Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Sukses PAT bersama Dafa Lulu Ruangbelajar by Ruangguru

 

Ruangguru

Alhamdulillah, Chacha berhasil melalui PAT (Penilaian Akhir Tahun) dengan baik. Rata-rata nilai ujiannya 95. Tak salah saya mengajaknya belajar bersama Dafa Lulu dari Ruangbelajar by Ruangguru.

Persiapan PAT

Saya yakin, nggak hanya saya saja yang ikutan mules saat anak-anak harus menghadapi ujian. Beberapa teman juga merasakan hal ini. Anak yang ujian, emak yang panik.

Apalagi PAT kali ini masih dilakukan secara online. Pandemi COVID-19 belum berakhir, anak-anak masih harus sekolah dari rumah.

Baca Juga : 5 Tips Anti Stres Dampingi Anak Sekolah dari Rumah 

Meski ini adalah PAT online kedua kalinya, saya tetap deg deg an. Apalagi kini Chacha sudah kelas 2, PAT kali ini sangat menentukan baginya untuk naik ke jenjang pendidikan lebih tinggi, kelas 3 SD!

Ruangguru


Persiapan sebelum PAT tentunya adalah belajar. Nah masalahnya, bagaimana ya agar anak bisa belajar secara efektif? Pastinya anak belajar harus belajar sesuai gaya belajar yang dimiliki.

Teman-teman pasti sudah tahu kan klo gaya belajar anak itu ada 3 : visual, audio dan kinestetik. Dari hasil pengamatan selama ini, Chacha ini lebih cenderung ke visual.

Jadi saya selalu mengajaknya belajar dengan membuat mind mapping yang menarik. Tapi nampaknya masih kurang nendang, dia lebih tertarik dengan video pembelajaran.

Manfaat Belajar dengan Video Pembelajaran

Video pembelajaran adalah salah satu media belajar yang sangat diminati oleh anak-anak. Menurut Najeela Shihab, praktisi pendidikan, belajar melalui video membuat anak lebih mudah memahami materi pelajaran.

Mengapa demikian? karena anak lebih tertarik pada tayangan dari berbagai macam aksi, seperti suara, animasi juga teks dalam sebuah video. Selain itu, belajar dengan video pembelajaran akan mampu merangsang keterlibatan indera dari anak-anak, sehingga akan membuat mereka lebih cepat memahami materi yang diajarkan.

Video Interaktif Dafa Lulu

Setelah tahu kalau Chacha lebih muda paham jika belajar dengan video, saya pun segera mencari video pembelajaran yang tepat untuknya.

Akhirnya saya bertemu dengan video interaktif Dafa Lulu, fitur baru dari Ruangbelajar SD bimbel Ruangguru.

Dafa Lulu adalah video interaktif yang memudahkan siswa SD kelas 1-2 belajar tematik. Tak sekadar video biasa, Dafa Lulu ini punya tampilan yang sangat menarik. Chacha sangat antusias belajar bersama Dafa Lulu. Katanya, seperti main game!

Animasi Dafa Lulu dalam bentuk video pembelajaran ini dirancang khusus untuk mempermudah siswa kelas 1 dan 2 SD untuk memahami materi belajar dalam pembelajaran. Video yang disajikan berkaitan dengan penerapan tema tertentu yang dihubungkan dengan materi belajar.

Ruangguru

Animasi Dafa Lulu menemani siswa belajar sesuai Kurikulum 2013 (K-13) Revisi Tematik. Melalui Dafa Lulu yang ada di Ruangbelajar SD, Chacha belajar tematik dengan cara yang menyenangkan.

Dafa Lulu dilengkapi video belajar full animasi interaktif dan karakter-karakter lucu yang akan mendampingi waktu belajar anak tidak membosankan.

Anak jadi lebih mudah memahami materi pelajaran, karena tidak hanya bisa menyimak video materi belajar saja. Tapi juga dengan mengerjakan kuis interaktif yang bisa mengukur sejauh mana anak memahami materi pelajaran.

Tentang Ruangguru

Ruangguru


Saat sekolah dari rumah, Ruangguru ini sangat membantu saya dalam mendampingi Chacha belajar. Keberadaan Ruangguru sebagai bimbel online terbaik di Indonesia sudah tidak diragukan lagi ya.

Ruangbelajar adalah salah satu layanan yang ada di Ruangguru. Ini adalah layanan utama dari bimbel online Ruangguru. Disini kita bisa memilih bimbingan belajar sesuai dengan jenjang pendidikan.

Kelebihan Ruang Guru

Pasti teman-teman bertanya-tanya, mengapa sih saya memilih Ruangguru sebagai bimbel online bagi Chacha? Karena Ruangguru punya banyak kelebihan, antara lain :

⏺️ Harga lebih murah

Belajar bersama Ruangguru tentu lebih murah dibanding bimbel konvensional. Biasanya untuk jenjang SD, biaya bimbel konvensional bisa sampai Rp. 500.000 per bulan. Sedangkan di Ruangguru biayanya Rp.1.350.000 per tahun. Dan setelah diskon, harganya jadi Rp. 540.000. Tuh kan lebih murah pakai banget!!!

⏺️ Belajar dari rumah

Bimbel online seperti Ruangguru ini jadi solusi belajar di era pandemi seperti ini. Anak tidak perlu keluar rumah. Bisa belajar dari rumah.

⏺️ Belajar kapanpun dan dimanapun

Belajar di Ruangguru bisa belajar kapanpun dan dimanapun, karena dilakukan secara online. Waktu belajar jadi lebih efektif.

⏺️ Rangkuman materi

Di Ruangguru semua materi pelajaran ada rangkumannya. Rangkuman yang ada ini disajikan dalam bentuk infografis yang menarik. Bagi anak visual seperti Chacha, ini tentu sangat membantu dalam memahami materi pelajaran.

⏺️ Ada latihan soal dan pembahasan

Setelah menyimak materi pelajaran, anak bisa mengerjakan latihan soal. Ini membuat pemahaman materi menjadi lebih lengkap.

⏺️ Mendidik karakter

Ruangguru tak hanya membantu anak memiliki kemampuan akademik yang unggul saja. Tapi juga berkarakter baik.

Baca Juga : Cerdas Berkarakter di Masa Pandemi

Dengan Ruangngaji, ada berbagai video siraman rohani yang mampu mendidik karakter anak menjadi baik. Wah, lengkap ya. Anak bisa jadi pandai sekaligus berkarakter baik.

Jadi gimana? Apakah teman-teman juga mau anaknya sukses menjalani PAT? Yuk belajar di Ruangbelajar agar jadi anak berprestasi sekaligus berkarakter.

104 komentar

  1. Makin asyik belajar dengan ruang guru ya mbak. Apalagi dengan adanya animasi Dafa Lulu, anak-anak jadi makin senang dan semangat pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya mbak, rata-rata anak-anak itu seneng dengan visual yang bagus. Pasti jadi makin rajin belajar kalau cara pembelajarannya semenyenangkan ini

      Hapus
  2. Wah seneng banget dengernya, kalau nilai anak2 sebagus ini pasti orang tua dan gurunya bangga. Jadi walaupun proses belajar/mengajar masih online tidak menutup kemungkinan untuk tetap berprestasi ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayang deh anak-anak gemana serunya kalo cara belajarnya kayak gini..pelajaran mudah ditangkap..anak-anak betah..hasilnya nilai jadi bagus..

      Hapus
  3. Keren ya Ruang Guru ini..makin menyesuaikan dengan karakter penggunanya.. jadi anak-anak makin betah deh belajarnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku kira awalnya Ruang Guru ini hanya untuk kelas-kelas besar saja loh mbak, ternyata ada yang untuk anak-anak kelas kecil dan lebih enak dipahaminya juga ya karena ada videonya juga. Anak-anak sekarangkan lebih senang kalau ada videonya gitu.

      Hapus
  4. RuangGuru semakin luas ya lingkup pembelajarannya, jadi anak engga bosan, itu-itu aja.
    Mau juga ah kepoin RuangBelajarnya...Bagusnya lagi selain akademis juga ada pembentukkan karakter. Semakin lengkap deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga Mbak, makin banyak program unik yang bermanfaat untuk pembelajaran para siswa ya

      Hapus
  5. Dedek lebih senang belajar pastinya dengan ruang guru ya, jangankan anak2, saya pun yang dewasa cocok belajar sesuatu di ruang guru :)
    Metodenya inovatif soalnya

    BalasHapus
  6. Kok asik banget ya Mbaaa
    metode online, dgn rate affordable banget
    ini mamak2 demen nih

    BalasHapus
  7. aplikasi yang satu ini memang okee ya mba... tetap menghibur dan belajar pada saat yang bersamaa. Memang kegiatan belajar online ini binik deg - degaaan

    BalasHapus
  8. baru tau ada ruang belajar di Ruang Guru, keren ya?

    dan yang dimaksud Dafa Lulu adalah video interaktif ya? hihihi kirain nama orang

    Jadi penasaran, pingin tahu lebih jauh agar bisa ngasih tau keponakanku nih

    BalasHapus
  9. Ruang guru membantu individu mengembangkan potensi dalam masa pandemi menjadi maksimal.

    BalasHapus
  10. Anak saya sih, ujiannya ngurus sendiri, alhamdulillah, saya nggak terlalu pusing. Kecuali kalo dia udah mentog nggak tau, baru deh nanya ke saya.

    Video interaktif memang salah satu cara belajar yang cukup efektif, karena anak-anak bisa melihat secara langsung, jadi lebih mudah memahami. Ketimbang membaca. Okelah, nanti kalau mau belajar di RUangguru, saya bisa cobain interaktif dengan lulu.

    BalasHapus
  11. Teknik pembelajaran yang unik dari Ruangguru, jadi solusi yang memudahkan dan diminati oleh anak-anak, sehingga belajar jadi lebih mudah ditangkap

    BalasHapus
  12. Balada emak-emak banget ini ya, aku pun kemarin merasakan saat anakku PAT mbak. Anaknya yang PAT terus bundanya juga ikutan cenat-cenut, wkakakaaa

    BalasHapus
  13. Sesuai jenjang pendidikan ya, kak? Apakah itu berarti ruangguru juga bisa untuk anak tingkatan SMP? Soalnya adik saya itu sudah SMP kelas VII. Tahun depan dia kelas VIII. Dan sekolahnya kebanyakan online. Aku nggak yakin apakah dia bisa belajar dengan efektif.

    BalasHapus
  14. memang paling butuh banget fasilitas belajar yang digital seperti ini, apalagi sehari-hari memang udah megang smartphone dan laptop ya

    BalasHapus
  15. Masih ujian kah mba anaknya? Atau udah kelar sejak Sabtu lalu? Senangnya RuangGuru itu adalah belajar lewat video pembelajaran. Videonya juga inetraktif dan anak-anak suka. Apalagi anak-anak alfa zaman sekarang ya, visual banget. Jadi, mereka jatuhnya lebih senang nonton dan mendengarkan, ketimbang disuruh sekadar membaca.

    BalasHapus
  16. Gen Z memang lebih suka audio visual ya cara belajarnya. Anakku SMA kemarin juga ak langgananin Ruang Guru selama 2 tahun. Dan banyak membantu

    BalasHapus
  17. Hwaaa keren yaa. Aku jg pernah tuh cobain ruangguru wkwkw nyamar jadi anak SMA. sekadar pengen tahu aja gitu.
    Eh keterusan dongg meskipun cobain yg gratis. Mereka memantau banget proges kita sampai mana. Jadi bener2 kek ada guru yang dampingin serius

    BalasHapus
  18. Baru tahu ada video pembelajaran Dafa Lulu, biasanya anak Akan lebih mudah paham kalau lihat animasi seperti ini. Ruang Guru emang Keren, ya, bisa membantu anak belajar dengan lebih baik, biaya juga terjangkau sih segitu untuk setahun pembelajaran

    BalasHapus
  19. Ruang guru diriku belum pernah coba mba, untuk anak-anak sekolah belajar ya ini
    membantu mendukung skill dan pengetahuan anak nih

    BalasHapus
  20. ada ruangaji juga ya mba..aku baru tau dan belum pernah nyoba ruang guru nih akuuu..
    selamat ya chaaa nanti naik ke kelas 3, semoga semakin pintar dan selalu senang belajar^^

    BalasHapus
  21. Sebagai guru biologi di SM, saya juga seringkali memanfaatkan aplikasi2 belajar online termasuk ruangguru ini. Supaya apa? ya supaya saya juga makin nambah wawasannya, dan saya juga gak mau kalah tenar dong sama siswa2 saya hehe... yups, ternyata banyak juga ya manfaat yang di paparkan pada artikel di atas. Memang tepat juga nih belajar di ruang guru, btw courses-nya juga oke lho kata siswa2 saya yang belajar di sana. Makasih infonya kak dee..

    BalasHapus
  22. makin keren ya ruangguru ini, nggak berhenti melakukan inovasi. Sekarang tersedia ruangngaji juga. Makin komplit

    BalasHapus
  23. Orang tua memang dituntut untuk cerdik ya dalam memfasilitasi anak belajar. Karena setiap anak punya kemampuan self-learning yang berbeda. Kalau baca uraiannya, metode DAFA LULU sepertinya memang cocok dengan anak yang lebih nyantol dengan sistem pembelajaran visual. Hebat RUANG GURU. Bisa menghadirkan pilihan metode yang bisa kita pilih untuk proses pembelajaran.

    BalasHapus
  24. Waah Chaca pintar banget ya . Salut deh tante. Nilai rata-rata PAT 95. Excellent banget tuh. Emang enak sih belajar di ruang guru. Anakku jg kelas 9 dan lulus sekarang belajarnya pakai Ruang Guru.

    BalasHapus
  25. Pembelajaran melalui metode video interaktif kayak gini emang disukai anak2. Kalo monoton belajar kayak dulu ya anak2 bakal bosan. Keren nih Ruangguru punya metode pembelajaran kayak gini. Semoga makin bervariasi ya isinya.

    BalasHapus
  26. RuangGuru semakin asyik ya sekarang
    Terus hemat lagi, jadi bikin senang ibu-ibunya kan, hihihi

    BalasHapus
  27. Semakin mudah ya anak belajar di rumah, anak jadi tambah pintar dan belajar dengan semangat. Ilmunya cepet nempel di otak hihi..

    BalasHapus
  28. Animasi Daffa dan Lulu ini bikin belajar di Ruang Guru makin asik ya mbak, anakq jadi rajin belajar kalo bareng mereka

    BalasHapus
  29. Saya lagi cari2 untuk pembelajaran bahasa inggris nih. Ada kan ya di ruang guru..ntar mau cek ah :)
    BTW selamat ya untuk kak Cacha..nilainya bagusss bangeeet

    BalasHapus
  30. Asyik juga nih ternyata Ruang Guru punya Ruang Belajar yang menyediakan berbagai video tentang mata pelajaran. Tentu bis bantu anak kita untuk memahami pelajarannya dong ya. Sukses PAT yes!

    BalasHapus
  31. Pengalaman adik ku, belajar dr ruang guru, harga privat terjangkau, bahkan sering ada promo. Gurunya seru dan asyik". Tentunya belajar jdi ga monoton dan adikku jdi semakin semngat belajarnya.

    BalasHapus
  32. Kece parah si RuangGuru ini, semua level ada. Coba aja ya bisa digratiskan dan merdeka u semua orang bisa akses sepuasnya. Moga2 saja kedepannya bisa seperti itu.

    BalasHapus
  33. Dan iya banget, kemarin anak-anak ikutan instal ruangguru, alhamdulillah, video pembelajarannya mudah dimengerti banget.
    Jadi lancar saat menghadapi PAT yaa..

    Selamat kaka Chacha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepet sekali sudah pembagian nilai raport yaa..
      Alhamdulillah, kini memanfaatkan fitur belajar online yang bisa membantu anak-anak memahami materi pelajaran di sekolah.
      Gak khawatir dengan ujian lagi.

      mama bisa tenang karena Dafa Lulu.

      Hapus
    2. Aku sejujurnya juga mulai belajar menggunakan ruangguru niih...
      Sebelum kaka dan adik yang belajar, mamanya dulu. Supaya bisa kasih semangat dan testimoni. Ternyata pembelajaran bersama Dafa Lulu sangat menarik dan mudah dipahami. Jadi senang rasanya..

      Hapus
  34. Ternyata udah kelas 2 SD ya, samaan sama kk Kal. Juli nanti kelas 3. Dan anak-anak suka dengan digitalisasi yang bikin atraktif apalagi ada animasi seperti ini, bisa belajar sambil bermain.

    BalasHapus
  35. wah kalau Ruangguru mah sudah tidak diragukan lagi ya kualiatsnya, pengajarnya ahli juga dibaidangnya dan memang mereka konsen dengan pembelajaran online ini, keren deh

    BalasHapus
  36. Anak jadi semangat dan mudah ya Mbak belajarnya dengan Ruang Guru.
    Saya juga jadi dag dig dug nih, tahun ini InsyaAllah anak Sulung saya juga masukSD, nanti mau pakai Ruang Guru juga ah buat temani dia belajar :)

    BalasHapus
  37. Sudah lama saya gak tengok Ruangguru, ternyata ada video pembelajaran Dafa dan Lulu, ya. Anak2 sekarang kelihatannya banyak yang visual, pada suka nonton video, pasti cocok nih.

    BalasHapus
  38. Keberadaan RuangGuru ini cukup membantu buibuk dalam mendampingi putra/putrinya untuk memahami aneka mata pelajaran yang kian kompleks (jika di bandingkan jaman emaknya sekolah). Saya sendiri kerap roaming jika ditanya soal pelajaran, perasaan pelajaran yang saya terima dulu di jenjang SMP, skrg jadi mapel nya anak SD. *Edisi sadar diri butuh bantuan bimbel online macam ruangguru ini*

    BalasHapus
  39. PAT di sekolah anakku ditiadakan mba. Udah lama sejak bulan apa itu. Nah, kalau bentuknya video interaktif dijamin anak2 senang dan mudah menangkap pelajaran. Jadi kepo sama Dafa Lulu nih

    BalasHapus
  40. Anak saya harus belajar di Ruangguru deh. Soalnya sekarang kegiatan outdoor juga bikin khawatir. Banyak orang tua lain juga yang berhenti mengantar les anak di luar sekolah saat ini.

    BalasHapus
  41. Nah iya, biasanya anak yang PAT, emaknya yang ikutan sibuk mempersiapkan belajar anaknya ya...hihihi.
    Ruangguru ini cocok sekali untuk anak yang memiliki gaya belajar visual ya, Mbak. Mereka pasti senang sekali nonton sambil belajar

    BalasHapus
  42. Wah makin asik dan seru ya belajar di ruang guru. Apalagi untuk anak yang punya gay belajar visual. Semangat juga emaknya mendampingi anak belajar ya mak 🤗

    BalasHapus
  43. Penilaian Akhir Tahun keponakan, kemarin masih offline. Gak kebayang kalau semuanya jadi online. Anaknya suka ngedrama. Selanjutnya aku mau ngenalin dia ke ruangbelajar dari Ruangguru ah. Biar agak bernapas kalau dampingi Bocah

    BalasHapus
  44. Ruangguru ini jadi andalan banget dalam nemenin belajar daringnya neng Marwah nih.

    BalasHapus
  45. selamat untuk chacha.. semoga makin pintar dan rajin belajarnya ya.. alhamdulillah kerja keras membuahkan hasil tetap rajin belajar supaya cita-citanya tercapai.

    BalasHapus
  46. Wow nilai Chacha keren banget, semoga selalu semangat belajar yaa..belajar di Ruang Guru menyenangkan ya ada animasinya juga lucuu...interaktif juga ya..

    BalasHapus
  47. Anakku juga pakai Ruang Guru di rumah, terutama saat gak ada materi dari sekolah. Buat materi tambahan oke sih.

    BalasHapus
  48. ruang guru ini selalu keren sejak diberdirikan, orang2 dan murid2 di dalamnya juga masyaAllah berprestasi semua.
    semangat belajar yaaa dedeeenyaaa

    BalasHapus
  49. Wah keren, sukses ya PAT-nya. Memang deh, di masa PJJ begini, klao ngadelin materi dari guru aja, rasanya kurang ya. Apalagi kalo sekolah negeri. Huhu, gak selalu dapet penjelasan maksimal anak2 kitanya. Kalo swasta sih bagus. Gurunya udah pada kreatif. Jadinya nih, tambahan kayak dari Ruang Guru begini penting banget.

    BalasHapus
  50. Ruangguru punya banyak kelas sekarang loh, anakku ikut yang ruangbelajar yang SD mau masuk SMP, nah yang dafa lulu cocok deh buat anakku yang mau masuk SD tahun ini.

    BalasHapus
  51. Baru tahu ada RuangNgaji di Ruang Guru. Memang komplit banget deh Ruang Guru wajar kalau banyak yang lebih belajar online di RG daripada bimbel offline. Terlebih untuk online biaya lebih murah.

    BalasHapus
  52. Wah, baru tahu lho ada materi SD di ruang guru.. Aduh aku katrok banget. Penting banget ya mbk nambah materi belajar di rumah, salah satunya lewat RuangGuru

    BalasHapus
  53. aku dulu pakai ini dafa lulu soalnya seru ada kartunnya
    bikin anak belajar juga lebih mengerti ya mak
    btw ini nunggu promo kenaikan kelas biasanya banyak diskonnya ruang guru mayan

    BalasHapus
  54. Alhamdulillah PAT Chacha sudah terselesaikan dengan baik. Selamat habis ini resmi jadi siswi SD kelas 3.

    Baru tahu untuk anak SD ada video pembelajaran Dafa Lulu di Ruang Guru, ngebantu banget anak belajar memahami materi & lebih menarik, ngga bikin bosen anak belajar

    BalasHapus
  55. Asiknya ruang guru semacam bimbel tapi harga terjangkau ya...materi lumayan sesuai kurikulum sekolah

    BalasHapus
  56. karena baca review dari kamu mak aku jadi tau kalo di Ruang Guru ternyata ada Ruang Ngaji juga ya untuk membentuk karakter anak. Kayaknya aku perlu baca detailnya deh di website or aplikasi Ruang Guru tentang Ruang Ngaji

    BalasHapus
  57. Yihaa, aku pengin daftarin anak dan ponakan nih, Mbaa
    Karena emang menyenangkan bangett kalo ada Platform Belajar Online yg integratif bin solutif kayak gini, ye kaannn

    BalasHapus
  58. Aku baru tau nih di Ruang Guru ada video pembelajaran juga Pastinya menarik banget ya buat anak2 belajar harian dan persiapan PAT. Ada animasinya, jadi semangat deh anak2 kita. Ternyata harganya diskon tuh yang 1 jutaan per tahun bisa menjadi 500 ribuan aja. Cukup terjangkau dong ya. Ada rangkuman materi segala, jadi ga pusing2 amat mempelajari mapel2nya.

    BalasHapus
  59. Aplikasi belajar Ruang Guru ini bener bener siap menembus dunia e learning ya mbak.
    Kagum dengan semangat para anak mmuda yang dulu pertamakali aku temui masih jadi start up - nawarin ke sana ke sini

    coba itu, dengan pandemi terbukti mereka adalah yang paling siap!

    BalasHapus
  60. Ruangbelajar SD dari Ruangguru makin kreatif dan inovatif ya ... dengan adanya video interaktif Dafa Lulu pastinya membuat anak2 makin betah belajar.

    BalasHapus
  61. Harga diskonnya Ruang Guru mantap banget. Jadi terbantu sekali. apalagi di saat pandemi seperti skarang, semua serba online. Aku juga pakai ruangguru buat anakku :)

    BalasHapus
  62. Tentunya bisa menunjang untuk pembelajaran anak-anak kita ya. Selain sukses PAT, pastinya dengan pemahaman yang didapat oleh anak, ilmunya pun bisa berguna dalam kehidupan.

    BalasHapus
  63. Saya salah satu pelanggan Ruangguru. Senangnya ternyata di Ruangguru ada layanan after sales service sehingga mereka menghubungi untuk menanyakan berbagai hal yang kiranya bisa memperbaiki kinerja mereka.

    BalasHapus
  64. Wah lucu gambar-gambarnya. Bisa juga nih untuk menarik minat anak-anak buat belajar. Karena belajar daring itu pasti ngantuk dan butuh effort biar nggak malas..

    BalasHapus
  65. Aku rencananya juga pengen ngelesin anakku ke Ruang Guru mbak, kenaikan ini. Supaya dapat metode jawab2 soal yang lebih variatif aja sih, tambahan barangkali ada yg blm didapat dr sekolah.
    Zaman skrng enak ya bimbel bisa dr mana aja walau dr rumah doank, kalau zaman dulu les2 mpe malam wkwkw
    Harganya pun jauh lbh murah yaa

    BalasHapus
  66. Keponakanku juga tipe visual nih. Mau kukenalin sama Ruangbelajar. Kan banyak video pembelajaran. Jadi bisa asyik belajarnya

    BalasHapus
  67. Wah, menarik sekali. Aku baru tau kalo ruangguru ada untuk SD, kirain mulai dari SMP, SMA dan umum. Ini membantu anak anak sekali, apalagi anak2 itu suka banget belajar melalui video ya mbk

    BalasHapus
  68. teman tk anakku pake ruang guru mba dan berhasil dia jadi juara kelas di SD bagus hahaha sebagai mamak2 tentu saja ada rasa iri makanya aku jadi kepengen juga nih langganan ruang guru mumpung diskon itu ya mba 500k buat setahun kan yah?

    BalasHapus
  69. Dafa lulu ruang guru bikin anak mudah yaa mencerna pelajaran untuk anak sd. cocok buat anaku yang bungsu nih. jaman pandemi ini perlu banget ada aplikasi yang membantu anak untuk belajar di rumah.

    BalasHapus
  70. Anak-anak pasti semangat belajarnya kalau fun ya mak. Belajar karena tertarik dengan materinya apalagi kalo interaktif

    BalasHapus
  71. Di jaman PJJ gini, kayanya emang ngga cukup deh kalo anak anak cuma belajar dr sekolah dan ortunya aja. Kalo bisa ditambah dengan guru tambahan biar makin manteb ya pelajarannya.. oke nih kayanya ruangguru.. aku mesti coba juga nih..

    BalasHapus
  72. Dafa lulu ini seru loooh kalau tak pikir2 belajarnya jadi seru banget aku dah nyoba ini tinggal nunggu promo biar lumayan bayar setaunnya hehehe. Maklum mak modis

    BalasHapus
  73. Wah senangnya kakak Chacha nilai PAT bagus-bagus, kebetulan untuk tahun ajaran baru ini saya berencana mendaftarkan anak saya yang kelas 5 SD di Ruangguru, biar tambah semangat belajarnya soalnya Ruangguru punya banyak fitur yang menarik dan bikin anak-anak betah belajar.

    BalasHapus
  74. ruangguru kayanya bakal jadi andalan aku juga buat anak-anak nanti kalau mulai masuk di SD. apalgi melalui video belajar yang interaktif ya. anak-anak pasti suka.

    BalasHapus
  75. Penting belajar online dengan ruangguru karena sekarang anak-anak harus belajar lebih banyak secara online. Semoga ruangguru tetap mendedikasikan untuk pembelajaran online berkualitas tinggi.

    BalasHapus
  76. Wah ..., saya baru tahu bimbel Ruangguru untuk anak SD. Padahal cucu saya bimbel konvensional. Kadang juga via online. Masing-masing mapel satuguru. Jadi terbayar mahal. Selamat siang, Mbak.

    BalasHapus
  77. Anak pintar dan berkarakter itu harapan semua orang tua. Pembelajaran di rumah saya akui sangat terbatas. Dengan adanya ruang guru baik siswa maupun orang tua bahkan guru merasa ikut terbantu...

    BalasHapus
  78. Baca ini jadi inget keponakan ku, kebetulan namanya Dafa juga hehe. Pasti dia seneng banget nih kalau belajar di Ruang Guru dan pakai aplikasi Dafa Lulu. Jadi seolah-olah dia ada di fitur itu hehe. Thanks infonya yah mba ;)

    BalasHapus
  79. Wah... lucu banget. Kalau tampilannya lucu begitu, anak-anak jadi semangat ya belajarnya. Btw, ada Ruangngaji juga, itu apa Mbak? Apa bisa belajar agama juga gitu via aplikasi?

    BalasHapus
  80. Murah ya 500ribuan setahun. Kira2 sejak umur berapa bisa ikut bimbelnya ya mbak?

    BalasHapus
  81. Aplikasi bimbel online Ruangguru makin lengkap saja ya, ada ruangngaji juga.

    Dengan metode dan desain audio visual yang menarik, membuat aplikasi RG ini , materinya bisa lebih mudah dipahami oleh anak-anak.



    BalasHapus
  82. Wiwin | pratiwanggini.net26 Juni 2021 07.12

    Ruangguru nih tahu aja kebutuhan siswa dan orang tua. Terutama untuk saya yang tak cukup waktu untuk mendampingi anak belajar, kehadiran Ruangguru tentu saja sangat bermanfaat. Toh anak-anak juga suka dengan metode pembelajaran yang mereka sajikan.

    BalasHapus
  83. Ruang guru ini tampaknya jadi solusi terbaik saat belajar di rumah di tengah pandemi seperti ini ya. Pelayanannya dari tahun ke tahun semakin berkembang.

    BalasHapus
  84. Sepakat kalau Ruang Guru tuh lebih murah, mba. Kita masih bisa mendapatkan informasi buat anak dengan baik. Video video belajarnya juga bagus bagus

    BalasHapus
  85. brilian ya tim Ruangguru, selalu berinovasi dalam penyusunan program dan meraciknya agar menarik

    salah satunya Dafa Lulu yang bikin anak senang belajar

    BalasHapus
  86. Anak-anak jadi tambah semangat belajarnya di ruangguru, karena ada Daffa dan Lulu. Memang fitur ruangguru ini membantu belajar lebih efektif

    BalasHapus
  87. Bagus nih jadi banyak membantu para orang tua ya karena ga perlu riweuh lagi menghadapi pelajaran sekolah anak2. Anak2 juga jadi seneng bersemangat belajarnya.

    BalasHapus
  88. senang ya anak-anak kalau dilihatin video gitu, untung sekarang video aja banyak yang edaktif, jadi malah belajar jadi senang ya meski di rumah saja. Keren nih mba chacha nilainya tinggi tinggi, semog a ilmunya manfaat ya

    BalasHapus
  89. Paket belajar per tahun Ruangguru jadi makin murah ya Mak. Dari harga asli, potongannya bisa sampe lebih dari 50% gitu. Belum lagi benefit-benefit lain yang bisa didapet selain paket harganya yang terjangkau. Recommended sih untuk situasi saat ini yang masih lanjut belajar di rumah aja :))

    BalasHapus
  90. Belajar di Ruangbelajar by Ruangguru banyak banyak membantu baik orang tua dan juga siswa sepanjang sesi belajar dari rumah di masa pandemi begini ya.

    BalasHapus
  91. Pwrbandingan harga dari ikutan bimbingan belajar secara online dari Ruangbelajar by Ruangguru dengan bergabung di bimbel konvensional, jauh pake banget. Udah begitu, jadi lebih aman karena bisa belajar dari rumah saja. Materi ajarnya juga menyenangkan karena ada karajter Dafa dan Lulu yang nemenin anak anak usia SD belajar.

    BalasHapus
  92. Ruangguru sekarang jadi solusi para orangtua di masa pandemi gini. Fiturnya makin lama juga makin lengkap ya, semakin memudahkan siswa dan orangtuanya saat school from home.

    BalasHapus
  93. Anakku juga lebih semangat belajar kalau pakai media video pembelajaran mbak dan dafa lulu dari ruang guru ini bisa jadi solusi belajar di rumah ya

    BalasHapus
  94. Wah, mantap sih ini fitur barunya dari Ruang Guru. Belajar online selama pandemi jadi lebih mengasyikkan. Ortu pun jadi happy karena merasa terbantu ya mbak.

    BalasHapus
  95. Diskonnya ga nanggung ya mbak Dee,hampir 50 persen ya. Insyaallah anak anak tambah semangat dengan video animasi dari ruang belajar by ruangguru ini

    BalasHapus
  96. Mba apa ruang guru ini bisa di akses melalui laptop?
    ato harus pake HP yah? ku jadi pengen coba buat anakku

    BalasHapus
  97. Diskonnya lumayan banget ya. Masa belajar zaman pandemi ditemani ruang guru pas nih sepertinya.

    BalasHapus
  98. Kak, mau tanya klo kurikulum belajar bersama Dafa Lulu muncul di aplikasi ruangguru versi desktop kah? Saya baru berlangganan, tp di versi desktop kurikulum belajar bersama Dafa Lulu tidak muncul.

    BalasHapus