Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tempo Gelato, Gelato Legendaris dengan Rasa Lokal

Tempo Gelato, Gelato Legendaris dengan Rasa Lokal - 

Yogya, Yogya, Yogya istimewa...

Yogya selalu istimewa buat saya. Berapa kali ke Yogya, saya nggak pernah bosen! Bahkan selalu kangen dan kangen! Pengen terus datang. Dan punya mimpi, someday bisa punya rumah disini. Amin...


Akhirnya, kembali lagi ke Yogya. Kali ini liburan keluarga. Tak hanya bersama suami dan anak-anak, tetapi juga bersama mama dan ibu mertua. Kali ini kami melakukan perjalanan dari Surabaya ke Yogya dengan naik mobil. Perjalanan lima jam via tol.


Kami menginap di sebuah hotel di kawasan Dagen. Sengaja, biar kalau mau ke Malioboro tinggal ngesot aja, nggak ribet mikirin parkir ataupun nunggu ojol.
Setelah cukup beristirahat, malam hari kami keluar hotel. Menuju destinasi pertama, Tempo Gelato!




Mencicipi Gelato Legendaris

Terus terang, berkali ke Yogya baru kali ini saya sempat mampir ke Tempo Gelato. Jadi maaf ya klo sedikit norak pas sampai sini. Hehe, saya sangat excited ingin mencoba gelato disini.
Oh ya, sebenarnya apa sih perbedaan gelato dengan es krim biasanya? Gelato artinya es krim dalam Bahasa Italia. Namun dalam konteks kuliner, gelato berkembang menjadi jenis es krim yang dibuat sesuai tradisi orang Italia. Rasanya memang berbeda antara es krim biasanya dengan gelato. Gelato terasa lebih padat tetapi teksturnya begitu halus dengan rasa susu yang kuat. Sementara es krim lebih kuat di rasa krim. Gelato sendiri memiliki lemak lebih sedikit dibanding es krim. Es krim dibuat dengan krim masak yang mengandung lemak minimal 10 persen. Sementara gelato lebih banyak menggunakan susu dibanding krim. Juga, gelato biasanya menggunakan lebih sedikit kuning telur.











Disini gelatonya punya banyak rasa. Saya sampai bingung mau pilih yang mana. Rasanya sangat banyak dan beragam, mulai chocolate, white chocolate, coffee, oreo, vanilla, matcha tea, blueberry, strawberry, sarbet mango, cinnamon, snicker, rhum raisin, nutella, choco mint, mix fruit, banana, caramel, lemongrass dan masih banyak lagi. Oh ya,  bahkan ada juga rasa yang tak biasa buat saya, seperti: sorbet ginger, kemangi, spicy chocolate, coconut.




Saya pesan 4 es krim cup kecil dan 1 es krim cup medium. Yang medium khusus saya! Haha kemaruk ya,, 😁😁. Saya pilih 3 rasa : chocolate, oreo dan matcha tea. Ini juga karena dipilihkan mbak penjualnya.


Foto Blur, Gagal Dapat Konten


 Saya nanya, yang paling favorit rasa apa. Ketahuan kan klo saya bingung milihnya.
Dan setelah dapat, kami pun duduk. Nggak lupa dong di foto-foto, maklum pemburu konten! Duh, asli enak benget rasanya. Setelah uda mau habis, cek hp. Dan baru tahu klo fotonya ngeblur! Lalu es krimnya uda pada mau habis! Batal dapat konten!


Cup medium dan small


Gelato dengan Rasa Lokal



Interior di Tempo Gelato ini bergaya Eropa dengan tembok dipenuhi batu bata merah dan kayu ekspos. Didalamnya sendiri banyak foto-foto pengunjung yang dipajang di salah satu sudut. Bikin betah, berasa di rumah.


Menikmati gelato bersama keluarga



Gelato ini awalnya diracik oleh orang Perancis. Gelato yang ada disini juga dipadukan dengan cita rasa lokal lho. Ada rasa jahe, kayu manis bahkan kemangi. Dimana lagi merasakan cita rasa gelato ala Jawa klo nggak disini.



Baca Juga : Semalam di Papuma










Awalnya saya kira, gelato ini seperti toko es krim legendaris yang ada di Surabaya itu. Ada menu yang bisa dipilih. Ternyata, disini beda caranya. Pertama, kami harus bayar dulu di kasir. Memilih ukuran gelatonya, ada yang pake cup ada yang cone. Biar nggak ribet, saya pilih yang cup semuanya.
Baru deh habis bayar, bisa pilih gelatonya. Cup kecil bisa pilih dua rasa. Cup medium 3 rasa. Dapat gelatonya, baru cari tempat duduk. Dan menikmati setiap gelato lembut yang meleleh di mulut. Enaaaakkk..




Penghunjungnya rame juga lho. Meskipun saat kami datang sudah pukul 9 malam dan bukan hari libur pula. Ya iyalah, kenapa harus nunggu hari libur buat mencicipi gelato yang enak gini.
Menurut saya, dengan rasa dan brandingnya, gelato disini cukup terjangkau! Selain di Prawirotaman, Tempo Gelato juga ada di Jalan Kaliurang-Jogja.  Jadi totalnya ada 2 cabang. Duh, apakah akan kepikiran buka cabang di Surabaya juga ya? Biar saya klo pengen gelato nggak nunggu harus ke Yogya dulu..  (ngarep pake banget).
Jadi kalau jalan-jalan ke Yogya, jangan lupa mampir kesini ya. Nikmati lezatnya gelato di Tempo Gelato.


Price List:
CONE : 
2 Flavors: IDR 30k 
CUPS :
Small (2 flavors): IDR 25K
Medium (3 flavors): IDR 45K
Big (4 flavors): IDR 70K
X-Big (5 flavors): IDR 120K



TEMPO GELATO, IL TEMPO DEL GELATO
Open hour : 11am – 10pm
Address: Jl. Prawirotaman 1 No.43, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Indonesia. (Beside Aglioo Pizza & Pasta.)
Instagram: @tempogelato

39 komentar

  1. Sebagai ice cream lover, nanti suatu saat jika saya kembali ke Jogja, saya harus mampir ke Tempo Gelato ini 😍 duh bikin mupeng.. paradise nya ice cream ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg! padahal dulu sempat tinggal setahun di jogja tp kok yaa gak ke sini. duh nyesel. tp kalau ke zangrandi surabaya sih pernah, di masa muda

      Hapus
  2. Wihh pengenn icip jugaaaaa jdnyaaa huhu
    Tunggu ya Yogyaaaa

    BalasHapus
  3. Ahhh Mba Dian.. gitu baca deretan rasa gelatonya ada yang matcha, aku langsung ngiler euyy. Hihi..
    Berarti kalo ke Jogja nyar, selain nyari bakpia pathok matcha, aku juga akan nyari gelato yang matcha..

    BalasHapus
  4. Aku pas kesana pas musim liburan. Ramenyaaaa ya Allah. Antri panjang. Udah gitu pengunjungnya nggak mau self service 😭. Tapi escimnya enaaak. Harga terjangkau banget yak

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya mbak..jadi dapat ide nih kalau ke yogya nyicipin gelato di tempo gelato

    BalasHapus
  6. Kusuka gelato, apalagi kalau diliat tempatnya juga unik ya mbak. Harganya sih standar seperti gelato yg dijual ditmpt lain

    BalasHapus
  7. Pengen ke Jogjaaaaa.. 😭
    Saya belum pernah nyoba gelato rasa apapun. Jadi penasaran pengen nyoba langsung dan merasakan bedanya dengan ice cream.. ☺️

    BalasHapus
  8. Pengiiiin, aku belum pernah nyobain gelato. Beberapa kali ke Jogja pun belum sempat mampir ke Tempo Gelato. Baca postingan Mbak ini jadi makin pengin ngerasain gimana sih rasanha gelato itu.

    BalasHapus
  9. Oh ini dia gelato yang diceritain teman teman waktu ke Jogja
    Bukannya tidur, mereka malah cari gelato
    Kalo ke Jogja lagi, mampir ah 😊😊😊

    BalasHapus
  10. Gelato rasa kayu manis? Waaow...mauuu. Aku suka banget kayu manis. Bikin kue, stup buah, bahkan kopi, suka aku tambahin kayu manis. Bookmark ah...siapa tahu ke Yogya...

    BalasHapus
  11. Rasa kemangi? Penasaran gimana rasanya setelah jadi gelato.
    Selama ini suka heran kalau lihat ada yang makan daun kemangi, kok doyan hehehe... Soalnya saya nggak doyan. Kalau audah jadi gelato, apakah saya bakal jadi doyan?

    BalasHapus
  12. Wah, ini sih Gelato yang paling hits ya di Jogja. Aku aja yang bukan orang Jogja tahu dengan eskrim yang kayaknya enak banget ini. Ke Jogja kayaknya gak afdol ya kalo gak nyicip Tempo Gelato.

    BalasHapus
  13. Maknyus, pengen coba kalau kapan-kapan ke keliatan seger banget

    BalasHapus
  14. Trakhir kali makan gelato, aku sok sok an bilang k penjualnya, rasa paling aneh yg mana mas? Saya pilih itu. Hahahahaha. Dia milihin lemongrass dan cinnamon waktu itu.

    Hasilnyaaaa, aku ga abis mba, ga ketelan hahahahahaha. Kapok lah. Next pesen lagi, ga ush sombong pesen rasa yg aneh2. Rasa yg biasa2 aja :p.

    BalasHapus
  15. Wah aku baru sekali mba ke Yogya. Pengeb banget bisa liburan sekeluarga ke sana. Ngomong-ngomong aku penasaran ama rasanya gelato ini. Pengennya itu langsung praktek gitu. Ngebedain gelato ama es krema dari ngerasainnya langsung makanannya di depan mata. Soalnya kalau ga ada aku suka susah ngebedain rasanya hahaha

    BalasHapus
  16. Kalau aku punya kesempatan icip-icip Gelato legendaris khas Jogja, pasti pesen ukuran jumbo mba biar super duper kenyang dan puas.
    Kapan lagi coba...
    Doain aku juga ya, biar bisa ke jogja juga bareng suami. Tentu icip Gelato juga dong biar ngerasain sensasi Gelato yang legendaris itu

    BalasHapus
  17. Kemarin ke Jogja tapi gak tau Tempo Gelato 🙇‍♀️🥵

    BalasHapus
  18. Pengen coba deh, penasaran... Beberapa kali ke jogja tapi belum pernah ke sini, huhuhu...

    BalasHapus
  19. Belum pernah ke sini dong, harganya lumayan tuh, penasaran dengan rasanya.
    Kalau ke Jogja mau catatin bukain deh semua catatan yang pernah saya baca di blog temen-temen, saya biasanya nulis item-item misal kuliner gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw, tempatnya juga instagramable ya, makanya terkenal banget nih, rasanya belum lengkap ke Jogja kulineran kalau belum mampir ke sini, dan saya dong yang belum lengkap, soalnya belum pernah ke sini hahaha.

      Ah semoga bisa kembali ke Jogja lagi :)

      Hapus
  20. Aihh menggoda banget bikin ngiler, suasananya keren klo buat kumpul bareng ya mbak.

    BalasHapus
  21. Dagen lokasinya strategis tuh. Mau cari makan, lokasi belanja, sampai lokasi wisata selain Malioboro juga banyak ditemukan. Ah Yogyakarta memang tidak mungkin terlupakan ya...

    BalasHapus
  22. Aku kalau ke Yogyakarta nih, selalu harus ke Tempo Gelato. Tapi aku yang paling sering ke Tempo Gelato di Prawirotaman.

    BalasHapus
  23. Ini nih salah satu makanan yang wajib diicip kalo ke Jogja. Hits dan enak banget katanya ya. Huhu, kujadi kangen ke Jogja lagi deh :D

    BalasHapus
  24. Jogja tuh kota yang selalu bkin kangen dengan segala kulinernya yang lengkap rekomend bngt di saat k jogja musti datang vuat cobain

    BalasHapus
  25. Kapan hari pas ke Yogya hotelku deket banget sama sini eyuii tapi syang aku terlalu lelah jajan gelato wkkwk. Moga2 nanti kalau ke Yogya lagi bisa mampir sana, penasaran knp bisa seheits itu :D
    Ngiler liat es gelaonya eui :D

    BalasHapus
  26. Tempo Gelato masuk list kunjungan aku nih kalau ke Jogja nanti, liat foto-fotomu disini aku makin semangat mau ngetrip ke Jogja

    BalasHapus
  27. Enak banget sepertinya gelatonya mbak. Taunya kuliner Ke Jogja belum pernah mampir ke sana euy. Kalau ke Jogja nanti mau cari ah Tempo Gelato

    BalasHapus
  28. Es krim ini selalu disukaidi segala suasana yaa..
    Panas-hujan, makan es krim tetap bahagiaaa...
    Aku kalo ke sana mo coba rasa yang unik juga aah...

    BalasHapus
  29. Harga gelato nya termasuk terjangkau ya Moms, apalagi kalau rasanya enak dan bikin kita terkenang sehingga ingin beli lagi dan lagi :)
    Kebayang Azzam pasti suka banget nih kalau di kasih gelato

    BalasHapus
  30. Gelato rasa Kemangi itu gimana ya rasanya? Kok saya jadi ikut penasaran.

    Setiap kali ke Jogja, selalu lupa mulu kalau pengen ke sini. Pas pulang, lihat postingan teman di Instagram, wuah ... jadi pengen ke Jogja lagi. Begitulah seterusnya sampai saya ingat dan kesampaian mungkin nanti.

    BalasHapus
  31. Waah puas sekali ya Mbak menikmati gelato bersama keluarga lengkap termasuk mama dan mertua.

    Waah pengeeen nih lihat gelato dengan berbagai macam rasa.

    BalasHapus
  32. Kangen Jogjaaa huhu :'' terakhir kesana Februari 2019. Rencana mau ke Gelato gagal karena hujan dan udah keburu balik ke Jakarta :') next time wajib coba pas ke Jogja!

    BalasHapus
  33. Reviewnya bikin pengen nih. Tapi apa ga ada pilihan yang 1 rasa saja biar lebih hemat? :D

    BalasHapus
  34. Wah baru tahu di Jogja juga ada toko es krim Gelato. Masuk list kunjungan nih kalau ke Jogja ntar

    BalasHapus
  35. Terkenal banget ini. Banyak temen yang rekomendasiin pas aku ke yogyakarta kemarin. Sayangnya nggak sempet. Hiks. Menyenangkan ya.

    BalasHapus