Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Drama Korea True Beauty : The Power of Make Up

True Beauty

Drama Korea True Beauty : The Power of Make Up - Drama Korea True Beauty adalah salah satu drama on going yang banyak dibicarakan teman-teman di Drakor Class. Enaknya gabung di Drakor Class ya gitu, bisa update drama-drama yang layak ditonton. 

Saya termasuk newbie dalam per drakor an, belum banyak hafal nama-nama pemain drama. Belum jeli juga pilih-pilih drama. Makanya saya selalu andalkan teman-teman Drakor Class kalau cari rekomendasi tontonan. 

Nah True Beauty ini menjadi salah satu drama yang sering dibicarakan. Bahkan pembicaraan tentang True Beauty ini sudah dimulai sebelum dramanya tayang. Mungkin karena ada si ganteng Eun Woo dan juga drama ini juga diangkat dari Webtoon. Beberapa teman bahkan sudah baca Webtoonnya. 

Sinopsis True Beauty

True Beauty
Drama Korea True Beauty | tvN

True Beauty ini adalah drama yang mengangkat kisah kehidupan remaja pada umumnya. Drama ini menceritakan seorang remaja SMA bernama Im Ju Kyung yang diperankan aktris Moon Ga Young. Ju Kyung bermasalah dengan wajahnya. Dia terlahir tidak cantik dan tumbuh sebagai remaja yang punya banyak masalah kulit, mulai dari komedo hingga jerawat. 

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Drama On Going Lebih Asyik Ditonton 

Penampilannya ini membuat Ju Kyung selalu di bully oleh teman-temannya. Dia tidak punya teman di sekolah. Bahkan dia juga ditolak mentah-mentah oleh cinta pertamanya, Hyun Bin yang diperankan oleh Lee Tae Ri.

Keadaan berubah ketika Ju Kyung pindah sekolah dan mulai menggunakan make up. Kegigihannya belajar make up tidak sia-sia. Ju Kyung menjelma menjadi gadis cantik dan populer di sekolah barunya. Dia juga punya teman.

Kecantikannya membuat Ju Kyung diperebutkan oleh dua cowok ganteng. Ada Lee Soo-Hoo yang diperankan oleh Cha Eun-Woo dan Han Seo-Joo yang diperankan oleh Hwang In-Yeop. Kisah cinta segitiga ini nantinya akan menjadi bagian inti dari drama ini. 

True Beauty
pemeran True Beauty | tvN


Filmografi

Judul

True Beauty (Yeoshingangrim / 여신강림) 

Penulis

Yaongyi (webcomic), Lee Si-Eun

Sutradara

Kim Sang-Hyub

Pemeran

Mun Ka-Young as Im Ju Kyung

Cha Eun-Woo as Lee Soo-Hoo

Hwang In-Yeop as Han Seo-Joon

Park Yoo-Na as Kang Soo-Jin

Genre

Komedi Romantis

Network :

 tvN

Episode

16 

The Power of Make Up

True Beauty
True Beauty: The Power of Make Up | tvN


Kesan pertama saya menonton drama True Beauty ini adalah the power of make up. Ya, dengan bantuan make up Ju Kyung tak hanya bisa mengubah penampilannya, tapi juga kehidupannya. 

Baca Juga : Hospital Playlist 2 : Sekuel Paling Ditunggu di 2021

Ju Kyung menjelma menjadi gadis yang cantik. Dia tidak lagi menjadi bahan bully an di sekolah. Dia akhirnya juga merasakan bahagianya punya teman. Bisa makan dan main bersama teman plus rumpi di grup obrolan. Sesuatu yang dulu sangat dia harapkan. 

Ju Kyung juga menjadi cewek paling bahagia. Bagaimana nggak bahagia, jika diperebutkan oleh dua cowok ganteng dan keren. Mendadak kehidupannya berubah drastis dan menjadi sangat bahagia. Mendapatkan apa yang diinginkan selama ini. 

Drama ini menunjukkan penggunaan make up untuk mempercantik diri. Seperti teori dari  Korichi, pelle-de Queral, Gazano, dan Aubert bahwa  make-up secara psikologis memiliki dua fungsi yaitu fungsi seduction dan camouflage. 

Baca Juga : Drama Korea Cheat On Me If You Can, Bukan Drama Perselingkuhan Biasa

Fungsi seduction artinya individu menggunakan make-up untuk meningkatkan penampilan diri. Umumnya individu yang menggunakan make up  untuk fungsi seduction merasa bahwa dirinya menarik dan menggunakan make up untuk membuat lebih menarik.

Sedangkan fungsi camougflage artinya individu menggunakan make-up untuk menutupi kekurangan diri secara fisik. Umumnya individu yang mengunakan make up untuk camougflage merasa dirinya tidak menarik sehingga perlu menggunakan make-up untuk membuat menarik. 

Nah bagi Ju Kyung make up berfungsi camougflage. Make up membuatnya menutupi kekurangan pada wajahnya sehingga dia bisa tampil lebih menarik. 

Apakah yang dilakukan Ju Kyung salah? Ya nggak lah, setiap perempuan berhak tampil cantik. Menggunakan make up untuk tampil cantik tentu lebih baik daripada harus operasi plastik. 

Namun tentunya selain menggunakan make up, penampilan cantik juga harus ditunjang dengan banyak hal lain. Apalagi usia remaja, harusnya tidak hanya mementingan penampilan fisik semata. Teorinya sih gitu, hehehe..

Melihat dari masalah kulit yang ada pada wajah Ju Kyung sebenarnya yang paling penting adalah merawat kesehatan kulit daripada menggunakan make up. Akan lebih baik jika kulitnya dirawat, bantuan dokter kulit akan lebih membantu agar komedo dan jerawatnya hilang. Bukankah lebih penting kulit terlihat sehat? Hehehe....

Lalu bagaimana cerita Ju Kyung selanjutnya? Akankah dia harus selalu tergantung dengan make up agar lebih bisa diterima di lingkungannya? Siapa yang akan dia pilih? Soo Hoo atau Seo Joon? Mungkinkah dia mendapat cinta sejati? Dicintai dengan tulus dengan wajah aslinya? Kita lihat saja nanti ya... 

Apakah teman-teman sudah nonton drama ini? Bagaimana kesan teman-teman dari drama True Beauty ini? Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya...

Terima Kasih... 


39 komentar

  1. Aku ngikutin juga drakor ini. Episode² awal agak lebay sih kalo kubilang, tapi episode 4 sekarang nih udah gak terlalu lebay, udah masuk ke bagian serius kayaknya :)
    Gara² drakor ini aku jadi baca komiknya juga hahaa karena penasaran...

    BalasHapus
  2. Aku suka dari mulai baca webtoonnyaaa.. gemez bener ceritanya, cerita sma yang ringan dan manis gitu yaaa.. plus abis nonton ini jadi pengen belajar make up jg dong. wkwk

    BalasHapus
  3. Aku udah baca webtoonnya. Udah lumayan lama, ya. Dan emang berhasil banget kasih racun buat lebih akrab sama alat2 make up hahaha..

    BalasHapus
  4. Lucuuukk ya ceritanya
    Walopun lagi2 berkisah tentang triangle love, tapii ya it's okay, karena drakor bertaburan muka2 ciamik, dan jalan cerita yg unik.

    BalasHapus
  5. Aku masih baca Webtoonnya. Tapi lebih suka nonton dramanya. Aku nggak sabar pengen nonton episode 5 dan 6. Aku suka sama para pemainnya yang keren-keren banget terutama yang jadi Lee Su Hoo dan Han Seo Joon.

    BalasHapus
  6. aku belum nonton judul yg satu ini. tp bakalan jd list judul yg bakalan aku tonton kedepannya.. tp ternyata di webtoon juga udah ada ya, ketinggalan banget aku tuh

    BalasHapus
  7. Aku malah fokus ke saran dokternya..kulit disehatkan dulu baru dipercantik dengan make up
    Dan benar adanya make-up secara psikologis memiliki dua fungsi yaitu fungsi seduction dan camouflage yang keduanya akan memengaruhi kepercayaan diri seseorang pasti

    BalasHapus
  8. Aku masih baca webtoonnya tapi belum nonton drakornya nih. Banyak yang bilang bagus ya, drakor ringan gitu. Kira-kira ada tips-tips makeup kaya di webtoon season 1nya nggak ya?

    BalasHapus
  9. The power of make up yaa, langsung jadi berubaah dan merubah kehidupannya , asiik banget. Lucuuk keknya cerita drakor ini, pastinya banyak yang unyu2 cakep.

    BalasHapus
  10. Untuk yang merasa tidak perlu menggunakan make up, tapi dalam hati ingin meningkatkan penampilan mungkin bisa ikut nonton drama ini ya. Biar termotivasi bahwa make up itu, salah satu fungsinya adalah meningkatkan rasa percaya diri :)

    BalasHapus
  11. Aku baru nonton episode pertama, mba. Dan suka ini karena menghibur juga. Kondisinya juga pas ama kondisi sekarang

    BalasHapus
  12. Lihat flyer film nya menarik liat bintang cantik dan ganteng jadi tertarik untuk nonton deh. Baru tau kalo ini adalah adaptasi dari webtoon.

    BalasHapus
  13. belum nonton True Beauty, mbak. Ini sentilan buat orang Korsel yang tenar dengan oplas-nya kali ya. Make-up buat pendukung aja, jangan sampai melupakan kecantikan hati dan sikap.

    BalasHapus
  14. Aku jadi ikutan pen belajar shading loo...sejak nonton True Beauty, hahhaa..
    Ngefek banget buat aku yang pake BB Cream aja gak pernah.
    Jukyungaaa....Fightiing!

    BalasHapus
  15. Setuju, Mbak, lebih baik melakukan perawatan agar kulit terlihat sehat daripada menutupinya dengan make up yang tebal.
    Tema drakornya menarik, bagus untuk ditonton

    BalasHapus
  16. Aku udah nonton mba. Critanya ringan dan lucu. Aku suka dan terhibur. Katanya diambil dari webtoon terkenal ya. Kayaknya mending aku nonton drakornya ja hahaha. Takut beda soalnya nanti sensasinya. Cha en woo tetep cakep ya di sana hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong-ngomong muka ju kyung ini kan tipe betjerawat ya. Klo kenyataannya muka betjerawat terus dikasih make up tebel gitu, biasanya makin rusak ya. Cuma di film kayaknya ga makin rusak hahaha 😂. Bagusnya mukanya dirawat ya misalnya ke ahlinya gitu, apalagi dia masih remaja. Jadi aku setuju yang Bunda bilang. Mending dirawat aja

      Hapus
  17. Daku belum nonton drakor ini, baru nyimak jalan ceritanya boleh juga masuk wishlist, dan Senang nya dengan drakor sekarang cerita yang dibawakan unik dan ada pesan bagusnya

    BalasHapus
  18. nah ini yang udah masuk list nonton, tapi belum sempet terus euy.. kepotong-potong jadi skip deh. jalan ceritanya aku suka kalo liat dari sinopsisnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah cocok nih untuk kak Aie, karena senang makeup juga dan emang bagus banget ini sih dramanya.

      Hapus
  19. Wah ini sih salah satu drakor yang aku nantikan sejak star up masih on going, suka banget sama para pemainnya juga ide ceritanya, kayaknya bakalan enjoy dan gak ngebosenin

    BalasHapus
  20. Oalah ternyata rahasia dia mendadak jadi cantik ceritanya karena bantuan make up ya..akhirnya ngeh juga hihihi aku ngga nonton tapi seliweran di TL jadi berasa sudah nonton hihihi

    BalasHapus
  21. Ceritanya seru ya. Apalagi pesan moralnya. Secara kau tuh kalau pakai make up kalau lagi mood dan acara-acara penting saja hehehe...

    BalasHapus
  22. Sempat nonton di TVN mba, dan sepertinya seru ya dan jadi bikin senyum-senyum karena aktingnya yang manis.. Sayang sampai saat ini masih be;um punya waktu buat full ngedrakor.. simpan dulu buat kapan2 kalau ada waktu masukin True Beauty dalam list.. :-)

    BalasHapus
  23. Sering lihat tuh di internet perubahan make before dan after yang gila beda banget. Salut buat para perias wajah bisa yang bahkan bisa mengubah kontur dan bentuk wajah hanya dengan sentuhan makeup.

    BalasHapus
  24. Aku malah baru dah tentang film ini mba ramai ya kayaknya pastinya dong biar tambah halpy. Deh

    BalasHapus
  25. Saya baru mau nonton kalau episodenya sudah 10, Mba. Jadi pas ending nobar deh

    BalasHapus
  26. Wah aku belum nonton nih soalnya keskip drakor lain yang lumayan banyak bulan ini, baca referensinya jadi pingin nonton juga

    BalasHapus
  27. Walah latar belakang org pakai make up bisa beda2 yeee.
    Emang keren drakor, tema yang diangkat keknya simple tapi banyak yang bisa dieksplor ya?
    Gak tau knp aku belum tertarik nonton mungkin krn tokoh2nya anak2 muda hehe. Tapi mungkin ntr kalau dah dapat feelnya nonton :D

    BalasHapus
  28. Cerita khas remaja ya, yang di usia ABG gitu penampilan adalah segalanya. Kesian juga sebenarnya kalau ada anak yang dibully di sekolah gitu.

    BalasHapus
  29. Hampir mirip sama My ID is Gangnam Beauty yang juga diangkat dari webtoon dong ya. Bedanya yang True Beauty, kekuatannya make up. Kalau yang Gangnam Beauty ini operasi plastik. Eh iya, segmen usianya juga beda deng. Jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  30. Aku nih kalau lihat transformasinya si Ju Kyung itu suka terkesima, emang hebat banget deh ya sentuhan makeup itu.

    BalasHapus
  31. Duh aku jadi inget-inget nih pas masa puber gitu memang engga jerawatan sih, tapi dekil dan cuek abis sama penampilan sampe mikir engga bakal ada laki-laki yg mau deketin hahaha

    BalasHapus
  32. Suka sama cara Mbak Dian membahas. Lengkap dengan teori ttg make up. Jadi, sepertinya pembelajarannya bagus ya di sini, mengajarkan bagaimana remaja menemukan nilai yang berharga dalam dirinya?

    BalasHapus
  33. Saya belajar dari temen-temen blogger yang ngereview drama ini aja deh.. karena saya enggak pernah nonton drama/film Korea. Lumayan dapat banyak insight dari temen-temen reviewer.

    BalasHapus
  34. Mbak Dee Hwang In Yeop sama Lee Joon Gie Flower Evil kakak adik bukan ya Mbak,, kok mirip² gitu ya raut wajahnya, apa saya yg salah liat ya hehe. Btw,sy sdg nonton When Camellia Blooms ini Mbak.

    BalasHapus
  35. Ini nih yang lagi diomongin sama si sulung. Dia lagi nonton ini. Tapi enggak tahu enapa nih, si bungsu gak suka Cha Eun Wo main. Katanya kurang gereget deh dengan karakternya di drama ini. Dia gak tahu kalo emaknya suka banget sama Cha Eun Wo. Wkwkkwkwk... siap nonton ah.

    BalasHapus
  36. ih lucu.. drama KOrea itu receh banget ya wkwkwk tapi diem2 punya pembelajaran kehidupan, tapi aku takut nonton, takut nagih :D

    BalasHapus
  37. 16 episode yaa, ini kejar tayang sih kalo aku nonton wkwk secara nonton drakor paling gaenak kalo kepisah2.. maunya langsung cepet buruaaann ehehe

    BalasHapus