Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Hari Kebersihan Menstruasi, Pentingnya Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Hari Kebersihan Menstruasi

Dulu, saat pertama kali menstruasi saya nangis. Panik saat melihat ada bercak darah di celana. Lalu bingung bagaimana cara memakai pembalut. 

Semua itu terjadi karena saya belum pernah mendapatkan informasi seputar menstruasi. Maklum saya tinggal bersama nenek. Nenek sudah tua, jadi belum sempat memberi tahu saya informasi seputar menstruasi ini. 

Pengetahuan seputar menstruasi ini penting, nggak hanya tentang apa itu menstruasi, tapi juga pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, agar beraktivitas dengan nyaman. 

Hari Kebersihan Menstruasi

Hari Kebersihan Menstruasi

Tahukah teman-teman, ternyata setiap tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Peringatan Hari Kebersihan Menstruasi ini ditetapkan sejak tahun 2014. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya manajemen kebersihan menstruasi (MKM) yang baik. 

Data di lapangan menunjukkan bahwa kesadaran perempuan terhadap manajemen kebersihan menstruasi ini masih sangat rendah. Di Indonesia, 1 dari 3 anak perempuan mengganti pembalutnya setiap 4-12 jam. Sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari. 

Baca Juga : Potret Kusta di Indonesia

Kemarin saya mengikuti webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi". Webinar ini dilakukan untuk merayakan Hari Kebersihan Menstruasi. Ada empat narasumber yang hadir. 

⏺️ dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta)

⏺️ Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH (Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia)

⏺️ Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi (Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta)

⏺️ Adi Prabowo ( Head of Marketing, Digital and E-Commerce Mundipharma Indonesia

Webinar ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dan Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) yang didukung oleh Mundipharma Indonesia. Tujuan dari webinar ini adalah meningkatkan kesadaran manajemen kebersihan menstruasi agar saat menstruasi perempuan bisa menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaannya. 

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan perempuan saat menstruasi. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih dan menggantinya sesering mungkin selama periode menstruasi. Selain itu perempuan juga harus memiliki akses toilet, sabun dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga. 

Baca Juga : SADARI!! Lakukan Sekarang Sebelum Terlambat

Manajemen kebersihan menstruasi ini penting. Dengan melakukan MKM, perempuan akan terhindar dari ancaman beberapa jenis penyakit seperti, infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur hingga kanker serviks. 

Sayangnya, kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan selama periode menstruasi ini masih sangat rendah. 

Hari Kebersihan Menstruasi

Padahal cara menjaga kebersihan masa menstruasi ini mudah lho. Ada enam langkah yang bisa dilakukan. 


Hari Kebersihan Menstruasi


⏺️ Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukkan ke dalam kantong plastik

⏺️ Buang pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah 

⏺️ Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan 

⏺️ Pembalut sebaliknya diganti setiap 4-5 jam sekali

⏺️ Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh

⏺️ Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut


Selain itu, sangat penting membersihkan vagina dengan baik dan benar saat menstruasi. Selalu gunakan air bersih yang mengalir saat membersihkan vagina. Bersihkan vagina dari arah yang benar, yaitu dari depan (vagina) menuju belakang (anus). Gunakan cairan pembersih vagina saat menstruasi. Pilih cairan pembersih dengan pH normal vagina. 

Membuang pembalut sekali pakai juga ada aturannya, lho. Tidak bisa sembarangan. Sebelum dibuang, pastikan pembalut sudah dicuci. Setelah itu bungkus dengan kantong plastik dan buang ke tempat sampah. Jangan membuang pembalut ke dalam lubang kloset!

Jangan percaya mitos, bahwa pembalut bisa menyebabkan kanker serviks. Selama sering mengganti pembalut saat menstruasi dan melaksakan manajemen kebersihan menstruasi, kanker serviks bisa dihindari. Selain itu lakukan vaksinasi HPV dan rutin IVA atau papsmear untuk menghindari kanker serviks. 

Ibu Bicara Menstruasi

Hari Kebersihan Menstruasi

Peran ibu untuk edukasi anak perempuan tentang sehat dan bersih saat menstruasi itu penting. Ini saya rasakan sendiri saat remaja dulu. Tinggal terpisah dari mama, membuat saya terlambat mengetahui informasi seputar menstruasi. 

Andai saja sebelum menstruasi saya tahu tentang manajemen kebersihan menstruasi, pasti saya tidak akan menangis dan panik saat melihat bercak darah di celana saya. Saya pasti juga tidak kebingungan untuk menggunakan pembalut dengan benar. 

Ternyata, saya tidak sendirian. Banyak anak perempuan yang terlambat menerima informasi saat menstruasi pertamanya (menarke). Data di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak perempuan di Indonesia tidak pernah menerima informasi seputar menstruasi sebelum menarke. 

Baca Juga : Mendukung Menyusui untuk Mengatasi Masalah Kesehatan di Indonesia

Sebenarnya ini terjadi bukan hanya karena anak perempuan dan ibu tinggal terpisah seperti yang saya alami. Keterlambatan informasi seputar menstruasi sebelum menarke ini dikarenakan bicara menstruasi itu sulit. 

Mengapa? Karena pembicaraan seputar menstruasi masuh dinilai tabu. Selain itu ibu bingung harus memulai dari mana, karena pengetahuan ibu seputar menstruasi masih kurang. Selain itu, para remaja putri ini meragukan kemampuan Ibu untuk menjelaskan pengetahuan seputar menstruasi.

Padahal, lebih dari 90% anak perempuan percaya kepada orangtua dan guru sebagai sumber informasi. 

Hari Kebersihan Menstruasi

Banyak manfaat yang didapat jika pembicaraan seputar menstruasi ini dilakukan. 

⏺️ Kesehatan reproduksi remaja lebih baik

⏺️ Menunda hubungan seksual pertama

⏺️ Mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas

⏺️ Relasi ibu dan anak perempuan makin dekat


Cara bicara seputar menstruasi ini sederhana. Ajak anak berdiskusi dan membahas pertanyaan seputar menstuasi, misalnya : 

⏺️ Bagaimana menstruasi bisa terjadi?

⏺️ Mengapa laki-laki tidak menstruasi?

⏺️ Apa tanda-tanda menstruasi?

⏺️Berapa lama menstruasi?

⏺️ Apa beda pembalut bersayap dengan yang tidak bersayap?

Dukungan Pemerintah dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi

Ternyata manajemen kebersihan menstruasi juga menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah turut mendukung agar manajemen kebersihan menstruasi ini semakin meningkat. 

Selain mengeluarkan kebijakan terkait manajemen kebersihan menstruasi, yaitu Peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2014 Tentang  Kesehatan Reproduksi, pemerintah juga punya program-program yang mendukung peningkatan manajemen kebersihan menstruasi. 

⏺️ UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

UKS adalah kolaborasi sekolah dengan puskesmas dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat dan kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

⏺️ Posyandu Remaja

Posyandu remaja adalah sebuah wadah yang menfasilitasi remaja untuk mengetahui seluk beluk masa puber, termasuk tentang menstruasi. 

Hari Kebersihan Menstruasi


⏺️ Aku Bangga Aku Tahu

Penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan penyakit infeksi menular seksual.


⏺️ Vaksinasi HPV

Pemberian vaksinasi HPV untuk mencegah risiko kanker serviks. Sasarannya adalah anak kelas  5 dan 6 SD.

Rangkaian Produk Lengkap Betadine untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan

Saat menstruasi bersihkan vagina dengan air dan sabun khusus. Jangan membersihkan dengan sabun mandi, sebab pH sabun mandi tinggi dan bisa mengganggu keseimbangan pH vagina. 

Hari Kebersihan Menstruasi

Gunakan cairan pembersih antiseptik area kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi. Pilih cairan pembersih dengan pH normal, seperti yang terdapat pada produk-produk Betadine. 

Baca Juga : Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Betadine ini memiliki berbagai jenis cairan antiseptik area kewanitaan. Dimana setiap jenisnya disesuaikan dengan kondisi vagina. 

⏺️ Daily Protection

Gunakan Betadine Daily Protection untuk sehari-hari. Area kewanitaan memiliki perlindungan alaminya, jangan dirusaak dengan sabun mandi biasa 

Betadine Daily Protection Ini mengandung pH normal, prebiotik, paraben free, hypoallergenic dan gynecologucally tasted yang bisa menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan sehari-hari. 

⏺️ Red Day

Saat menstruasi, risiko infeksi kuman meningkat. Kita perlu perlindungan ekstra agar terhindar dari infeksi kuman. Saat menstruasi gunakan Betadine Red Day yang merupakan cairan antiseptik dengan PVPI 10%.

Red Day ini bisa membantu kita mengatasi gejala infeksi kewanitaan saat menstruasi. Mulai dari keputihan, iritasi ringan, bau tak sedap dan gatal pada vagina. 


Hari Kebersihan Menstruasi

⏺️ Infection

Bila mengalami infeksi area kewanitaan, segera konsultasi dengan tenaga kesehatan. Dan juga gunakan Betadine Infection.

Betadine Infection ini adalah cairan antiseptik dengan PVPI 10 % yang bisa membantu mengatasi infeksi pada area kewanitaan. 

⏺️ On the go

Saat bepergian jangan lupa membawa Betadine On the go. Betadine On the go ini bisa membantu kita menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan meski sedang berpergian. 

Semua produk Betadine ini bisa dibeli di toko maupun supermarket terdekat. Bisa juga melalui e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia

Penutup

Di Hari Kebersihan Menstruasi ini mari kita tingkatkan manajemen kebersihan menstruasi agar saat menstruasi perempuan bisa tetap sehat dan bersih. 

Butuh dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah agar perempuan memiliki kemampuan manajemen kebersihan menstruasi yang baik dan benar. 

Peran ibu sangat penting dalam penyampaian informasi seputar menstruasi. Pastikan anak memperoleh pengetahuan seputar menstruasi sebelum menarke. 

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan dengan sabun pembersih khusus. 

Selamat Hari Kebersihan Menstruasi... 




101 komentar

  1. Acara webinar ini mantuuull banget ya mba
    akupun jadi makin paham serba/i mens.
    sarat faedah bangetttt!
    makasi resumenya mba

    BalasHapus
  2. Jaga kebersihan area V memang butuh penanganan khusus. Untuk produk pembersihnya juga harus yang khusus juga. Jangan pakai sabun biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake Betadine emang cucok sih..Apalagi ada banyak pilihan sesuai kebutuhan ya.. Sampe yang untuk bepergian pun ada..

      Hapus
  3. betul ya, agar kebersihannya selalu tejaag dg baik

    BalasHapus
  4. Acaranya bergizi banget sayang aku nggak ikut sampai selesai, paket data habis hihi..makasih artikelnya ya..

    BalasHapus
  5. Bagus banget ilmu yang didapat dari acara ini. Aku merasa jadi termasuk yang kurang teredukasi deh. Wkwk. Biarpun emang rajin ganti pembalut karena jijikan, cuci tangan endebre2. Cuma ternyata masih banyak bgt yang aku blm tau dan jadi tau gara2 acara ini. Hehe..

    BalasHapus
  6. Setuju sekali untuk mengajarkan ke anak perempuan kita how to atau cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Semoga dengan menjaga kebersihan, bisa terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  7. Dulu tahunya Betadine itu obat luka aja, hehehe. Baru tahu ada Betadine Feminine Series setelah ikut acara webinar ini.
    Lengkap ya mulai perawatan sehari-hari sampai penjaga kebersihan saat bepergian

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus ya Teh Okti, Betadine mengkhususkan pada perawatan organ intim perempuan

      dulu saya pernah pakai Betadine Vaginal Douche dan bagus baget hasilnya

      Hapus
  8. Diskusi tentang menstruasi ini mutlak dan kudu dilakukan antara Ibu dan buah hati.
    Untunglah ada zoominar bergizi seperti ini
    jangan menganggap hal yang tabu buat ngomongin tentang menstruasi ya, karena ini hal yang penting untuk dibahas demi kesehatan juga

    BalasHapus
  9. Saya suka pake betadine ini untuk hari-hari, bawaannya enak dan harumnya lembt banget hehe. InsyaAllah udah ada bekal nanti untuk mengedukasi anak-anak perempuan kita ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng bgt ada produk-produk yang mengerti kebutuhan perempuan ya. Saya mau nyoba wipesnya, kayanya butuh nih..

      Hapus
  10. Saya termasuk dalam data di Indonesia yang menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak perempuan di Indonesia tidak pernah menerima informasi seputar menstruasi sebelum menarke. huhuhu..Karena zaman aku nanya tentang menstruasi itu dianggap tabu. Maka jika kini ada edukasi untuk perempuan khusunya ibu agar anaknya lebih tahu penting sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman dulu emang tabu ya Mbak Dian ngomongin ginian. Padahal hal seperti ini penting sekali

      Hapus
  11. Tapi memang sebenarnya edukasi seperti ini harus terus diliterasi karena menyangkut tentang kebersihan perempuan saat menstruasi. Yang sebenarnya juga aku masih yakin banyak yang abai deh, karena ku masih menemukan orang yang cuek banget tentang kebersihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, edukasi dan sosialisasi melalui webinar bagusnya memang berkelanjutan, agar diingat dan mudah dipahami juga

      Hapus
  12. Anak aku nanya kenapa laki2 nggak haid..
    iyaa banget ibu perlu tau detil dan perlu bagiin infonya ke anak2. Kalau sekolah juga penting, dulu aku dapat seminar dari sekolahan ttg menstruasi ini, tapi hanya untuk perempuan

    BalasHapus
  13. Betul setuju, anak perempuan harus sejak dini dikenalkan dgn kebersihan menstruasi supaya nggak kaget. Dulu kita cuman tahu gitu2 aja tapi nggak detail dan nggak tau alasannya apa. Anak skrg nggak boleh sampai minim informasi gitu lagi yaaa.

    BalasHapus
  14. Ternyata ya ... kesadaran perempuan terhadap manajemen kebersihan menstruasi masih rendah. Semoga dengan adanya edukasi seperti webinar ini dan apa yang Mbak Dian tulis bisa mencerahkan banyak orang.

    BalasHapus
  15. Kesadaran perempuan mengenai manajemen kebersihan menstruasi masih rendah, jadi edukasinya perlu ditingkatkan lagi.

    BalasHapus
  16. Edukasi manajemen kebersihan menstruasi penting sekali, dan baiknya sejak dini diberikan ke anak perempuan, biar gak shock pas pertama kali dapat, dan ga panik mesti ngapain. Sekarang anak umur kelas 5 SD udah pada haid :D

    BalasHapus
  17. A asing banget ada hari khusus untuk menstruasi. Tapi aku setuju, memang hal ini harus diajarkan pada anak, baik perempuan atau laki-laki. Well done

    BalasHapus
  18. Betadine sudah bermetamorfosa atau saya yang ketinggalan info nih. Dulu setahu saya betadine hanya obat luar, ternyata sekarang sudah ada rangkaian produk Betadine Feminin care yang mengandung pH balance yang baik untuk organ kewanitaan. Kita sesama wanita kudu care juga ya, saling mengingatkan begini, bahwa kebersihan saat menstruasi itu penting banget. Harus rajin ganti pembalut dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  19. Sumpah aku tu bengong pas tau ternyata ada ya Hari Kebersihan Menstruasi. Jadi aku pun mikir, ada benernya juga nih ada hari tersebut, supaya perempuan baik remaja putri juga ibu bisa lebih memahami manajemen kebersihan menstruasi.

    BalasHapus
  20. Ternyata manajemen kebersihan menstruasi juga menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah turut mendukung agar manajemen kebersihan menstruasi ini semakin meningkat. >>>> Nah, kurang apa lagi pemerintah kita. selamat malam,Mbak Dee

    BalasHapus
  21. Jujur aku jadi pengen pakai betadine feminine wash karena webinar ini

    BalasHapus
  22. alhamdulillah aku juga ikut webinar ini mbak, jadi banyak tercerahkan. dan semakin penasaran dengan betadine feminine ini Mbak

    BalasHapus
  23. aku juga dulu pas haid pertama panik dan mau nangis, mbak. padahal sebenarnya sudah dikasih tahu sih kalau haid itu gimana tapi tetap aja bingung pas lihat ada noda darah di celana

    BalasHapus
  24. Webinar ini membuatku tersadar akan banyak hal, termasuk menjaga kebersihan saat menstruasi dan bagaimana caranya.
    Super lengkap banget informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru tahu mengenai beberapa fakta yang diberikan saat webinar ini.
      Alhamdulillah, diberi kesempatan hadir dan kini membaca resumenya di blog DK.

      Hapus
    2. Rangkaian produk Betadine doonk...lengkap anget yaa..
      Sehingga membaca kegunaan dan menggunakannya setiap hari pun merasa aman.

      Hapus
  25. Dari webinar ini banyak banget fakta yang bikin tercengang dan ilmu yang baru aku ketahui. Mudah-mudahan kedepannya ada webinar serupa lagi, seru banget soalnya..

    BalasHapus
  26. Sehat dan Bersih pada saat menstruasi itu memang sangat penting sekali ya mbak. Untung Ada betadine feminime wash ya mbak

    BalasHapus
  27. wah ternyata varian produk Betadine beragam dan sesuai kebutuhan organ wanita juga ya, terlebih saat menstruasi. Seneng deh aku ikutan webinar ini

    BalasHapus
  28. Webinarnya keren banget ya. Sayang ga bs ikutan waktu itu. Nyesel deh. Lika liku menstruasi sepert yg ada di artikel ini penting banget untuk bekal anak perempuan memasuki masa remajanya.

    BalasHapus
  29. Informasinya mantul banget. Anak sekarang harus tahu kebersihan menstruasi yang benar. Bagaimana memakai dan mengganti pembalut.

    BalasHapus
  30. Dukungan dari pemerintah untuk edukasi kebersihan saat menstruasi ini memang sangat diperlukan agar tidak adalagi remaja yang tidak mengetahui apa saja hal oenting yg harus dilakukan saat menstruasi.

    BalasHapus
  31. Sana mbk, aku dulu juga sempat bingung.. Ini celanaku kok merah merah wkwkwk. Sekarang ngobrolin seputar menstruasi itu wajib banget ya mbk, bekal untuk anak anak kita pastinya

    BalasHapus
  32. Unik juga ya pemilhan tanggal dan bulan Hari Kebersihan Menstruasinya berdasarkan periode haid. Edukasi kebersihan menstruasi ini penting untuk menghindari dari infeksi ya

    BalasHapus
  33. Banyak banget ya blogger bahas ini, aku hapir hapal, hehehe. mohon maaf aku juga mau saling mengingatkan juga soal kebersihan dalam hal ini membuang sampah bekas mens, entah pembalut atau sejenisnya, supaya gak dibuang ke kloset atau tanpa kresek pelindungnya ke tempat sampah, semoga kita semua menjaga kebersihan saat mens di luar dan di dalam

    BalasHapus
  34. Paling suka melihat journal menstruasinya ya .. gambar gambar keterangan itu mudah dan memorable,
    buat anak remaja jadi gampang dicerna

    BalasHapus
  35. Semoga dengan sharing manajemen kebersihan saat periode menstruasi seperti ini, jadi banyak yang mendapat menfaat. Jadi sebisa mungkin anak perempuan yang pertama kali menarke tahu gimana cara pakai pembalut dan mengatasi kegalauan hatinya

    BalasHapus
  36. Penting banget ya kebersihan saat menstruasi ini. Dulu2 sy jg termasuk yg kurang ngeh sm penggantian pembalut. Padahal hrsnya 4x ya..

    BalasHapus
  37. AKu ngarep vaksin HPV bisa lebih murah lg Ya Allah aamiin :D
    Ternyata selain sektor swasta, pemerintah pun mulai konsen sama hal-hal kyk gini ya? Soalnya mentruasi emang berhubungan sekali dengan reproduksi itu yaaa, biar mencegah nikah dini jg kali yaa

    BalasHapus
  38. Saya masih sering melihat pembalut yg dibuang di kloset umum. Sedih bangett. Jadi pingin nyobain betadine, nih.

    BalasHapus
  39. Baru tahu kalau ada posyandu remaja. Soalnya di tempatku belum ada. Terima kasih informasinya ya

    BalasHapus
  40. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  41. Bagus banget ya ada edukasi tentang kebersihan masa menstruasi untuk para remaja gini. Paling tidak, walau mereka nggak dapat pengetahuan ini dari orang tuanya, mereka nggak salah mendapatkan informasi dari luar. Btw saya baru tahu kalau ternyata ada juga posyandu remaja, selama ini tahunya posyandu buat balita aja dan posyandu lansia

    BalasHapus
  42. Laily Fitriani6 Juni 2021 17.15

    Penting banget mengedukasi para ananda untuk sadar dan memahami manajemen kesehatan menstruasi ya Mbak? Alhamdulillah webinar ini memberikan saya pencerahan.

    BalasHapus
  43. Jangan lagi ada ibu yang tabu membicarakan menstruasi pada anak apalagi ini penting banget ya diedukasi sejak dini

    BalasHapus
  44. Jadi inget pertama kali mesntruasi aku tuh nangis nangins mbak, kirain kenapa gitu ya berdarah. Tapi setelah dijelaskan ibu saya akhirnya paham dan berusaha menjaga pergaulan. Bener nih, setiap datang bulan perempuan harus menjaga kebersihan organ intimnya ya mbak.

    selain itu,fakta dan hal2 valid seputar menstruasi harus kita pahami, dan sebarkan edukasi kpd anak2 ya.
    Jadi, semoga banyak yg paham, bahwa Menggunakan sabun mandi untuk daerah intim dapat merusak perlindungan alami vagina. Karena, pH area miss V adalah kisaran 3-5 yang artinya bersifat asam. Sedangkan sabun mandi mempunya PH diatas 7 yang artinya basa.

    BalasHapus
  45. Balajar tentang manajemen kebersihan menstruasi tuh sekaligus mengajajarkan bahwa ini pertanda anak perempuan sudah baligh, harus belajar menjaga diri mulai dari sekarang, harus mulai melaksanakan perintah agama dengan benar, dll ya Mbak DK?

    BalasHapus
  46. Waktu pertama menstruasi, enggak ada persiapan sama sekali karena tidak pernah diajari how to kalau sewaktu-waktu period datang. Ya, jadi malu hehe

    BalasHapus
  47. Awalnya aku ada tanda tanya besar di kepala waktu awal pembukaan webinar ini. Buat apa gitu ada peringatan Hari Kebersihan Menstruasi segala, eh ternyata manfaatnya banyak banget. Biar orang2 lebih paham soal MKM, dan nggak menyepelekan soal menstruasi.

    Aku sendiri merasa tercerahkan karena materinya memang super bergizi, penting banget buat diketahui untuk dibagikan ke anak-anak.

    BalasHapus
  48. pengetahuan tentang menstruasi harus dikuasai oleh ibu agar bisa menularkan hal itu ke anak perempuan dan anak laki-lakinya.

    BalasHapus
  49. Edukasi sejak dini sangat disarankan banget ya Kak. Allhamdulilah hepi banget aku ikutan acara ini nambah ilmu soal kebersihan dan memaagemen saat mens

    BalasHapus
  50. Btw,aku ijin share informasi ini ke teman-teman yang punya anak pra remaja ya mam, biar bisa jadi materi diskusi dengan putri/a-nya

    BalasHapus
  51. ikutan seneng sih ada hari khusus menstruasi nih, dengan harapan yang lebih pada perempuan untuk lbh aware sama kesehatan dan kebersihan organ reproduksinya :)

    BalasHapus
  52. Saya termasuk yang baru tahu jika tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Webinar yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  53. Iya kak Penting banget bersih dan sehat saat menstruasi Sebagai calon Ibu memang aku juga banyak belajar agar nantinya mampu menjelaskan tentang hal-hal terkait kesehatan reproduksi baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki

    BalasHapus
  54. Ternyata penting banget ya menjaga kebersihan saat menstruasi, jadi tau mengganti pembalut harus 4 jam sekali

    BalasHapus
  55. Acaranya keren banget nih banyak ilmu penting yang wajib diketahui oleh semua wanita

    BalasHapus
  56. Aku termasuk bagian clueless pas mens pertama. Masa nangis donk, ga jelas bgt haha

    BalasHapus
  57. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  58. Ya Allah, Mbak, kebayang deh gimana paniknya dirimu. Trus akhirnya pas awal dapet, gimana mengatasinya?

    BalasHapus
  59. Masa awal menstruasi selalu berkesan buat anak perempuan y

    BalasHapus
  60. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  61. Zoominar ini mengingatkan aku perihal pertama kali mens. Dulu serba bingung, karena mau nanya ke orang tua pun malu.

    Alhamdulillah sekarang makin banyak moms yang aware dan punya cukup literasi seputar MKM

    BalasHapus
  62. Aku baru tau kak ada hari kebersihan menstruasi
    waah keren banget ya acaranya. kalau ada webinar ini lagi, aku pengen ikutan lagi kak, ajak adik aku

    BalasHapus
  63. Thank you for sharing mbak, dari webinar ini bener-bener nemu momen oh ternyata harusnya gitu

    BalasHapus
  64. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.

    BalasHapus
  65. Kalo aku dulu pas pertama menstruasi alhamdulillah udah tau apa yang harus dilakukan, tapi justru malah malu buat cerita. Akhirnya setelah lewat beberapa hari setelah menstruasi barulah cerita sama saudara, wkwk.

    BalasHapus
  66. Sosialisasi penggunaan sabun khusus untuk masa periode datang bulan ke daerah harus lebih digencarkan. Masih banyak yang pakai sabun biasa soalnya...

    BalasHapus
  67. Saat menstruasi itu saat yang tak menyenangkan buatku, hahaha, karena hari pertama kedua bikin jungkir balik sakitnya. Tapi aku setuju, pada masa bulanan ini pula menjaga kebersihan perlu ditingkatkan ya, demi kesehatan organ dan kebersihannya juga, apalagi banyak penyakit yang bisa mengancam kalau organ intim tak dijaga baik2. Makanya, edukasi mengenai menstruasi ke anak perempuan juga bagus dilakukan sedini mungkin biar tak terlambat

    BalasHapus
  68. Setuju dengan peran penting ibu bicara menstruasi pada anak, agar mereka tahu harus berbuat apa saat menarke. Jadi ibu juga perlu upgrade diri karena ibu sumber pengetahuan anaknya

    BalasHapus
  69. Seminar ini sangat membantu banget utk ibu dan calon ibu utk memberikan edukasi pada putrinya ya. Kasihan juga kalau anak perempuan tidak tahu harus berbuat apa saat menarke

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah
    Ilmunya banyakkkk
    Semoga bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan edukasi sekitar ya Mbak

    BalasHapus
  71. Beruntung aku juga ikutan webinar ini, jadi tahu manajemen kebersihan menstruasi yang penting banget untuk perempuan, soalnya aku punya anak perempuan nih, meskipun mengalami menstruasi tapi harus diedukasi sejak dini.

    BalasHapus
  72. Komunikasi itu penting banget ya untuk menyampaikan informasi mengenai MKM.

    BalasHapus
  73. Detil penjelasannya, jadi diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan miss v saat menstruasi ya ka. Selama ini sempt dilema juga saat ingin memakai sabun khusus miss v. Alhamdlillaah sekrang tercerahkan.

    BalasHapus
  74. Ih samaaa aku juga pas pertama ngalamin keluar darah mens, aku nangis dan panik huhu, skrg pemerintah mah udah ada program MKM ya, keren banget

    BalasHapus
  75. Wiwin | pratiwanggini.net12 Juni 2021 07.19

    Pasti banyak orang yang mengalami seperti mba Dian saat pertama kali menstruasi. Berbekal pengalaman pertama itu, kita pasti ga mau dong ya anak cucu kita nanti mengalami hal yang sama. Karena ibu adalah tempat pertama anak perempuan belajar hal-hal kewanitaan, maka wajib bagi ibu untuk memahami tentang manajemen kebersihan menstruasi. Saya pun meski anak-anak saya laki-laki semua, tetap merasa wajib tahu ilmu ini, karena anak laki-laki juga harus diberitahu.

    BalasHapus
  76. dengan banyak edukasi gini diharapkan anak-anak perempuan sekarang lebih teredukasi tentang menstruasi ya mbak. apalagi kita sebagai ibu harus menjadi sumber informasi terpecaya bagi anak ya mbak.

    BalasHapus
  77. Produk Betadine Feminine Care makin bervariasi aja sekarang ya mbak. Dulu aku taunya cuma yang buat daily aja, sekarang udah ada produk yang khusus digunakan saat menstruasi bahkan ada yang bentuk wipes juga. Bener-bener makin memudahkan para perempuan nih.

    BalasHapus
  78. Edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi memang sangat penting. Agar para remaja bisa mempraktikkan hal2 tersebut sejak dini dan kembali meneruskannya pada generasi berikutnya.

    BalasHapus
  79. Untung ya saat ini sudah bnayak informasi berupa pengetahuan yang berkaitan dengan menstruasi. Salah satu nya ya mengikuti webinar Manajemen Kebersihan Menstruasi seperti ini ya

    BalasHapus
  80. Sebaiknya emang bicara menstruasi ini sebelum anak menarke, karena kalau udah haid biasanya mereka akan lebih suka sharing dengan temannya. Jadi ada baiknya mereka tahu dulu ilmu yang benar dari ibu atau gurunya biar nggak kemakan mitos dari teman-teman.

    BalasHapus
  81. Aku sampai beli betadine hygine wash lho Mbak. Karena memang Betadine ini bagus sekali untuk kebersihan organ intim kita.

    BalasHapus
  82. edukasi yg mantuull, mba.
    Kudu paham ttg serba serbi menstruasi
    dan gimana komunikasikan dgn buah hati yaakk

    BalasHapus
  83. Memang betul edukasi soal menstruasi ini ga hanya untuk anak perempuan aja melainkan juga laki2, supaya lekai2 dapat menghargai perempuan yang sedang haid. Menjaga kebersihan organ kewanitaan harus sedini mungkin ya. Betadine Hygiene oke banget buat kita bawa ke mana2 ya.

    BalasHapus
  84. ini bermanfaat sekali webinarnya. kita jadi tahu nih menjaga kebersihan saat menstruasi yang baik dan benar menurut para ahli

    BalasHapus
  85. Acara webinar yang syarat dengan ilmu untuk ibu dan anak perempuannya, membarikan informasi lengkap tentang pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi. Anak laki2 jg kudu paham perubahan hormon bulanan pd perempuan jg menyebabkan perubahan emosi.

    BalasHapus
  86. Acaranya bagus ya mbak, menggugah kesadaran pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi. Jadi diingatkan juga bahwa anak lelaki juga harus diedukasi soal mentruasi pada wanita sehingga lebih menghargai.

    BalasHapus
  87. Waktu masih berumah tangga dulu, saya sempat pakai betadine yang ada semprotannya itu Mom. Bagus untuk kesehatan vagina.

    BalasHapus
  88. ALhamdulillah webinar ini membuka wawasan bagi pesertanya dan juga untuk saya sebagai pembaca blognya mbak. Menstruasi sudah bukan hal tabu lg untuk di bicarakan ya mbak. Dan memang harus jaga organ intim pas menstruasi

    BalasHapus
  89. Yups menjaga kebersihan organ reproduksi memang sangat penting sekali, karena ini bisa mencegah berbagai macam virus, kuman, jamur, mikroba patogen yang bisa masuk tubuh.

    Btw, remaja putri penting nih baca artikel edukatif ini.

    BalasHapus
  90. Thank you! Informasi seperti ini jadi membuka wawasan baru tentang perempuan, apalagi yg baca cowok seperti saya. jadi lebih bisa memahami perempuan

    Baru tau juga ternyata betadine punya produk khusus untuk kewanitaan yaa

    BalasHapus
  91. Thank you mba, udah bikin rangkuman webinarnyaa
    Emang penting banget mendobrak stigma membicarakan tentang menstruasi itu tabu, padahal kan setiap wanita pasti mengalaminya
    Ga berhenti di situ, perlunya informasi dan dukungan dari orang tua khususnya, jadi krusial juga biar anak perempuan kita bisa menjaga kebersihan area kewanitaannya dengan baik

    BalasHapus
  92. Webinar nya sangat menarik buat para mom's agar bisa menyampaikan masalah menstruasi kepada anak perempuan-nya

    BalasHapus
  93. Manajemen kebersihan menstruasi ini penting sekali untuk di sharing khususnya bagi remaja wanita
    Agar tidak ada lagi kesalahpemahaman
    Karena erat kaitannya juga dengan kesehatan reproduksi

    BalasHapus
  94. Nyaman dipakai si menu rut aku Betadine Feminine Hygiene Red Days nya aku suka

    BalasHapus