Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Itinerary Liburan Ramah Anak di Bali

Liburan selalu hal yang ditunggu-tunggu, terutama untuk anak-anak. Mereka pasti menantikan bisa menghabiskan waktu bersama kedua orangtuanya. Maklum rutinitas pekerjaan kami seringkali membuat waktu bersama anak menjadi terbatas. Jadi akhir tahun nanti kami berempat akan berlibur ke Bali! Kami akan menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam di Bali. Hmm enaknya kami kemana saja ya?

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Bali

Bepergian bersama anak tentu butuh persiapan khusus. Menyusun itinarary saat liburan bersama anak akan memudahkan perjalanan liburan nantinya. Saat menyusun itinerary pastikan mempertimbangkan jarak antar tempat wisata yang akan dituju. Juga jangan lupa menentukan pilihan alat transportasinya.

Jadi saya pun sudah menyusun itinerary liburan di Bali nantinya. Pastinya saat memilih tempat wisata kami akan lebih memilih wisata yang edukatif. Kami akan memilih tempat wisata yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan berbagai pengalaman yang menarik bagi anak-anak.

Di liburan akhir tahun nanti kami memilih tempat wisata dengan tiga kategori :

1. Adventure
2. Culture
3. Animals

Hari Pertama

Kami akan memilih penerbangan pada pukul 05.00 pagi dari Surabaya. Biar punya banyak waktu menjelajah Bali 😉

Ada tiga tujuan di hari pertama :

Bali Treetop Adventure

Bali Treetop Adventure menjadi destinasi pertama kami. Anak-anak pasti akan senang berpetualang di alam bebas. Disini anak-anak bisa merasakan bergantungan dari satu pohon ke pohon lainnya, seperti Tarzan.

Disini juga dilengkapi berbagai permainan outbond lain yang menantang. Ada sekitar 72 permainan, mulai dari Flying-Fox, Spider Nets, Suspended bridges, Flying Swings, Tarzan Jumps, dan lainnya. Pasti seru sekali bukan?! Juga terdapat Bali flying fox  yang memiliki panjang sekitar 160 meter.

Bali Sharks Eco Tour

Puas berpetualang di Bali Treetop Adventure, kami nerlanjut ke Bali Sharks Eco Tour. Menghabiskan sore dengan berenang bersama hiu. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang berbeda bagi anak.

Tak perlu khawatir kan keamanannya, hiu nya tak akan menggigit. Disini anak-anak juga bisa membantu melestarikan alam. Disini juga ada program konservasi yang ditawarkan, mulai dari konservasi penyu hingga pusat edukasi eco-friendly

Devdan Show

Bali sarat akan nilai-nilai luhur budaya. Tak lengkap bila datang ke Bali tanpa menikmati pertunjukan budayanya. Tapi berhubung pergi dengan anak-anak, tentu perlu mencari pertujukan yang tidak membosankan.

Setelah makan malam kami akan menonton pertunjukan Devdan Show. Pertunjukan ini memiliki tata lampu dan suara yang memukau. Ini adalah pertunjukkan tari kontemporer dan kostum yang memukau. Juga ada atraksi akrobatik, semuanya membuat pertunukan selama 90 menit ini sangat seru!

Hari Kedua

Di hari kedua kami akan menuju daerah Gianyar Bali. Hari kedua khusus untuk belajar satwa!

Bali Bird Park

Burung warna-warni dari beragam jenis akan disaksikan anak-anak di Bali Bird Park. Disini kami akan bisa mendengar kicauan burung yang merdu. Melihat burung dengan beragam bentuk.

Tak hanya burung-burung dari Indonesia. Terapi juga dari negara-negara lainnya. Disini selain bisa melihat burung, anak-anak bisa memberi makan burung secara langsung. Mereka akan mengalami serunya memberi makan Kakaktua, Rangkok hingga Enggan.

Bali Safari & Marine Park

Tak perlu jauh-jauh ke Africa, di Bali Safari & Marine Park anak-anak akan mendapatkan pengalaman melihat beragam binatang di alam bebas. Berkeliling taman safari dengan mobil beratap terbuka dengan pelindung, seperti sedang berpetualang di belantara.

Agar berbeda dengan kunjungan taman safari lainnya, kami memilih berkunjung kesini sore hingga malam. Kami ingin merasakan serunya Bali Night Safari.

Hari Ketiga

Hari terakhir di Bali pengennya santai-santai. Hari terakhir kami akan menghabiskan waktu di Karangasem. Ada dua destinasi yang akan kami kunjungi.

Pura Lempuyangan

Pura Lempuyangan menjadi salah satu ikon wisata di Karangasem. Pura ini menjadi salah satu pura tertua di Bali Timur dan berlokasi di lereng Gunung Suci Lempuyang. Dari puncaknya, kita akan mendapati pesona alam yang sangat mempesona.

Tak heran bila Pura ini dijuluki sebagai Gate to Heaven. Setiap sudutnya sangat instagramable. Tapi tetap harus jaga sikap ya, karena bagaimanapun pura ini adalah tempat ibadah.

Bali Chocolate Factory (Charlie Chocolate Factory)

Kami akan menghabiskan hari terakhir di Bali dengan bersantai di pantai. Menikmati ayunan diantara pohon kelapa.

Anak-anak juga akan mendapat pelajaran berharga disini. Di Bali Chocolate Factory (Charlie Chocolate Factory) anak-anak bisa belajar membuat cokelat.

Mencari Hotel

Setelah menyusun itenanary, saatnya mencari hotel untuk berlibur di Bali. Beruntung di era digital ini, pesan hotel jadi gampang. Kami mempercayakan mencari hotel di BookingLokal. BookingLokal ini adalah platform penginapan dengan harga yang ramah di kantong. BookingLokal ingin agar semua orang bisa merasakan nikmatnya bepergian tanpa harus pusing memikirkan biaya menginap.

Ada tujung keuntungan yang bisa kita dapat bila memesan hotel di BookingLokal.

1. Hotel ramah di kantong

Di BookingLokal kita akan mudah mendapatkan hotel dengan harga yang ramah dikantong. BookingLokal memiliki banyak jaringan hotel murah di seluruh wilayah indonesia. Hotel dengan harga di bawah 300 ribu akan mudah kamu dapatkan.

2. Jaminan harga murah

Di BookingLokal kita dijamin dapat harga hotel paling murah dari aplikasi lainnya. Jika kita menemukan harga lebih murah untuk tanggal dan akomodasi yang sama pada aplikasi lain, kamu akan mendapat cashback GoPay sebesar selisih harga. Wow, mantap ya.

3. Banyak promo

Banyak promo yang bisa kita dapatkan bila pesan hotel di BookingLokal. Mulai dari beragam diskon, cashback sampai hadiah menarik lainnya.

4. Tanpa harga tambahan

Pesan hotel di BookingLokal membuat kita tak perlu khawatir soal harga akhir yang dibayar. Disini kita tidak perlu mebayar pajak dan biaya tambahan lainnya. Harga  yang kita lihat adalah total harga keseluruhan.

5. Bisa pesan dekat tanggal check in

Kalau masih galau menentukan tanggal liburan, tak perlu khawatir. Di BookingLokal kita bisa memesan hotel dekat dengan tanggal check in. Kita bisa dapat hotel dengan harga terbaik.

6. Cara bayar yang aman dan mudah

BookingLokal menjamin pembayaran yang aman dan mudah. Kita bisa membayar dengan banyak cara, mulai dari kartu kredit hingga transfer bank. Tak perlu merasa cemas karena pembayaran dilindungi oleh sistem yang tepercaya.

7. Pelayanan yang responsif

Selain telepon dan email, BookingLokal juga menyediakan layanan pelanggan melalui WhatsApp. Kapan saja kita butuh info atau bantuan, chat langsung customer service BookingLokal ke nomor yang telah disediakan

Cara pesan hotel di BookingLokal sangat mudah lho.

1. Masuk ke bookinglokal
2. Pilih kota pilihan
3. Pilih hotel yang cocok

4. Masukkan tanggal, jumlah orang dan durasi menginap, pilih kamarnya
5. Setelah memilih kamar, klik pesan sekarang
6. Akan diarahkan ke total pembayaran
7. Diarahkan ke pembayaran
Selesai!

Nah gimana selain murah, pesan hotel di BookingHotel juga #GampangKan.

Promo Rp. 1.000 Satu Malam Pertama

Oh ya di BookingLokal ada promo Rp. 1000 Satu Malam Pertama. Lewat promo ini kita bisa  mendapat hotel dengan harha Rp. 1000 untuk satu malam pertama dan malam berikutnya harga normal. Wah bisa hemat budget ni!

Saya pun mencoba memesan hotel di Bali dengan promo ini. Kami memilih menginap di The Nyaman Bali Hotel. Hotel ini beralamat diJl. Kubu Anyar No.20, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Hotel ini punya fasilitas yang cukup lengkap. Kolam renang memang jadi pilihan kami saat memesan hotel. Biar anak-anak bisa berenang di pagi hari.

Pesan dari BookingLokal bisa membuat kami mendapatkan kamar di hotel ini dengan harga terbaik dan juga cukup bayar harga 1 malam + RP 1.000 untuk 2 malam di sana. Hemat banget kan?

Kalau mau lebih banyak tentang BookingLokal kunjungi situsnya atau download aplikasinya di smartphone ya.

Tips Liburan Bareng Anak

Last but not least, simak dulu tips liburan bareng anak ya. Ada 3 hal yang perlu diingat saat berlibur bersama anak.

1. Packing barang seperlunya

Tak perlu membawa baju terlalu banyak. Gunakan fasilitas laundry yang ada di hotel.

2. Bawa emergency aid

Anak-anak tidak bisa ditebak keadaannya. Maka adalah perlu menyediakan emergency aid di tas yang mudah dijangkau.

Seperti saya yang membawa emergency aid di tas selempang saya.

3. Jaga stamina

Sehari sebelum berangkat perbanyak waktu istirahat.
Jaga kesehatan dan bila perlu minum multivitamin.
Bila stamina terjaga, acara liburan  akan berjalan lancar.

30 komentar

1. Aduh..asik bangat, jadi pengen seperti itu. Tapi saya masih menunggu calon anggota keluar dari perut mamanya

2. Wah baca ini jadi pengen ke Bali lagi, kerenn banget emang Bali, gimanapun 💋

3. Kalau pergi liburan ke Bali, wajib ke salah satu pantainya. Tapi nyarinya emang harus yang cocok buat anak anak

4. tibatiba rindu Bali.. semoga tahun depan bisa kesana lagi.

BalasHapus
  5. Wah kayaknya anak2 saya betah di chocolate factory nih. Apalagi ada acara buat kue2 coklat ya.

6. Murah banget mbak pesen hotel di Booking lokal. Aku coba juga ah. Lumayan nih promonya bikin pengen liburan hahaha

7. Huuaa lumayan nih diskon dari bookinglokal. Aku udaa wishlist nih kak ngajakin anak anak ke Bali apalagi ke Bird Park dan Marine Safari Park nya

BalasHapus
  8. Saya sering dapet cerita dari temen- temen mengenai liburan meteka di Bali, katanya disana keren terutama pantainya.
    Apalagi ada Bird Park dan Marine Safari Park.
    Jadi bisa lebih mengenal satwa

BalasHapus
  9. Asyik banget mba liburan ke Bali, tapi aku suka catatan itinerary nya, salah satu yang paling penting emang bawa obat-obatan atau P3K mini untuk kejadian yang tak terduga.

10. Wah tinggal di Denpasar 8 tahun belum pernah ke sini semua. Banyakan wahana baru yang dulu tahun 90-an belum ada. Jadi ngiler saya pengin liburan ke Bali. Apalagi pakai BookingLokal harganya gila murahnya!

11. Ada promo Rp 1000 satu malam pertama? Wah, keren nih. Oya, aku kok mupeng pengen ngajak anak-anak ke Bali Safari dan Marine Park ya hehehe...

BalasHapus
  12. Penasaran deh aku kepengen lihat hiu2 dan berenang bareng. HTM nya berapa ya? Serem2 ngeri2 gitu kayaknya hihihihi. Zaman berbulan madu dulu aku sempat berkunjung ke Bali Bird PArk. Koleksi burung2 dll bagus banget dan banyak juga hewan unggas yang langka.

13. Baca tulisannya bikin pengen liburan ke Bali sekeluarga nih y Ampun kangen pengen jalan2 hehhehe lengkap bngt ulasannya mbaaa keren deh

14. Belum pernah ajakin anak ke Bali nih, wah ternyata banyak ya liburan ramah anak di Bali, noted siapa tau akhir tahun ini ada rezeki liburan ke Bali, aamiin.

BalasHapus
  15. Anak2ku suka hiu. Promonya masih berlaku nggak sekarang? Pengen banget akhir tahun ini ke Bali semoga bisa aamiin.

16. Wah Bali Safari Night ini bikin menarik hati mau ke sana. Kapan-kapan kalau datang lagi ke Bali mau juga mampir ke sana

17. Kalau liburan bawa anak emang kudu lengkap printilannya ya mom.
    Wah makasih lho rekomendasi temanpat liburan di Bali yang ramah anaknya, biar liburan berkesan juga ya buat si kecil

BalasHapus
  18. List manarik juga y kli ke bali bisa coba ikuti iteneri ini.ditambah lagi klo mau cari penginap lebih mudah juga sekarang apalagi klo banyak diskon diskonnya

19. pengen ke bali shark evo tour dan balu bird park. zril suka sekali dengan hiu, maksudnya di lagu kartunnya itu loh. saya pengen kasih liat hiu asli tuh gimana. dan langsung pegang burung di luar rumah bakal seru sekali

20. Huaa jadi inget kalau mau pergi sama krucils printilannya bisa 2 atau 3 kali lipat dari milik ortunya, tapi pasti seru banget ya bisa liburan sekeluarga gitu apalagi banyak wahana yang menarik buat anak-anak

BalasHapus
  21. Ternyata ngga sederhana ya kalo mau liburan maksimal bareng anak, untung ada penawaran cuma bayar Rp 1000 di hari pertama

22. Wow... Bali. Pengen ke sana lagi dan emmang alamnya keren banget. Tempat indah untuk dikunjungi. Sayang semua list tempat wisata diatas blm aku kunjungi. Smg bs ke bali lagi dan mengunjungi tempat2 itu.

23. Semoga bisa ke Bali bawa Shanum karena Salfa juga sudah dibawa ke sana
    Abak dua ini harus diperlakukan sama soal jalan jalan 🤣🤣

BalasHapus
  24. wahh anak2 diajak ke Bali pasti seneng banget yak.. pilihan destinasinya buanyaakkk dan keren semua...

25. Haduh. Jadi mupeng pingin ke Bali juga. Itu Bali Chocolate Factory (Charlie Chocolate Factory) bikin ngiler banget. Oh ya, Bali Bird Park tu semacam taman safari ya kalau di Jawa?

26. Baru tahu di Bali ada Chocolate factory gitu. Tahunya cuma pantai sama taman-taman gitu. Duh kapan ya saya bisa ke Bali

BalasHapus
  27. wah jadi kangen banget nih aku pengen ke Bali.. menyenangkan banget bisa ngajakin anak senang2 di Bali, banyak tempat bagus yg seru2

28. Terakhir ke Bali pas honeymoon, dan abis baca ini jadi pengen bawa anak hehehe. Sepertinya seruuu ya beberapa kegiatan yang melibatkan satwa.

29. Bali is a wonderful place where you can rest from all the problems and issues with your friends and family and just enjoy the beauty of nature.