SCRIPT ANTI M1 BL Suroboyo Bus, Transportasi Terintegrasi yang Nyaman dan Ramah Lingkungan - Dee Stories

Suroboyo Bus, Transportasi Terintegrasi yang Nyaman dan Ramah Lingkungan



Siapa yang masih suka naik tranportasi umum? Transportasi umum sejatinya adalah pilihan terbaik bagi warga kota dengan mobilitas yang tinggi. Kota yang warganya selalu menggunakan transportasi umum akan dipastikan terhindar dari kemacetan. Sayangnya, kondisi transportasi umum yang kurang memadai, membuat warga beralih ke transportasi pribadi.


Saya membayangkan sebuah moda transportasi umum yang nyaman. Syukur-syukur bisa terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Plus menjangkau tempat-tempat wisata.
Hmm, adakah yang seperti itu? Ada! Suroboyo Bus jawabannya. 

Suroboyo Bus

Suroboyo Bus

Suroboyo Bus adalah moda transportasi dengan sistem bus rapid transit. Bus kebanggaan warga kota Surabaya ini resmi diluncurkan pada 7 April 2018 lalu, oleh walikota Surabaya Tri Rismaharini.
Bus ini mampu menampung 67 orang. Bus ini berukuran lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter.  Bus ini hanya akan berhenti di halte-halte bus yang telah ditetapkan.

Bus dengan warna merah ini sering disebut sebagai bus tayo. Maklum warnanya mirip dengan salah satu karakter bus yang ada di film "Tayo The Little Bus".


Suroboyo Bus Rute

Diawal peluncurannya, Suroboyo Bus ini hanya melayani rute Utara-Selatan. Rute ini melewati Jembatan Merah hingga Purabaya. Rute ini memang sangat tepat, dimana rute ini melintasi pusat-pusat perekonomian Surabaya. Mulai dari pasar, bank, kantor dan juga instansi-instansi pemerintah.


Suroboyo Bus Rute Utara - Selatan



Awalnya, Suroboyo Bus ini memiliki 8 buah armada. Kemudian armada bertambah, dua. Namun dengan jenis bus yang berbeda. Jika sebelumnya hanya ada satu jenis Suroboyo Bus dengan warna merah dan one deck, kini ada Suroboyo Bus jenis double decker alias bus tumpuk dengan warna kuning.


Suroboyo Bus Double Decker



Tak lama kemudian, tepatnya dipertengahan tahun 2018 ada penambahan rute baru. Yakni rute Barat-Timur. Rute ini sangat cocok bagi para mahasiswa, maklum rute ini melewati berbagai kampus yang ada di Surabaya. Rute Barat- Timur ini mulai dari Kampus Unesa Lidah hingga ITS.


Rute Barat - Timur



Animo masyarakat terhadap Suroboyo Bus ini terus bertambah. Berdasarkan data yang didapat dari instagram @suroboyobus, jumlah  penumpang Suroboyo Bus hingga Juli 2019 telah mencapai 1.047.296 penumpang.


Jumlah penumpang mencapai 1 juta tersebut dari sejak beroperasi pada 2018. Rincian penumpang Suroboyo bus itu antara lain Januari 2019 dengan 69.569 penumpang, Februari 2019 dengan 70.978 penumpang, Maret dengan 82.740 penumpang. Kemudian April 2019 dengan 90.369 penumpang, Mei 74.505 penumpang, Juni 2019 sebesar 82.548 penumpang, dan 96.698 penumpang. 


Kenaikan jumlah penumpang ini membuat Suroboyo Bus menambah jumlah armada bus. Pada bulan Januari 2019, ada penambahan 10 armada bus. Tiga armada untuk rute Utara-Selatan , sedangkan 7 armada lainnya untuk rute Barat-Timur. Hingga saat ini, ada 20 armada Suroboyo Bus. Penambahan jumlah armada ini membuat waktu tunggu di halte semakin singkat. Sekarang rute tunggu di halte hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.


Keberadaan Suroboyo Bus ini kembali membuat warga menggunakan transportasi umum. Sebagaimana dengan saya, sekarang setiap hari saya selalu menggunakan Suroboyo Bus untuk berangkat kerja. Kalau biasanya saya hanya menggunakan rute Utara-Selatan untuk pergi ke lokasi mengajar. Kini, saya juga bisa menggubakan rute MERR untuk berangkat mengajar ke lokasi yang ada di Rungkut. Maklum, pekerjaan sebagai guru les membuat saya sering berpindah lokasi mengajar.


Ada satu lokasi tempat mengajar yang ada di daerah Rungkut. Kalau biasanya saya hanya bisa naik ojek online, sekarang bisa naik Suroboyo Bus. Bertepatan dengan hari kemerdekan 17 Agustus 2019 lalu, Suroboyo Bus meluncurkan rute terbarunya. Yaitu rute MERR (Midle East Ring Road). Rute MERR ini dimulai dari Kenjeran hingga Gunung Anyar.


Rute MERR ini melintasi 35 titik pemberhentian. Bus akan melaju sepanjang 27 kilometer. Sayangnya baru ada 4-5 armada bus saja yang melayani rute ini. Ini yang membuat penumpang harus menunggu lama di halte.


Saat mencoba rute ini saya harus transit dua kali. Pertama naik Suroboyo Bus rute Utara-Selatan, turun di Halte Darmo. Lalu melanjutkan naik rute Barat-Timur, turun di Halte ITS. Setelah itu barulah saya bisa naik Suroboyo Bus rute MERR. Dan perjalanan saya dari Purabaya sampai ke Rungkut, memakan waktu selama 2,5 jam!.


Suroboyo Bus Fasilitas

Meskipun harus menempuh perjalanan yang lebih lama dibandingkan naik kendaraan pribadi, penumpang akan tetap nyaman selama perjalanan. Suroboyo Bus ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang tidak hanya membuat nyaman penumpang, tetapi juga memberikan rasa aman. Berikut adalah fasilitas yang dimiliki oleh Suroboyo Bus.

1. Pintu Sensor Otomatis

Suroboyo Bus ini memiliki pintu sensor otomatis. Pintu bus ini memberi kemananan bagi penumpang, bila ada penumpang yang berdiri di dekat pintu, pintu tidak akan tertutup, bus tidak akan berjalan sampai pintu benar-benar tertutup.

2. Kursi

Kursi Jingga untuk laki-laki


Ada 3 jenis warna kursi dalam Suroboyo Bus. Ketiga warna kursi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Warna merah untuk lansia dan disabilitas. Warna jingga untuk laki-laki dan warna merah muda untuk perempuan. 

Kursi Pink untuk perempuan



Laki-laki ditempatkan di bagian belakang bus. Sedangkan perempuan ada di bagian bus. Pemisahan ini mencegah terjadinya pelecehan seksual di dalam bus.


Kursi Merah untuk lansia dan difabel 


3. Pegangan Bus

Berdiri di Suroboyo Bus



Jika tak mendapatkan kursi saat naik Suroboyo Bus, tak perlu khawatir. Kamu bisa tetap aman dan nyaman naik Suroboyo Bus. Suroboyo Bus dilengkapi dengan banyak pegangan bus. Penumpang yang berdiri akan tetap aman.

4. Helper

Helper Suroboyo Bus


Di dalam Surabaya Bus ada petugas yang akan membantu setiap penumpang. Mereka disebut Helper. Mereka yang akan magih tiket dan memberikan karcis kepada setiap penumpang.
Bahkan saat tahu saya akan transit di Halte Darmo dan Surabaya Bus rute Barat-Timur sudah jalan, helper bus yang saya naiki menelpon helper bus di depan. Meminta mereka menunggu di halte berikutnya. Agar saya tidak terlalu lama menunggu bus. Duh, sangat membantu sekali ya.

5. AC

Kenyamanan dari Suroboyo Bus ini adalah adanya AC atau pendingin ruangan. Meskipun perjalanan panjang, penumpang akan nyaman. Sebab ada AC yang mendinginkan suasan, hehe.

6. Alarm

Setiap bus Suroboyo Bus ini dilengkapi oleh alarm. Alarm ini digunakan untuk keadaan darurat. Saat keadaan darurat, penumpang bisa memencet alarm ini. Maka pintu bus akan terbuka otomatis.

7. Glass Breaker


Glass Breaker


Saat keadaan darurat, penumpang bisa memecahkan kaca dengan glass breaker. Setiap Suroboyo Bus dilengkapi oleh empat glass breaker.

8. Alat APAR

Alat APAR



Saya pernah mendengar berita, ada bus yang tiba-tiba terbakar. Duh, kalau kebayang itu jadi deg-deg an tiap naik bus. Tapi jika naik Suroboyo Bus, saya tak perlu khawatir lagi. Bus ini dilengkapi dengan alat APAR. Alat ini untuk antisipasi bila terjadi kebakaran di bus.

9. CCTV

CCTV



Suroboyo Bus ini memiliki 15 CCTV. Tiga CCTV terdapat di bagian depan dan belakang bus. Sementara 12 lainnya terdapat di dalam bus.
Pastinya saat naik bus ini kamu akan aman dari berbagai modus kejahatan. Tak hanya itu, bila barangmu tertinggal di dalam bus, kamu bisa mendapatkannya kembali dengan menghubungi kru Suroboyo Bus.

10. Tempat Penukaran Sampah Plastik

Tempat Penukaran Sampah Botol Plastik



Jika kamu tidak sempat menukarkan sampah plastikmu dengan kartu perjalanan, kamu tetap bisa naik Suroboyo Bus kok. Kamu hanya perlu membawa plastik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di setiap bus Suroboyo Bus ini disediakan tempat penukaran sampah plastik.

11. Ramah Difabel

Ramah Difabek


Suroboyo Bus ini adalah moda transportasi yang ramah difabel. Selain ada kursi khusus difabel, pengguna kursi roda juga mudah naik dan turun bus

12. Terhubung dengan Surabaya Intellegent Urban Transport System

Terhubung dengan SITS



Suroboyo Bus ini terhubung dengan Surabaya Intellegent Urban Transport System (SITS). SITS adalah Sistem Cerdas untuk mendukung manajemen transportasi dengan pemanfaatan teknologi (Informasi, Komunikasi, Sensor, Kontrol dan Komputerisasi) untuk membangun sistem informasi dan manajemen trasportasi secara otomatis. Dengan SITS, Suroboyo Bus akan terjamin kelancaran dan keselamatan lalu lintasnya.

13. Pengisi Daya

Pengisi Daya



Saat naik Suroboyo Bus, kamu tak perlu khawatir bila baterai handphone(hp) lowbat. Di Suroboyo Bus ada pengisi daya, yang bisa digunakan untuk mengisi baterai hp. Ini adalah fasilitas terbaru dari Suroboyo Bus.


Suroboyo Bus Tiket

Suroboyo Bus ini adalah moda transportasi yang pembayarannya menggunakan sampah plastik. Untuk satu tiket perjalanan Suroboyo Bus bisa didapat dengan menukarkan sampaj plastik air minum kemasan (amk).
Satu tiket perjalanan Suroboyo Bus bisa didapat dengan menukarkan  :


💠 Lima botol plastik AMK 600ml
💠 Tiga botol plastik AMK 1500ml
💠 Sepuluh gelas AMK 250ml

Ada dua cara untuk bisa mendaptkan tiket Suroboyo Bus ini. Pertama, dengan menukarkan sampah botol plastik yang kamu miliki di tempat-tempat yang telah disediakan.

Lokasi Penukaran Sampah Botol Plastik



Saat menukarkan, jangan lupa membawa kartu identitas ya. Satu kartu identitas maksimal dapat 10 stiker. Atau maksimal menukarkan 50 sampah botol plastik 600ml untuk mendapatkan 10 tiket perjalanan.


Saya dan Kartu Setor Sampah



Oh ya, ini ada video bagaimana saya menukarkan sampah botol plastik saya di Terminal Purabaya untuk mendapatkan kartu setor sampah.




Kedua, kamu cukup membawa sejumlah sampah botol plastik saat naik. Di dalam Suroboyo Bus tersedia tempat penukaram sampah botol plastik. Pastikan jumlah botol plastikmu cukup untuk ditukar tiket perjalanan ya.


Oh ya, satu tiket perjalanan Suroboyo Bus ini berlaku untuk 2 jam ya. Jadi saat transit kamu tak perlu membayar lagi.


Pembayaran tiket bus dengan sampah plastik ini menjadi salah satu langkah pemerintah kota Surabaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Suroboyo Bus menjadi salah satu cara pemkot dalam mengolah sampah plastik.


Adipura untuk Surabaya


Langkah ini menjadi proyek percontohan bagi dunia internasional lho. Dan pemerintah Surabaya pun akhirnya mendapatkan penghargaan Adipura.


Suroboyo Bus GoBis

Aplikasi GoBis



Suroboyo Bus ini juga termasuk moda transportasi yang kekinian lho. Suroboyo Bus didukung oleh aplikasi GoBis. Melalui aplikasi ini penumpang bisa mengetahui posisi bus dari halte terdekat. Disini juga ada pilihan semua rute Suroboyo Bus.

Rute Suroboyo Bus


Memantau Posisi Suroboyo Bus




Di aplikasi ini juga ada layan scan pick up di setiap halte. Dengan scan barcode yang ada di halte, Suroboyo Bus akan tahu dimana kamu menunggu. Jadi kamu bisa segera dijemput.



Scan Pick Up di Halte



Tak hanya seputar Suroboyo Bus saja, di aplikasi ini juga ada pilihan lainnya. Mulai dari pilihan tempat wisata, mikrolet dan bus kota. Aplikasi ini cocok untuk menemani kamu untuk berkeliling kota Surabaya.


Aplikasi GoBis ini bisa didonlod secara gratis di Playstore. Bahkan sekarang pengguna IOS juga bisa memakai aplikasi ini.


Suroboyo Bus Transportasi Terintegrasi




Transportasi yang maju adalah transportasi yang saling terintegrasi. Artinya setiap moda transportasi bisa saling terhubung. Segingga akan semakin memudahkan para penumpang untuk berpindah tempat.








Suroboyo Bus ini juga terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Misalnya mikrolet atau bisa disebut juga angkot (angkutan kota). Bagi penumpang Suroboyo Bus yang ingin melanjutkan perjalanan ke rute yang tidak dewati oleh Suroboyo Bus tak perlu khawatir. Rute Suroboyo Bus ini terintegrasi dengan beberapa mikrolet, mislanya mikrolet dari terminal Purabaya, Joyoboyo maupun Jembatan Merah. Atupun mikrolet yang melintasi rute ITS dan Unesa.





Bahkan kini, kamu bisa membawa sepeda saat naik Suroboyo Bus. Di beberapa armada, terdapat fasilitas bagi pengguna sepeda. Wah ini semakin mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan ya.




Suroboyo Bus dan Geliat Pariwisata


Suroboyo Bus dan Geliiat Pariwisata



Transportasi yang memadai pada akhirnya juga akan mendukung perkembangan sektor pariwisata. Kehadiran Suroboyo Bus ini juga menambah semarak pariwisata kota Surabaya.


Ada tiga potensi wisata yang berkembang melalui peran Suroboyo Bus ini.


Edutrip

Edutrip bersama Suroboyo Bus



Suroboyo Bus sering dijadikan jujukan bagi beberapa sekolah di Surabaya. Sekolah mengajak murid-muridnya untuk menikmati perjalanan bersama Suroboyo Bus.
Murid-murid bisa belajar tentang transportasi umum. Mereka juga bisa belajar untuk peduli lingkungan. Bijak mengolah sampah plastik.


Jelajah Wisata Surabaya

Buat kamu yang ingin menjelajahi wisata Surabaya, cukup dengan naik Suroboyo Bus. Banyak tempat-tempat wisata Surabaya yang dilalalui oleh Suroboyo Bus. Diantaranya :


💠 Kebun Binatang Surabaya
💠 Perpustakaan Bank Indonesia
💠 Taman Bungkul
💠 Monumen Tugu Pahlawan
💠 Museum Kesehatan
💠 Kampung Kraton
💠 Kawasan Kota Tua Surabaya
💠 Kampung Wisata Baliwerti
💠 Taman Sejarah
💠 Museum de Javasche Bank
💠 Pantai Ria Kenjeran
💠 Perpustakaan Balai Pemuda
💠 Taman Prestasi


Bila ingin datang ke tempat-tempat wisata diatas, kamu bisa naik Suroboyo Bus. Semua tempat-tempat wisata diatas dilewati oleh Suroboyo Bus.


Oh ya, kamu juga bisa wisata belanja menggunakan Suroboyo Bus. Banyak mall-mall terkenal di Surabaya yang dilewati oleh Suroboyo Bus. Mulai dari Royal Plaza, Tunjungan Plaza, BG Junction, Jembatan Merah Plaza, Delta Plaza, Galaxy Mall dan Grand City.


Suroboyo Bus Terintegrasi dengan City Tour

Suroboyo Bus tak hanya terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, tetapi juga tetintegrasi dengan berbagai wisata city tour.


Saat naik Suroboyo Bus rute Utara - Selatan, ada dua city tour yang bisa kamu ikuti.

💠 Surabaya Shopping Culinary Track (SSCT)

Bus SSCT



Bus SCCT ini adalah salah satu program city tour yang dimiliki oleh pemkot Surabaya. Dengan bus ini kamu bisa keliling kota Surabaya. Ada dua rute dalam perjalan bus SSCT ini. Kamu bisa brli tiketnya di Balai Pemuda, satu tiket perjalanan bus SSCT ini seharga Rp. 7.500.

1. Rute Museum

Rute ini beroperasi pada minggu pertama dan minggu ketiga. Perjalanan bus ssct, dimulai dari Balai Pemuda, dilanjutkan ke Balai Kota, lalu ke Museum Surabaya, berlanjut kembali ke Museum 10 November, serta mampir ke Museum Kesehatan, Museum Bank Indonesia, Jembatan Merah Plaza, dan selesai ke Balai Pemuda.

2. Rute Bahari

Rute ini beroperasi pada minggu kedua dan minggu keempat.
Perjalanan bus SSCT, dimulai dari Balai Pemuda, lalu berlanjut ke Balai Kota, Monumen Kapal Selam, Pantai Kenjeran, Sentra UKM Merr, dan perjalanan selesai di Balai Pemuda.

💠 Surabaya Herritage Track

Bus SHT



Surabaya Herritage Track (SHT) ini adalah program city tour dari Museum House of Sampoerna. Bus merah ini beroperasi 3x dalam sehari.

Yaitu :
Pukul  09.00 WIB
Pukul  13.00 WIB
Pukul  15.00 WIB

Dengan rute - rute sebagai berikut :

Weekday :

Surabaya City of Education
(Telkom Garuda - 'Ongko Loro' School)1.
The Heroes City
(History Park - Heroes Monument)
Surabaya - The Trading City
(Shahbandar Tower - Pabean Market)


Weekend : 

Kampung dari Seberang
(Chinatown - Kampung Ampel)
Kampung Metropolitan
(Kampung Peneleh - Kampung Ketandan)
Babad Surabaya
(Kampung Kraton - Kampung Bubutan)


Keliling dengan bus SHT ini gratis lho. Kamu hanya perlu datang ke Museum House of Sampoerna yang berada di Jalan Kalisosok. Kamu bisa turun di Halte Rajawali lalu jalan kaki sejauh 500 meter.
Nah bagaimana, sangat luar biasa ya Suroboyo Bus ini. Bus ini tak sekadar menjadi transportasi yang aman dan nyaman. Tetapi juga saling terintegrasi dengan moda transportasi lainnya dan juga sangat mendukung sektor pariwisata yang ada di Surabaya. Ditambah lagi, kita bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan. Mengolah sampah plastik dengan bijak.


Ayo datang ke Surabaya. Rasakan pegalaman serumu naik Suroboyo Bus. Transportasi terintegrasi yang nyaman dan ramah lingkungan.
😊😊😊


Oh ya, jika ingin tahu lebih banyak tentang informasi seputar transportasi kamu bisa kunjungi instagram dari Kementerian Perhubungan ya. Di @kemenhub151



Refereansi Foto :

1. Koleksi Pribadi
2. Instagram Suroboyo Bus @suroboyobus

39 komentar

  1. Wah bus nya keren-keren ya mba...Semakin aku pengen menjajal Surabaya Bus. Baca ulasan mba kok luengkap bangettt...jd pngen jlan-jalan city tour nih ke Surabaya...mupenggg....

    BalasHapus
  2. Masyaallah asik banget nih ada transporasi publik yang bisa keliling destinasi wisata. Sama kyk di padang ada bus semacam ini namun belum terintegrasi dan armadanya masih terbatas.

    BalasHapus
  3. Wah, boleh dicatat nih. Saya ada rencana ke Surabaya dalam waktu dekat. Iya, saya juga setuju bahwa paling baik adalah menggunakan kendaraan umum di setiap kesempatan. Saya sendiri di Jakarta adalah pengguna setia bus Transjakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..
      Di jakarta malah dudaj ada mrt ya mbak

      Hapus
  4. wah busnya cantik dan lengkap, jadi pingin naik ^^

    BalasHapus
  5. memang kiat perlu trasnportasi kota yang nyaman, adem,bersih ya

    BalasHapus
  6. Asik banget deh jadi arek Suroboyo
    banyak hiburan, fasilitas dan infrastruktur yg cihuy banget

    BalasHapus
  7. Aku udah lama gak ke Surabaya. Semoga bisa ngerasain naik Suroboyo Bus. Cakep banget itu busnya. Semoga di kota lain juga ada bus seperti ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, surabaya cakep bgt skrg...
      Yuk ke surabaya

      Hapus
  8. Walah keren banget ya transportasi kekinian dengan segala fasilitas yang banyak banget ini,semoga sukses terus Suroboyo bus,wong Suroboyo seneng Iki Ono bus apik

    BalasHapus
  9. Bus double deker begini emang pasti nyaman. Saya teringat saat di Hongkong dan Taiwan. Hanya kalau di sana ya tiket pakai kartu atau cash, bukan tuker sampah plastik. Ini ide keren Pemkot Surabaya ya

    BalasHapus
  10. Wah bisa menarik banyak pengunjung ke Surabaya nih, moda transportasinya keren dan bagus ya mbak

    BalasHapus
  11. Keren banget busnya. Ide menukar tiket dg sampah plastik jg keren. Makin banyak dong program kaya gini

    BalasHapus
  12. Temanku yang stay di surabaya, kemarin ada send fotonya dan keluarga waktu naik bus ini. Keren pokok e

    BalasHapus
  13. dari dulu pengen baik bus yg tingkat. tapi suami sok sibuk mulu gak mau antar ke terminal. jangan2 beliau gak berani baik bus kuning itu

    BalasHapus
  14. Wuih bagus busnya. Fasilitasnya juga lengkap. Bikin nyaman dan aman saat naiknya ya. Kalo ke Surabaya, kudu nyoba deh ih. :)

    BalasHapus
  15. Wah sayang banget pas mudik kemarin aku blum smpet naik bisa ini bagus bngt ya musti dicoba nih pas mudik tahun depan hehhe

    BalasHapus
  16. Konsep Suroboyo Bus ini seharusnya diikuti banyak daerah mbak karena bagus banget. Apalagi fasilitas yg diberikan.

    BalasHapus
  17. asik banget ya bus nya nyaman, akupun sering pakai transportasi umum. kalo disini trans Jakarta

    BalasHapus
  18. Ini sih bisa jadi bus andalan banget lho, apalagi buat yang suka boarding karena batre hape mendadak kasih sinyal merah, langsung deh di sini bisa cas hape ya

    BalasHapus
  19. transportasi bus sekarang mah keren-keren, nyaman, aman, trus fasilitasnya lengkap

    BalasHapus
  20. Wah lengkap banget mbak ulasannya mengenai suroboyo bus ini. Jadi semakin memudahkan penduduk dan pengunjung yaaa.... Aku jadi pengen naik bus tayooo. Kayaknya seru. Mana kepikiran untuk memisah tenpat duduk dengan beragam warna gitu lagi. Dan cara pembayaran nya itu lho unik. Salut emang dengan bu Risma. Kereen

    BalasHapus
  21. Salfok sama fasilitas CCTV-nya mba ada 15 CCTV ini sih keren jadi berasa aman banget dan ga akan lagi takut ya ada modus kejahatan di Bus :) keren

    BalasHapus
  22. waah transportasi di kota2 besar sedang berkembang pesat ya kak..baik layanannya pun fasilitasnya... memudahkan juga untuk traveller berkeliling kota

    BalasHapus
  23. Wah noted nih. Kmrn pas mudik mau coba sempatin naik ini gak jadi krn waktunya mefet, Nanti pas mudik mau coba ah.
    Kyknya kalau bayar pakai plastik gini sekalian bikin lingkungan bersih dan menyadarkan masyarakat utk mengumpulkan sampah plastik ya mbak :D

    BalasHapus
  24. Kok...kok...ke Uner gak ada?
    Huhuuu~
    Apa karena Uner uda punya bis sendiri yang menghubungkan antar kampus?

    BalasHapus
  25. Kalau sudah ada transportasi yang an dan nyaman seperti ini bikin perjalanan pun menyenangkan ya mba. Gak worry lagi kalau bepergian.

    BalasHapus
  26. Melihat busnya yang lucu begini kok rasanya gak sabar mau main ke Surabaya. Makin mudah mau keliling yah ,sis. Btw, nanti kalo aku jadi liburan ke Surabaya boleh donk diajakin naik ini.

    BalasHapus
  27. Asli inimah lengkap bgttt. Ada cctv, gatakut2 ada copet. 😂

    BalasHapus
  28. Fasilitasnya komplit ya bus Suroboyo ini, keren loh ada jalur khusus untuk difabel juga. Andai di kota aku juga ada bus seperti ini, kan semua warga bisa ikut menikmatinya. Bahkan orang gak punya duit pun bisa ikut naik asal punya botol plastik

    BalasHapus
  29. Lengkap banget informasinya. Makasih mbak, jadi tahu ada Bus Suroboyo yang cara pembayara nya pun sangat unik. Semoga banyak orang yang memanfaatkan :)

    BalasHapus
  30. Mungkin klo di jakarta di debutnya Transjakarta kali yac. Salut sekarang transportasi dalam surabaya udah bikin nyaman warga surabaya.

    BalasHapus
  31. Sikasik...senengnya ya ada solusi transportasi sekaligus mengatasi sampah plastik. Emang keren inovasi di Surabaya ini...Smeoga bisa ditiru di daerah lain...

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  32. Wah, suruboyo bus keren ya, bayarnya pakai sampah plastik pula, bisa naik bus, sampah pun berkurang

    BalasHapus