Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tenang, Tahun Ini Tetap Bisa Mudik Kok! Mudik Online

mudik online
Mudik | Freepik




Tenang, Tahun Ini Tetap Bisa Mudik Kok! Mudik Online - Pandemi covid 19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah memberlakukan kebijakan social distancing (pembatasan sosial). Masyarakat dihimbau untuk di rumah saja. Semua aktivitas dilakukan secara online. Termasuk mudik!


Mudik



Suasana lebaran kali ini sungguh berbeda. Tak ada lagi keriuhan mempersiapkan mudik. Ya, tahun ini tidak ada mudik lebaran seperti biasanya. Tahun ini dengan terpaksa tidak ada perayaan lebaran di kampung halaman.


Pandemi virus covid 19 diprediksi berlangsung sampai dengan Juni 2020, membuat kita harus melalui bulan puasa dan hari raya Idul Fitri 1441 H dalam suasana pandemi. Demi menahan laju penyebaran Covid-19 ini, pemerintah melarang masyarakat mudik ke kampung halaman.


Mudik adalah tradisi khas yang ada di Indonesia setiap jelang lebaran. Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan diketahui, tiga provinsi di Pulau Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat) termasuk wilayah tujuan mudik utama.


Baca Juga : Hidangan Lebaran


Tiga wilayah tersebut kini masuk ke dalam daftar provinsi dengan kasus virus covid 19 terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, mobilitas manusia dari dan ke Jateng, Jatim, dan Jabar sangat dibatasi. Bila kita nekad melakukan mudik, kita berpotensi tertular virus covid 19. Atau sebaliknya, kita bisa menjadi pembawa virus ke kampung halaman. Tentunya kita tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Ada baiknya kita menahan diri untuk tidak mudik dulu. Daripada kita harus merayakan lebaran di ruang isolasi rumah sakit. Amit-amit deh!


Mudik Online



Tak perlu sedih, meskipun kita tak bisa pulang kampung, silaturahmi tetap berjalan. Bersyukur hidup di era teknologi digital seperti ini. Teknologi membantu mendekatkan yang jauh. Lebaran kali ini kita tetap bisa mudik kok. Mudik online!




Mudik online adalah aktivitas silaturahmi yang dilakukan melalui panggilan video bersama (video call) keluarga. Mudik online bisa mencegah kita tertular ataupun menularkan virus covid 19. Mudik online tetap bisa membuat kita bersilaturahmi dengan keluarga besar yang ada di kampung halaman.


Persiapan Mudik Online



mudik online
Mudik Online | Freepik



Meskipun dilakukan secara online, mudik ini juga butuh persiapan lho. Pastinya, kita ingin mudik online ini berjalan lancar kan? Jadi siapkan dulu lima hal berikut sebelum melakukan mudik online.


1. Cek Sinyal



Namanya juga mudik online, pasti sinyal jadi faktor utama kan. Pasti ganggu banget kalau pas video call putus-putus akibat susah sinyal. Cek dulu sinyal kita dan sinyal orang yang akan kita video call.


Bila menggunakan wifi, pastikan semua perangkatnya berfungsi baik sementara bila menggunakan kuota, pastikan kuotanya cukup ya. Ada baiknya sebelum melakukan video call, kirimi kerabat di kampung paket kuota internet. Ya hitung-hitung sebagai tambahan hadiah lebaran juga untuk kerabat.


2. Kemudahan Video Call



Meskipun tersedia banyak aplikasi video call, pilih yang paling familiar bagi orang yang akan kita video call. Pilih yang paling mudah dilakukan, agar mudik online bisa berjalan lancar. Biasanya WhatssApp menjadi aplikasi video call yang paling banyak digunakan. Apalagi selalu ada grup WhatssApp keluarga.




3. Aplikasi Video Call


Syarat yang terakhir ini juga tak kalah penting lho. Jangan sampai aplikasinya tersedia di ponsel kita, tapi belum tersedia di ponsel orang yang akan kita hubungi. Daripada repot harus mengunggah aplikasi baru yang bisa jadi memiliki kapasitas yang besar, lebih baik menggunakan aplikasi yang telah tersedia saja. Pilih aplikasi video call yang sama-sama dimiliki.


Aplikasi yang bisa dipakai untuk video call antara lain WhatssApp, Line, Zoom, Gogle Duo, Skype dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan mudik onlinemu. Kalau butuh bertemu keluarga besar pilih saja line. Di line kita bahkan bisa melakukan video call hingga 200 orang secara bersamaan, tentunya dengan menggunakan Line Group Video Call.


4. Ciptakan Suasana



Saat mudik online jangan lupa ciptakan suasana yang mendukung. Jangan melakukan video call dengan latar cucian piring yang menumpuk ataupun rumah yang berantakan. Ciptakan suasana lebaran seperti biasanya. Meskipun kali ini mudiknya secara online.


5. Hati yang Bersih



Terakhir yang paling penting adalah siapkan hati yang bersih. Mudik online juga menjadi sarana silaturahmi dengan keluarga. Siapkan hati yang bersih untuk bisa ikhlas bermaaf-maafan.



Selamat mudik ya. Selamat berkumpul dengan keluarga. Jadikan lebaran tetap bermakna meski ada corona.

34 komentar

  1. ya akhirnya memang harus seperti itu agar pnyebaran virus terhenti

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, semua ini demi berhentinya pandemi

      Hapus
  2. baca judulnya, berasa dapat angin seger. Iya, setidaknya acara mudik tetap bisa jalan hanya medianya yang disesuaikan, mudik online (istilahnya manis ini)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, silaturahmi bis atetap jalan kok

      Hapus
  3. Sedih mudik thn ini cuma bs dilakukan online. tetep aja mudik bertemu langsung atmosferenya beda.. hiks.. semoga virus cepat pergi

    BalasHapus
  4. Betul mba, mudik online Juga butuh persiapan, setuju. Jadi ingat belum beli kuota buat persiapan mudik online ☺. Semoga pandemi ini bisa berakhir dan bisa mudik bertatap muka kembali

    BalasHapus
  5. Saat ini memang kita mesti bersabar dulu ya... enggak bisa kumpul-kumpul di dunia nyata. Tapi beruntung kita hidup di era yang mudah dalam komunikasi. Paling enggak, meski enggak mudik, tetap bisa ngariung bareng secara online. Semoga lebaran tahun depan kita semua sudah bisa kumpul-kumpul lagi yaa

    BalasHapus
  6. Walahhh mudik online
    Tapi mertuaku nyuruh mudik loh, scara tinggal berdua dan dah tua. Jadi pengennya dikunjungi. Kl telp or VC nagis aja huhu

    BalasHapus
  7. Daku ikutan mudik online juga tahun ini. Tapi ga pake aplikasi di laptop karena ga semua familiar, pakai yang mudah dan semua punya aja, wasap video call! ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa pilih aplikasi yg familiar saja

      Hapus
  8. Iya ya, di era canggih seperti sekarang ini memang banyak fasilitas untuk komunikasi jarak jauh. Saya sendiri misah ngekos, dan komunikasi dg Vidoe call paling praktis. Sayangnya pas makanan, saya nggak bs makan makanan lebaran seperti di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, coba masak sendiri di rumah kak

      Hapus
  9. Sekarang zaman serba canggih, bisa telp atau vcall kalau kangen. Uang pun bisa transfer. Memang pasti beda sih ketemu langsung sama secara virtual. Ini demi kebaikan bersama, semoga pandemi cepat berlalu

    BalasHapus
  10. Hahaha. Udah pasti mah ini mba, kita mudik online. Kasihannya itu kalo kampung halaman kita sinyalnya jelek, seperti di daerah saya. Tinggal menyesuaikan saja dengan provide yang sinyalnya paling bagus ya.

    BalasHapus
  11. Milih aplikask vidoe call harus yg bagus ya, biar semua nyaman. Signal juga penting banget biar mudik online-nya lancar jaya. Kan sedih klo udah cakep2 depan kamera eh ga nyambung2.. jadi ngebayangin kena macet klo mudik manual gitu nggak sampai2 hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, pilih yg banyak digunakan oleh keluarga

      Hapus
  12. Kalo semua orang mau mudik online aja tahun ini, pandemi korona bisa cepat berakhir. Sedihnya, banyak yang ngotot mau mudik dengan cara apa pun, alasan apapun, bodo amat sama corona :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, harusnya sadar diri ya mbak

      Hapus
  13. Semoga teman-teman juga sadar dan ikhlas ya untuk nggak mudik dulu di momen lebaran kali ini. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, kok. Aku tinggal sama orangtua, jadi nggak merasakan gimana rindunya bertemu orangtua. Tapi kangen mudik sih iya, bisa kumpul bareng keluarga besar gitu.

    BalasHapus
  14. He em mudik online alias silaturahmi virtual ya kak, menjadi pilihan bagus saat ini, agar terhindar dari si virus itu

    BalasHapus
  15. Beruntung banget ya, teknologi komunikasi udah berkembang maju
    Ngga kebayang para ortu yang kangen anak anaknya
    Sekarang sih bisa video call 😊😊😊

    BalasHapus
  16. Ada banyak cara untuk stay connect dan silaturahmi dengan keluarga. Tak perlu memaksa harus mudik karena pada akhirnya hanya akan berakhir di rumah karantina. Malah menyusahkan diri dan keluarga yang didatangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, harusnya cukup dgn mudik online aja

      Hapus
  17. Selamat mudik online,Mbak. Asal sinyal lancar, mudik online in sya Allah akan ceria dan bahagia :)

    BalasHapus