Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Sleep Vacation, Liburan untuk Tidur Berkualitas


Sleep Vacation, Liburan untuk Tidur Berkualitas - Helo sahabat dee stories, apa sih arti liburan buat kalian? Liburan seperti apa yang paling kalian sukai? Jalan-jalan di spot wisata? Belanja pernak-pernik lucu? Atau mencicipi berbagai kuliner khas? Kalau saya akhir pekan ini menghabiskan waktu dengan sleep vacation.






Apa itu Sleep Vacation



Mungkin ada yang masih asing dengan istilah sleep vacation. Sleep vacation itu berlibur untuk mendapatkan tidur berkualitas yang maksimal. Terkesan sepele? Salah! Ini malah sangat penting lho. Tidur yang berkualitas itu sangat berpengaruh bagi kesehatan jiwa dan raga kita lho.


Pekan kemarin adalah pekan yang sibuk bagi saya. Tugas mengajar yang lumayan padat lah. Deadline tulisan yang menunpuk plus sederet kesibukan domestik cukup menguras jiwa dan raga saya.


Puncaknya, jum at malam lalu. Saat Surabaya diguyur hujan deras. Saya terjebak banjir, total empat jam waktu yang saya habiskan untuk sampai di rumah. Duh, sangat melelahkan.


Keesokan harinya juga masih harus beberes rumah. Semuanya membuat saya badmood. Uring-uringan, kurang tidur dan lelah fisik membuat saya mudah tersulut emosi. 




Akhirnya, setelah semua kegiatan beberes selesai, suami mengajak saya untuk sleep vacation. Kami akan menghabiskan malam minggu berdua di sebuah hotel. Sengaja nggak ngajak anak-anak. Biar bisa beneran istirahat dan quality time berdua. Terimakasih pada mama, yang bersedia manjaga anak-anak di rumah. 


Hotel Cleo








Awalnya suami merahasiakan kemana kami akan menginap. Selesai makan malam kami baru tiba di hotel. Ternyata suami mengajak saya menginap di Hotel Cleo, yang terletak di Jalan Jemursari Surabaya. Tidak jauh dari rumah sih, ya sekitar 8 km lah. 


Saya pun check in, betapa terkejudnya saya saat tahu bahwa suami memesan kamar double bed. Sudah gitu nggak plus sarapan pula. Padahal tadi nggak gitu bilangnya saat di mobil. Akhirnya kami pun upgrade room. Duh suami lupa, dikira pergi sama anak-anak. Makanya pake double bed. Keseringan staycation tapi belum pernah sleep vacation, jadinya ya gini ini.






Hotel Cleo ini konsepnya bisnis hotel. Jadi style nya minimalis gitu. Kami menginap di lantai 7, di kamar 707. Kamarnya memang tidak terlalu luas. Tapi fasilitasnya cukup oke kok.






Kasur empuk ukuran queen size sangat nyaman untuk ditiduri. Cocok untuk tujuan kami mendapatkan tidur yang berkualitas.






Ada lemari dan deposit box juga. Meja dan kursi di sudut ruangan.





Ada televisi juga, sayangnya tidak ada saluran TV kabel yang memadai. Hanya sedikit channelnya.




Ya, mungkin biar kami nggak begadang nonton tv. Kan mau sleep vacation 🙄🙄🙄. 











Kamar mandinya juga tidak terlalu luas. Tapi fasilitasnya lengkap kok. Ada shower air hangatnya juga.




Peralaatan mandi yang didapat cukup lengkap. Ada sikat gigi, pasta gigi, cutton bud dan shower cap.





Di dalam kamar disediakan satu gelas dan dua botol air mineral ukuran 600 ml. Kalau air sudah habis, bisa isi ulang di galon yang disediakan di luar kamar.




Setiap lantai ada galon yang disediakan bagi setiap pengunjung. 




Di lobby hotel ada cafenya juga lho. Desain cafenya unik. Cocok untuk tempat kumpul bareng teman. Atau sekadar me time menikmati secangkir kopi. 





Manfaat Sleep Vacation



Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih manfaat sleep vacation. Worth it nggak sih, sampai harus mengeluarkan uang buat boking hotel. Oh ya, sebenarnya sleep vacation ini nggak harus nginep di hotel. Bisa kok sleep vacation di rumah, asal bisa dikondisikan. Artinya bisa tetap ada di kamar dalam waktu lama tanpa ada gangguan sedikit pun.


Kalau saya, jujur nggak akan mungkin bisa sleep vacation di rumah. Pastinya anak-anak akan selalu meng instrupsi. Hehehe.


Ini adalah beberapa manfaat sleep vacation yang saya rasakan : 


1. Stress Realese



Ini manfaat yang langsung saya rasakan. Saat sleep vacation saya benar-benar rileks. Bebas dari rutintas harian yang seringkali membuat saya stress. 


Sleep vacation ini salah satu bentuk liburan yang memang bisa untuk menghilangkan stres. Banyak penelitian mengungkapkan, liburan bisa menjadi sarana stress realese.


2. Jantung Sehat



Sebagaimana liburan pada umumnya, sleep vacation ini juga bisa membuat jantung lebih sehat. Hasil penelitian Framingham Heart Study, laki-laki yang tidak berlibur selama beberapa tahun, mengalami peningkatan risiko serangan jantung sebanyak 30%, dibandingkan dengan mereka yang kerap berlibur.


Sementara itu, para perempuan yang hanya berlibur sekali dalam 6 tahun, lebih rentan terhadap penyakit jantung koroner atau serangan jantung, dibandingkan dengan perempuan yang suka berlibur, setidaknya 2 kali dalam setahun. 


Makanya, saya dan suami berencana melakukan sleep vacation sebulan sekali. Ya, biar jantung kami sama-sama sehat 


3. Meningkatkan Kualitas Tidur



Pastinya manfaat utama sleep vacation ini adalah meningkatkan kualitas tidur. Menikmati tidur berkualitas setelah berjibaku dengan rutinitas harian. Tidur yang berkualitas pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas kehidupan kita juga lho.


Dengan bertambahnya kualitas tidur, kita bisa merasakan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan peradangan dalam tubuh, peningkatan kemampuan mengingat, dan penurunan berat badan. Bahkan, risiko kanker bisa berkurang, dengan kualitas tidur yang baik. 


4. Konsentrasi Tinggi



Setelah sleep vacation yang membahagiakan ini, saya siap untuk kembali produktif. Menjalani setiap rutinitas harian dengan penuh konsentrasi.


Sleep vacation tidak hanya menghilangkan stres, tetapi juga mampu membuat kita lebih berkonsentrasi, karena  bisa menghilangkan stres yang menghambat aktivitas otak dan menyebabkan masalah pada memori. Dengan berlibur, otak bisa dipacu untuk berfungsi lebih baik lagi.


5. Bonding dengan Pasangan






Manfaat terakhir ini yang paling manis. Dengan sleep vacation bersama pasangan, bonding akan meningkat. Bisa menghabiskan waktu bersama berdua saja, terasa menyenangkan. Berasa menjadi pengantin baru. Kami bisa ngobrol banyak dari hati ke hati. Saling bersikap romantis. Ya, mirip saat honey moon gitu deh 😍😍😍. 



Begitulah cerita akhir pekan saya kali ini. Adakah yang ingin mencoba sleep vacation? Atau sudah ada yang pernah merasakannya? Sharing yuk 😊😊. 


20 komentar

  1. Aku baru paham tentang sleep vacation ini dan baru tau juga ada yang sleep vacation. Karena selama ini biasanya aku suka memberlakukan perbedaan kalau lagi vacation bersama keluarga atau teman-teman. Biasanya kalau sama keluarga lebih sering main di hotel tempat kami menginap, makanya suka nyari yang fasilitasnya lengkap.

    BalasHapus
  2. ya ampun asyik banget tuh Mba, ada galon di tiap lantai, nggak repot beli air tambahan lagi di luar.
    Btw hotel Cleo memang khusus buat pasangan atau bisnis ya.
    Cucok buat bobo-bobo santai berkualitas nih.

    Dan juga bisa jadi bonding sama suami :)

    BalasHapus
  3. Biasanya saya sleep vacation saat dulu masih lajang..sleep vacationnya di bandung, walau cuma semalam, tp kangan buat tidur nyeyak di bandung

    BalasHapus
  4. Mantab Mba Dian..
    Baca ini bikin aku mupeng pengen merencanakan sleep vacation juga sama suami ..
    Ups, harus direncanakan dulu ini..anak 5 mau dititip kemana. Hehe

    BalasHapus
  5. Sleep vacation merupakan cara meeratkan kembali hubungan pasutri. Ha hay jadi kembali ke malam pertama

    BalasHapus
  6. Sleep vacation enggak pernah keknya, kalau cuma berdua, staycation bareng semua iya, atau kalau enggak vacation berdua, tapi enggak sleep well karena seharian tepar jalan hahaha
    Maklum anak-anak ga ada yang bisa dititipin, paling si embak yang pulang hari disuruh nginap kalau aku dan suami lagi pergi.
    Asyik nih ya terutama buat bonding pasutri

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu istilah ini Mbaak gapi memang sering dengar soal liburan utk tidur berkualitas hehe apalagi berdua bareng suami tho'😍

    BalasHapus
  8. aku juga ingin sleep vacation, tapi nunggu anak gedean dikit deh, sekarang masih ngintil kemana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama. kalau ditinggal bs berabe. jd kebayang2 anak ngapain di rumah

      eh btw hotel cleo minumnya cleo

      Hapus
  9. Bukan jalan-jalan aja ternyata yang tubuh butuhkan, tidur juga dibutuhkan ya ternyata.

    Apalagikan sebagai istri pekerjaan hariannya banyak banget dan membutuhkan tenaga ekstra hingga 24jam non stop.
    Dan ide yang bagus juga nih mba, sesekali tidur tanpa gangguan anak-anak.
    Dititipin ke orang tua, pasti pikiran tenang. Tidur pun jadi nyenyak banget

    BalasHapus
  10. Belum pernah nih yang fokus sleep vacation seperti itu, jadi pengen juga merasakannya biar asik

    BalasHapus
  11. biasa denger stay vacation eehhh ada lagi nih sleep vacation... padahal aku juga sering tidur di hotel... dan emang pikiran lebih fresh pulang dari hotel... akibat ganti suasana kali ya

    BalasHapus
  12. Jadi pengen juga sleep vacation. Tapi anak2 dititip dimana yak. Soalnya orangtua dan mertua beda pulau :(

    BalasHapus
  13. Lihat manfaatnya yang banyak banget, sepertinya harus dijadwalkan juga sleep vacation ini. Minimal setahun sekali lah ya Mbak.

    BalasHapus
  14. Seru banget ya Di bisa sleep vacation berdua dengan suami. Aku pernah ke hotel Cleo ini, tapi buat workshop sih hehe, memang nyaman ya hotelnya, kafenya juga asik. Setuju sih kalau sleep vacation bisa bkin mood kembali oke dan pulang nya malah bikin semangat lagi untuk kembali produktif. Thanks for sharing, Di :)

    BalasHapus
  15. Wah aku baru paham tentang sleep vacation mbak, selama ini cuma taunya staycation aja.. hehehe

    BalasHapus
  16. Kalo aku malah ga bisa tidur kak kalo ditempat asing hehe. Pernah seminggu pegi keluar kota sama suami tapi aku malah kepikiran anak dirumah malah ga bisa tidur. Huhu.. Tapi enaknya ga urus kerjaan rt, bebas nyuci, masak hah

    BalasHapus
  17. Ini toh penampakan hotel yang direkomendasiin temenku kalau mau menginap di Surabaya. Bagus juga dan nyaman ya mbak.

    Aku juga tim staycation untuk stress releaf nih.

    BalasHapus
  18. Baru tau infonya sleep vacation ini kak, yy tau selama ini cuma staycation aja

    BalasHapus
  19. Bener banget liburan itu memang pengennya tidur berkualitas. Tapi terkadang kalau sudah stay vacation pasti sedikit waktu untuk tidur.

    BalasHapus