SCRIPT ANTI M1 BL Tujuh Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Mini Agro Wisata Surabaya - Dee Stories

Tujuh Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Mini Agro Wisata Surabaya



Mini Agro Wisata Surabaya




Selayaknya warga kota pada umumnya, biasanya di akhir pekan saya dan keluarga menghabiskan waktu bersantai di mall. Terkadang, ingin juga bersantai sambil menghirup udara segar dan melihat yang hijau-hijau. Biasanya kalau mau yang seperti itu, kami harus ke Malang ataupun Pasuruan. Tapi ternyata, sekarang kami tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di Surabaya sudah ada Mini Agro Wisata!


Mini Agro Wisata Surabaya

Aluna berkunjung ke Mini Agro Wisata Surabaya

Mini Agro Wisata adalah salah satu wisata alam yang edukatif di Surabaya. Mini Agro Wisata ini dibangun dilahan seluas 6 hektar, membuat pengunjung bisa melihat banyak tanaman dan berbagai macam hewan ternak.


Petunjuk Arah Menuju Mini Agro Wisata Surabaya



Mini Agro Wisata dikelolah oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya. Tujuan dibangunnya Mini Agro Wisata ini adalah agar masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Surabaya ini masih bisa tahu tentang tata cara menanam dan beternak.


Jalan masuk Mini Agro Wisata Surabaya



Lokasi wisata ini terletak di dalam DKKP, tepatnya di Jalan Pagesangan 2 nomer 56 Surabaya. Mini Agro Wisata ini buka setiap hari. Hari Senin - Jum at buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB.


Mini Agro Wisata Surabaya ini resmi dibuka sejak tahun 2015. Biasanya pengunjung ramai berdatangan saat akhir pekan. Tidak ada tiket masuk disini, wisata ini bisa dinikmati secara gratis!


Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Mini Agro Wisata Surabaya?


Lalu apa saja yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Mini Agro Wisata Surabaya? Banyak! Setidaknya ada tujuh hal seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Mini Agro Wisata Surabaya.


1. Belajar Jenis Tanaman




Aluna memegang tanaman terong



Namanya juga agro wisata, pastinya hal pertama yang bisa dilakukan saat berkunjung disini adalah belajar tentang jenis tanaman. Ada banyak tanaman yang ada disini. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, toga sampai tanaman hias. Setiap tanaman dilengkapi papan nama. Pengunjung bisa tahu nama-nama setiap tanaman yang ada disini.

Budidaya Anggrek




Tidak hanya itu, disini pengunjung juga bisa belajar metode menanam. Pengunjung bisa belajar metode menanam dengan hidroponik dan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Dua metode yang sangat cocok bagi warga kota dengan lahan terbatas.

 


Hidroponik



2. Belajar Beternak


Budidaya ayam petelur



Budidaya kambing etawa



Tak hanya belajar menanam saja, disini pengunjung bisa belajar beternak. Ada beberapa hewan ternak yang dibudidayakan di Mini Agro Wisata Surabaya.

Aluna melihat kambing etawa



Beberpa hewan ternak yang dibudidayakan disana adalah ikan koi, ikan nila, kambing etawa, ayam peternak, kelinci dan kalkun. Saat mengajak Aluna kesana, dia sangat senang. Bisa melihat banyak hewan, katanya seperti di kebun binatang :)


Budidaya kelinci



3. Mendapatkan Bibit Tanaman


Bibit tanaman yang siap dibagikan kepada warga



Pengunjung bisa juga mendapat bibit tanaman secara gratis disini. Fasilitas ini hanya berlaku bagi pengunjung yang ber KTP Surabaya. Cukup denfan menunjukkan KTP, maka pihak DKPP akan meberikan bibit secara gratis. Asalkan persediaan bibit masih ada.


4. Terapi Ikan



Di Mini Agro Wisata Surabaya pengunjung juga bisa melakukan terapi ikan. Setelah puas berkeliling Mini Agro Wisata Surabaya, pengunjung bisa terapi ikan sambil bersantai.

Ikan Garrarufa Osteochilus Vittatus (ikan terapi)


Mini Agro Wisata Surabaya mengembangbiakkan ikan Garrarufa Osteochilus Vittatus (ikan terapi). Pengunjung bisa merendamkan kakinya di kolam ikan yang sudah disediakan. Spesies ikan tersebut memakan sel-sel kulit mati akibat penuaan. Terutama, kulit pada kaki.

Tempat untuk terapi



Tak perlu khawatir saat merendamkan kaki, karena ikan-ikan tersebut tidak sampai menggerogoti hingga ke daging kaki. Terapi ikan tersebut terbilang aman. Sayangnya saya belum pernah mencobanya. Aluna takut saya digigit, jadi dia melarang saya merendam kaki.


5. Outbond



Aluna mencoba outbond




Playground




Selain berkelilig melihat berbagai jenis tanaman dan hewan, disini juga ada arena outbond yang cocok untuk anak-anak.

Bermain ayunan kayu



Uniknya semua peralatan outbondnya terbuat dari kayu. Bahkan ayunan yang ada disini juga terbuat dari kayu. Sengaja dibuat dari kayu biar semakin mendukung suasana alamnya.



Main ayunan kayu bersama

6. Spot Foto






Rasanya tak lengkap bila datang ke tempat wisata tanpa foto-foto. Di Mini Agro Wisata juga disediakan beragam spot foto menarik.





Pengunjung bisa foto dengan properti yang disediakan disana, salah satunya sepeda.






7. Edutrip



Mini Agro Wisata Surabaya paling sering dikunjungi oleh para siswa. Mulai dari TK hingga SMA. Berkunjung ke Mini Agro Wisata Surabaya, bisa dijadikan edutrip. Jalan-jalan sekaligus belajar banyak tentang beragam tanaman dan hewan yang ada disini.


Siswa TK yang melakukan edutrip



Tetapi untuk kunjungan edutrip ini harus mengirimkan surat ke DKPP terlebih dahulu ya. Nanti saat edutrip akan ada petugas DKPP yang menjadi pemandu. Berkeliling Mini Agro Wisata sambil mendengarkan penjelasan dari pemandu.


Fasilitas Mini Agro Wisata Surabaya


Musola




Mini Agro Wisata Surabaya juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung. Antara lain toilet, musola dan perpustakaan. Disini tidak ada penjual makanan atau minuman.

Toilet


Jadi kalau berkunjung kesini jangan lupa bawa bekal ya.


Istirahat sambil makan bekal



Disini juga ada gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bersama. Seperti saat saya bersama komunitas Ibu Profesional Surabaya menggelar acara mendongeng. Jika ingin melakukan kegiatan komunitas disini, jangan lupa mengirimkan surat dan proposal terlebih dahulu ya.


Saat acara mendongeng bersama komunitas Ibu Profesional Surabaya



Akses Menuju Mini Agro Wisata Surabaya



Selain menggunakan kendaraan pribadi, juga bisa menggunakan jasa transportasi online. Sejauh ini angkot yang bisa menjangkau ke Mini Agro Wisata Surabaya hanya angkot H2P. Dari arah Surabaya, angkot ini bisa didapat di depan DTC Surabaya. Sedangkan dari arah luar kota Surabaya, angkot ini bisa didapat di terminal Purabaya.


Mini Agro Wisata Surabaya bisa menjadi potensi baru wisata Surabaya. Masyarakat kota yang selama ini cenderung menghabiskan waktunya di mall, bisa mencoba bersantai disini. Menikmati sejuknya agro wisata tidak harus keluar kota.






39 komentar

  1. Juara banget deh, kalau bawa anak-anak ke tempat wisata yang begini karena gak cuma dapat happynya aja tapi bisa mengedukasi mereka

    BalasHapus
  2. Masya Allah bersih banget dalamnya. Di Medan belom ada nih begini kak. Jujur pengen juga ngenalin anak anak soal tanem taneman sekaligus melatih motorik. Liat anggreknya asli mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kok sama..

      Aku juga langsung jatuh cinta sama anggreknya

      Hapus
  3. Wah bisa betah main disini. Aku peminat hidroponik. Punya beberapa tanaman hidroponik dan anggrek di rumah. Oh iya anggreknya bisa dibeli gak ya? Hehe

    BalasHapus
  4. Sekarang lagi trend ya urban farming begini. Supaya kota juga semakin hijau. Tetapi, memang harus ada tempat seperti ini. Jadi bisa bikin warganya belajar

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah kemari. Kalau ke sini tanpa rombongan, nggak dapat guide ya? Kayaknya aku pingin terapi ikan, tapi takut ikannya mati mencium kakiku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harus ijin dan bawa rombongan klo mw dpt guide

      Hapus
    2. Iya mbak, klo mw dpt guide harus rombongan dan ijin

      Hapus
  6. Wah Surabaya emang makin kesini makin keren ya. Makin ramah anak juga. Mantab deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah..

      Surabaya makin berbenah

      Hapus
  7. Wah lengkap sekali review-nya. Kebayang serunya ajak anak bermain-main di sini. Selain menambah pengetahuan tentang jenis tumbuhan dan hewan, anak-anak bisa menunaikan kebutuhan bergeraknya. Semoga tempat wisata ini bisa dirawat ya biar awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih,

      Semoga warga ikut menjaga tempat wisata ini

      Hapus
  8. ini yg di Pagesangan itu ya mbak? pernah nih sekali kesini. tempatnya memang sangat menarik dan edukatif banget

    BalasHapus
  9. wah ... betah nih wisata ke argo mini surabaya banyak tanaman yang seger, pasti udaranya juga seger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa jadi hiburan warga kota yang penuh polusi, hehe

      Hapus
  10. saya pernah terapi ikan... sumpah nahan geli banget.. tapi seru juga... tempatnya enak yaaa anak anak bisa belajar lengkap di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku benernya pengen coba tapi anak nggak ngebolehin hehe

      Hapus
  11. tempat yang menarik sekali mba, anak-anak pasti menyukainya bisa belajar mengenal tanaman dan hewan. Gratis pula tiket masuknya :D andai deket sering ajak anak-anak kesana deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, idola emak emak ni..

      Manfaat dan gratisan..

      Haha

      Hapus
  12. Anak-anak harus diajak ke sini nih biar pelajaran biologinya dapat bagus. Susah juga kalo cuma baca buku teks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk anak smp dan sma yg berkunjung kesini kebanyak juga untuk pelajaran biologi

      Hapus
  13. Seru banget ini mbak, sekalian bisa mengajarkan kepada anak juga ya. Aku belum lama juga bawa anak ke tempat main dimana ada berbagai macam tanaman. Yang serunya kita bisa ikutan bercocok tanam disana dan bisa dibawa pulang.

    BalasHapus
  14. Waaah...deket, rek ambek omahku...
    Eh, rumah Ibuku, maskudnya.
    Kalau ke sini, pasti anak-anak suka banget...tipikalnya mirip Taman Ngagel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 klo mudik jgn lupa mampir sini teh

      Hapus
  15. Senangnya Surabaya punya Mini Agro Wisata ya.. Mini Agro Wisata Surabaya bisa menjadi potensi baru wisata Surabaya nih..
    Masyarakat kota yang selama ini cenderung menghabiskan waktunya di mall, bisa mencoba bersantai disini. Dan menikmati sejuknya agro wisata tidak harus keluar kota.
    Keren ah Surabaya!!

    BalasHapus
  16. Tempatnya menarik dan bagus sekali jadi pengetahuan baru bagi orang tua dan anak. Saya salfok sama budidaya anggreknya mbak, jadi pengen dibawa pulang buat di rawat hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benernya klo mau boleh minta anggreknya.

      Cuma sy takut nggak bisa ngerawat

      Hapus
  17. Wiwin | pratiwanggini.net7 September 2019 15.34

    Bagus ada agrowisata di tengah kota, daripada hanya taman kota, karena di agrowisata pastilah berupa wisata edukatif :)

    BalasHapus
  18. Mini Agro Wisata Surabaya sangat bagus untuk pendidikan tentang tanaman dan hewan

    BalasHapus
  19. Iya bener, dari pada main di mall terus harusnya anak2 bisa belajar alam secara langsung.

    BalasHapus
  20. Sudah gratis, tempatnya menarik, banyak hal yang bisa dilakukan lgi ya Mom.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus