Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

4 Alasan Mulai Ngeblog yang Membuat Saya Bertahan untuk Terus Menulis Blog

Alasan Ngeblog

4 Alasan Mulai Ngeblog yang Membuat Saya Bertahan untuk Terus Menulis Blog - Beberapa waktu lalu, saya menjadi pemantik diskusi bersama teman-teman di komunitas menulis. Banyak teman-teman yang bertanya, mengapa saya menulis di blog. Apakah tidak cukup bagi saya untuk menulis buku saja.

Alasan Ngeblog

Hmm saya pun terkenang pada acara Blogging Coaching Clinic Blogger Perempuan yang diadakan pada tahun 2017 lalu. Terus terang mbak Shintaries lah yang membuat saya akhirnya memutuskan mulai ngeblog dengan serius.

Sebelumnya saya memang sudah menulis blog, meski bukan blog TLD. Isinya juga sebagian besar membahas soal dan materi pelajaran yang saya ampu, Sosiologi dan Sejarah. Kadang juga catatan saat saya menjadi seorang ibu. Blog pertama saya adalah www.myjurnalparenting.blogspot.com. Namanya catchy sih, sudah ber niche. Tapi saya memilih berganti nama blog. Blog saya bernama Dee Stories.

Baca Juga : Pentingnya Nama Blog untuk Personal Branding

1️⃣ Menyalurkan hobi menulis

Ya, alasan pertama saya ngeog adalah untuk menyalurkan hobi menulis. Sejak kecil saya suka menulis. Dulu, sebelum punya gadget saya menulis di buku tulis. Saya menulis catatan harian, cerpen dan puisi.

2️⃣ Mengisi waktu

Setelah resign dari pekerjaan kantoran, waktu saya banyak dihabiskan di rumah. Setelah urusan rumah tangga dan anak beres, saya suka mati gaya. Nggak tahu harus ngapain lagi. Akhirnya, saya menulis di blog.

3️⃣ Portofolio pengasuhan

Blog menjadi media saya menyimpan catatan perjalanan saya sebagai seorang ibu.

Baca Juga : Home Education Center adalah Blog Seputar Home Education Berbasis Fitrah

Cerita bagaimana saya membersamai anak-anak saya di rumah, menjadi catatan portofolio pengasuhan.

4️⃣ Sumber penghasilan

Saat memutuskan punya blog TLD, saya memang ingin blog menjadi sumber penghasilan. Blogger menjadi profesi yang sudah saya tekuni selama 3 tahun ini.

Baca Juga : Cari Duit dari Blog

Alhamdulillah, sampai saat ini setiap bulannya blog ini mampu memberikan penghasilan bulanan yang cukup menjanjikan.

Agar Tetap Semangat Menulis Blog

Banyak juga yang bertanya, apa yang membuat saya terus semangat menulis blog? Selain agar dapur tetap ngebul, beberapa cara yang saya lakukan untuk tetap semangat menulis blog.

1️⃣ Bergabung dengan komunitas menulis

"Birds of a Feather Flock Together (burung-burung dengan jenis/warna bulu yang sama akan berkumpul"

Bergabung dengan komunitas menulis ajab membuat saya terus semangat menulis setiap harinya. Banyak komunitas menulis yang saya ikuti. Mulai dari Blogger Perempuan, IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis), Emak Blogger, ISB Community, BCC dan KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional). Saat ini saya bahkan menjadi Ketua Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Sidoarjo Mojokerto.

2️⃣ Ikut challenge

Mengikuti challenge menulis yang digelar oleh beberapa komunitas menulis bisa membuat saya terus konsisten menulis setiap harinya. Misalnya, BPN 30 Day Ramadan ini.

3️⃣ Mengikat ilmu

"Ikatlah ilmu dengan tulisan", pepatah ini sangat membekas dalam hati saya. Dengan menulis, ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan bisa abadi. Tidak menguap begitu saja.

4️⃣ Menulis untuk healing

Bagi saya, menulis menjadi salah satu media yang ampuh untuk mencurahkan perasaan. Saat menulis, saya bisa melepaskan semua beban yang ada.

Nah ini adalah cerita saya tentang alasan mulai ngeblog. Empat alasan mulai ngeblog ini hingga kini mampu membuat saya untuk terus semangat menulis.

Bagaimana dengan teman-teman? Apa alasan teman-teman mulai ngeblog? Share di kolom komentar ya.

19 komentar

  1. yesss bener banget, dengan banyak menulis dan membaca pasti akan memberikan ilmu yang bermanfaat :D

    BalasHapus
  2. Sebagai sesama blogger, alasan saya memulai ngeblog adalah karena saya suka curhat tentang politik kantor. Karena tidak mungkin saya menulis curhat politik kantor di dinding kantor, jadi saya menulis curhatnya di blog.

    BalasHapus
  3. Iya berbagai manfaat ngblong dirasakan. BUkan sekedar untuk cari uang, tapi manfaatnya pasti banyak sekali.....

    BalasHapus
  4. Alasan pertama memang cuma ingin menuliskan segala rupa. Blog seperti alih media saja yang mungkin dulu nulis di diary/binder. Dan sampai sekarang masih sama seperti itu alasannya. Kalau pun ada perkembangan lain-lainnya, tetap kembali ke awal mula ngeblog yaitu Hanya Ingin Berbagi.

    BalasHapus
  5. Thank you tipsnya kak. Saya baru pertama kali ikut blog challenge dari BPN dan ternyata bener-bener bisa bikin semangat untuk nulis ya.

    BalasHapus
  6. Mbak Shintaries emang keren ya?
    Nggak pelit ilmu tapi bisa tegas jika diperlukan
    Setelah dipraktikan saya mendapat banyak manfaat dari ngeblog

    BalasHapus
  7. Toss kita mbaak... Kadang memang harus ikut challenge ya mbak untuk melecut diri sendiri. KAlau ga gitu pasti blog aku akan jadi sarang laba laba, hehehe. Kan sayang harus perpanjangan tiap tahun

    BalasHapus
  8. Setiap orang pastinya punya alasan tersendiri saat mulai ngeblog ya,Mba. Sekarang jika sudah terus berkembang pastinya sudah bisa menjadi sumber penghasilan juga kan. Tips agar semangat menulisnya ini boleh banget deh dicontoh orang lain agar punya semangat terus juga kayak Mba Dee.

    BalasHapus
  9. Buat tempat curhat wkwkwkwk.
    Sekarang makin bervariasi alasannya selain memberikan informasi yang bermanfaat bisa juga berkolaborasi bareng brand juga ikutan kompetisi .

    BalasHapus
  10. Ah iya niatnya memang harus selalu dilurusin kalau pun ada keuntungan materi yang didapat alhamdulillah anggap saja sebagai berkah. Dengan begitu akan terus menulis ya, dan idealisme tetap terjaga tidak asal terima job yg bertentangan dgn hati dan idealisme.

    BalasHapus
  11. Saya menyimak tulisannya Kak Dee memang seperti rangkuman kehidupan seorang ibu, jadi buat calon ibu bisa baca artikel di blog ini buat wawasan dan masukan

    BalasHapus
  12. Aku mulai ngeblog pas kuliah karena emang demen nulis hehe tapi baru blog terakhir yang menghasilkan uang walaupun belum pakai domain sendiri.. Semoga blog makin berjaya dan orang-orang masih semangat membaca blog ya ^^

    BalasHapus
  13. untuk mendapatkan penghasilan dari menulis blog, apakah ada agency khusus yang harus kita ikuti atau hanya diikutsertakan dalam lomba blog saja?

    BalasHapus
  14. karena aku tuh anaknya pelupa, awalnya aku bikin blog buat naruh semua tugas kuliah ahaha, abis itu baru bergeser ke tempat nulis cerita dan pengalaman-pengalaman jalan-jalan, sampai akhirnya blog nya bisa di monetize :)

    BalasHapus
  15. Masya Allah. Bahkan ngeblog juga bisa jadi portofolio pengasuhan ya Mba. Semoga terus konsisten dalam membangun blognya ya Mba. Semangat.

    BalasHapus
  16. benar banget, mbak. Menulis itu juga bisa meningkatkan skill dan sangat dipakai untuk dunia kerja nanti seperti content writer atau copywriter. Kalau saya sih alasan saya membuat blog karena ingin belajar menulis dan berbagi pengalaman aja

    BalasHapus
  17. Setuju sama semua alasan dan cara agar semangat nulis di atas. Memang butuh konsistensi ya ngeblog itu :)

    BalasHapus
  18. Menulis untuk healing adalah saya banget mbak, karena dengan menulis tuh kayak ada beban yang terangkat gitu rasanya, plong. Dan seru juga baca-baca tulisan yang mengandung memori yang kadang udah kita lupain :)

    BalasHapus
  19. Kalau saya ngblog murni buat cari jejaring heheh senang aja jadi banyak teman dan pengetahuan serta skill jadi seperti belajar lagi di sekolah hehehe

    BalasHapus