Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Kilau Digital Permata Flobamora : Dorong UMKM Bangkit dengan Pasar Digital

 

Kilau Digital Permata Flobamora

Siapa yang tak tahu NTT? Dengan Pulau Komodonya, NTT menjadi salah satu destinasi prioritas Indonesia. NTT tak hanya menyimpan keindahan alam yang memukau. Tapi juga beragam potensi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Inilah yang mencoba diangkat oleh pemerintah. Dalam puncak acara "Kilau Digital Permata Flobamora (Flores Sumba Timor Alor)" yang digelar pada hari Sabtu 19 Juni 2021 lalu, pasar digital diharapkan mampu mendorong bangkitnya UMKM di wilayah NTT.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, atau biasa disebut dengan Gernas BBI ini pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Gernas BBI ini berupaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19.

Tujuan dari Gernas BBI ini untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Baca Juga : 3 Cara Sukses Membangun Bisnis Online Digital Marketing

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Upaya mendukung digitalisasi ini diwujudkan oleh Kominfo melalui BAKTI dengan rencana membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur pada tahun ini.

Puncak Acara Kilau Digital Permata Flobamora

Kilau Digital Permata Flobamora adalah acara puncak Gernas BBI
yang dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Beberapa tamu undangan VVIP hadir baik secara offline maupun online antara lain adalah  Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Pada kesempatan tersebut para tamu VIP menyampaikan pandangannya tentang Kilau Digital Permata Flobamora ini. Dimana semuanya bersepakat bahwa, pasar digital bisa mendorong kebangkitan UMKM di NTT.

Peluncuran Aplikasi GO NTT

Pada sambutannya, Bupati Manggarai Barat, resmi meluncurkan aplikasi GO NTT. Aplikasi GO NTT ini adalah hasil kerjasama pemerintah NTT dengan Bank NTT.

Pak bupati menyampaikan bahwa aplikasi GO NTT ini untuk semakin mengenalkan produk produk UMKM. Dengan aplikasi GO NTT ini kilau permata Flobamora (Flores Sumba Timor Alor) bisa diketahui masyarakat luas.

Masyarakat bisa melihat dan membeli produk-produk unggulan dari NTT. Mulai dari produk fashion, kuliner, kerajinan dan lain sebagainya. GO NTT membuat pasar UMKM NTT semakin meluas.

Virtual Expo

Kilau Digital Permata Flobamora

Selain launching ceremonial, acara Puncak Digital Permata Flobamora ini  juga  diisi dengan kegiatan Virtual Expo yang akan menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. Virtual Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT.

Ada 100 UMKM NTT yang ditampilkan dalam virtual expo tersebut. Produk-produk yang dipamerkan pun beragam, mulai dari fashion, kuliner dan kerajian khas. Virtual expo ini digelar selama sebulan penuh, mulai dari 9 Juni hingga 9 Juli 2021. Berbelanja di virtual expo ini layaknya kita berbelanja di marketplace yang sudah biasa kita lakukan.

Baca Juga : Cara Sukses Tingkatkan Omset Brand Bersama Ecommerce Enabler Terbaik di Indonesia

Jika mau berbelanja di virtual expo ini caranya sangat mudah. Langkah pertama adalah lakukan kunjungan ke situs Kilau Digital Flobamora di kilaudigitalflobomora.id. Pilih menu Pameran Virtual dan lakukan registrasi dengan mengisi data-data yang diperlukan.

Kemudian, pilih area expo yang ingin kita kunjungi. Ada Food A, Food B, Fashion dan Craft. Jika sudah memilih barang yang dibutuhkan, segera lalukan pembayaran dengan QRIS Bank Indonesia. Ada berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih, antara lain OVO, Shopeepay, GoPay, Dana dan LinkAja.

Di acara Puncak Digital Permata Flobamora ini, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan mencoba secara langsung kemudahan berbelanja di virtual expo kilaudigitalflobomora.id ini. Pak Menteri dengan mudahnya membeli kain tenun khas NTT yang berasal dari daerah Puncak Waringin. Usai belanja, produk langsung diantar melalui kurir pribadi karena lokasinya dekat dengan lokasi acara Puncak Digital Permata Flobamora ini.

HADAKEWA.ID

Kilau Digital Permata Flobamora

Selain menunjukkan kemudahan berbelanja di virtual expo, acara Puncak Digital Permata Flobamora kemarin juga memperlihatkan bagaimana kemudahan berbelanja di HADAKEWA.ID.

HADAKEWA.ID ini adalah pasar digital yang menyediakan produk Ikan Teri olahan BUMDES TUJUH MARET Desa Hadakewa.

Berikut adalah cara membeli ikan teri di HADAKEWA.ID

1. Pilih produk yang akan dibeli
2. Tentukan jumlah produk yang akan dibeli
3. Masukkan data diri untuk proses pengiriman
4. Pilih metode pembayaran
5. Lakukan pembayaran dengan QRIS Bank Indonesia
6. Klik "Pesan"
7. Tunggu pesanan di proses oleh penjual
8. Pesanan siap dikirim

Kilau Digital Permata Flobamora

Puncak Acara Kilau Digital Permata Flobamora juga diisi dengan perbincangan antara para VVIP mengenai kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di NTT. Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis.

Keindahan tenun khas Flobamora NTT juga ditampilkan dalam acara fashion show yang akan dipimpin oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu ada hiburan musik dan tarian khas NTT. Membuat hadirin tak hanya tahu potensi ekonomi NTT saja, namun juga terhibur dengan kekayaan budayanya.

Kilau Digital Permata Flobamora


Dampak Pasar Digital terhadap UMKM NTT

Di akhir acara, juga ada testimoni dari para pelaku UMKM NTT. Mereka menceritakan pengalamannya tentang adanya pasar digital ini.

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Kuliner dengan Daftar Gopay

Beberapa pelaku UMKM yang memberikan testimoni antara lain :

Kilau Digital Permata Flobamora


⏺️ Meby (Timur Moringa)
⏺️ Bonaventura Wijaya (Kampoeng Timur Mart Labuan Bajo)
⏺️ Ester Abola (UMKM Kampung Tenun Alor)
⏺️ Theresis (CAJAVA888)
⏺️ Maria Fernandez (Angkringan NAGI)

Pasar digital membuat usaha mereka lebih berkambang. Omset penjualan naik dan produk mereka bisa dikenal secara luas. Selain itu, adanya sistem QRIS Bank Indonesia juga memberi kemudahan dan pencatatan setiap transaksi.


Kilau Digital Permata Flobamora


Kilau Digital Permata Flobamora ini menjadi momentum digitalisasi UMKM NTT. Semoga pasar digital yang digagas Kominfo ini bisa membuat produk UMKM lebih berkembang dan dikenal secara luas.

So, yuk belanja produk UMKM di virtual expo kilaudigitalflobomora.id.

35 komentar

  1. aku bangga sekali dengan aneka kerajinan dan produks dalam negeri mba. Aku banyak beli produk UMKM dan koleksi kain atau wastra Nusantara aku terus bertambah. Memang seringkali kita terbuai dengan harga murah tapi buatan negara lain dan lupa memajukan produksi dalam negeri. I always love the products from Indonesia Timur. cantik semuaaa

    BalasHapus
  2. Acara virtual Kilau Digital Permata Filbamora ini sangat menarik dan patur diapresiasi ya mbak Dian. Tentu kita harus cinta dan bangga menggunakan produk2 lokal/ tradisional. Kini masyarakat. pemerintah dan pihak2 lain sudah semakin bergandengan tangan meningkatkan UMKM terutama di wlayah NTT dan sekitarnya. Semoga produk kita mendunia aamiin.

    BalasHapus
  3. Selama ini aq pengen banget datang ke NTT buat ekplore Labuan Bajo, nah acara Kilau Digital Permata Flobamora ini lebih mengenalkan kita tentang NTT selain Labuan Bajo masih banyak hal keren dari sana

    BalasHapus
  4. Keren ih fashion show nya, outfit tenun khas NTT bagus banget ya dari warna sampai detail-detailnya. Semoga ya produk UMKM NTT ini bisa lebih naik dan dikenal masyarakat, bahkan sampai internasional. Jadi bangga sama Indonesia, produknya keren2

    BalasHapus
  5. keren banget ya Kilau Digital Permata Flobamora? bikin saya pingin kesana

    apalagi UMKM disupport agak turis bisa membeli cenderamata yang marketable

    BalasHapus
  6. Keren ya Flobamora, keren pokoknya NTT ini. Dia punya UMKM dan pasar digitalnya sudah jalan ya? Kapan-kapan mau intip aplikasi Go NTT lah. Hehehehee ...

    BalasHapus
  7. FOLBAMORA dan timur Indonesia memang kaya dengan para perajin produk-produk handmade yang sudah mendunia. Produknya berkualitas dan diakui level handcraftednya. Bahkan beberapa diantara produsen yang ada, sudah bekerjasama dengan jenama-jenama terkenal. Pokoknya top lah.

    Semoga dengan lahirnya pasar digital ini, produk-produk FLOBAMORA semakin dikenal dengan pangsa pasar yang lebih luas.

    BalasHapus
  8. UMKM di masa pandemi ini memang harus segera digerakkan dengan cepat ya baik oleh pemerintah dan juga masyarakat itu sendiri.

    UMKM tentunya harus mendapatkan sokongan dana dari pemerintah untuk pengembangan produk lokal contohnya di daerah NTT/NTB ini, bagus biar masyarakat tetap berpenghasilan di tengah pandemi.

    BalasHapus
  9. UMKM harus diperkuat memang agar ekonomi rakyat membaik ya. Dgn terhubungnya UMKM ke platform digital maka jangkauan pasarnya jg semakin luas. Yg paling penting, anak negeri harus menguatamakan memakai produk dalam negeri dan memamerkannya pada dunianya agar pd tahu bahwa buatan lokal sangat2 berkualitas.

    BalasHapus
  10. Jadi, acara kemarin itu disiarkan secara live di beberapa stasiun TV nasional ya Mba. Luar biasa. Ini adalah bagian besar dari gerakan mencintai produk Indonesia Gernas BBI dan menggalakkannya melalui digital. Semoga semua UKM dapat memanfaatkan program ini

    BalasHapus
  11. Pasar digital membantu umkm memaksimalkan pemasaran secara global, dukungan pemerintah diperlukan dalam hal ini.

    BalasHapus
  12. Dengan support seperti ini, UMKM kita bisa berkembang pesat ya Mba
    Mantuuull banget, baik dari segi awareness maupun marketing produk UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  13. Gernas BBI, puncaknya acara Kilau Digital Permata Flobamora keren banget, memaksimalkan pemasaran online secara meluas. Smeoga saja malin meluas juga di daerah-daerah lain yaa.
    Kbayang deh produk2 UMKM NTT yang menggodaaa.

    BalasHapus
  14. Masya Allah di NTT selain kekayaan alamnya yang melimpah, juga merupakan penghasil produk kerajinan yang mengagumkan, salah satunya Kain Tenun Sumba yang sudah dikenal secara global. Good idea banget sih ada aplikasi Go NTT untuk lebih memaksimalkan potensi UMKM di NTT. Dan alhamdulillah sudah ditambah 422 BTS ya, biar makin lancar usahanya. Soalnya dulu ke Sumba tahun 2019 tuh memang sinyal lumayan susah.

    BalasHapus
  15. Menarik banget ini aplikasinya. Memang tiap daerah di Indonesia harus punya aplikasi untuk membantu mendorong wisata dan tentu untuk memudahkan pelancong ya. Pengen banget suatu saat bisa main ke NTT. Semoga pasca covid reda bisa tercapai. Aamiin...

    BalasHapus
  16. Banyak ya produk yang dihasilkan dan kemudian dipamerkan. 100 Umkm ini pastinya produk berkualitas. Dengan adanya kegiatan ini moga makin banyak produk daerah yang makin keren . Dukung banget

    BalasHapus
  17. Kita memang harus bangga dengan produk-produk lokal buatan anak bangsa, banyak yang bagus, kualitasnya gak kalah dengan buatan luar negeri, ya.
    Semoga dengan diluncurkannya aplikasi GO NTT ini, UMKM di NTT makin maju dan produknya dikenal masyarakat luas.

    BalasHapus
  18. Keren banget ini bikin virtual expo seperti ini. Jadi kita tahu kalau bisa beli produk-produk UMKM Flobamora secara digital. Semoga bisa mengembangkan UMKM yang terlibat dan meningkatkan pendapatan daerah.

    BalasHapus
  19. Acara virtual seperti ini membantu para UMKM di NTT ya, karena kan udah gak ada pameran lagi di Jakarta, jadi pasti untuk pemasaran para produk UMKM ada kendala ya. Keren udah ada apps Go NTT juga. Semoga semakin maju dan dikenal masyarakat luas ya.
    Btw, websitenya gak bisa aku buka mba, yang kilaudigitalflobomora itu...

    BalasHapus
  20. Saya hanya punya tenun Flores, belum punya craft dari Sumba, Timor, Alor..Pas bener pandemi ga bisa eksplor sendiri ke sana, bisa beli online aja di Kilau Digital Permata Flobamora. Cara pembayaran pun mudah ya...Beneran menggoda nih, itu cakep banget tenun dan kerajinannya. Semoga pasar digital yang digagas Kominfo ini bisa membuat produk UMKM lebih berkembang dan dikenal secara lebih luas lagi

    BalasHapus
  21. Wuih, pasar digital ini banyak pilihan produknya ya. Selain itu sangat memudahkan dan membantu para pelaku UKM juga. Sudah seharusnya kita semua mendukung untuk kemajuan bersama. Produk lokalnya juga sangat berkualitas..

    BalasHapus
  22. Pasar digital yang digagas Kminfo ini berguna sekali bagi pelaku UMKM ya, bisa membuat usaha mereka lebih berkembang. Omset penjualan naik dan produk mereka bisa dikenal secara luas. Kita pun jadi lebih mudah untuk menemukan berbagai barang cantik produk UMKM

    BalasHapus
  23. Walaupun acaranya secara virtual, tapi cukup meriah karena ada juga secara secara offline apalagi diliput oleh televisi. Keren banget deh. Semoga UMKM Indonesia makin berjaya.

    BalasHapus
  24. Mpo juga sudah lihat harganya cukup terjangkau dan murah produk flobamora. Tidak perlu datang langsung ke daerah asal

    BalasHapus
  25. mantap banget acara ini yaa, mana nama eventnya juga cantik: Flobamora. Bener-bener mencerahkan sekali. Ini akan mengangkat kearifan lokal NTT yang pastinya akan memberikan dampak pada ekonomi di NTT. semoga aplikasi go NTT ini akan terus ada dan mensejahterakan UMKM setempat

    BalasHapus
  26. Waahhh...seneng bangettt bisa ikut acara ini, Mbak. Aku suka ngikutin hastag Gernas BBI, soalnya seru dan asyik lihat produk2 dalam negeri. Semoga parekraf Indonesia makin mengudara, ya.

    BalasHapus
  27. Aku apresiasi banget dengan keseriusan pemerintah mengembangkan UMKM NTT biar lebih dikenal luas melalui aplikasi Go NTT ini. SEmoga berkelanjutan ya soalnya potensi NTT tuh luar biasa banget lho.

    BalasHapus
  28. Bagus sekali program yang didukung oleh Pemerintah dengan paduan teknologi masa kini.
    Harapannya semoga UMKM ini bisa semaki luas jangkaunnya dan bisa menjadi komoditi eksport keluar negeri.

    BalasHapus
  29. Menarik banget nih ada virtual expo semacam ini. Apalagi produk2 dari NTT. Akutu suka banget sama kain khasnya.

    BalasHapus
  30. Semoga aja dengan dukungan pasar digital gini, perekonomian di NTT bisa terus membaik. ga kebayang deh ketika wisatawan yang biasanya membludak ke sana, di masa pandemi gini kan jadi sepi banget ya di sana. Dengan cara yang satu ini besar harapanku masyarakat NTT tetap bergeliat perekonomiannya.

    BalasHapus
  31. Pemerintah itu perhatian banget sama warganya jadi merhatiin umkm yang di ntt juga agar perekonomian mereka bisa naik

    Semoga jawa juga bisa tapi di kota2 terpencil kayak aku skrg makk

    BalasHapus
  32. Saya suka tenun khas NTT ini. Jadi pengen punya. Semoga hasil karya pengrajin Indonesia bisa lebih dikenal luas dan mendapatkan kehidupan perekonomian yang lebih baik.

    BalasHapus
  33. Aku senang nonton. Jadi tahu Ti'i Langga dan beberapa produk NTT
    Senangnya lagi semua taat protokol kesehatan

    BalasHapus
  34. Dengan adanya program kilau digital flobamora ini makin meningkatan aware masyarakat indonesia terhadap hasil karya dari Nusa Tengmmgara ya maaaaak

    BalasHapus
  35. Wah, keren banget ini mbk acaranya. Programnya juga bagus.. Yang bikin penasaran adalah aplikasi Go NTT.. Ini bisa jadi alternatif kita beli produk UMKM khas NTT ya.. Aku penasaran banget sama produk di aplikasinya

    BalasHapus