Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cara Bijak Menggunakan Kredit Online Tanpa Kartu Kredit PayLater

PayLater Traveloka


Beberapa waktu lalu, seorang teman bercerita jika dia sudah kapok memiliki kartu kredit. Katanya, punya kartu kredit membuat pola hidupnya makin konsumtif. Seringkali dia merasa kesulitan setiap harus membayar tagihan kartu kreditnya. 

Hmm mungkin bagi sebagai besar orang, adanya kartu kredit maupun cicilan online seringkali membuat hidup lebih konsumtif. Rasanya makin boros saja. 

Padahal, tidak selamanya cicilan online membuat kita boros dan konsumtif, lho. Kita bisa memanfaatkan PayLater dengan bijak. 

Biar nggak boros dan konsumtif, yuk simak cara bijak menggunakan kredit online tanpa kartu kredit PayLater. 

Ajukan Layanan PayLater dari Platform Legal dan Terdaftar OJK

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk bijak menggunakan kredit online tanpa kartu kredit adalah dengan mengajukan layanan PayLater dari platform legal dan terdafar OJK. 

Mengapa ini penting? Ya supaya kita terbebas dari cicilan online yang merugikan, misalnya bunga cicilan yang terlalu besar. 

Baca Juga : Review Traveloka Paylater Wujudkan  Anniversary Impian

Nah, kita bisa memiilih PayLater dari Traveloka, cicilan online tanpa kartu kredit. PayLater Traveloka ini adalah cicilan online yang legal dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Seluruh transaksi melalui PayLater diawasi langsung oleh OJK. 

PayLater Traveloka

Monitor Your Credit Score

Penting bagi kita untuk selalu monitor credit score. Credit score atau skor kredit ini adalah cara yang digunakan oleh bank ataupun lembaga pembiayaan lainnya yang menentukan apakah kita layak pendapatkan pinjaman atau tidak. 

Credit score ini juga membantu kita untuk melakukan cek kredit yang sesuai dengan kemampuan kita. Coba cek skor kredit yang dimiliki, jika skalanya 1, artinya kita memiliki kredit lancar. 

Pastikan untuk Membayar Cicilan Tepat Waktu

Jika tak mau credit score kita jelek, pastikan kita selalu membayar cicilan tepat waktu. Setiap bulannya sisihkan pendapatan untuk membayar cicilan traveloka yang kita miliki. 

Dengan selalu membayar tepat waktu, kita akan terhindar dari masalah paylater traveloka. Selain itu kita juga berpeluang mendapatkan bunga 0% jika membayar cicilan tepat waktu. 

Atur Arus Keuangan dan Belajar Berhemat dengan Promo/Diskon

PayLater Traveloka

Pastikan kita bisa mengatur arus keuangan yang kita miliki. Lakukan transaski yang memang bisa kita bayar. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan kita. Agar nantinya tak memberatkan kita. 

Tak ada salahnya untuk belajar berhemat dengan promo / diskon. Apalagi di PayLater Traveloka ini ada banyak promo/diskon yang bisa kita manfaatkan. 

Meski begitu, tetap jangan kalap ya! Pilih promo/diskon sesuai dengan kebutuhan saja. 

Buat Limit Pribadi

Limit Traveloka Paylater ini berkisar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 10.000.00 per akun. Meski begitu, kita bisa lho membuat limit pribadi. Buat limit pribadi sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya, budget kredit kita hanya Rp. 5.000.000, maka jangan sampai mengajukan kredit lebih dari itu. Juga jangan gunakan gestun traveloka paylater lebih dari kemampuan kita. 

Gunakan Saat Dibutuhkan

Meski melakukan transaksi PayLater ini sangat mudah, jangan digunakan terus menerus. Gunakan saat dibutuhkan saja. Misalnya, ketika harus ada perjalanan dinas mendadak. Atau saat harus pulang kampung karena urusan yang mendesak. 

PayLater Traveloka



PayLater Traveloka ini adalah pilihan terbaik untuk memiliki kredit online tanpa kartu kredit. PayLater ini bisa dijadikan alat pembayaran diberbagai produk Traveloka, mulai dari hotel, pesawat hingga kuliner. Kita bisa belanja cicilan tanpa kartu kredit dengan bantuan PayLater Traveloka ini. 

Baca Juga : Menikmati Kopi dengan Treats by Traveloka Eats

Demikian cara bijak menggunakan kredit online tanpa kartu kredit PayLater ini. Semoga dengan teman-teman bisa terhindar dari sikap boros dan konsumtif saat menggunakan cicilan online.

56 komentar

  1. Wow baru tau jika paylater Traveloka bukan sekedar utk traveling (hotel dan akomodasi) saja. Tapi juga utk kuliner. Masih bingung beda dengan kartu kredit.

    BalasHapus
  2. Sepakat banget, jaman now mah banyak yang pakai paylater traveloka sekedar buat traveling, atau staycation , merefreskan diri. Tinggal bagaimana kita memakainya dengan bijak aja, sesuai dengan poin2 di atas. KAlo mampu bayar nanti kenapa engga ya?

    BalasHapus
  3. Paylater Traveloka itu sangat membantu asal bijak memakainya dan tau batasan kemampuan kita. Liburan atau staycation jadi nyaman.

    BalasHapus
  4. Apa aku doang yang belum pernah memanfaatkan paylater nya Traveloka? Hehe alasannya memang ngeri sih takut konsumtif dan dimanjain, tapi setelah baca ini seperti nya mau coba asalkan bijak menggunakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur, aku baru tahu dan belum pernah coba juga Mas Adhe. Tapi iya itu sih balik kepada diri pribadi masing-masing yah. Asalkan bijak dan sesuai dengan kebutuhan kita dan jangan kebablasan aja sih. Bahaya!

      Hapus
    2. Sepakat sama Mas Adhe dan Mas Yopi. Aku juga belum beneran coba, tapi kalau eungeuh di aplikasinya sih sudah lama. Memang tergantung diri sendiri sih ya biar aman damai sepanjang memanfaatkannya.

      Hapus
  5. kuncinya pada perencanaan keuangan yang baik ya?
    Mau bayar cash andai gak punya financial planning yang baik ya jebol juga

    Begitu pula sebaliknya

    BalasHapus
  6. Aku udah lama tau ini, tapi belum sempet aktifkan. Apalagi belum ada rencana mau berpergian. tapi ini memang nolong banget untk yang punya rencana perjalanan tapi budget minim

    BalasHapus
  7. Belum pwrnah coba pakai paylater traveloka , betul juga sih jangan sampai kebablasan ya kalau pakai paylater , harus bisa nahan diri dan pakai sesuai kemampuan kita, makasih sharingnya mba .

    BalasHapus
  8. Wah traveloka ada paylaternya..keren nih maulah coba gunakan juga tapi tetap harus sesuai kepentingan ya gunakan paylater ini supaya bisa dilunasi setiap bulannya

    BalasHapus
  9. Kalau digunakan dengan baik, paylater ini malah bermanfaat banget ya mbak.. Paylater dr Traveloka ini bisa banget dipakai untuk melakukan kunjungan ke suatu tmpt nih. Tetap dgn proses tentunya

    BalasHapus
  10. Paling takut dengan paylater, takutnya tuh gabisa bayar pas udah sampe ke tenggat waktunya. Pernah nyoba paylater sekali dari platform E-Commerce, hampir kebablasan juga akibat gajian yang telat. Sejak itu gamau lagi pake paylater

    BalasHapus
  11. Kuncinya harus bijak ya Mbak. Biar nggak keblinger dan keenakan, eh, lupa bayarnya. Tapi kalau bijak, paylater ini sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  12. Kudu bijak juga ya makanya batasi dengan limit biar gak bablas, serta gunakan sesuai kebutuhan dengan bijak, sama lihat kalau ada promo ya kak Dee

    BalasHapus
  13. Memang perlu diri yang bijak dan pegang janji sama diri sendiri kalau memanfaatkan fasilitas Paylater. Nah walaupun belanja dengan memanfaatkan promo diskon, tetap taati limit sendiri.

    BalasHapus
  14. bener banget, pengetatan aktifitas akibat PPKM juga berdampak terhadap pengetatan pengeluaran dong ya. Memang diriku juga nyari pas diskon dan beli saat butuhnya dan ada garis batas nya hehehe

    BalasHapus
  15. Financial planning harus dilakukan secara bijak.
    ga boleh kebablasan, hanya karena punya CC atau promo tertentu, trus auto kalaappp

    asik nih, traveloka selalu daebaakk

    BalasHapus
  16. Asalkan kita disiplin sebenernya gak papa pake Paylater yah, apa lagi kalo sudah terdaftar di OJK seperti Paylater Traveloka.

    Jadi bisa membantu kita kalo ada kebutuhan travelling yang mendadak yah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Balik lagi ke kitanya disiplin atau nggak. Jangan pas terima uangnya terus kalap ya gak bijak.

      Hapus
  17. Oh gituuuu, ternyata Pay Later dari Traveloka ini ga cuma bisa dipakai buat nginep di hotel aja ya tapi juga wiskul :) Dulu aku pernah juga sih pakai kartu kredit hihihi, sekarang udah ga. Memang mesti pandai mengelola keuangan dengan baik, dahulukan kebutuhan baru keinginan. Eh jadi kepengen lihat2 hotel nih. Kelar pandemi kepengen staycation bareng keluarga ah :)

    BalasHapus
  18. Intinya be mindful, be conscious ya Mbak. Pastikan benar bener butuh dan sesuai kemampuan.

    BalasHapus
  19. Aku biasa menggunakan paylater traveloka kalau lagi keburu harus beli tiket pesawat. Dan sedang nggak bisa ke ATM.

    Mana waktu pembayaran kan cuma sejam juga. Hehehe...

    BalasHapus
  20. Sekarang apa apa udah pada pakai palylater ya Bun termasuk traveloka ini. Memudahkan. Menurut aku juga seseorang jadi komsumtif atau tidaknya menggunakan kartu kredit itu tergantung orangnya ya Bun. Setuju ama Bunda, Kalau kita bisa bijak menggunakan kayak paylater ini malah ada untungnya juga, kita jadi bisa dapet promo atau dapet diskonnya gede ya.

    BalasHapus
  21. Pay later Traveloka menggiurkan nih!
    Tapi limitnya dimulai dari angka berapa dong? Kalau liburan cuman dikasih limit sejtua mah mending DRS yhaaaa

    BalasHapus
  22. Kredit online dan kredit pakai kartu, sebetulnya sama-sama kredit ya Dee. Ada yang kita beli lalu bayarnya kemudian. Bedanya mungkin karena kredit satu ini diterbitkan oleh OTA dan penggunaannya hanya pada apa yang mereka tawarkan saja.

    BalasHapus
  23. Apapun jenis kredit online yang digunakan intinya kudu tetap bijak ya menggunakan uang untuk berbagai keperluan penting. Walaupun belum pernah menggunakan PayLater ini tapi saya cukup tertarik, thanks sharingnya kak.

    BalasHapus
  24. Wiwin | pratiwanggini.net5 Juli 2021 18.06

    Betul. Harus bijak dan disiplin kalau mau pakai fasilitas Paylater seperti ini. Dengan demikian manfaatnya dapat dan terhindar dari masalah.

    BalasHapus
  25. kredit adalah godaan terbesar, thats why aku gak pernah berani mengajukan kredit kecuali kepepet, itupun untuk modal usaha. tapi untuk pleasure aku gak berani, tapiii lain ceritanya dengan paylater traveloka. mungkin kredit seperti ini dibutuhkan untuk yang emang kerjanya banyak membutuhkan pelayanan dari taveloka. aku sih rekomen ya, apalagi traveloka kan udah jelas kredibilitasnya

    BalasHapus
  26. Naah, aku sepakat banget, hal utamaa yang bisa kita lakukan untuk bijak menggunakan kredit online tanpa kartu kredit adalah dengan mengajukan layanan PayLater dari platform legal dan terdafar OJK.
    Menjaga jaga agar kita terbebas dari cicilan online yang merugikan, misalnya bunga cicilan yang terlalu besar. Soalnya banyak banget yaa, jaman sekarang yang asal dalam pemilihan kredit online, yang dirugikan ga hanya dirinya tapi mentemen sekitarnya juga.

    Noted traveloka mah udah terpercaya.

    BalasHapus
  27. Memang harus bener-bener bijak kalau pakai sistem pembayaran pay later ini
    Kitanya harus disiplin menyisihkan penghasilan untuk bayar cicilan, juga tidak asal pakai buat hura-hura. Beneran digunain saat butuh banget. Jangan sampai terjebak hutang yang makin besar

    BalasHapus
  28. Boleh juga nih ya mbak gapakai kartu kredit udah bisa bayar pakai paylater traveloka yak. Kalo sistemnya aman mending pakai paylater ini sih ya daripada pinjol2 ga jelas itu hihi

    BalasHapus
  29. Ngeri-ngeri sedap juga kalo pake kredit. Aku sih selama ini masih menghindari. Kredit online maupun offline. Sering lupa. Dan gak nyaman aja dikejar-kejar cicilan. Apa lagi online itu salah satunya faktor keamanan. Tapi traveloka ini aman kayanya ya. Secara namanya udah terkenal. Udah izin ojk juga.

    BalasHapus
  30. Sampai saat ini belum berani sih pakai kartu kredit, takut engga bisa ngerem

    BalasHapus
  31. Belum pernah pakai kredit soalnya takut kalap. Tapi ternyata kalau dipikir pikir kalau dipakai dgn bijak malah menguntungkan juga ya. Menariknya Traveloka ini bisa buat wisata kuliner jg nih

    BalasHapus
  32. Sebaiknya memang saat-saat merluin banget u.penggunaan pay later. Sebenernya sih supaya kita nggak konsumtif & mudah dalam melunasi pembayaran dari kredit kita.

    BalasHapus
  33. Aku punya kartu kredit untuk memudahkan, kalau kita disiplin bisa menguntungkan gak harus punya hutang kok. Sekarang ada PayLater ya jadi lebih mudah juga sih buat mereka yang gak punya kartu kredit.
    Limit pribadi & ga konsumtif Isnya Allah ga terjebak nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca Traveloka aku jadi kangen jalan-jalan juga. Memudahkan ya ada PayLater dari Traveloka

      Hapus
  34. Jadi pengin traveling nih Mbak pakai Traveloka. Rasanya dah lama banget ga pelesiran. Semoga pandemi cepat selesai jadi bisa jalan-jalan lagi. Pakai paylater makin praktis ya Mbak asal tertib nyiapin pembayaran pas jatuh tempo biar kenyamanan ga terganggu.

    BalasHapus
  35. memang kalau untukyang membutuhkan dan bisa disiplinserta tahan diri, mekanisme seperti ini akan membantu mba. Tapi kalau ngga, namanya juga tetap hutaaang yaaaa

    BalasHapus
  36. Bahaya nih PayLaternya Traveloka, kalau kalap bisa booked tiket hotel sama kulineran hahaha. Emang yang terpenting kudu disiplin dan bijaksana sih ya penggunaannya

    BalasHapus
  37. Menggoda banget ya, ini. Tetapi, memang bener harus bijak. Karena travelling itu menyenangkan. Nah, harus bijak-bijak deh ketika memutuskan pakai PayLater

    BalasHapus
  38. Tergantung aja asal kita bijak manfaatkan nya, paylater Traveloka salah satunya bisa memberikan kita kemudahan utk traveling tpi ukur juga dgn batas kemampuan kita

    BalasHapus
  39. Setuju banget sama point terakhir. Gunakan saat dibutuhkan saja. Krn sebenarnya fungsi paylater adalah membantu kebutuhan. Bukan sekedar khilaf dr keinginan bertubi2 ya..

    BalasHapus
  40. Paylater traveloka ini sudah terdaftar di ojk ya mbak, penting banget sih itu selain banyak kemudahannya juga ya menggunakan paylater ini

    BalasHapus
  41. paylater ini memang sangat membantu banget ya buat yang membutuhkan, saya juga pengguna setia Traveloka dan mulai mengenal paylater sejak pertama terbit dan pastinya aman karena sudah terdaftar di OJK ya

    BalasHapus
  42. Namanya musibah gak tahu. Play later bisa jadi penolong tapi di ingat bayar tagihan traveloka

    BalasHapus
  43. Nah ya jangan sampai deh ya telat bayar tagihan. Sepakat banget kalau bagaimanapun harus bayar cicilan tepat waktu :)

    BalasHapus
  44. Aku juga pake nih kak, PayLater. Dan emang very good loh produk dari Traveloka ini. Limitnya gede banget. Tenor cicilan nya juga panjang. Jadi bisa lah "bernafas" dengan tenang

    BalasHapus
  45. bakalan jadi idola banget buat orang-orang yang lagi keburu-buru ya Kak
    meski belum coba paylater, tapi soulusi banget ini ya kak

    BalasHapus
  46. benar, jika bijak menggunakan tentu bisa diambil manfaatnya.Seperti kredit online tanpa kartu kredit PayLater jika digunakan dengan baik maka bisa terhindar dari sikap boros dan konsumtif saat menggunakan cicilan online.

    BalasHapus
  47. Yang penting tahu batasannya pemakaian ya Kak, pas kepepet aja sih kalau aku kan
    misal kita kudu wajib banget buru-bburu bisa jadi solusi

    BalasHapus
  48. Bikin mudah y mba paylater traveloka next mau deh gunain fitur ini.. klo memang pandemi dah berakhir Salah satu keinginan mau travelling dn dah biasa pakai traveloka sbg agents

    BalasHapus
  49. Wah iya...kemudahan zaman sekarang akan penggunaan kartu kredit membuat orang kadang terlena.
    Jadi kudu dipasang besar-besar tulisan di kamar bahwa gunakan kartu kredit dengan bijak.
    Agar semua senang, semua bahagia.

    BalasHapus
  50. Fitur paylater disediakan untuk membantu ya..jadi jarus digunakan sebijak mungkin.. kalo nggak disiplin juga malah bisa merugikan diri sendiri ya...

    BalasHapus
  51. Setuju mba, kita harus pastikan kemampuan kita nantinya untuk membayar cicilan. Boleh aja lah pake paylater gini, asalkan beberapa pertimbangan yang seperti ditulis di atas tadi diterapkan dengan benar.

    BalasHapus
  52. Paylater ini hanya bisa dipakai untuk transaksi di Traveloka aja ya mba?

    Kalau semisal untuk transaksi offline bisa ngga?

    Yang penting juga keamanannya terjaga, soalnya sekarang banyak hacker yang coba memanfaatkan fasilitas yang ada dalam kartu kredit.

    BalasHapus