya saya. Pemandangan dalam lobi sungguh indah. Nuansa kolonial yang sangat cantik dipadukan suasa herritage Surabaya tempo dulu. Hotel ini layaknya permata yang tersembunyi !!


Check in dulu yaaa



Nuansa Kolonial yang Klasik





Bangunan hotel ini adalah salah satu gedung yang sudah ada sejak  masa kolonial dulu. Bahkan bangunan hotel ini termasuk salah satu cagar budaya Surabaya yang wajib dilindungi. Makanya tidak banyak perubahannya, sejak 1920. Dulunya hotel ini adalah gedung perkantoran.





Interiornya juga terlihat sangat kolonial. Dari lobi kita bisa melihat dinding-dinding batu bata yang berbentuk kubah. Lantainya di plester dan diberi motif bunga jaman dulu. Banyak benda-benda kuno yang dipajang disini. Mulai dari telepon, mesin ketik, lemari kayu dan piano ada disini.






Lobi hotel jadi satu dengan restoran. The Arch Bistro, nama restaurannya. Menu yang disajikan adalah menu-menu western. Khususnya dari Italia. Mulai dari spaghetti, steak, pizza hingga gelato.







Berbagai foto-foto jadul terpampang di tembok. Foto-foto yang menggambarkan suasana Surabaya tempo dulu. Memperlihatkan bangunan-bangunan penting dan bersejarah di Surabaya. Mulai dari kawasan Jembatan Merah hingga Hotel Oranye. 


Saya pun langsung jatuh cinta. Interior kolonial klasik yang sangat cantik. Cocok untuk mengambil foto. Tempat yang sangat instagramable, begitu istilah kekiniannya. 


Kamar yang Minimalis






Setelah proses check in, kami langsung menuju kamar. Kami menginap di kamar 709. Artinya kami ada di lantai paling atas, lantai tujuh. 





Bayangan saya, kamar hotel juga akan memiliki nuansa kolonial yang klasik. Tapi lagi-lagi saya salah. Kamar di Kokoon Hotel berkonsep modern minimalis. 












Ada banyak pilihan kamar di Kokoon Hotel. Kokoon Hotel punya 88 jenis kamar yang tersebar di tujuh lantai. Ada tujuh jenis kamar yang ditawarkan, yaitu standar, superior, deluxe, executive, family, junior suite dan suite. 





Disetiap kamar dilengkapi berbagai fasilitas yang lengkap. Writing desk, safe deposit box, wifi , TV kabel, shower air hangat dan dingin dan lain sebagainya. Masing-masing kamar terdapat foto wajah Surabaya tempo dulu, sehingga tamu akan di bawa pada suasana heritage Surabaya.






Kebetulan di kamar kami ada foto Hotel Oranye. Maka sejarah Hotel Oranye menjadi dongeng pengantar tidur anak-anak. 





Fasilitas Pendukung Lainnya



Selain beragam kamar yang bisa dipilih, ada beberpa fasilitas pendukung yang semakin membuat tamu betah menginap di Kokoon Hotel. 


💠 Restoran






The Arch Bistro adalah nama restoran Kokoon Hotel. Restoran yang terletak selantai dengan lobi ini bernuansa kolonial klasik. Menu-menu yang ditawarkan juga menu western. 


💠  Coffee Shop






Di Kokoon Hotel tamu juga bisa menikmati berbagai kopi khas Indonesia. Coffee Shop terletak bersebelahan dengan restoran. 


💠 Kolam Renang




Bisa dibilang hotel-hotel yang ada di Surabaya Utara jarang yang memiliki kolam renang.





Oleh karena itu Kokoon Hotel memberikan fasilitas kolam renang sebagai salah satu keunggulan hotel. Outdoor swimming pool terletak di lantai dua. Areanya cukup luas, sehingga bisa juga digunakan untuk outdoor party.





Sayangnya hanya ada satu kolam renang, kolam renang dewasa. Tidak ada kolam renang untuk anak-anak.





Di area kolam renang terdapat ruang ganti yang dilengkapi dengan toilet dan ruang bilas dengan shower air panas dan dingin.





💠 Fitness Centre





Selain kolam renang, di lantai dua juga terdapat Fitness Centre. Meskipun tidak terlalu luas, namun alat-alat fitnesnya cukup lengkap.

💠 Musola






Kokoon Hotel juga menyediakan musola bagi para tamunya. 

💠 Tempat Parkir





Tak perlu khawatir dengan kendaraan saat menginap disini. Kokoon Hotel memiliki lahan parkir yang luas. Bisa menampung mobil maupun motor para tamu.


Wisata Surabaya  Sekitar Kokoon Hotel



Saat menginap di Kokoon Hotel tak perlu khawatir, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Surabaya Utara memang pusat wisata herritage Surabaya. Banyak wisata sejarah yang bisa dikunjungi.


💠 Kya-Kya


Kya-kya adalah wisata terdekat dari Kokoon Hotel. Di kawasan pecinan ini kamu bisa melihat berbagai bangunan kuno yang masih kokoh berdiri. 


💠 Jembatan Merah


Siapa yang tak kenal Jembatan Merah. Disinilah peristiwa heroik 10 November 1945 terjadi. Jembatan Merah menjadi salah satu bangunan cagar budaya Surabaya. 


💠 JMP 


Jembatan Merah Plaza atau biasa disebut JMP adalah mall favorit warga Surabaya Utara. Disini biasanya warga berbelanja kain dan kebutuhan pernikahan.


💠 Taman Sejarah


Kamu juga bisa menikmati Taman Sejarah yang terletak di depan  Jembatan Merah Plaza. Kamu bisa bersantai di taman ini.


💠 Museum Bank Indonesia



Kamu juga bisa mengunjungi museum Bank Indonesia. Letaknya tidak jauh dari terminal Jembatan Merah. 


💠 Kawasan Ampel


Suasana kampung Arab bisa kamu dapatkan dengan berkunjung disini. Ampel surganya kuliner. Berbagai jenis kuliner ada disini. Mulai dari kuliner khas Timur Tengah, Madura, Banjar bisa kamu nikmati disini. 



Bagaimana? Kamu tertarik kan? Nikmati suasana herritage kota tua Surabaya dengan menginap di Kokoon Hotel. 








37 komentar

  1. Lumayan dekat sama ampel yak, kalau booking mending pakai aplikasi apa ya biar murah?😂

    BalasHapus
  2. Klasik banget penampilan hotelnya. .Hehehe

    BalasHapus
  3. Nice info.. Sangat berguna sekali untuk wisatawan yg cari hotel dgn sentuhan vintage ��

    BalasHapus
  4. rindu datang kembali ek surabaya

    BalasHapus
  5. Tarifnya Kak? Mulai berapakah? :)

    BalasHapus
  6. Wah kepingiiiinnn ...., tapi penasaran terifnya mbak

    BalasHapus
  7. Waaah sekilas hotelnya mengingatkan pada salah satu hotel di Bandar Lampung Mbak. Lumayan bagus yaa. Bikin betah pastinya

    BalasHapus
  8. Thanks for sharing, sukses terus min..

    BalasHapus
  9. Hotelnya ada fasilitas bathtubnya ga mba? Bagus nih untuk pilihan menginap di surabaya. Sekalian mengenalkan anak2 barang2 antik yang ada disana. Kolam renangnya juga asik banget.

    BalasHapus
  10. whoaaa mesin tiknya bring back memories mbakk broo. Mantapp

    BalasHapus
  11. whoaaa mesin tiknya bring back memories mbakk broo. Mantapp

    BalasHapus
  12. kalau di daerah Slompretan mah, saya bakal sekalian jalan2 ke pasar buat beli kacang arab, haha. ternyata ada hotel yg kece di sana. tampilan luarnya biasa ajah sih, ternyata di dalamnya keren sekali

    BalasHapus
  13. Waw jadi pengen staycation juga nih mba jadinya hihihi. Bener hotelnya keren ya. Aku suka klo hotel itu sepi jadi hening, tenang dan ga berisik. Serasa rumah sendiri wkwkwj

    BalasHapus
  14. Keren banget hotelnya. 😍😍 Jika berkunjung ke suatu tempat, aku paling suka lihat bangunan bersejarah atau arsitekturnya. Kayaknya kalau ke Surabaya, hotel ini harus masuk list, ya. Terima kasih uraiannya. 😍😍😍

    BalasHapus
  15. Jarang-jarang ada hotek kayak gini kak. Itung2 melihat secara langsung gimana suasana zaman kolonial dlu yah tapi dikemas modern

    BalasHapus
  16. Kokoon hotel membangkitkan nostalgia terlihat dari desainnya yang tempo dulu

    BalasHapus
  17. Seru bgt bisa staycation bareng keluarga, sepertinya hotel ini jadi recomended buat dicoba apalagi ada akses langsung ke The Arch Bistro

    BalasHapus
  18. ya ampooon indah banget dong ini, dan tema nya sungguh klasik. Baiklah aku kalo mau k Surabaya wajib staycation disini. Makasih lho mba review nya ini, apalagi itu kolam renangnya duh uwuw sekali

    BalasHapus
  19. Sepertinya hotel ini cocok banget bagi yang suka sejarah, ya, kak...
    Btw, tarif permalamnya berapa, kak?

    BalasHapus
  20. Meski terlihat sepi, ternyata ada keunikan yang tersembunyi dan mengejutkan pengunjung kalau mau menggali lebih dalam kan.. 😍

    BalasHapus
  21. Suka deh saya sama hotelnya. Unik dan klasik. Selama gak spooky, saya tertarik menginap di sini kalau ke Surabaya

    BalasHapus
  22. Wah, saya suka ulasannya, Mbak. Lengkap banget. Suka juga sama dekorai hotel yang terkesan antik. Keren juga hotel Kokoon. Biaya bermalam di sini berapa, Mbak? Siapa tahu saya nanti main ke Surabaya.

    BalasHapus
  23. Reviewnya kumplit nih mbak. Jadi pengen ngintip harganya di aplikasi heheheheh

    BalasHapus
  24. waaah kebetulan bulan oktober ada acara di Surabaya, aku kepoin hotel ini aaah, nampak menarik soalnya

    BalasHapus
  25. Wah seumur2 saya juga baru denger Kokoon ini mbak? Ternyata di Slompretan dan bekas bangunan tua ya? Unik donk hotelnya :D
    Sayangnya belum ada kolam rennag buat anaknya itu ya pdhl yg pengen maen air biasanya anak2 hehe

    BalasHapus
  26. Mantap ini...
    Tapi rumah Ibu sama mertua di Surabaya, hahahaa...harapan gak bisa stay-cation ini mah..

    Btw,
    Museum Bank Indonesia itu apa yaa...di dalamnya?
    Uang Indonesia dari masa ke masa?

    BalasHapus
  27. Desainnya tjakep, walau zamann kuno gitu tapi justru jadi instagramable krn jarang hotel menawarkan desain seperti itu. In my opinion. Hehe.

    BalasHapus
  28. Bagus juga ya ini hotelnya, lumayan kalau pas buat liburan dengan keluarga di Surabaya nanti bisa nginep disini nih. MAkasih ya mbak untuk referensinya.

    BalasHapus
  29. Asal hotel nggak spooky gak masalah sih meski bangunan tua yang udah direnovasi. Apalagi ini dekat Kya Kya, kangeeen kulineran di sana

    BalasHapus
  30. Keren banget ya hotelnya mba. Lebih ke vintage-vintage gitu.
    Pasti bahagialah ya keluarga jalan dan nginapnya ada kolamnya juga ya.

    BalasHapus
  31. Wiwin | pratiwanggini.net21 Juli 2019 00.06

    Baca tulisannya aja saya seperti merasa ikut staycation disini. Jadi pengin benerannya...

    BalasHapus
  32. Baru sempet ke blogpost ini setelah pekan lalu di IG. Astagaaaa....beneran bangunan tua ternyata. Aku ... eh... huhu...nggak akan nginep di sana kayaknya.

    BalasHapus
  33. Wah aku baru denger ada hotel heritage selain hotel Majapahit di Surabaya. Ternyata ada Kakoon ya di jalan Slompretan. Asik banget ini. Lokasinya juga di kawasan kota tua surabaya. Kapan2 pengen juga ah menginap disana. Apalagi aku sama semua hal tentang bangunan tua. Hehe

    BalasHapus
  34. Kecenyaa hotel ini euy. Walopun hotel tua tapi terawat ya. Keliatannya enak tuh kolam renangnya walopun ga ada kolam untuk anak-anak.

    BalasHapus
  35. Wiiiis suka banget dengan bangunan kolonial. Sepertinya seru juga nginap disana.

    Lingkungan kolam renang ya asik juga utk foto.

    Salam
    kidalnarsis.com

    BalasHapus
  36. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus