Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Idola Kendaraan




Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Idola Kendaraan - Bicara soal oli, saya jadi teringat dengan Honda Revo saya. Motor ini sudah berumur satu dekade. Padahal motor ini masih sering dipakai. Menemani setiap perjalanan saya, baik di dalam maupun luar kota. Pastinya semua ini berkat perawatan rutin yang saya lakukan. Misalnya, dengan memberikan oli motor terbaik. Berhubung sekarang banyak oli yang beredar di pasar, pastikan sebelum memilih sesuaikan dengan jenis motornya. Motor Revo saya ini termasuk jenis motor manual, dan Pertamina Enduro jadi pilihan saya. Pertamina Enduro, oli terbaik idola kendaraan. Tak percaya? Baca sampai habis ya, kenapa sih saya memilih oli terbaik ini.






Motor Tua Kebanggaan Keluarga



Motor Honda Absolute Revo ini saya beli di tahun 2010. Saat itu saya baru saja diterima kerja, sehingga bisa beli motor meski harus kredit selama 3 tahun. Motor ini menjadi kendaraan pertama bagi keluarga saya. Saat itu, papa baru saja meninggal. Maka saya lah yang menjadi kepala keluarga.


Motor ini setia mengantar setiap aktivitas keluarga saya. Mulai mengatar saya kerja, mengantar adik ke sekolah dan beragam aktivitas lainnya. Motor ini sangat cocok untuk wilayah perkotaan. Karakter mesin motor ini lebih menonjolkan akselerasi dibandingkan topspeed.


Motor revo ini sangat irit bahan bakar. Cocok bagi saya yang saat itu bekerja sebagai peneliti, yang harus keliling berbagai daerah. Selain irit beberapa keunggulan dari motor ini adalah


1. Desain simple

2. Mesin awet, terbukti masih bisa dipakai hingga sekarang

3. Ukuran motor yang pas, masih muat untuk saya, suami dan dua anak kami

4. Spare part mudah di dapat


5. Biaya perawatan yang murah, selama sepuluh tahun tak banyak perawatan yang seya keluarkan. Paling hanya mengganti kampas rem karena habis dan juga ganti rantai.


Perawatan Motor Rutin



Beberapa hari lalu seorang teman kantor bertanya, apakah motor revo saya akan dijual. Bila iya, dia akan membelinya. Tentu saja saya jawab tidak, meskipun sekarang saya dan suami lebih sering naik mobil tapi kami masih butuh motor ini. Ini motor satu-satunya yang kami miliki. Lagian, ada banyak kenangan di motor ini. Secara ini barang pertama yang bisa saya beli dengan keringat sendiri.







Tak heran jika teman ingin membeli motor kami. Meski seri lama, motor ini masih sangat diminati. Honda Revo adalah motor bebek terlaris. Berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), kuda besi ini sanggup laku 154.621 unit sepanjang 2017. Dan sampai saat ini permintaan honda revo tetap tinggi, meski untuk motor second.


Performa optimal dari honda revo saya ini tidak terlepas dari perawatan rutin yang kami lakukan. Suami rajin membersihkan motor ini. Setiap habis dipakai, motor selalu dilap. Dicuci dua minggu sekali.


Selain itu juga di bawa ke bengkel, untuk dilakukan perawatan rutin lainnya. Mulai dari cek kondisi mesin hingga ganti oli. Makanya sampai sekarang mesinnya masih oke. Tetap setia untuk menemani perjalanan kami.





Memilih Oli Motor Terbaik



Oli adalah cairan pelumas yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja mesin serta komponen lainnya pada motor. Oli memiliki banyak manfaat bagi motor. Selain sebagai pelumas, oli motor juga berfungsi sebagai pembersih partikel-partikel yang dapat membuat motor cepat rusak. Dengan adanya oli, mesin akan membawanya kemudian menyaringnya melalui filter oli sehingga kotoran tidak akan mengendap. Ini yang membuat kualitas mesin tetap bagus, makanya meski sudah satu dekade motor revo ini masih bisa dipakai.





Semua itu tentu berkat oli terbaik pilihan kami. Berhubung banyak oli motor yang beredar di pasaran, jangan sampai salah pilih. Saat memilih oli motor terbaik, pastikan 3 hal penting ini. 


SAE



SAE atau The Society of Automative Engineering adalah badan internasional yang mengeluarkan sertifikat tingkat kekentalan oli atau Viscosity Grade (VG). SAE ini menjadi indikator  kekentalan dari suatu oli.


Semakin kecil angka indeks SAE maka oli semakin cair. Begitu pula sebaliknya, jika angka indeks SAE besar, oli semakin kental.


API



API adalah singkatan dari American Petroleum Institute yaitu badan yang mengeluarkan sertifikasi oli. Oli mesin bensin dengan oli mesin diesel mempunyai kode API yang berbeda. API memiliki kode berbeda pada mesin bensin dan diesel. Pada mesin bensin, API dimulai dengan huruf S, sedangkan diesel dimulai dengan huruf C.


Biasanya, kode oli yang tertera pada mesin bensin adalah SA, SB, SC, SD, SE, dan SF. Sedangkan pada mesin diesel, kode yang mengikuti huruf C adalah CA, CB, CC, dan CD.


Kode-kode tersebut berpengaruh pada penggunaan oli mesin. Semakin tinggi huruf abjad kedua, berarti oli digunakan untuk mesin yang bekerja lebih berat.


Selain itu, guna huruf pada abjad kedua juga menandakan kualitas oli.  Jika abjadnya lebih tinggi, berarti oli tersebut sudah memenuhi standar dari syarat oli sebelumnya.


Dengan adanya API, kita bisa  mengetahui oli apa yang cocok digunakan oleh kendaraan kita.


JASO



Japan Automobile Standard Organization disingkat JASO adalah salah satu kode yang ada dalam kemasan oli motor. JASO menerbitkan dua kode untuk oli motor. Yaitu JASO MA2 dan  JASO MB. JASO MA2 oli ini untuk motor dengan kopling basah (buatan Jepang), sementara  JASO MB untuk motor dengan kopling kering (buatan Eropa).


Nah dari semua indikator tersebut, maka pilihan saya dalam memilih oli motor terbaik adalah oli motor Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50. Oli ini memiliki  nilai SAE 20W-50 yang cocok dengan motor saya. SAE oli ini  akan bernilai SAE 20 pada suhu dingin (-20o C) dan oli tersebut akan bernilai SAE 50 pada suhu panas (100o C). Dengan begitu suhu yang dihasilkan itu stabil sehingga membuat mesin jadi bekerja lebih baik.


Bahan dasar oli ini adalah mineral yang memiliki kualitas yang tinggi dan aditif pilihan yang didesain khus bagi motor 4-Tak, seperti Honda Revo saya.


Pertamina Enduro 4T 20W-50 ini memiliki JASO MA. Produk ini memiliki kekentalan ganda yang stabil yang memberikan kemudahan bersikulasi pada temperatur rendah dan tinggi.






Selain itu beberapa keunggulan dari oli ini adalah :



1. Memiliki stabilitas shear yang sangat baik, memudahkan sirkulasi pelumas pada saat start up dan memberikan efek pendinginan dan pelumasan yang optimal pada temperatur dan kecepatan operasi yang tinggi.

2. Mencegah slip pada kopling basah.

3. Memiliki stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi yang tinggi.

4. Menjaga kebersihan mesin serta memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap pembentukan deposit pada piston.

5. Memberikan perlindungan yang optimal terhadap karat dan keausan yang berlebihan.

6. Memberikan akselerasi yang optimal sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.


7. Harga terjangkau, dengan kualitas terbaiknya oli motor ini sangat terjangkau lho. Oli motor terbaik ini harganya mulai dari 30 ribuan saja.


Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Idola Kendaraan


Kenapa saya bilang kalau Pertamina Enduro itu oli motor terbaik idola kendaraan? Ya karena produk oli dari Pertamina Enduro ini banyak banget. Pada dasarnya oli motor itu punya tiga fungsi, yaitu lubricate (pelumas), cool (pendingin) dan clean (pembersih). Bila tidak tepat memilihnya, maka kinerja mesin akan terganggu.


Kebutuhan oli antara motor matik, manual,  sport dan racing tentu berbeda. Oleh karena itu pertamina sudah menyiapkan enam jenis oli terbaik sesuai
dengan jenis motor.







1. Enduro 4T Sport SAE 5W - 30


Enduro 4T Sport SAE 5W - 30 adalah oli sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan akselerasi dan perlindungan dari aus.


Oli ini cocok untuk motor empat tak dengan sistem kopling basah. Cocok untuk balapan.


2. Enduro 4T Racing 10W-40



Enduro 4T Racing 10W-40 adalah oli untuk motor 4 tak yang memiliki kekentalan ganda dengan kualitas tinggi.


3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50


Enduro 4T Racing SAE 20W-50 adalah oli dari bahan mineral berkualitas dan aditif pilihan, yang cocok untuk motor 4 tak.


Oli ini bisa menjaga kebersihan mesin dan memberikan perlindungan terbaik, sehingga motor bisa melaju cepat.


4. Enduro Matic SAE 10W-30


Enduro Matic SAE 10W-30 adalah oli motor matik empat tak dengan moly additive. Kandungan moly additive ini bisa mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi. Oli ini bisa menjaga kebersihan mesin, melindungi mesin dari korosi dan keausan.


5. Enviro 2T SAE 20


Enviro 2T SAE 20 adalah oli untuk motor dua tak dengan sistem pendingin udara. Oli ini cocok untuk motor-motor pabrikan Jepang.


6. Enduro Matic G SAE 20W-40



Enduro Matic G SAE 20W-40 adalah oli motor matik 4 tak yang berkualitas tinggi. Oli ini menggunakan base oli sintetik. Oli ini cocom untuk digunakan dalam kota yang seringkali akrab dengan kemacetan.


Sekilas Tentang PT. Pertamina Lubricant



Apa yang terlintas dipikiran jika mendengar kata "pertamina"? Kalau saya kok langsung kebayang pom bensin ya. Hehe, wajarlah Pertamina kan memang BUMN yang mengatur industri strategis di Indonesia. Pertamina bertanggung jawab mengatur dan mengelola hasil tambang minyak bumi dan gas.






Produk yang dihasilkan oleh Pertamina selain BBM ada juga yang non BBM, misalnya oli, aspal, LPG (Liquefied Petroleum Gas), LNG (Liquefied Natural Gas), Paraxylene dan lain sebagainya.







Pertamina Lubricant adalah anak perusahaan dari Pertamina yang bergerak di bidang pelumasan. Pertamina Lubricant berusaha untuk menghasilkan oli motor terbaik. Selain itu juga ingin menjadi perusahaan pelumas kelas dunia dan meraih posisi sebagai Top 20 World Lubricant Company.


Nah gimana? Sudah tahu oli motor terbaik apa yang akan kamu pilih untuk motormu? Pastikan pilih Enduro Pertamina ya, oli motor terbaik idola kendaraan.

48 komentar

  1. Sudah 10 tahun umurnya, tapi tetap prima ya mesinnya. Pasti gara-gara pemilihan dan pemberian oli yang tepat nih, sehingga mesinnya tetap terawat dan bekerja dengan baik

    BalasHapus
  2. Betul sekali ulasan lengkap diatas tentang Oli Enduro. Karena saya juga pakai untuk motor Honda Supra.😊😊

    Bila dilakukan penggantian secara teratur pastinya mesin motor kita tetap terawat dan awet.😊

    BalasHapus
  3. Oooh jadi kalau oli buat motor namanya Enduro toh? Keren ya produk Pertamina ini 😍 Aku kmrn2 abis ganti oli mesin dan gear box loh. Emang deh perawatan kendaraan mesti rajin ya secara berkala gitu..biar enak dipakai dan tahan lama.

    BalasHapus
  4. kece banget oli Enduro ini.
    Super recommended buat para pemilik kendaraan

    BalasHapus
  5. Motor mau berapapun usianya, selama perawatannnya bagus, kondisinya juga bakal layakkk pake yaa mbaaa

    BalasHapus
  6. Motorku juga selalu terawat dengan baik, jadi kalau semisal mau dijual pede bisa bilang motorku kondisinya oke!

    BalasHapus
  7. Motornya kalau gitu saudaraan sama motor kami yang kami kasih nama Si Dukun. Sama usia, sama tuanya, sama sederhananya. Tos, dengan perawatan baik, mesin bagus semuanya lancar ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi motornya dikasih nama. biar makin sayang dan terawat ya. pakainya juga sama2 oli motor terbaik ya

      Hapus
  8. Enduro Racing, bau2 permen karet aduhay.. Sampe sekarangpun saya pakai Enduro Racing, nge Blog visitor kecil, banyak pengeluaran di kehidupan sehari-hari pokoknya tetep enduro racing 😂

    BalasHapus
  9. sudah bisa dikatakan jaminannya bagus ya

    BalasHapus
  10. Motor tua kalo dirawat bener-bener plus pake oli yabg bagus, performanya keren juga ya.

    BalasHapus
  11. Baru tau tentang ini :
    Kebutuhan oli antara motor matik, manual, sport dan racing tentu berbeda.
    Kirain sama
    Kan sama sama sepeda motor 😁😁😁

    BalasHapus
  12. selama ini nggak punya motor jadi nggak tau. Baru tahu bahwa ternyata motor tuh ada macam2 jenisnya dan make oilnya beda-beda

    BalasHapus
  13. Yeayyy Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Idola Kendaraan hehe
    Saya kl masalah oli kadang ga merhatikan oli apa. Tar saya akan perhatikan pakai enduro hehe

    BalasHapus
  14. Wah, pakai enduro memang bikin awet motor ya. Pak suami juga pakai enduro. Motornya masih awet padahal sudah 20th.

    BalasHapus
  15. mantap nih.. emagn perlu peraawatan motor dengan cukup ganti oli aja secara rutin

    BalasHapus
  16. Mba Dian, motornya boleh tua ya kan.. tapi performa mesinnya harus tetap muda karena dirawat dengan oli motor terbaik, Enduro!

    BalasHapus
  17. Trims infonya, ulasanya lengkap, ntar tanya deh pak suamai sudah pake enduro belum, biar beralih ke enduro klau belum. (nia tiara)

    BalasHapus
  18. Aku dulu kalau pakai motor, tinggal pakai aja Bun. Aku nggak ngerti sedikitpun tentang oli. Yang aku tahu oli ini hanya sebagai pelumas doang. Jadi, pas ditanya ama bengkelnya mu pakai oli apa? Aku iya-iyain aja. Soalnya nggak ngerti hihihi😂. Tapi sekarang wawasanku dikit nambahlah ya, jadi tahu tentang Oli Enduro dari pertamina ini 😂

    BalasHapus
  19. Aku pake honda beat dan pake oli ini terus. Kata papaku ini oli terbaik pokoknya hehehe.

    BalasHapus
  20. Oli Enduro ini jd partner yang ok bangett buat pengendara motor honda kaya saya...

    BalasHapus
  21. Thanks for sharingnya mbak, motor kami juga termasuk tua hampir 10 tahun usianya. Pastinya butuh perawatan banget supaya tetap enak saat digunakan. Nanti cobain oli dari enduro aja lah, biar makin awet.

    BalasHapus
  22. Naik motor, tahunya cuma makai. Paling kalau kempes atau pecah ban baru ke bengkel. Selebihnya biar cowok di rumah yang sadar kalau mulai aneh.

    BalasHapus
  23. Sebagai pengguna motor yang kadang suka traveling pake motor, memilih oli menjadi prioritas utama. Daaannnn oli enduro juga menjadi oli favorit untuk kendaraan saya.

    BalasHapus
  24. Kunci keawetan motor emang bener mbak ada pada perawatannya yang baik.. memilih oli yang baik dan sesuai pun sangat berpengaruh. . Like

    BalasHapus
  25. Makasih sharingnya mba. Ternyata oli juga ada macamnya ya untuk berbagai jenis motor, baru tau. Ilmu baru buat saya

    BalasHapus
  26. Honda memang terkenal awet dan irit ya, jadi ingat motornya bapak dan ibu zaman masih astrea gitu, sama Supra X, hehe. Sekarang juga aku pakai motor dari honda, tapi milih yang matic soalnya kalau bawa anak dua lebih gampang. Dan tentu olinya juga pakai Enduro dong, soalnya mesin jadi nggak gampang panas, dan ngegasnya jadi alus pisaaan.

    BalasHapus
  27. Motor tua tapi perawatannya optimal akan tetap awet ya Mba. Selama ini aku tau pakai aja, yg suka servis suami. Soalnya ga kuku nungguin di bengkel bawa anak yg kerjannya mondar-mandir

    BalasHapus
  28. Ada teman yang bilang, tidak perlu sering servis motor, asal rutin ganti oli.
    Tapi saya selalu, sekalin servis, sekalian ganti oli, Mbak Dian. Soalnya emmang Oli ini hal penting bagi motor. Mesin bisa bekerja dengan baik, karena Oli. kebayang kalau Oli sudah hitam, dan lupa diganti hehehe.

    BalasHapus
  29. Ada 6 varian oli terbaik dari Pertamina Enduro..bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya..Keren nih,memang Enduro produk negeri sendiri yang bisa jadi andalan untuk perawatan kendaraan

    BalasHapus
  30. Saya baru ngeh ilmu per olian..terimakasih mba..perwmpuan emang buta banget masalah dunia otomotif

    BalasHapus
  31. Aku juga pakai oli Pertamina mbak kalau mobil pakai Fastron dan kalau motor pakai Enduro ini. Terbukti mampu membuat mesin semakin awet.

    BalasHapus
  32. Motor Revo memang gesit dan irit. Di rumahku juga ada Revo dari tahun 2012. Dan ya, memag Oli Enduro ini cocok banget buat oli sepeda motor, bikin makin awet aja mesin motornya.

    Produk dari Pertamina ini memang jempolan.

    BalasHapus
  33. Sama nih ama motorku yang di Lampung, revo 2010. Sekarang di Surabaya beli baru lagi, beda lagi.

    Kalau urusan oli suami deh yang faham. Aku mah make aja. Hehe

    BalasHapus
  34. Enduro Emang udah terpercaya ya. Sejak dulu aku udah pakai merk ini. Servis rutin ganti oli pasti ke bengkel langganan minta yg udah paham aku mau nya oli merk apa. Hehe

    BalasHapus
  35. Maaya Allah motor kebanggaan yg penuh kenangan dan perjuangan yah Mbak. Barakallah.

    Memang ngerawat kendaraan iti harus cermat, jangan Sampai kelupaan ganti oli juga hehe dan pastinya pilih yg berkualitas

    BalasHapus
  36. pilihan oli yg baguuus dan cuco nih untuk motor kesayangan yg jadi temen aku ke pasar dan belanja kebutuhan harian. Memang harus tau karakter dari oli tersebut agar pas ya untuk motor kita

    BalasHapus
  37. Aku selama ini memilih memeriksa dan memberikan motor rutin dan juga memilih oli yang terbaik mba. Samaan ya kita

    BalasHapus
  38. Aku sejujurnya ga ngeri sih mba tentang oli karena aku adalah tim emak2 yang pake aja wkwkwk urusan ganti oli sama suami ntar aku pasti bilangin enduro ah :)

    BalasHapus
  39. Oli yang cocok banget buat kendaraan. Pastinya bikin kendaraan awet banget.

    BalasHapus
  40. Aduh gak ngerti sama oli. Biasanya orang rumah yg ngurusin servis kendaraan bermotor. Tapi kayaknya bisa dicoba nih Enduro.

    BalasHapus
  41. Selama dirawat dengan baik, motor usia berapa pun pastinya mesinnya akan tetap bagus ya

    BalasHapus
  42. Aku make juga enduro yang untuk motor matic kak heheheh
    jadi nyaman ya dipakenya menyenangkan. Nggak berisik dan olinya nggak bau

    BalasHapus
  43. Oli ini memang salah satu komponen motor yang harus dijaga betul-betul, aku selalu dikasih pesan sama ayah sejak kerja pakai motor sendiri buat selalu rutin ganti oli. Karena memang oli yang baik pasti performa motor pun jadi baik, kalau olinya abal-abal, ya... babai dah sepeda motor

    BalasHapus
  44. Ternyata satu oli banyak manfaat ya. Keren, recommended banget. Makasih ulasannya mbak!

    BalasHapus
  45. Aku dan keluarga juga pakai pertamina enduro buat kendaraan kami dirumah baik motor maupun mobil

    BalasHapus
  46. mantap sih yaaa pakai Pertamina enduro ini untuk proses ganti olinya, aku jadi mau belajar ganti oli motor sendiri ah, (kadang ngandelin suami banget hehe)

    BalasHapus