Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Menjalankan Usaha Kue Lebaran Setelah Hari Raya Idul Fitri





Ide bisnis yang cukup menggiurkan untuk dicoba di momen setelah Ramadhan seperti sekarang ini adalah tetap berjualan produk kue dengan varian yang berbeda. Indonesia termasuk dalam negara dimana mayoritas masyarakatnya adalah pemeluk agama Islam atau seorang muslim, dimana setiap datangnya bulan Ramadhan pasti akan menjalankan ibadah puasa sampai sebulan penuh nantinya masuk ke momen lebaran. Banyak sekali pilihan bisnis musiman yang bisa Anda coba geluti disini, termasuk diantaranya adalah menjual kue kering.



kue lebaran
kue lebaran





Bukan hal yang mudah memang, namun Anda tetap bisa sukses dengan menerapkan beberapa tips berikut ini, yaitu:



  1. Rasa adalah kunci utama, bagaimanapun juga karena bidang bisnis yang Anda geluti berkenaan dengan makanan. Maka yang membedakan disini adalah rasanya, rasa yang enak akan membuat banyak orang tertarik untuk membeli kue dari Anda. Untuk itu utamakan bahan baku yang berkualitas. Misalnya adalah coklat dan tepung custard yang digunakan, maka hendaknya beli yang merknya bagus, bukan yang abal-abal, begitu pula dengan bahan yang lainnya
  2. Gencar di dalam melakukan pemasaran, Anda tak hanya bisa menjualnya dengan menitipkan dari satu penjual ke penjual yang lainnya saja, melainkan cobalah untuk memperluas target market Anda. Diantaranya adalah menjual secara online, tawarkan lewat media sosial, maupun juga lewat market place. Sehingga lebih banyak orang yang tahu mengenai produk tersebut.
  3. Hati-hati di dalam penetapan harga, kita juga harus realistis bahwa memang pelaku bisnis yang sama atau kompetitor sangatlah banyak. Umumnya tak jarang konsumen yang lebih mengutamakan untuk membeli berdasarkan harga termurah. Untuk itu sebaiknya Anda juga harus membandingkan tawaran harga tersebut dengan harga kue yang dijual oleh kompetitor. Ada baiknya untuk tidak serakah di dalam mengambil keuntungan, inilah kunci agar bisnis Anda tersebut bisa sukses.



Beli berbagai macam bahan baku pembuatan kue yang akan dijual lebih selektif. Pilih toko bahan kue yang terpercaya, menjual bahan kue yang lengkap mulai dari tepung, mentega, keju, susu, pengembang dan sejenisnya yang berkualitas seperti TokoWahab.

24 komentar

  1. postingannya membantu buat aku yang buntu cari tambahan uang
    jualan aja kue kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulullah klo gitu..
      semangat ya kak

      Hapus
  2. Wah benar-benar sangat membantu sekali untuk pemula seperti saya. Terimakasih banyak ya kak!

    BalasHapus
  3. Tips yg nomor satu koentji banget kl jualan makanan ya Mbak Dee... meski lebaran udah lewat insyaallah akan tetap dicari customer ya

    BalasHapus
  4. rasa tak pernah bohong ya mbak
    dan tentunya harga juga jadi pilihan konsumen
    meski udah lewat, konsumen pun akan mencari

    BalasHapus
  5. Faktor rasa dan harga itu sama2 penting ya, begitu juga pemasarannya. Sekarang semakin banyak yang berjualan terutama sejak banyak orang dirumahkan. Bagi yang sudah lama berdagang cookies, tentu menjadi tantangan untuk makin meningkatkan kualitas kuenya. Aku sih support teman2 yg nawarin daganagnnya dan biasanya kubeli yg penting ga jauh2 amat biar ongkirnya murah hihihihi :D

    BalasHapus
  6. Memang ngga bisa serakah menetapkan harga jual kue lebaran
    Karena persaingan sangat ketat
    Namun jangan lupa, ada harga ada barang
    Penjual kue yang harganya mahal menggunakan bahan baku premium, mereka menyasar kelas atas yang bias membedakan rasa cookies
    Rasa cookies yang harganya Rp 100.000/toples pastinya jauh banget dengan yang cuma Rp 20.000/toples

    BalasHapus
  7. Setuju banget nih mengenai yang harga apalagi.
    Saya dulu pernah jualan brownies, demi bisa merebut pasar saya kasih harga paling rendah, abis itu ngehek sendiri nggak ada keuntungannya :')

    BalasHapus
  8. Setuju apalagi soal bahan baku. Pilih toko bahan kue yang terpercaya dan kualitasnya terbaik sehingga hasil kuenya pun istimewa.

    BalasHapus
  9. Rasa enak harga murah dalam usaha pasti banyak dicari orang, karena saat ini banyak persaingan jadi tingkatkan rasa, mutu dan harga. Sukses selalu

    BalasHapus
  10. Bisnis kue kering memang selalu menarik deh
    Rasanya hampir semua orang menyukai kue kering deh
    Asal kemasannya rapi dan rasa enak, pasti selalu dicari

    BalasHapus
  11. Kalau harga jangan kemahalan juga, bersaing lah ya, jadi kudu tengok kanan kiri buat menetapkan harga

    BalasHapus
  12. jika di tekuni kue ini bukan hanya saat hari raya loh, apalagi memiliki ciri khas tertentu, bisa jadi usaha beneran

    BalasHapus
  13. Dalam bisnis kuliner, rasa memang nomor satu sih. Berhubung aku doyannya makan tapi malas masak, aku tim yang membeli kue kering sajalah. Hehehehe

    BalasHapus
  14. Dalam menjalankan bisnis kuliner memang kunci utamanya adalah rasa ya mbak. Soalnya walaupun sedikit mahal kalau rasanya mantap, orang pasti akan tetap beli.

    BalasHapus
  15. Jadi pedagang jaman sekarang memang harus kreatif, baik dari soal rasa, harga dan variatif nya barang yang dijual, sebab udah banyak banget persaingan,, namun ketika rasa dan harga sudah kena dihati pelanggan aku yakin bakalan balik lagi utk beli kekita

    BalasHapus
  16. Nah..setuju nih ka'
    Ditengah banyaknya persaingan harus menerapkan inovasi . Menjadi satu yg sedikit berbeda itu jadi hal yg unik yg bisa diminati customer

    BalasHapus
  17. Bisnis kue jadi hal menarik yang bisa dikembangin, apalagi orang banyak yang suka buatan rumah, biasanya rasa lebih kaya dan juga bisa disesuaikan dengan selera ya kak.

    BalasHapus
  18. Bener banget sih Kak. Mamaku langganan kue lebaran di tempat yang sama hampir setiap tahunnya. Hal yang terpenting dan kunci utama adalah rasa. Di tempat langganan kami, rasanya selalu enak dan tidak pernah berubah.

    BalasHapus
  19. Kalau bis masak kue, bisnis ini emang menjanjikan. Alamat kalau sudah dikenal banyak orang. Wah pasti laris

    BalasHapus
  20. Hal paling utama yang dilihat dari makanan kalo menurut saya adalah tampilannya, setelah itu baru rasanya. Jadi untuk pengemasan juga harus bagus agar mendapatkan first impression yang baik hihi ^_^

    BalasHapus
  21. Ini bisnis gurih yang tiap tahun selalu panen raya. Sayangnya saya nggak bisa bikin kue, hihi. Saya suka takjub dengan cerita teman yang hobi baking, selalu dapat untung besar pas hari raya. Keren ya!

    BalasHapus
  22. Kalau aku sih tetap cari rasa yang utama, Mbak. harga agak mahal dikit asal enak ya dikejar. Tentu pas ada duitnya hehe. Kudu promosi gencar, setuju biar banyak orang yang tahu kita jualan. Ada saudara ipar yang lebaran tuh sampe bisa beli motor baru dari keuntungan bisnis kue lebaran. Menjanjikan banget.

    BalasHapus