Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Nastar, Kue Lebaran Khas Belanda

nastar kue lebaran
Nastar | Phinemio



Nastar, Kue Lebaran Khas Belanda - Tak terasa lebaran segera tiba. Biasanya saat sepuluh hari terakhir seperti ini sibuk menyiapkan pernak-pernik lebaran. Salah satunya adalah menyiapkan kue lebaran. Nastar menjadi salah satu kue kering yang harus ada saat lebaran.


Asal Usul Nastar



Nastar kue berisi selai nanas ini adalah kue khas Belanda. Sebelum masa kolonial, hidangan lebaran adalah jajanan khas daerah. Misalnya opak,emping, keripik, rengginang dan kacang goreng. Tetapi saat masa kolonial berlangsung, terjadi akulturasi budaya Belanda di Indonesia. Salah satu wujudnya adalah munculnya kue kering saat lebaran. Nastar salah satunya.

nastar kue lebaran
nastar adalah kue khas Belanda | inovase



Nama nastar berasal dari Bahasa Belanda, yakni 'ananas' atau nanas dan 'taartjes' atau tart. Pelafalannya pun dipermudah menjadi 'nastar'. Jadi, nastar adalah tart dengan isian selai nanas. Dalam Bahasa Inggris, nastar ini sering disebut Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll.


Resep nastar terinspirasi dari kue pie yang dibuat dalam loyang-loyang besar berisi blueberry, strawberry, maupun apel. Adonan nastar sendiri sama seperti adonan pie, yakni tepung terigu, telur, mentega, dan bahan lainnya. Konon, saat masa kolonial buah-buah isian pie tersebut sulit didapatkan, sehingga masyarakat kita menggantinya dengan buah nanas yang mudah didapat di Indonesia yang merupakan negara tropis.


Baca Juga : Hidangan Lebaran


Meski sering disebut sebagai kue kering, nastar sebenarnya bukan termasuk jenis kue kering lho. Menurut pakar pastry terkenal Indonesia yakni Yongki Gunawan menyebut kalau nastar masuk dalam kategori cake karena teksturnya yang lembut dan lembab. Bukan garing atau renyah layaknya kue kering pada umumnya. Masyarakat Indonesia selama ini salah kaprah jika menyebut nastar sebagai kue kering, padahal aslinya nastar berarti kue nanas.


Variasi Nastar


nastar kue lebaran
Nastar Keju | dokpri



Dulu nastar identik dengan kue berbentuk bulat yang di dalamnya berisi selai nanas. Seiring berjalannya waktu, perkembangan nastar semakin bervariasi. Nastar tak hanya berisi selai nanas.


Ada nastar keju. Nastar ini menggabungkan selai nanas dengan keju agar rasa nastar menjadi lebih gurih. Keju yang dipakai bisa bermacam-macam seperti cheddar atau edam. Untuk membuatnya, keju dicampurkan saat membuat adonan kue yang terdiri dari tepung terigu, mentega, telur dan lainnya.


Ada juga yang membuat nastar dengan isian cokelat. Cokelat yang digunakan adalah cokelat bubuk dengan campuran tepung terigu, margarin, gula pasir dan dark chocolate. Semua bahan dimasak dengan api kecil dan diaduk perlahan hingga menyatu. Selai cokelat siap diisikan ke adonan nastar.


Nastar Cokelat | Ishoot




Atau mungkin ingin mencoba nastar dengan sentuhan timur tengah. Isikan nastar dengan selai kurma. Selai kurma bisa dibuat sendiri lho. Caranya cukup mudah pilih kurma berdaging tebal dan rasanya manis seperti medjool. Untuk membuatnya, haluskan kurma lalu campur bersama garam, vanili bubuk dan air bersih. Rebus semua bahan ini sampai mendidih dan mengental. Selai kurmapun siap dipakai.


Selain isi yang bervariasi, bentuk kue nastar kini pun beragam. Tak hanya bundar. Sekarang bentuk nastar bermacam-macam. Seperti nastar buatan adik ipar ini. Bentuknya ada nastar jagung, nastar jeruk, nastar cabe, nastar strawberry dan wortel. Semua variasi bentuk ini membuat nastar semakin menarik. Jika disajikan di rumah akan semakin membuat suasana lebaran semakin meriah.


nastar kue lebaran
aneka bentuk nastar | dokpri



Nastar tidak hanya ada saat lebaran saja lho. Perayaan keagamaan lain juga selalu menghadirkan nastar dalam jamuannya. Misalnya saat natal dan imlek. Nastar pun hadir untuk memeriahkan suasana.


Bahkan bagi etnis Tionghoa, nastar memiliki nilai filosofis lho. Etnis Tionghoa menyebut nastar sebagai ong lai yang berarti pir emas. Pir emas dipercaya sebagai simbol dari kemakmuran, rezeki dan dan keberuntungan.


Bagaimana, apakah teman-tema  juga menghadirkan nastar di rumah saat lebaran? Teman-teman termasuk tim mana nih? Tim kastengel atau tim nastar?

2 komentar

  1. 2-2nyaaaaa :D. Tapi ya mba, dulu pas kecil sampe SMP, aku sempet loh ga suka dgn nastar, Krn isian nenasnya itu. Aneh aja buatku. Jd kalo mama masak nastar, dan nyuruh aku bantuin, pasti aku bulet2in tanpa isi khusus buatku doang hahahahhaa.

    Kalo pun telanjur pake yg isi, aku cm makan kuenya, tp isi aku buang hihihi. Mama paling sebel kalo aku makannya model begitu.

    Tp kayaknya sjk nikah sih aku jd doyan Ama nastar termasuk isian nenasnya.tp lebih suka LG kalo isinya apel. Temenku pernah bikin dan itu LBH enak sih :D.

    Tahun ini kayak biasa akh pesen juga dr tempat langganan.walopun tamu g ada yaaa, tp nastar dan temen2nya hrs selalu ada utk cemilan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh suka dua duanya ya mbak, emang sam sama enak ya

      Hapus