SCRIPT ANTI M1 BL Asyiknya Liburan ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya - Dee Stories

Asyiknya Liburan ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya





Hari libur menjadi waktunya berkumpul dengan keluarga. Biasanya kami pergi ke mall, anak-anak butuh main di playgroud. Orangtuanya butuh ngadem, secara Surabaya panas benget ! Hehehe. Tapi kali ini berbeda! Anak-anak request pergi ke perpustakaan! Wow, luar biasa bukan. Maka kami pun berangkat ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya.


Perpustakaan Balai Pemuda




Sejak mendeklarasikan diri sebagai kota literasi pada 2 Mei 2014, pemerintah Surabaya terus berupaya membangun layanan baca di ruang publik. Salah satunya adalah menghadirkan Perpustakaan Umum Kota Surabaya di kompleks gedung Balai Pemuda. Perpustakaan ini kemudian lebih dikenal sebagai Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya.






Perpustakaan yang berdiri pada tahun 2014 ini menjadi salah satu tempat menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Ruangan perpustakaan yang dilengkapi dengan pendingin ruangan membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Ruang baca yang cukup luas, menjadikan saat membaca lebih nyaman.


Fasilitas Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya



Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya ini juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung.


1. Loker Penyimpanan



Dekat pintu masuk, terdapat loker penyimpanan. Tas dan jaket pengunjung bisa dititipkan disini.


2. Jam Layanan yang Panjang



Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya memiliki jam layanan yang panjang. Perpustakaan ini buka setiap hari, kecuali hari libur nasional. Buka mulai pukul 07.30 sampai 21.00 WIB. Cocok sekali untuk menghabiskan waktu mengerjakan tugas-tugas sekolah dan kuliah ya.


3. Koleksi Buku Fiksi yang Melimpah





Buku fiksi mendominasi koleksi di perpustakaan ini. Buku fiksi Indonesia dan Inggris tersedia dalam berbagai genre.




4. Tempat Membaca yang Nyaman





Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya menyediakan tempat membaca buku yang nyaman. Mulai dari sofa yang empuk, kursi busa hingga lesehan. Semuanya membuat pengunjung nyaman dan betah membaca disini.




5. Ruangan Khusus Anak




Tak salah jika mengajak anak-anak main kesini. Disini terdapat ruangan khusus anak.

Di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya terdapat Children Play Land dan Children Corner yang dikhususkan untuk anak-anak.  Children Play Land merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Sementara itu, Children Corner adalah tempat yang berisi buku-buku anak




Anak-anak bisa membaca buku-buku anak dan bermain komputer disini. Bahkan juga ada berbagai permainan edukatif lainnya.


6. Pojok Disleksia





Di perpustakaan ini juga terdapat pojok disleksia. Pojok disleksia sebagai wahana terapi bagi anak-anak disleksia.


Terdapat dua komputer yang disediakan disini. Komputer tersebut dilengkapi aplikasi khusus bagi penyandang disleksia namanya LexiPal. Dalam aplikasi tersebut terdapat beragam permainan yang bisa mengasah kemampuan membaca dan motorik anak disleksia.


7. Komputer




Di Perpustakaan Balai Pemuda ada empat komputer yang boleh digunakan pengunjung. Pengunjung bisa mengetik ataupun berselancar di internet menggunakan komputer ini.


8. Akses Internet Gratis



Disini juga ada akes internet gratis bagi setiap pengunjung.


9. Tempat Charger



Kalau main kesini jangan khawatir jika gadgetmu kehabisan daya. Ada banyak tempat charger disini. Laptop dan hp mu bisa tetap ON saat disini.


10. Korean Corner



Ada Korean Corner di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. Penggemar K-Pop bisa puas baca buku ataupun nonton film Korea disini.


11. Wisata Buku



Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya memiliki program wisata buku. Disini komunitas dan sekolah bisa ikut mendaftar. Kegiatan wisata buku antara lain pengenalan perpustakaan dan story telling.


12. Bimbel Gratis



Tak hanya mendapatkan pengetahuan lewat buku disini, tetapi juga bisa belajar. Salah satu layanan dari perpustakaan ini adalah memberikan bimbel gratis. Bimbel ini untuk anak SD hingga SMA. Di bimbel ini bisa belajar bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea, komputer dan matematika secara gratis.


13. Toilet



Disini juga ada toilet bagi pengunjung. Ada dua bilik toilet, masing-masing satu untuk toilet perempuan dan toilet laki-laki.


Cara Menjadi Anggota Perpustakaan





Bagaimana? Melihat lengkapnya fasilitas perpustakaan ini pasti ingin jadi anggotanya ya. Daftar saja, cara menjadi anggota pepustakaan ini cukup mudah kok.


💠 Bawa 1 lembar foto copy an KTP untuk dewasa

💠 Bawa 1 lembar foto copy an kartu keluarga untuk anak-anak


Setelah itu kita mengisi formulir lalu di foto. Kartu anggota akan jadi dalam waktu 10 menit. Cepat kan? Dan gratis tanpa dipungut biaya.




Pengunjung bisa meminjam 2 buku untuk sekali pinjam. Waktu peminjaman selama 7 hari. Akan ada denda bagi yang terlambat mengembalikan buku. Dendanya Rp. 500,00 untuk buku dewasa dan Rp. 200, 00 untuk buku anak / hari.


Kesan Berlibur di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya



Lalu bagaimana kesan anak-anak saat berlibur di perpustakaan ini? Pastinya anak-anak senang. Banyak buku-buku anak yang tersedia. Mulai dari buku cerita, ensiopedi, majalah bahkan komik.


Genrenya pun macam-macam. Ada fiksi dan non fiksi. Koleksi buku cerita rakyatnya juga banyak. Chacha paling suka membaca buku cerita rakyat.


Buku-buku anak di perpustakaan ini cocok untuk balita juga. Banyak buku jenis board book disini. Tak perlu khawatir anak akan menyobek bukunya, sebab bukunya tahan sobek. Buku-buku board book menjadi pilihan Aluna.




Ruangan anak yang di desain warna-warni membuat anak senang membaca disini. Apalagi mereka bisa lesehan diatas karpet yang empuk. Makin membuat mereka betah berlama-lama. Terbukti, anak-anak tetap anteng meskipun sudah menghabiskan waktu selama 4 jam !.


Chacha gembira karena dia sudah menjadi anggota perpustakaan ini. Dia bisa meminjam buku pilihannya.




Mengajak anak ke perpustakaan tidak hanya mengasah kecerdasan literasi mereka. Tetapi juga melatih kedisiplinan anak. Mereka belajar disiplin dengan mematuhi peraturan yang ada di perpustakaan. Juga belajar disiplin mengembalikan buku yang sudah dibaca ke tempat semula.


Selain itu, jalan-jalan ke perpustakaan bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak. Orangtua bisa membacakan buku disini. Dan orangtua juga menjalankan tugasnya, mengasah kecerdasan literasi anak.


Saran untuk Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya



Berkunjung ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya secara keseluruhan sangat menyenangkan. Namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi, agar semakin membuat pengunjung nyaman.


💠 Menambah koleksi buku, khusunya buku-buku non fiksi.

💠 Menyediakan komputer katalog buku, agar pengunjung lebih mudah mencari buku.

💠 Ada kantin, jam pelayanan yang panjang dan kenyamanan berbagai aktivitas pasti membuat pengunjung lama disini. Pasti akan lebih nyaman jika pengunjung bisa istirahat sejenak sambil makan dan minum di kantin.


Lokasi dan Akses


Bagi kamu yang tertarik berkunjung kesini, datang saja. Perpustakaan di terletak di dalam kompleks gedung Balai Pemuda Surabaya. Tepatnya Jalan Gubernur Suryo 15 Surabaya.


Akses ke perpustakaan ini juga mudah dijangkau transportasi umum. Kamu bisa naik Suroboyo Bus, turun di halte Gubernur Suryo. Atau bisa juga naik lyn V, turun di depan gedung Balai Pemuda Surabaya.


Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya menjadi salah satu fasilitas umum yang sangat bermanfaat. Warga kota yang baik, tak hanya bisa memanfaatkan fasilitas umum yang tersedia, melainkan juga berperan dalam merawatnya. Misalnya tidak merusak buku yang dipinjam.


Berlibur ke perpustakaan ternyata menyenangkan. Banyak pengalaman berharga yang di dapat oleh anak-anak. Selain itu tentu juga meningkatkan minat baca anak.


Bagaimana denganmu, apakah punya pengalaman menarik saat berkunjung ke perpustakaan? Share pengalamanmu di kolom komentar ya 😊😊😊





32 komentar

  1. MasyAllah perpustakaannya gede ya Mba terus rapih lagi. Lihat ini jadi ngasih ide ke aku juga buat ngajakin Erysha ke perpustakaan daerah atau kota. Biasanya dia ke gramedia belum pernah ke perpustakaan. Pengen coba ah sekalian ngenalin perpustakaan ke ke Erysha kayak apa

    BalasHapus
  2. Surabaya keren mba..
    Btw medan, perpustakaan daerah sumut nya juga buka layanan hingga jam 9 malam. Buat Kartu juga sistem on line, cuma bawa ktp atau kartu pelajar. 5 menit siap cetak. Tapi belum ada pojok dislesksia.

    Mudah-mudahan ke depannya bisa ikutjejak perpustakaan surabaya.

    BalasHapus
  3. Aku udah lamaaaaa ngga main k sini.
    Moga2 next week lah bisa plesir k Sby pusat

    BalasHapus
  4. Pinternya anaknya mba, biasanya anak-anak kebanyakan ngajak ke Mall.
    Berkunjung bersama ke perpustakan pasti menyenangkan, selain menambah ilmu baru kita juga bisa menjalin keakraban bersama anak

    BalasHapus
  5. Dulu waktu smu aku sangat senang ke perpustakaan di sekitar mayestik jakarta. Bukunya bagus-bagus dan jadi temen santai di rumah kalau lagi weekend. Jadi kangen ke sana abis lihat artikel mbak ini.

    BalasHapus
  6. Waktu masih tinggal di Surabaya, sering juga pergi ke Perpustakaan, tapi perpustakaan yang di Jalan Rungkut Asri Tengah. Kebetulan dekat dengan rumahnya adik tempat aku tinggal di Ngagel. Kalau yang di Balai Pemuda belum pernah. Sekarang tinggal di Jakarta jadi jarang ke perpustakaan karena jauh banget di tengah kota, sementara aku tinggalnya di pinggiran kota. Jadi kangen euy berburu buku di perpustakaan lagi

    BalasHapus
  7. Perpustakaan yang cukup mewadahi para pembaca. Pojok disleksia yang menarik perhatian saya. Masih jarang yang aware akan kelainan itu dan belum banyak yang tahu cara penanganannya.

    BalasHapus
  8. Buka sampe jam 21 malam? Wuiiii macam perpus di luaran sana yang jam bukanya panjang. Duh buku fiksinyw juga banyak. Ada Korean Corner juga. Wuaaa andai di Cibinong juga ada.

    BalasHapus
  9. MashaAllah~
    Balmud sekarang ada perpusnya keren begini yaa...
    Sambanganku mbiyen pas sekolah kui Taman Apsari, seberang Balmud itu loo..yang ada pesawatnya, hiihii..

    Lyn V yaa...langgananku jaman SMA.
    Mantapuu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling asik memang quality time ke perpus.
      Jadi sama-sama happy.
      Anak-anak happy karena dapet bacaan yang banyak dan beda, Ibu juga happy karena wisata hemat. Hehehe~

      Hapus
  10. menarik.... kalau aku ke Surabaya ini jadi bucket list tempat me time. makasih infonya mbak :)

    BalasHapus
  11. Wawww fasilitasnya cukup lengkap. Apalagi ruang baca anak, penting banget, jadi ngga cuma org dewasa yang terakomodir, anak2pun demikian. Jadi pengen review perpusda Jaksel juga, hehe.

    BalasHapus
  12. Ya ampun tempat bacanya enak banget. Bisa-bisa mager ga pengen pulang kalo belum kelar bacanya ini sih

    BalasHapus
  13. Enak banget ini ada tempat baca untuk anaknya, tapi perpustakaan sekarang tuh emang nyaman banget ya mbak. Aku aja yang di Jakarta pengen banget deh bawa anakku sesekali ke perpusnas.

    BalasHapus
  14. Kalau ke Perpustakaan ini mah mbak aku juga pengen berlama-lama. Lihat fasilitasnya juga keren banget dan anak-anak bisa suka di sini.

    BalasHapus
  15. Banyak bacaan fiksi, korean corner dan kids corner juga. Dekorasinya bagus dan nyaman. Kalau begini siapa yang nolak buat berlama lama di Perpus

    BalasHapus
  16. kalo mau ikutan BimBel Gratis, kudu kontak ke mana ya Mbaaa
    Nih aku pengin daftarin anakku les bhs Jepang :D

    BalasHapus
  17. Sekarang balai pemuda jadi perpus ya. Keren banget fasilitasnya. Aku penasaran sama yang buat disleksia

    BalasHapus
  18. wah keren perpusnya...sama kayak perpus Indramayu yang diisi dengan berbagai kegiatan dari tari, ngaji, belajar koding, dan lain-lain

    BalasHapus
  19. ternyata balai pemuda dirombak habis2an. terakhir tinggal di sana 2013 dan masih berupa gedung informasi wisata dan sering jd tempat digelarnya pameran. sekarang dah jd perpus toh

    BalasHapus
  20. Asik ya, perpustakaan bisa menjadi destinasi wisata bersama anak saat ini. Jadi kepingin juga ke perpustakaan di sini deh, pasti menyenangkan

    BalasHapus
  21. wah kalau gini mah awet baca buku dan belajar atuh. Bisa masuk daftar tempat tujuan klo pas ke surabaya nih

    BalasHapus
  22. Wah kerenn
    jadi pingin ke museum Bandung yang konon lengkap banget

    BalasHapus
  23. Baru kali ini ada perpus dengan menambahkan Korean corner. Udah lama gak di Surabaya, besok bisa deh mampir ke sini buat tengok

    BalasHapus
  24. KYAAAAAA~~~ aku sendiri belum pernah ke perpustakaan provinsi DKI. Hiks. Baru liat2 gambarnya aja dari temen-temen blogger yang ke sana. Btw kalau arek suroboyo pada tahu fasilitas di sini, apalagi bimbel gratis, sayang banget kalau nggak dipergunain. Soalnya kita bisa belajar beraneka bahasa sevara gratis.

    BalasHapus
  25. Mengunjungi perpus jadi sarana terbaik untuk wisata otak. Biar nambah wawasan dan upgrade ilmu. Fasilitasnya lengkap juga y. Tinggal dibuat aja iven agar meningkatkan kunjungannya

    BalasHapus
  26. Perpustakaan sekarang udah banyak yang keren, fasilitas nya juga komplit. Seperti WiFi, area bermain, dan bukunya komplit dari dewasa sampai anak-anak. Dan setuju juga tuh dengan sarannya, fasilitas kantin itu kudu diperhatikan oleh pengelola. Di Semarang juga kantinnya pas jam makan siang udah gak ada jajanan. Mesti keluar dulu baru bisa maksi, hihii

    BalasHapus
  27. Keren. Desain interior perpusnya asik banget yaaa. Ini bikin betah anak2 kalau diajakin kesini. Mreka bisa pilih buku bacaan ringan yang mereka suka. Emaknya juga bisa cari referensi untuk nulis blog 😆

    BalasHapus
  28. Wuihh ada korean corner nih. Fasilitasnya juga cukup komplit. Kapan kapan mampir kesini ahh

    BalasHapus
  29. Huwa keren banget ini ya Mba perpustaakaannya, komplit banget
    aku mah betah kalo udah di perpustakaan bawaannya pengen bawa pulang aja buku-bukunya wkwkwk tapi jatah pinjem cuma 2 biasanya.

    BalasHapus
  30. Ya allah, jadi inget ing buku perpustakaan keliling yang belum k kembalikan gara-gara Perpus nya gak kembali lagi.. dulu paling suka baca buku penemuan sederhana.

    BalasHapus