Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Turn Over Karyawan Anda Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

 

ruangkerja

Halo teman Dee, apa perusahaan Anda akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.? Semoga selalu sehat ya. Terima kasih sudah mau mampir ke deestories, kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia, suka traveling dan kuliner. 

Hari ini saya mau cerita tentang turn over karyawan. Turn over karyawan termasuk masalah serius bagi sebuah perusahaan, lho. 

Turn Over Karyawan

Turn over karyawan berarti kecenderungan atau intensitas suatu perusahaan mengalami pergantian atau perputaran karyawan. Tingkat turnover diukur berdasarkan jumlah tenaga kerja yang berhenti bekerja dalam periode waktu tertentu.

Tenaga kerja atau Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Mereka berperan melakukan perencanaan, kebijakan, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan. 

Di sisi lain, kemajuan teknologi membawa arus perubahan yang kuat, menyebabkan lingkungan bisnis berubah semakin dinamis. Perubahan zaman ini, tentunya menuntut beragam industri untuk terus berinovasi agar dapat bersaing lebih kompetitif. Akibatnya, perusahaan pun membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompeten.

Tapi tidak sedikit perusahaan yang justru banyak ditinggal karyawannya. Bermacam alasan, mulai dari tidak kuat dengan sistem kerjanya, tidak bisa beradaptasi, bahkan banyak pula yang bosan dan merasa tidak berkembang.  

Menyikapi permasalahan tersebut, sebenarnya perusahaan bisa memberikan program pelatihan kerja bagi SDM. Pelatihan kerja merupakan salah satu media yang efektif untuk memperbaiki performa dan meningkatkan kompetensi karyawan. Sehingga, setiap karyawan merasa dirinya diperhatikan, merasa diajak untuk berkembang bersama, dan merasa difasilitasi untuk memiliki kompetensi yang lebih lagi.

Namun, hal ini menjadi kendala bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, bahkan hingga tersebar di seluruh Indonesia. Beragam kegiatan pelatihan kerja dinilai kurang efisien dan menyebabkan lemahnya efektivitas kinerja perusahaan. Apalagi, di masa pandemi saat ini, pelatihan kerja dapat meningkatkan resiko penyebaran virus.

Aplikasi Ruangkerja by Ruangguru

aplikasi Ruangkerja

Beruntung sekarang sudah ada Ruangkerja yang bisa membantu mengatasi masalah turn over karyawan ini. 

Aplikasi ruangkerja hi sebuah unit bisnis Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online, hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Banyak perusahaan yang telah bermitra dengan ruangkerja dalam memberikan pelatihan online bagi karyawan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Aplikasi ruangkerja dianggap sebuah solusi karena menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan secara efisien dan profesional.

Keunggulan Aplikasi Ruangkerja

Berikut ini beberapa fitur unggulan aplikasi ruangkerja serta manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan Anda:

1. Pelatihan Berbasis Digital

Kapasitas waktu dan tenaga perusahaan yang terbatas dalam memberikan pelatihan kerja dapat diatasi menggunakan aplikasi ruangkerja, sebuah platform pelatihan berbasis digital. 

Melalui ruangkerja, program pelatihan kerja akan mudah diakses karyawan. Mereka dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, langsung dari perangkat mobile, komputer, atau laptop. Dengan demikian, pelatihan akan jauh lebih efektif dan efisien.

2. Memungkinkan Personalisasi Materi Pelatihan dengan Mudah

Aplikasi ruangkerja memiliki fitur sistem manajemen konten untuk setiap mitra perusahaan. Sistem ini memberi keleluasan bagi perusahaan untuk mengelola materi pelatihannya dalam bentuk apapun, seperti video belajar, bank soal, dan lain sebagainya. 

Perusahaan dapat menyusun kelas-kelas pelatihan bagi karyawan secara runtut dan sistematis, sesuai kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Selain itu, perusah juga dapat membuat kelas pelatihan sendiri secepat apa pun yang diinginkan melalui Content Management System (CMS) ruangkerja yang sangat mudah.  

3. Sistem Belajar yang Terstruktur dan Up-to-Date

Melalui fitur learning journey, materi belajar disusun secara terstruktur dan sistematis. Fitur ini sangat berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile. 

Tampilan ruangkerja yang menarik dan user friendly membuat peserta pelatihan nyaman saat menggunakan aplikasi ini. Semua informasi penugasan pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan terkirim secara otomatis melalui email maupun push notification. Hal ini membantu peserta agar selalu up-to-date dengan informasi yang diberikan perusahaan.

4. Kolaborasi dengan Kelompok Secara Online

Di aplikasi ruangkerja, peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya terkait materi pelatihan melalui fitur forum diskusi. Mereka pun dapat bertanya kepada para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. 

Fitur ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memaksimalkan pemahaman materi, meskipun pelatihan kerja dilakukan secara online.

5. Memudahkan Pemantauan Proses dan Hasil Pelatihan

Perusahaan dapat memantau progres dan hasil pelatihan para peserta dengan mudah melalui fitur monitoring dashboard. Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan yang dilakukan peserta beserta hasil penilaian yang mereka peroleh. Tentunya, fitur ini membantu perusahaan dan Management Team dalam mengambil keputusan. 

ruangkerja

6. Menyesuaikan Pelatihan dengan Role-based Access Control 

Fitur role-based control berfungsi untuk mengatur hak akses masing-masing karyawan sesuai jabatan (role) pada Content Management System (CMS) ruangkerja. 

Dengan role-based control, tidak semua data bisa diakses oleh peserta. Artinya, peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini bertujuan untuk keamanan data serta mencegah penyalahgunaan data yang tersimpan.    

7. User Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan  

Agar pelatihan peserta dapat berjalan secara efisien dan profesional, ruangkerja menyediakan fitur grouping. Fitur ini akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok (group) berdasarkan posisinya di perusahaan. 

Bahkan, perusahaan juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan enrollment peserta secara massal.    

8. Meningkatkan Performa Karyawan

Aplikasi ruangkerja dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan materi yang diberikan. Reward points merupakan salah satu fitur yang mampu memicu antusiasme peserta pelatihan. 

Melalui fitur ini, peserta dapat memperoleh poin setelah menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan. Selain itu, ada juga fitur leaderboard yang dapat mendorong peserta untuk menyelesaikan materi sebaik mungkin dan menjadi yang terbaik di kelas. Bagi peserta yang sudah menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan, mereka akan mendapatkan sertifikat digital yang dapat diunduh dan dicetak. 

9. Menghemat Investasi dan Waktu Implementasi

Dengan bermitra bersama ruangkerja, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan pelatihan pekerja. Subscription model melalui cloud ruangkerja akan menghemat biaya investasi perusahaan, dibandingkan harus membuat sistem pelatihan sendiri.

Data karyawan dan materi perusahaan disimpan dalam cloud storage ruangkerja. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu implementasi. Jangan khawatir mengalami kebocoran data karena ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security yang mampu menjaga seluruh konten dan data penggunanya.      

Banyak sekali fitur-fitur ruangkerja yang dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaan.

Aplikasi ruangkerja juga telah mendapat banyak review dan respon positif dari para penggunanya. 

Aplikasi ini mendapat rating app sebesar 4.8/5.0 dan engagement rate penggunaan social learning 94.8%. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap metode dan pelaksanaan kegiatan.    

  

Dengan beragam keunggulan ini, maka sudah waktunya bagi setiap perusahaan untuk mempercayakan pelatihan karyawannya kepada ruangkerja ini. 

Ruangkerja bisa membantu para karyawan perusahaan untuk bertumbuh lebih baik lagi, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Pada akhirnya, perusahaan lah yang akan menerima manfaatnya. Mulai dari menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

25 komentar

  1. Sungguh Ruangguru ini idenya selalu baru dan terdepan. Setuju dengan beragam keunggulan dari aplikasi ruangkerja ini, maka sudah waktunya bagi setiap perusahaan untuk mempercayakan pelatihan karyawannya kepada ruangkerja . Memudahkan sekali!

    BalasHapus
  2. Wah baru lagi tampilannya ya ruangkerja by ruang guru ini, semoga manfaatnya makin bisa dirasakan oleh orang banyak. Training macem2 soalnya bahkan yang udah kerja pun kayakanya butuh training lagi disini untuk menambah skill

    BalasHapus
  3. ruang guru nih bener-bener mantap ya. sudah ada untuk anak SD, SMP, SMA, sekarang merambah ke dunia kerja, komitmen untuk meningkatkan kualita s SDM Indonesia patut diacungi jempol

    BalasHapus
  4. Lengkap ya program ruang guru nih. bukan cuma buat pelajar, tapi pelatihan untuk mempersiapkan sdm yang siap kerja juga ada. Jadi bisa buat pemilik perusahaan juga nih ya, buat upgrade karyawannya.

    BalasHapus
  5. sejak pandemi ini memang pelatihan karyawan sudah dikurangi secara ga boleh berkerumun dan untuk pelatihan online juga belum bisa berjalan dengan baik pas banget baca nih aplikasi ruang kerja nih jadi bisa rekomendasi buat pelatihan karyawan

    BalasHapus
  6. Bikin pusing perusahaan kalau turn over tinggi. Pernah jadi bahasan juga waktu saya masih ngantor. RuangGuru selalu aja menawarkan solusi, ya. Gak hanya untuk anak sekolahan

    BalasHapus
  7. HIkss, sediih ditinggalkan karyawan tuh, apalagi sudah dibina sedemikian rupa menjadi yang terbaik, terus malah keluar, atit ati, hahahaaa.
    Berasa banget kalo SDM tuh aset perusahaan, baru tadi pembahasan sama bapak bos. Keren pisan inni Ruangguru, fitur2 yang ada di Ruangkerja beneran bikin manggut2, tak rekomenin nih.

    BalasHapus
  8. akhir tahun nih kantor aku, bakal ngadepin hal ini, tapi yah begitulah hampir lima tahun ini ada yang keluar ada yang masuk. boleh juga nih pakai fiturnya ruang guru ya, biar siklus kerja gak terganggu meski ada yg keluar masuk

    BalasHapus
  9. Ruang Guru merambah dunia kerja juga ya bisa membantu perusahaan untuk melakukan pelatihan online dengan efisien dan terstruktur serta hemat biaya..

    BalasHapus
  10. Inovasi yg up to date dari RuangGuru bukan hanya untuk pelajar saja. Kini bahkan memberikan wadah pelatihan online bagi karyawan utk meningkatkan skill dgn berbagai fiturnya yg efisien

    BalasHapus
  11. Dulu aku pernah kerja di perusahaan yang Turn Over Karyawan nya tinggi. Kaget juga sih gonta ganti pegawai nya cepet. Coba mereka pakai RuangKerja juga ya

    BalasHapus
  12. Semasa kerja dulu aku paling senang kalau lagi kebagian pelatihan karyawan, karena bisa menambah pengetahuanku seputar pekerjaan yang kujalani, meningkatkan skill dan hasilnya aku bisa bekerja dengan lebih baik dari sebelumnya. Sekarang semua itu bisa dilakukan dalam satu aplikasi Ruang Kerja, ya ampuuun thanks to technology, ya. Sebuah cara yang menarik untuk mengurangi turn over karyawan. Biayanya juga bisa lebih ringan karena dilakukan secara online dan bisa diakses kapan saja. Menarik banget.

    BalasHapus
  13. Pelatihan berbasis digital ini solusi banget uat pelatihan kerja di masa pandemi ya. Perusahaan juga nggak perlu keluar energi banyak untuk mempersiapkan kelas pelatihan.

    BalasHapus
  14. Makin keren nih inovasi dari Ruangguru. Sekarang makin berkembang dengan adanya ruang kerja. Apalagi dengan banyak keunggulannya, sudah pasti jadi solusi ya

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu kalau Ruangguru juga punya yang namanya Ruangkerja. Ini pasti membantu banget untuk perusahaan yang sering banget ganti karyawan, pelatihan kerjanya lewat digital kalau dulu aku langsung terjun kelapangan kadang malah bingung karena minimnya bekal pengetahuan

    BalasHapus
  16. Ruangguru ini mantap banget yaa. sekarang mulai merambah pada kelas karyawan juga dengan adanya ruangkerja. Ini jadi solusi untuk perusahaan yang menekan budget pelatihan untuk karyawan yaa. Apalagi di masa pandemi ini kan harus WFH, jadi bisa dilakukan di rumah juga.

    BalasHapus
  17. Keren banget nih ruangguru. Udah jadi pekerja pun tetap difasilitasi untuk belajar di ruangkerja. materinya bisa dikustom sesuai kebutuhan perusahaan pula, jadi perusahaan nggak perlu repot dengan urusan CMS dan LMS

    BalasHapus
  18. Ruangguru jd semua serba adaa gitu.. Bener2 solutif banget ah di kala pandemi gini. Menjawab permasalahan pekerja yg ada skrg

    BalasHapus
  19. buat naikin kualitas emanng pakai ruangkerja kepake banget ya mak
    secara kalau kupikir-pikir era pandemi skrg kalau ga banyak2 belajar banyak hal sayang bangettt ilmunya banyakk. bantu banget buat perusahaan yang tetap pengen karyawannya ttp apik

    BalasHapus
  20. Cara yang mudah dan praktis ya untuk treatment karyawan ..Pekerjaan karyawan juga gak perlu ditinggal.. waktunya juga lebih singkat.. rekomended banget nih...

    BalasHapus
  21. Awalnya aku bingung apa kaitannya turn over karyawan dengan aplikasi ruangkerja.
    Akhirnya aku paham dari penjelasan di atas. Bahwa dengan memberikan pelatihan yang sesuai kepada karyawan di sebuan perusahaan diharapkan karyawan akan semakin cakap bekerja dan semakin meningkatkan produktifitas.

    BalasHapus
  22. wah jadi aplikasi RuangKerja ini cocok untuk perusahaan dengan tur over karyawan yang tinggi ya Mak.. Jsadi lebih memudahkan pemindahtanganan jibdesc gitu ya.. Dan bisa memudahkan karyawan baru untuk belajar dan nambah skill juga yaaa

    BalasHapus
  23. Penting memerhatikan mengenai produktifitas karyawan dengan memberikan pelatihan khusus di bidangnya.
    Ruangkerja dari ruangguru ini tempat belajar online terbaik.

    BalasHapus
  24. Mbak, kalau untuk narasumber pelatihan apa disediakan Ruangkerja atau dari perusahaan yang mencari? Penasaran juga nih gimana aplikasi Ruangkerja. Pelatihan online begini membuat karyawan merasa diperhatikan, bisa upgrade ilmu juga.

    BalasHapus
  25. Perusahaan pasti beruntung karena memiliki karyawan yang terlatih dan memiliki skill di bidang mereka masing-masing jika diikutkan palatihan melalui ruang kerja ya mbaa

    BalasHapus