Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Belajar Artificial Intelligence dari Drama Korea Please Don't Date Him

Please Don't Date Him
Please Don't Date Him | MBC


Belajar Artificial Intelligence dari Drama Korea Please Don't Date Him - Kalau ada yang tanya, apa sih manfaatnya nonton drakor? Wah pertanyaan ini bisa saya jawab dengan panjang kali lebar yang kalau ditulis nggak ngalahin tebalnya skripsi saat kuliah. Lebay mode on. Bagi saya, nonton drakor itu nggak hanya menghibur. Saya banyak belajar hal baru dari menonton drama Korea, salah satunya belajar tentang Artificial Intelligence atau yang biasa disebut sebagai kecerdasan buatan. Drama bertema artificial intelligence terakhir yang sangat berkesan bagi saya adalah drama Please Don't Date Him

Apa itu Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau yang juga disebut sebagai kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin. Kecerdasan ini tentu berbeda dengan kecerdasan alami yang dimiliki oleh manusia ataupun hewan. 

Dengan artificial intelligence ini memungkinkan sebuah mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Kamera pengenal wajah, komputer bermain catur hingga mobil yang berjalan sendiri adalah beberapa contoh kecerdasan buatan yang bisa kita saksikan saat ini. Dengan teknologi AI ini, komputer dapat dilatih menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali polanya. 

Drama Korea Bertema Artificial Intelligence

Sebenarnya jauh sebelum booming drama Start-Up dan Please Don't Date Him, tema AI ini sudah banyak diangkat dalam drama Korea. Pada awalnya, AI dalam cerita drama diwujudkan dalam bentuk robot yang menyerupai manusia. 

Kisah robot dan manusia ini yang nantinya menjadi inti cerita. Drama 109 Strange Things, I Am, Are You Human Too? dan I'm Not a Robot adalah drama Korea yang mengangkat artificial intelligence. 

Kini, penggambaran AI dalam drama Korea lebih bersifat aplikatif. AI diwujudkan dalam bentuk beragam peralatan rumah tangga yang canggih. Teknologi ini tentunya akan membuat pekerjaan rumah tangga bisa selesai dengan mudah. Inilah yang coba diangkat dalam drama Please Don't Date Him. 

Baca Juga : Review Drama Please Don't Date Him 

Drama Please Don't Date Him, Romansa Berbalut Kecerdasan Buatan

Drama Korea Please Don't Date Him ini bercerita tentang kisah programer perempuan yang bekerja di perusahaan teknologi dalam bidang rumah tangga. Ji Sung, adalah program dari perusahaan Pelican. Salah satu proyeknya adalah membuat lemari es canggih yang bisa mendeteksi kesegaran setiap bahan makanan yang ada didalamnya. Tak hanya itu, lemari es ini bahkan bisa memberikan rekomendasi makanan yang harus dimakan, berdasarkan makanan sebelumnya. Contohnya, setelah makan ceker ayam dan minum sojo, maka selanjutnya perlu mengkonsumsi sup pengar. 

Ternyata, lemari es yang diberi nama Jangoo ini berubah fungsi. Saat lemari es ini mengalami gangguan, tak sengaja Ji Sung memasukkan chip milik Badan Intelejen Negara. Chip ini membuat Janggo bisa mendeteksi semua data pribadi seseorang. Mulai dari rekening yang dimiliki hingga karakternya. 

Please Don't Date Him
Jangoo |MBC


Lewat lemari es ini Ji Sung bisa menyelamatkan banyak perempuan dari lelaki hidung belang. Bahkan dia bisa selamat dari calon tunangannya yang ternyata memiliki perilaku buruk. Wah seandainya Jangoo ini beneran ada, pasti banyak perempuan yang ingy beli ya! Biar selamat dari jeratan lelaki hidung belang. Hehehe...

Tak hanya lemari es, drama Please Don't Date Him ini juga menampikan penggunaan kecerdasan buatan dalam beberapa alat rumah tangga lainnya. Mulai dari penyedot debu otomatis, gps canggih yang bisa mendeteksi keberadaan orang dengan sangat akurat hingga jam tangan couple yang bisa memberikan respon saat pasangan kita dalam bahaya. Wow, sangat aplikatif dan berguna ya! 

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Harus Nonton Drakor Please Don't Date Him

Drama Please Don't Date Him ini ber genre komedi romatis yang sangat menghibur. Selain belajar tentang artificial intelligence, drama ini juga menghadirkan kisah cinta dan persahabatan yang sangat bermakna. 

Kegunaan Artificial Intelligence

Kegunaan artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari ini sangat banyak. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat AI semakin banyak digunakan. 

Adanya kecerdasan buatan ini semakin membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efisien. Makanya, semakin banyak bidang kehidupan yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan ini. 

Kecerdasan buatan diaplikasikan di berbagai bidang. Mulai dari keamanan, kesehatan, transportasi hingga telekomunikasi sudah menggunakan teknologi artificial intelligence ini. 

Dari drama Please Don't Date Him, kecerdasan buatan yang canggih bisa dimengerti dengan mudah. Saya jadi berandai-andai bisa punya beragam peralatan rumah tangga dengan kecerdasan buatan. Tentunya ini akan membuat saya lebih mudah menyelesaikan setiap tugas rumah tangga. Waktu buat nonton drakor jadi semakin banyak deh....

Setuju?


36 komentar

  1. Wah ternyata kita bisa juga belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi lewat Drakor ya Mbak, sip-sip jadi pengin nonton juga neh.

    BalasHapus
  2. hahaha... endingnya. Tunggu beberapa tahun lagi mbak. Sekarang juga udah ada beberapa perangkat rumah tangga yang dilengkapi AI sih, tapi harganya masih mahal.

    BalasHapus
  3. Aku udah nonton I'm not Robot. Bagus banget ternyata, dan suka sama jalan ceritanya. Hiburan dapat, pengetahuan dapat. Dari sini aku jadi dapat judul lain yang belum aku tonton: Drama 109 Strange Things, I Am, Are You Human Too. Ok Noted

    BalasHapus
  4. antara kagum sama kemajuan teknologi tapi di sisi lain serem juga ya, kalo robot bener bener bisa menggantikan total peran manusia ... hiiiiy

    tapi aku enjoy sih nonton fil sci-fi seperti ini, karena berasa jadi ga kudet seketika!

    BalasHapus
  5. setuju, banyak banget yang saya dapat dari drama korea
    nggak sekadar menghibur, saya jadi bisa tambah bersyukur negara kita lebih baik kaya dibanding Korea
    Sayang kalah di kreativitas, hiks
    Tentang AI, emang menarik ya dibuat drama, karena teknologi masa depan akan banyak menggunakan AI

    BalasHapus
  6. Wahhh yang ini belum sempat ditonton. Menarik lihat artikelnya. Selain start up ternyata ada juga drakor lain yg punya nilai plus selain dari jalan ceritanya. Sip noted! Ditandain buat ditonton Next list...

    BalasHapus
  7. AI membantu pekerjaan manusia, perkembangan teknologi memungkinkan untuk dukungan itu semua. Namun manusia lebih humanis dibandingkan robot. Untuk peralatan membantu banget ada alat atau tools support ai.

    BalasHapus
  8. Dimana itu ada jual kulkas kek gitu? Hahahaha. Bakal seru banget deh kegiatan ngatur menu tiap harinya.

    AI tuh by the time akan menguasai dunia dan membuat kita tergantung. Sekarang mungkin hanya berupa hal-hal kecil dan simpel. Bukan tidak mungkin AI akan merambah ke hal-hal yang lebih besar dan memberikan pengaruh dalam kegiatan hidup sehari-hari.

    BalasHapus
  9. wah drakornya seru nih kayanya dan lucu sih kalo beneran ada Ai kaya gini yaaa

    BalasHapus
  10. AI memang memudahkan manusia banget kalau dilihat di drama dan film ya, mba. Tapi rada serem juga kalau melihat film yg mana AI ingin ngambil alih kontrol terhadap manusia. Sy kebanyakan nonton film sci-fiksi hehehe.
    Drakornya seru sepertinya, cari tempat nonton untuk menuntaskan rasa penasaran. Makasih mba udah nambah list tontonan keren.

    BalasHapus
  11. Kreativitas untuk membuat AI yang bantu pekerjaan rumah tangga. Seru. Tapi juga kuatir kalau sedang error ya, bisa kacau malah kerjaan. :) salam mba dee

    BalasHapus
  12. Hm, saya juga membayangkan hal yang sama. Jika Artifial Intelegence ini berkembang dan diterapkan di semua peralatan keseharian termasuk rumah...wah, betapa waktu rebahan makin banyak ya hahaha, termasuk nonton drakor diantaranya

    BalasHapus
  13. Hmm. langsung noted deh Please Don't Date Him ini Mbak Dee... menarik nih kulkas bisa merekomendasikan sifat-sifat asli seseorang ya, hehe.. emang nih artificial intelligence merambah ke semua lini kehidupan kita semua ya

    BalasHapus
  14. Smart home banget ya konsepnya. Jadi pengen punya Si Jangoo saya mba. Saya pernah lihat cover film ini di salah satu aplikasi nonton berbayar. Saya pikir ini pure drama cinta-cintaan, ternyataaaa.

    BalasHapus
  15. AI berkaitan erat dengan konsep dari Big Data dan Internet of Things (IoT), yang sekarang digunakan untuk menciptakan suatu produk yang lebih modern, cerdas, dan dapat diterapkan secara otomatis.

    Kebayang konsep robotik di masa yad ya

    BalasHapus
  16. ngayal dulu ya mbak kalau kulkas pintar seperti itu beneran ada. Penyedot debu bisa beberes sendiri, trus ada enggak mesin cuci yang keluar udah jadi kering dan terlipat rapi? hahah ... impian buibu banget.

    BalasHapus
  17. Ada manfaatnya juga nonton drakor hihihi :) Ternyata main hightech juga ya. Dengan AI pekerjaan kita makin dimudahkan. Nantinya urusan detail pun dikerjakan mesin pintar kayaknya...saking cerdas pisan eh jadi ketergantungan wkwkwkwwk :DTapi memang dibutuhkan sih :D

    BalasHapus
  18. secanggih itu ya dunia saat ini, mobil pintar, ac pintar, kulkas pintar, tv pintar semua alat elektronik jadi lebih pintar berkat AI

    BalasHapus
  19. Makin beragam ya cerita drama korea, gak mlulu urusan romantisme dan urusan percintaan

    Seru banget dong mengikuti bagaimana bisa mobil memiliki kecerdasan. Etapi sekarang banyak diproduksi mobil pintar juga kan ya, yagn didesign untuk memahami kebutuhan si pemiliknya. parkir bisa sendiri, pemiliknya mau masuk hanya sekali kedipan mata, pintunya bisa kebuka gitu.

    BalasHapus
  20. Memang ya hari gini semua mudah sekali, dengan berbagai penemuan kecerdasan buatan yang diaplikasikan di berbagai bidang: keamanan, kesehatan, transportasi, telekomunikasi dan lainnya makin praktis saja kegiatan kita di keseharian

    BalasHapus
  21. Wah, mantuulll nih khazanah per-drakor-an
    Temanya makin beragam
    insightfull banget buat yg mau menekuni dunia IT ye kan

    BalasHapus
  22. Enaknya nonton drakor tuh bisa dapat banyak informasi secara menarik dan menghibur. Dan mereka nggak melulu hanya soal percintaan saja. hayuk ah mau nonton juga

    BalasHapus
  23. Oh ini drama AI juga. Kupikir romcom biasa. Menarik ya

    Dulu sih aku nonton I'm Not a Robot sama My Holo Love yang berhubungan dengan AI. Sekarang belum lagi. Tapi memang jadi banyak pengetahuan

    BalasHapus
  24. Waduh jadi pengen nonton drakornya euy. Seru banget nih ceritanya!! Kalo dari judul 'Dont Date Him' masih belum kebayang serunya nih drakor. Pas baca sinopsisya, ok juga euy.

    BalasHapus
  25. Saya sesekali doang nonton drakor tapi drakor emang apik sih jalan ceritanya, apalagi yang berbau science gitu.. Beberapa judul dah pernah nonton soalnya hihi

    BalasHapus
  26. Wah, jadi pengen punya kulkas canggih juga nih ehehehe
    Kdrama emang plotnya makin beragam dan asyik bangeeet. Aku udah nonton Start Up dan I am not Robot, tapi belum sempet nonto drama ini kayaknya jadi pengen cobain nonton deh

    BalasHapus
  27. AI ini di satu sisi memang inovasi luar biasa yang bisa membantu manusia. TEtapi, kalau sampai salah digunakan juga bisa berisiko, ya. Kayak lemari es di cerita ini. Harusnya memang menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang sangat membantu

    BalasHapus
  28. Tema drakor tuh memang unik-unik ya, bukan cuma percintaan, tapi ada latar belakang yang bikin penontonnya jadi nambah wawasan juga...

    BalasHapus
  29. kayanya seru nih drakornya..
    aku belum nonton nih, mba..
    masukkan ke list drakor weekend :D

    BalasHapus
  30. Bukan gak mungkin AI kyk gtu bakalan benran ada, wong skrng aja dah mulai dikembangkan AI yg canggih2 ya mbak.
    Aku jg mau nih perlengkapan RT yang canggih2 jd bisa ongkang2 kaki kerjaan beres hehe
    Wah aku blm pernah nonton drakornya, keknya ketinggalan nih drako huhu

    BalasHapus
  31. Setuju juga sih...secara kalau teknologi udah kita kuasai dan segala perabotan udah canggih..sambil nonton drakor semua urusan rumah beres..

    BalasHapus
  32. Iya juga sih kalo dari Drakor bisa mendapatkan insight, wawasan atau apapun kebaikan bahkan inspirasi. Teknologi AI sekarang emang udah merambah kehidupan kita, siapa tahu nantinya ada perangkat yang bisa mendeteksi sifat seseorang ya, hihi

    BalasHapus
  33. Coba ya dengan AI ini ada teknologi robot untuk mendandani perempuan. Jadi ga perlu puyeng lagi untuk gambar alis dan nggoresin eye liner hehehe.. Khayalnya booo.. Drakor tuh idenya ajaib2 yaaa.. ada aja yang bisa diangkat sebagai tema cerita.

    BalasHapus
  34. Paling mellow nonton Im Not Robot.
    karena yang main Seo Kang Joon. Dan ada versi Jepangnya, uda sejak jaman kapan lalu.
    Selalu happy kalau drama Korea yang banyak insight nya.

    BalasHapus
  35. Menarik temanya ya. Tapi agak serem juga kalau beneran ada Jango ini trus nggak sengaja kita beli. Privacy mana privacy hihihi.

    BalasHapus
  36. Ya ampun ini semacam ngakak tapi gak ada yang gak mungkin ya mba. Siapa tau memang di tahun2 depan teknologi benar2 secanggih itu..

    BalasHapus