Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

10 Drama Korea Terbaik di 2020, Mana yang Sudah Kamu Tonton?

Tahun 2020 ini saya dimanjakan dengan beragam drama Korea terbaik yang menemani hari-hari saya. Pandemi Corona COVID -19 yang melanda sejak Maret lalu, membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Beruntung meski di rumah saja saya tetap merasa bahagia. 

Memang sih, tahun 2020 sudah sepekan lalu berakhir, tapi sepanjang tahun 2020 kemarin saya sudah mencatat drama Korea apa saja yang sudah saya tonton. Kalau dihitung-hitung sudah ada 15 drama Korea yang sudah saya tonton sepanjang tahun ini. Tapi menurut saya ada sepuluh yang bisa dikatakan sebagai drama Korea terbaik di tahun ini.

Sepuluh drama tersebut tak hanya memiliki cerita dan visual yang menarik, tapi juga mendapatkan tempat di hati para pecinta drama Korea, dilihat dari perolehan rating dan award yang di dapat. 

Hmm lalu apa saja ya drama Korea terbaik sepanjang tahun 2020 ini? 

1. Hospital Playlist 

Hospital Playlist

Hospital Playlist adalah drama yang paling banyak dibicarakan di tahun ini. Drama yang tayang pada bulan Maret lalu ini menjadi drama Korea peringkat kesembilan tertinggi dalam sejarah televisi kabel.

Hospital Playlist bercerita tentang persahabatan lima orang dokter yang bekerja di pusat kesehatan Yulje. Mereka adalah Lee Ik-Joon (Cho Jung-Seok), Ahn Jeong-Won (Yoo Yeon-Seok), Kim Jun-Wan (Jung Kyoung-Ho), Yang Seok-Hyeong (Kim Dae-Myung) dan Chae Song-Hwa (Jeon Mi-do).

Meski ber genre medis, Hospital Playlist ini berbeda dengan drama medis biasanya. Drama ini lebih banyak bercerita tentang kisah persahabatan kelima dokter tersebut, tak ada intrik dan perebutan kekuasaan di rumah sakit sebagaimana drama medis pada umumnya. Menariknya, para dokter dalam drama ini digambarkan suka bermain musik. Sepekan sekali mereka berlatih band. 

Menonton drama ini serasa menonton drama musikal. Penonton akan dimajakan dengan beragam lagu-lagu yang easy listening. Bahkan salah satu soundtrack dalam drama ini yang berjudul Aloha, berhasil mendapatkan award dalam penghagraan OST Terbaik dalam MMA (Melon Music Award) pada 5 Desember lalu. 

Baca Juga : 'Hospital Playlist 2', Sekuel Paling Ditunggu di 2021

Beberapa hari sejak episode terakhirnya ditayangkan, penonton sudah antusias menunggu season lanjutan drama ini. Hospital Playlist season 2 akan ditayangkan pada bulan April 2021. Bahkan sekuel ini menjadi sekuel yang paling ditunggu di 2021. 

2. The King Eternal Monarch

The King Eternal Monarch

Para Minoz mari merapat... Drama The King Eternal Monarch adalah debut terbaru Lee Min Ho pasca cuti panjangnya. Bersama Kim Go Eun, Lee Min Ho menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai Raja Lee Gon. 

The King Eternal Monarch beeceita tentang dunia pararel. Lee Gon (Lee Min Ho) adalah seorang raja dari kerajaan Corea. Tanpa sengaja dia menemukan jalan ke dunia pararel, dia tiba di Republik Korea Selatan dan bertemu dengan Letnan Jun Tae-eul (Kim Go Eun).

Meski berakhir bahagia, kisah cinta dunia pararel ini nampaknya kurang memuaskan. Rating drama ini terus turun bahkan di episode terakhirnya. 

Tapi sebenarnya drama ini menceritakan alur yang menarik dan pastinya visual yang memukau. Tak hanya visual para pemerannya saja, tapi setting ceritanya juga menarik. 

Meski tidak sukses, drama ini ternyata semakin melambungkan nama Lee Min Ho. Popularitasnya terus meroket. Terakhir Lee Min Ho bahkan dinobatkan sebagai duta hallyu paling terkenal di lima benua.  Lee Min Ho bakal memulai debut Hollywoodnya dalam drama Pachinko yang akan tayang tahun depan. Bahkan lewat drama ini Lee Min Ho berhasil memenangkan Top Excellence in Miniseries pada SBS Drama Awards 2020 yang digelar pada 31 Desember 2020 lalu.  

3. Dinner Mate

Dinner Mate

Dinner Mate, drama manis yang bercerita tentang teman makan malam yang berakhir menjadi sepasang kekasih. Drama ini dibintangi oleh oleh Song Seung-heon, Seo Ji-hye, Lee Ji-hoon, dan Son Na-eun. 

Drama ini menceritakan kisah Do Hee (Seo Ji-hye) yang dikhianati oleh pacarnya. Kim Hye Kyung (Song Seung-heon) membantunya lewat terapi makan. 

Drama ini diadaptasi dari webtoon populer berjudul 'Would You Like To Have Dinner Together?' karya Park Shin-in. Drama ini memiliki cerita ringan tapi cukup menghibur. Mengenalkan beberapa profesi unik seperti  psikolog makanan. Kim Hae Kyung merupakan seorang psikiater dan psikolog makanan. Ia menganalisis kepribadian orang lain dengan memperhatikan perilaku saat makan. Sedangkan Do Hee adalah seorang content creator. 

4. It's Okay to Not Be Okay

It's Okay to Not Be Okay

Drama Korea It's Okay to Not Be Okay ini banyak mengangkat isu kesehatan mental. Drama ini dibintangi oleh Kim Soo-hyun, Oh Jung Se dan So Ye Ji. 

Drama ini bercerita tentang Gang Tae (Kim Soo-hyun) yang berkerja sebagai perawat rumah sakit jiwa. Gang Tae merawat kakaknya Sang Tae (Oh Jung Se) yang menderita autisme. Sang Tae juga trauma kepada kupu-kupu. 

Sang Tae kemudian bertemu deng Ko Moon Yeong (So Ye Ji) seorang penulis dongeng anak. Sang Tae sangat mengidolakan Ko Moon Yeong sehingga datang ke acara peluncuran buku terbarunya. Ternyata acara peluncuran buku menjadi kacau. 

Gang Tae dan Sang Tae pindah ke kampung halamannya. Moon Yeong juga kembali ke rumah orang tuanya, sebuah kastil ditengah hutan. 

Singkat kata Gang Tae dan Moon Yeong pun menjadi sepasang kekasih. Mereka saling menyembuhkan luka batinnya masing-masing. Dan berusaha menyingkap tabir kematian ibu Gang Tae dan misteri hilangnya ibu Moon Yeong. 

Drama It's Okay to Not Be Okay ini banyak mendapat penghargaan, baik lokal maupun internasional. Dimulai dari penghargaan dalam 10 Acara Internasional Terbaik oleh The New York Times. Dan termasuk serial yang paling banyak ditonton di Netflik. 

Tak hanya dramanya, para pemerannya juga mendapat beragam penghargaan karena peran mereka dalam drama It's Okay to Not Be Okay ini. Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji membawa pulang trofi kemenangan dari Asia Artist Awards (AAA) 2020 kategori Hot Issue. Kim Soo Hyun juga memenangkan penghargaan tertinggi Daesang berkat perannya sebagai Moon Kang Tae di ajang penghargaan yang sama. Begitu juga dengan Seo Ye Ji yang keluar menjadi pemenang kategori Best Artist. 

Pasangan drama It's Okay to Not Ne Okay ini kembali dipertemukan di penghargaan APAN Star Awards 2020 dengan memenangkan nominasi Popular Star Award. Wah pantas ya kalau drama ini masuk dalam list drama terbaik tahun ini. Cerita dan akting pemerannya sudah teruji. 

5. Do You Like Brahms?

Do You Like Brhams?

Penyuka musik klasik wajib nonton drama ini. Do You Like Brahms adalah drama musikal dengan kisah cinta yang manis. Drama ini bercerita tentang kisah mahasiswa jurusan musik. 

Do You Like Brahms menceritakan bagimana jatuh bangunnya membangun karir di dunia musik. Mulai dari penolakan dari keluarga, tekanan dari dosen, bagaimana membuat pertunjukan musik yang bagus, persaingan yang ketat bahkan pembajakan karya musikal juga dibahas dalam drama ini. 

Episode pertama Do You Like Brahms? langsung mencuri perhatian. Drama ini mencapai rating tertinggi di Korea Selatan pada episode pertamanya. 

Baca Juga : Do You Like Brahms? Akhir Kisah Cinta yang Manis untuk Joon Young dan Song Ah

Kisah cinta drama ini sangat manis.  Chemistry antara Kim Min Jae yang berperan sebagai Park Joon Young. dengan Park Eun Bi berperan sebagai Chae Song Ah begitu terasa. Bisa dibilang mereka berdua adalah pasangan paling sopan sepanjang cerita romance drama Korea. 

Joon Young berjuang untuk kembali meniti karirnya sebagai pianis. Sedangkan Song Ah berjuang meraih impiannya sebagai pemain biola.

Chemistry antara Kim Min Jae dan Park Eun Bi dalam drama ini membuahkan hasil. Keduanya baru-baru ini mendapat penghargaan sebagai pasangan terbaik dalam SBS Drama Awards 2020.

6. Record of Youth

Record of Youth

Satu lagi drama yang bercerita tentang perjuangan meraih mimpi, Recors of Youth. Drama Record of Youth ini bercerita tentang anak muda yang berusaha meraih cita-citanya. Adalah Sa Hye-Jun yang diperankan oleh Park Bo-gum yang bercita-cita menjadi aktor terkenal. 

Sa Hye-Jun yang berasal dari keluarga biasa ini cukup kesulitan dalam meniti karir sebagai aktor. Banyak cobaan yang harus dihadapi. Mulai dari honor yang tidak seberapa, tidak dianggap hingga ditipu manager. 

Saat tengah merintis karirnya dia bertemu Ahn Jeong-ha yang diperankan oleh Park So-dam. Jeong-ha bercita-cita sebagai make up artis terkenal. Keduanya berhasil dalam meraih impiannya, hanya saja kisah cinta mereka harus kandas ditengah jalan. Ah sedih...

Selain itu drama ini juga menampilkan bromance yang baik antara Sa Hye-Jun dengan Won Hae-hyo (Byeon Woo-seok). Hae-hyo juga berkarir sebagai aktor. Meski bersaing, mereka tetap menjaga hubungan persahabatan yang sudah lama terjalin.

7. Tale of The Nine Tailed

Tale of The Nine Tailed

Kisah Gumiho, legenda urban Korea Selatan sering diangkat dalam drama. Kali ini Gumiho atau rubah berekor sembilan diperankan oleh Lee Dong Wook. Tale of The Nine Tailed adalah drama genre fantasy yang bercerita tentang Lee Yeon (Lee Dong Wook) yang mencari cinta pertamanya. 

Cinta pertamanya bereikarnasi sebagai Nam Ji Ah (Bo Jo Ah) yang berprofesi sebagai produser acara urban legend. Kisah cinta beda dunia ini berjalan tidak mudah, banyak cobaan yang harus dihadapi. Salah satunya berhadapan dengan Imoogi (Lee Tae-rii), makhluk legenda yang punya kekuatan besar. 

Drama ini juga menjadi drama comeback bagi Kim Bum yang berperan sebagai Lee Rang, adik dari Lee Yeon. Tale and the Nine Tailed ini berhasil membuat penonton terkena second lead syndrome. 

Banyak penonton yang jatuh hati pada peseona Lee Rang. Apalagi di akhir episode Lee Rang menunjukkan pengorbanan terbesar sebagai seorang adik. 

8. Start-Up

Start-Up

Start-Up adalah drama terbaru yang dibintangi cinta pertama Korea, si cantik Bae Suzy. Drama ini bercerita tentang bagaimana para anak muda berusaha merintis binis start-up. 

Selain Bae Suzy, Start-Up dibintangi oleh Nam Joohyuk dan Kim Seon-ho. Start-Up ber setting kawasan fiksi Korea Selatan Silicon Valley yang disebut Sandbox dan menceritakan kisah orang-orang di dunia perusahaan rintisan.

Drama ini selalu mencetak rating tertinggi di setiap episodenya. Bahkan menjadi drama yang banyak dilihat di Netflik. 

Pesona Kim Seon-ho yang berperan sebagai Han Ji-pyeong memikat penonton. Penonton pun terkena second lead syndrome. Bahkan penonton terbagi jadi dua kubu, kubu Do-san yang diperankan Nam Joo-hyuk dan kubu Ji-pyeong. Uniknya perseteruan dua kubu ini memanas, sepanas layaknya pilpres, hehe.

9. Birthcare Center

Birthcare Center

Birthcare Center adalah sebuah mini drama, drama ini hanya berjumlah 8 episode. Drama yang menceritakan kehidupan para ibu baru dalam pusat perawatan pasca melahirkan ini sangat unik dan menarik. 

Drama ini mengangkat kisah   Oh Hyun Jin (Uhm Ji Won) yang menjadi ibu di usia 40 tahun. Pekerjaannya sebagai direktur pelaksana sebuah perusahaan kosmetik membuat dia tidak tahu apa-apa soal merawat anak. Ini yang membuatnya menjalani masa perawatan di pusat perawatan pasca melahirkan, Serenity. Disini petualangannya dimulai. 

Birthcare Center ini sangat cocok untuk ditonton oleh para ibu baru, bahkan ayah juga harus menonton drama ini. Drama ini banyak mengangkat kisah perjuangan ibu baru yang penuh lika-liku, mulai dari belajar menyusui, merawat anak sampai mom war yang tak berkesudahan. 

Birthcare Center sedikit banyak mengangkat kisah ibu baru. Meski begitu drama ini menyampaikannya dengan kocak. Drama ini termasuk drama komedi yang sangat menghibur untuk diikuti. Apalagi kualitas akting pemainnya tidak diragukan. Selain dibintangi oleh Uhm Ji Won drama ini juga dibintangi aktris senior (Park Ha-Sun, dan aktor Korea yang sedang naik daun, Yoon Park.

10. True Beauty

True Beauty

Terakhir drama Korea terbaik di tahun 2020 adalah True Beauty. Drama ini diangkat dari cerita webtoon dengan judul yang sama. Drama yang baru memasuki episode 7 ini selalu meraih rating tinggi dalam setiap penayangannya. 

Baca Juga : Drama Korea True Beauty, The Power of Make Up

True Beauty bercerita tentang kisah pelajar SMA yang bernama Im Ju Kyung yang diperankan aktris Moon Ga Young. Kejelekan wajahnya membuat Ju Kyung banyak mengalami kemalangan, mulai dari korban bully hingga ditolak oleh cinta pertamanya. 

Ju Kyung pun belajar menggunakan make up. Make up memberikan keajaiban padanya. Ju Kyung berubah menjadi gadis yang sangat cantik. Dia akhirnya merasakan bisa punya teman dan tak lagi menjadi bahan olok-olok. Ju Kyung bahkan diperebutkan oleh dua cowok ganteng, Lee Soo-Hoo yang diperankan oleh Cha Eun-Woo dan Han Seo-Joo yang diperankan oleh Hwang In-Yeop.

True Beauty menceritakan kehidupan khas remaja. Bagaimana remaja berjuang meraih impiannya, mendapatkan eksistensi hingga menjalin hubungan dengan orang yang disukai. Kisah cinta segitiga menjadi inti cerita dari drama ini. 

Lalu siapakah yang akan dipilih oleh Ju Kyung? Apakah Soo-Hoo ataukah Seo-Joo?


Nah bagaimana? Dari sepuluh drama Korea terbaik sepanjang tahun 2020 ini, mana saja yang sudah kamu tonton? Adakah yang menjadi favoritmu? Share ceritamu di kolom komentar ya...

Terima Kasih

24 komentar

  1. Dari beberapa list drakor diatas, yang belum aku tonton itu The King aja. Yang aku tonton separo Hospital Playlist sm Birthcare. Selain itu, ngikutin nonton sampe tamat hehehe

    BalasHapus
  2. Saya baru sempat lihat Start-up, itu pun gak semua. Suamiku lagi nonton nih, anak perempuanku juga. Saya sesekali ikut nonton dengan mereka. 😅

    BalasHapus
  3. dari ke sepuluh drama korea itu belum ada satu pun yang saya tonton.
    Yang paling sering saya baca reviewnya It's Okay to Not Be Okay dan Start Up.

    BalasHapus
  4. Aku tu pengen banget nonton Birth Center euy. Kalo baca sinopsisnya, jadi penasaran. Nontonnya gimana sih ya? Selama ini aku cuma pake youtube untuk nonton film -film yang kupengen hehehe. Itupun bukan drakor tapi japanese movie & serial kartun tintin.

    BalasHapus
  5. Gemilangnya Drakor di tahun 2020.
    Suka semuaa...tapi yang paling membekas, PBG.
    Sayounara, Bo-gum sshi..

    Semoga beres wamil, proyeknya semakin berkilau.

    BalasHapus
  6. Duh, nih aku belum menonton semuanya hihiihi :D Salut buat para penggemar drama Korea yang selalu setia :D Mungkin suatu hari nanti aku coba intip dikit2 :) Paling suka lihat iklannya aja di tv kalau jam sekian bakalan gayang judul X misalnya.

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah nonton semuanya, soalnya aku tu enggak hobby nonton. tapi sering banget baca dan dengerin temen temen ngereview dan ceritain. Temenku seeorang dokter tu, suka banget cerita hospital playlist dan beneran setelah lihat pemerannya, ya ampun, kok mirip dia yaaak. Jadi penasaran banget jadinya, mungkin yang nomer satu bakal kucari dan kutonton nih

    BalasHapus
  8. Hampir semuanya sudah saya tonton nih, yang sekarang lagi nonton true beauty , jadi makin penasaran

    BalasHapus
  9. wah, lengkap sekali...ada bocoran cerita pula jadi tahu mana yang belum kutonton kepo jadinya.
    Beneran bisa jadi hiburan saat di rumah saja ya drama korea

    BalasHapus
  10. 10 drama korea ini rekomendasi si kakak buat ditonton ibuknya, biar nyemplung jd penggemar drakor juga. tp meskipun dah baca reviewny blom ada yg ku tonton langsung. satu2nya yg akhirnya ku tonton tap cm smp separuh episode trus lanjut ke episode 2 dr yang terakhir adalah Hey Bye Mama.

    BalasHapus
  11. Birthcare center nih nggak terlalu populer kayaknya padahal bagus loh. Episode pertama tuh kocak bener. Aku udah nonton sampai habis

    BalasHapus
  12. wah ternyata masih banyak list drakor terbaik 2020 yang belum aku tonton, bahkan belum selesai baru beberapa episode aja.

    BalasHapus
  13. Bagus-bagus banget ya ternyata selama tahun 2020 ini. Saya hanya nonton sebagian Doctor Playlist dan Start-Up. Enggak full. Waktuku yang keteteran buat nonton drama Korea. Huhuhu.

    BalasHapus
  14. Dari kesepuluh itu, tak ada yang kutonton, tapi semua reviewnya sudah kubaca. Bagus-bagus review dari teman-teman penggemar drakor. Jadi bisa terus update apa aja drakor yang oke meskipun aku bukan penggemar drakor.

    Kayaknya sih yang paling kusuka kisah yang It's ok to not be ok. Menyentuh gitu jalan ceritanya.

    BalasHapus
  15. Rata-rata sudah kutonton dan aku suka juga, yang belum dan bikin penasaran itu Dinner Mate, ternyata seru juga ya ceritanya...mau nonton deh...

    BalasHapus
  16. Huwaaaaaaa keren-keren bangeeettt semua recomen drakornya mbaaa. Aku jujur suka banget sama King External Monarch karena salfok sama LMH dan Do Hwan wkwk. Apalagi Start up, gemes banget btw aku team Jip-yeong loh mba

    BalasHapus
  17. Duh nggak update banget aku ya, masa dari semuanya aku baru nonton Start Up aja haha. Tapi thanks banget nih mbak jadi tau drakor apa selanjutnya yg bakal aku tonton.

    BalasHapus
  18. aku nonton the King eternal monarch dan record of youth. kalau yang record of youth ga sampai habis sih nontonny. yang lain entah kenapa lagi malas nonton

    BalasHapus
  19. Sudah semua kecuali King Eternal Monarch
    Lagi ga suka aja liat Lee Min Ho, haha
    Mungkin bosan dan sedang menunggu drama Lee Jong-suk

    BalasHapus
  20. Tyt byk jg yg blm aku tonton. Ada the king, hospital playlist n record of y.. Sebenarnya udah nonton ep 1nya tp blm dapet bapernya. Heu. Pas baca ini jd pengen nntn hospital playlist jg nih

    BalasHapus
  21. wah kok tak ada satu pun yang pernah kutonton ya..haha. Padahal ku berharap ada lah 1 gitu yang pernah aku tonton..

    BalasHapus
  22. Wah setuju banget nih sama listnyaaa, sebagian besar udah aku tonton dan emang kece-kece banget yaaaa.. ada beberapa yang belum aku tonton nih tapiiii. langsung masukin ke watching list aaaah

    BalasHapus
  23. Duh, aku ternyata bukan pencinta drakor sejati nih. Dari 10 yang ditulis di atas, cuma baru nonton dua aja: Record of Youth dan Start Up. Kudu ngejar ketertinggalan nih. 😅

    BalasHapus
  24. Aku belum berani nyoba nonton drakor euy. Meski mungkin bisa kalau disempet-sempetin, tapi tapi, kutakut kecanduan dan nggak bisa ngontrol waktunya, huehehehe *sadarkelemahandiri

    Tapi mungkin nanti kalau bayi udah agak gedean pengen nyoba mulai nonton. Buat alternatif me time juga. Kalau baca sinopsis di atas, keknya pengen nonton Start Up duluan deh. Hype abis!

    BalasHapus