Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

10 Pencapain Terbesar dalam Hidupku

  

Pencapain Terbesar dalam Hidupku

10 Pencapain Terbesar dalam Hidupku - Kalau ditanya, apa pencapaian terbesar dalam hidup, saya tak bisa menghitungnya. Bagi saya, setiap perjalanan hidup selama 34 tahun ini sungguh luar biasa. Bagaimana saya harus mengalami banyak cerita kehidupan dengan rasa campur aduk. 

Tapi bolehlah saya menuliskan 10 pencapaian terbesar yang saya raih sampai saat ini. 

1. Juara LKTI Nasional

Saat SMA saya bangga dan puas bisa menyumbangkan beberapa piala untuk almamater tercinta. Dua yang terbesar adalah juara LKTI Nasional selama dua tahun berturut-turut. 

2. Masuk PTN Melalui Jalur Prestasi

Semua kejuaraan yang saya raih saat SMA, mampu membawa saya masuk PTN melalui jalur prestasi. Saya tak perlu lagi mengikuti tes SNMPTN untuk bisa masuk salah satu Universitas negeri ternama di Surabaya. 

3. Lulus dengan Predikat Cumlaude

Alhamdulillah saya melalui masa-masa kuliah yang menyenangkan. Meski aktif di berbagai kegiatan kampus, saya tetap bisa menyelesaikan kuliah dengan baik. Lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan predikat cumlaude. 

4. Bekerja sebagai Peneliti

Saat baru lulus kuliah, saya menjadi asisten dosen bidang penelitian. Pekerjaan ini membuat saya bisa keliling daerah-daerah yang ada di pulau Jawa. Sungguh menyenangkan rasanya, bisa kerja sambil jalan-jalan. 

5. Hijrah ke Ibukota

Di tahun 2010 lalu, saya merasa bangga dengan diri sendiri karena bisa menaklukkan ibukota. Selama dua tahun saya hijrah di ibukota. 

Bekerja di Jakarta menjadi salah satu pencapaian terbesar dalam hidup saya. Senang bisa merasakan jadi anak rantau. 

6. Bekerja di Bidang CSR

Saat kuliah saya mendalami sosiologi industri, khusunya yang membahas CSR (Corporate Social Responsibility). Bahkan skripsi saya pun membahas tema tersebut. 

Maka saat di Jakarta, selain mengajar di bimbel saya juga bekerja di perusahaan konsultan internasional yang bergerak di bidang CSR. Ini adalah pekerjaan impian saya. Bersyukur bisa menjalaninya, meski tak lama. 

7. Purna Tugas Menjadi Generasi Sandwich

Sejak papa meninggal di tahun 2019, otomatis saya menjadi tulang punggung keluarga. Saya berkewajiban membiayai mama dan ketiga adik saya. Alhamdulillah adik-adik bisa lulus kuliah dan sekarang sudah mandiri dengan pekerjaannya masing-masing. Terakhir, di tahun 2020 lalu, adik bungsu diterima di perusahaan BUMN. Usai sudah tanggung jawab saya. 

Sebelas tahun menjadi tulang punggung keluarga memang tak mudah. Tapi saya bersyukur, ternyata saya bisa membiayai adik-adik hingga lulus sarjana. Ini juga termasuk pencapaian terbesar dalam hidup saya.

8. Menulis Buku

Bisa menerbitkan buku solo perdana di tahun 2018 lalu, menjadi prestasi yang membanggakan bagi saya. Apalagi buku tersebut mendapat sambutan hangat dari pembaca, hingga naik cetak selama 3 kali.

Dan penerbit pun kembali percaya pada saya. Tahun ini, buku kedua saya akan terbit. Semoga bisa menjadi lebih sukses dari buku sebelumnya.

9. Menang Lomba Blog Kemendikbud

Saya hampir tidak pernah menang lomba blog. Tapi tahun 2019 lalu saya bisa menang lomba blog Kemendikbud. Meraih juara dua. Dan diundang langsung untuk menerima penghargaan di Jakarta. Ini menjadi hal yang tak terlupakan bagi saya. 

10. Memiliki Hobi yang Dibayar

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari hobi yang dibayar bukan? Bersyukur sekali hobi menulis saya bisa menjadi sumber penghasilan tersendiri bagi saya. 

Dengan hobi menulis ini saya bisa menjadi blogger, content writer hingga penulis buku. Tulisan yang saya hasilkan ternyata menjadi sumber penghasilan bagi saya. 

Inilah 10 pencapaian terbesar dalam hidup saya. Mungkin terlihat receh, tapi bagi saya sangat berkesan dan tak terlupakan. 

Bagaiman dengan teman-teman? apa pencapai terbesar dalam hidip? Yuk sharing di kolom komentar ya.

Terima kasih.

12 komentar

  1. memiliki hobi yang dibayar ini merupakan privelege yang tak semua orang miliki ya mbak, alhamdulillah bersyukur banget apalagi circle pertemanannya positif :)

    BalasHapus
  2. MasyaAllah Mbak, 11 tahun menjadi tulang punggung dan berhasil menyekolahkan adik-adik itu pasti suatu kebanggaan tersendiri ya, ada rasa haru ketika melihat mereka berhasil ya :)

    BalasHapus
  3. Masya Allah, Mbak Dian ... In syaa Allah semuanya juga akan menjadi pengukir prestasi di akhirat. Semoga setelah ini ada lagi pencapaian-pencapaian baru ya.

    BalasHapus
  4. Waaahh apa ya pencapaian terbesar aku. Tiba-tiba ngeblank. Hehehe
    Salut banget mba sama apa yang kamu lakuin setelah papa kamu gak ada

    BalasHapus
  5. keren banget mbak untuk semua pencapaiannya. kalau aku suka bingung ditanya pencapaianku apa aja, anaknya kurang berprestasi soalnya. hehe

    BalasHapus
  6. Wahh mbak keren banget untuk pencapai dalam hidupnya. Sangat menginspirasi. tapi buat aku pribadi kalau ditanya seperti bingung jawabnya. Kaya ga ada perstasi apa2 hahaha

    BalasHapus
  7. 10 perjalanan yang luar biasa dan mengangumkan ya, Mbak. Semoga saja masih banyak pencapaian terbesar lainnya setelah ini

    BalasHapus
  8. Wah keren banget bu, terutama yang no 7 u, selamat yaa
    Ternyata pernah merantau ke Jakarta juga ya? Gimana2 enakan tinggal di Jakarta apa di Surabaya? hehe

    BalasHapus
  9. Bisa meraih pencapaian tertinggi dalam hidup memang menjadi prestasi tak terlupakan. Ini pasti jadi pelecut untuk melangkah lebih baik lagi ya kak

    BalasHapus
  10. wah ... keren nih ... bisa meraih pencapaian yang paling tinggi itu menjadi prestasi yang luar biasa dalam hidup ini

    BalasHapus
  11. luar biasa pencapaiannya mbak.. saya jadi ikutan mikir nih apa ya pencapaian saya ... nggak pernah ditulis soalnya.. padahal dengan menulisnya maka kita bisa semangat menambah pencapaian... tulis juga aahhhhh

    BalasHapus
  12. keren, Mbak pencapaiannya apalagi yang bisa menang lomba. Kalau saya pencapaian terbaiknya kayaknya cerpen yang pernah dimuat di media nasional. heu

    BalasHapus