Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Tips Sukses Menjadi Freelancer


"Diam jatuh miskin, bergerak jatuh sakit"


Hehehe, sepertinya kata-kata di atas mewakili hidup saya akhir-akhir ini. Akhir tahun kemarin saya terpaksa menghabiskan waktu di IGD, tumpukan pekerjaan membuat saya harus tumbang! Ah, begini rasanya jadi freelancer. Kalau pekerjaan nggak diambil, ya nggak ada pemasukan. Kalau kerja terus, ya akhirnya tumbang! Ada yang sama?  Nampaknya saya butuh tips sukses menjadi freelancer, gimana caranya cuan lancar tapi badan tidak tumbang. 

Tips Sukses Menjadi Freelancer

Menjadi Freelancer

Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Tahun ini, sudah satu dekade saya menjadi seorang freelancer. Sejak memutuskan lebih fokus berkarya dari dalam rumah, menjadi freelancer adalah pilihan terbaik bagi saya. 

Menjadi Freelancer bisa membuat saya tetap punya penghasilan meskipun dari dalam rumah. Saya tetap bisa bekerja sambil menjalankan peran sebagai ibu. Tetap mendampingi tumbuh kembang anak-anak saya sekaligus mencari rupiah. 

Menjajal Beragam Peluang 

Awalnya saya menjadi freelancer guru les. Saya hanya datang ketika ada jam mengajar. Ini sih dilakukan di luar rumah. Tapi tidak memakan banyak waktu. Saya hanya mengajar 1-2 jam saja. Itupun tidak setiap hari. 

Kemudian, saya mulai menjadi penulis freelance. Mulai dari menulis blog, menjadi content writer hingga menulis buku. Kalau ini sih tentu bisa dikerjakan dari rumah. 

Saya juga menjalani profesi sebagai konselor laktasi. Melakukan telekonseling maupun home visit. Membantu para ibu untuk sukses menyusui. Pekerjaan ini juga menunggu panggilan. Kalau klien butuh, maka saya datang. 

Menjadi seorang narasumber juga merupakan peluang pekerja freelance. Saya juga pernah menjadi narasumber beragam acara, mulai dari talkshow maupun pelatihan. Temanya sih seputar pengasuhan dan kepenulisan. 

Di era pandemi seperti ini, ternyata peluang menjadi freelancer semakin luas, lho! Pandemi membuat saya semakin banyak menerima tawaran pekerjaan. Ini yang akhirnya membuat saya kewalahan. Saya pun jatuh sakit! 

Tips Sukses Menjadi Freelancer

Tentu saya membutuhkan tips sukses menjadi freelancer. Saya ingin tetap bisa produktif tanpa harus mengorbankan kesehatan. Akhirnya, saya tahu bagaimana cara sukses menjadi freelancer. 

Berikut tips sukses menjadi freelancer. 

1. Perluas Networking

Pertama, agar sukses menjadi freelancer adalah memperluas networking. Bisa dengan bergabung beragam situs freelancer atau berkomunitas. 

Misalnya, saya bergabung dengan situs freelancer seperti Intellifluence, Sosiago, Skolla, HIIP dan lain sebaginya. Saya juga bergabung dalam beragama komunitas blogger seperti IIDN, Emak Blogger, Blitz, ISB dan Blogger Crony. Dari situlah saya tak hanya bisa belajar ilmu seputar freelancer tapi juga beragam tawaran pekerjaan. 

2. Melakukan Pekerjaan Secara Profesional

Kedua, cara sukses menjadi freelancer adalah mengerjakan pekerjaan secara profesional. Bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan yang terbaik. 

Jangan lupa untuk memahami kontrak kerja ataupun brief yang diberikan oleh klien. Bekerjalah sesuai kesepakatan yang telah dibuat. Kerjakan setiap pekerjaan dengan baik. 

3. Manajemen Waktu

Meski pekerjaan freelancer itu bisa dilakukan kapan saja, tidak terikat jam kantor, tetap saja lakukan manajemen waktu. Tetapkan jam kerja secara mandiri. 

Misalnya, jam kerja saya setiap hari terbagi dalam tiga waktu. Dua jam di pagi hari, dua jam di siang hari dan dua jam di malam hari. Saya menetapkan untuk fokus bekerja selama 6 jam setiap hari. 

Saya tidak bisa menghabiskan waktu 24 jam untuk bekerja. Tentunya butuh waktu untuk mengurus anak-anak dan pekerjaan domestik lainnya. Juga tentunya waktu untuk istirahat dan olahraga. Harus seimbang, agar kesehatan tetap terjaga. 

4. Manajemen Keuangan

Freelancer harus pandai mengatur keuangan, lho! Tidak punya penghasilan tetap setiap bulan, membuat freelancer harus pandai mengatur keuangan. 

Saat pekerjaan banyak, tentunya penghasilan bertambah. Nah saat inilah waktunya mengolah penghasilan. Selain ditabung, saya juga mulai belajar beragam peluang investasi. Mulai dari emas, membuka deposito, investasi bitcoin hingga mencoba bermain saham. 

Harapannya, uang-uang dingin yang disisipkan ini nanti bisa dimanfaatkan saat pekerjaan freelance sedang sepi. Dengan manajemen keuangan yang baik, freelancer tetap bisa kok memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

5. Peralatan yang Mendukung

Terakhir, untuk sukses menjadi freelancer adalah memiliki peralatan yang mendukung. Selain smartphone, tentunya saya juga membutuhkan laptop dan printer untuk pekerjaan sebagai freelancer.

Laptop HP 14s

Tips Sukses Menjadi Freelancer
Laptop HP 14s| HP


Laptop membuat saya bisa menulis dan melakukan pekerjaan freelancer lainnya. Misalnya, melakukan telekonseling dan mengajar secara online. 

Pilihan laptop saya jatuh pada HP Laptop 14 s. Laptop ini harganya terjangkau tetapi bisa memenuhi kebutuhan saya sebagai pekerja freelance. 

Saya tuh sudah jatuh cinta banget sama laptop HP alias Hawlett Packard ini. Maklum, dulu pertama kali punya laptop, merk nya ya HP. 

Hal pertama yang saya suka dari laptop HP 14 s itu adalah ringan. Jadi mudah untuk dibawah kemana saja, cukup masuk ransel. Laptop ini bisa dibilang ringan dengan dimensi 32.4x22.59x1.99 cm dengan berat 1,47 kg. 

Laptop ini dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home Edition x64 + Microsoft Office Home & Student 2019 pre installed di dalamnya. Jadi kita nggak perlu repot lagi untuk beli lisensi maupun menginstal sistem operasi. 

Spesifikasi Laptop HP 14s 

• AMD Ryzen™ 3 processor

• Windows 10 Home Single Language 64

• 14" diagonal, FHD (1920 x 1080), IPS, micro-edge, BrightView, 250 nits, 45% NTSC

• 8 GB DDR4-2400 MHz RAM (2 x 4 GB)

• 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD

• Reliable laptop with slim, stylish design

• AMD Radeon™ Graphics

• 1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate; 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 1.4b; 1 RJ-45; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo

• Up to 7 hours

• 2 years limited parts and labour Warranty

Keunggulan Laptop HP 14s

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, laptop HP 14s ini punya banyak keunggulan, antara lain : 

1. Layar dengan sudut pandang yang luas

Keunggulan pertama dari laptop HP 14s ini adalah layarnya. Layar pada laptop ini memiliki resolusi FHD berukuran 14 inchi dengan panel IPS dan desain micro-edge. 

Laptop ini memiliki desain chassis slim. Desain ini bisa memberikan bsudut pandang luas hingga 178 derajad. Jadi kita menikmati tangkapan layar yang jernih dan luas. 

2. Performa yang mumpuni dan responsif

Laptop ini memiliki performa yang mumpuni dan responsif. Prosesor Intel® Pentium® 6405U yang hemat energi sehingga kita bisa melakukan pekerjaan lebih lama dengan tenang. 

Laptop ini juga didukung dengan touch pad yang super responsif, anda bisa melakukan aktivitas komputasi, browsing, hingga streaming dengan cepat dan efisien.

Laptop HP 14s ini memiliki memori sebesar 8GB dan penyimpanan SSD 512GB. Ini memungkinkan kita untuk  mengakses berbagai file mulai dari dokumen penting hingga ke file media dengan sangat cepat.

3. Baterai yang tahan lama

Laptop HP 14s ini memiliki baterai yang tahan lama, mampu bertahan hingga 14 jam lamanya. Selain itu laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi fast-charge untuk pengisian daya dalam waktu yang lebih singkat. 

4. Desain yang stylish

Terakhir, keunggulan laptop ini adalah desainnya. Desainnya sangat stylish. Laptop ini memiliki tampilan fisik yang stylish dengan warna silver hingga ke keyboardnya. Jadi percaya diri kalau bekerja dengan laptop HP 14s!

Printer HP ScanJet Pro 2000 S2

Tips Sukses Menjadi Freelancer
Printer HP ScanJet Pro 2000 S2|HP

Nggak hanya laptop, sebagai seorang freelancer saya juga butuh printer. Biasanya printer saya gunakan untuk mencetak dokumen penting yang berhubungan dengan pekerjaan, misalnya kontrak kerja ataupun invoice. Nah biar lebih mudah dan praktis saya memilih printer yang juga berfungsi sebagai mesin scan.

Lagi-lagi pilihan saya jatuh pada merk HP. Saya pun memilih Printer HP ScanJet Pro 2000 S2 untuk mendukung pekerjaan saya. 

Printer HP ScanJet Pro 2000 S2 ini adalah printer sekaligus mesin scanner yang bisa memindai dokumen dalam 2 sisi sekaligus. Kecepatan printer ini adalah 35ppm/70ipm untuk setiap proses pemindahan. 

Resolusinya juga bagus. Hasil cetak dari Printer HP ScanJet Pro 2000 S2 ini mencapai 600 dpi, untuk cetak warna maupun hitam putih. 

Desainnya juga ramping. Tidak menghabiskan banyak space. Pas lah buat diletakkan di meja kerja saya. 

Meora Prima Solusindo

Tips Sukses Menjadi Freelancer
Meora Prima Solusindo

Setelah tahu apa saja peralatan mendukung seorang freelancer, saatnya mencari tempat untuk membelinya. Pilihan saya jatuh kepada Meora Prima Solusindo.

Keunggulan Membeli Laptop dan Printer HP di Meora Prima Solusindo

Mengapa sih saya memilih Meora Prima Solusindo sebagai tempat untuk membeli laptop dan printer HP? Alasannya adalah Meora Prima Solusindo ini punya keunggulan dibandingkan tempat jual laptop dan printer lainnya. 

Berikut adalah keunggulan yang bisa kita dapatkan jika membeli laptop dan printer HP di Meora Prima Solusindo.

1. Patner resmi HP

2. Sudah berpengalaman selama 20 tahun lebih

3. Telah memenangkan beragam pengahargaan, yang terbaru adalah HP Commercial Award 2020

4. Dipercaya oleh 90% klien yang merupakan Bisnis atau Enterprise

5. Produk yang lengkap, tak hanya laptop dan printer saja. Di Meora Prima Solusindo juga ada PC, Pita, Tinta, Toner dan Aksesoris lainnya

6. Harga yang kompetitif

7. Layanan pelanggan yang mudah dan cepat


Jadi tidak salah kan jika saya memilih Meora Prima Solusindo sebagai tempat membeli laptop dan printer HP untuk mendukung pekerjaan saya ini. Teman-teman bisa berkunjung ke website Meora Prima Solusindo untuk melihat beragam produk yang ditawarkan, klik link Meora Prima Solusindo , ya!

Penutup

Demikian adalah 5 tips sukses menjadi freelancer. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman untuk menjadi freelancer yang sukses. Kalau punya tips lainnya, boleh lho berbagi di kolom komentar. 

Terima kasih.


120 komentar

  1. harus pinter ngatur waktu adalah salah satu kunci utama jadi seorang freelancer. pekerjaan dan kesehatan harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya supaya balance. untuk laptopnya aku juga pakek merk HP 14s selain desainnya trendy kapasitas ruang penyimpanannya juga banyak. jadi cocok digunakan oleh semua kalangan. tetep semangat dan selalu jaga kesehatan terus ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyeimbangkan waktu untuk bisa menghandle semua itu yang masih sulit banyak dipraktikkan oleh para freelancer ya. Apalagi kalau lagi dapat banyak job pengennya semua segera selesai. Kurang management waktu bisa tumbang deh

      Hapus
    2. bener. waktu 24jam berasa kurang aja kalo dah freelancer an gitu. sebab kerjaannya kan beragam dan gak ada jam mengikat. makanya butuh gadget yg bs mendukung kayak laptop dan printer yg oke seperti di atas

      Hapus
  2. Jadi freelancer di rumah memang asyik ya mbak. Bisa ngurus anak sama dapat hasil. Tapi jangan lupa untuk istirahat dan atur waktu biar ga jatuh sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kelihatannya enak ya waktunya fleksibel, bisa diatur sendiri. Tapi emang tetap memperhatikan kondisi fisik juga, mesti dijaga kesehatannya

      Hapus
  3. jadi freelancer emang gak mudah ternyata ya, kalau gak bisa jaga kesehatan dan mood bisa kesehatan yang jadi taruhannya. tapi disisi lain ada benefit juga dari jadi freelancer, smeua hal kita yang urus dan gak harus selalu report sama atasan, hihihi. btw aku juga pake laptop HP, tapi belum upgrade nih masih pake series lama. meski pake window 10 karena bukan peruntukannya jadi suka lemot. kepikir nih pengen ganti ke HP 14s, auto googling price nya nih, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena freelancer kudu praktis dan kalau punya perangkat kece ini makin semangat ya

      Hapus
  4. Saluuutt buanget ama mba Dee! Manajemen waktu, mood, semangaatt yg super duper OK.
    Dirimu bener2 suri tauladan bagi emak2 freelancer jaman now.
    Yuk yuk, tetep produksi konten yg berkualitas!

    BalasHapus
  5. Wah mbak Dee, keren banget ternyata. Pekrjaannya macem-macem dan semuanya menarik yah. Aku pengen nambah-nambah kerjaan masih kepikiran sama bocah di rumah, huhu. Insya Allah ada saatnya nanti aku bakal punya waktu lebih banyak untuk kerja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut ya sama job yang begitu banyak sementara management keluarga dan pribadi tetap berjalan dengan baik. Tipsnya sangat bermanfaat

      Hapus
  6. pas banget bututh rekomendasi printer, utk tugas online anakku yg masih PJJ. Printer mmg butuh gak butuh sih, kadang suka tb2 ada tugas mau ngeprint, yah jalan keluarnya hrs beli

    BalasHapus
  7. wakakak quotesnya makjleb banget deh Mbaa.. memang kudu umek dan kerja tiap hari yaa.. belum lagi kalau soal manajemen waktu ama anak-anak. akhirnya harus elminiasi satu-dua kegiatan yang kurang jadi prioritas. semangat terus mba

    BalasHapus
  8. Lptop tuh andalan banget emang buat freelancer ya.. karena serasa punya kantor sendiri jadi harus dilengkapi printer juga nih..biar gak perlu kesana-kemari juga kalo butuh ngeprint..

    BalasHapus
  9. yes jadi freelancer itu gak mudah, harus punya list dan jelas mau apa, harus fokus juga, manajemen waktu juga kudu tertib dan disiplin

    BalasHapus
  10. Dalam dunia kerja, Networking ini memang penting banget. Sering tuh kita diminta rekomendasi apa gitu. Beruntunglah kalau kita yang direkomendasikan. Makanya tetap kerja secara profesional. Manajemen waktu, keuangan, perlengkapan dan alat ini juga gak lah penting

    BalasHapus
  11. Jadi freelancer itu emang harus punya jejaring yang luas dan supel. Tidak menutup kemungkinan calon job akan muncul dari sana, yang bermodal kepercayaan dan ketulusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Teh,
      Tanpa disadari itu modal utama, yang gak disangka eh ada aja yang kirim email dan WA penawaran job

      Hapus
  12. Tidak mudah ya mbak menjadi Freelancer, selain harus bisa memanage waktu dengan baik apalagi jika masih memiliki anak kecil, juga harus memiliki senjata tempur yang mumpuni agar pekerjaan bisa berjalan dengan lancar. Aku juga lagi nabung nih mau beli laptop baru dengan spesifikasi lebih bagus dan update.

    BalasHapus
  13. Laptop HP idaman banget.
    Entah kenapa kalau lihat laptop hape itu, daku suka sama keyboardnya yang unik, karena buat klik kanannya lebih mudah

    BalasHapus
  14. Sehat-sehat selalu, Di..
    Memang apapun yang utama adalah kesehatan dulu.

    Lalu gadget yang dimiliki untuk menunjang pekerjaan di era digital begini.
    Kece banget dengan semua peralatan yang mumpuni bisa menjangkau klien lebih luas, In syaa Allah.

    BalasHapus
  15. Kelola keuangan dan waktu ini saya masih keteteran, makanya betul kata kakak..kerja tak kenal waktu malah tumbang...alhasil skrng mulai belajar atur waktu biar kerja tetap jalan badan juga tetap strong😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sama mba gita nih, manajemen waktu ku masih belajar konsisten biar gak ambrul kesehatan.

      Hapus
  16. Jadi freelancer ini susah susah gampang ya mbak Dee.. tapi enaknya ya gitu seharian bisa di ruma aja. Ga enaknya ya harus sering incer strategi biar cuan mengalir....

    BalasHapus
  17. kayaknya memang persiapan untuk jadi freelancer perlu dibekali dengan alat yang mumpuni juga itu betul sekali, karena buat konten berkualitas ada kontribusi juga dari laptop atau lainnya yang berkualitas bagus

    BalasHapus
  18. Freelancer kadang kerjanya memang nggak tahu waktu. Dalam sehari kadang tumpukan deadline kejar-kejar. Disiplin dan didukung peralatan canggih adalah salah satu cara sukses ya jadi freelancer

    BalasHapus
  19. klo jadi freelancer emang harus banget yaa strict sama pengaturan keuangannya, karena pendapatannya ga menentu secara jumlah dan waktu, gadget yg mumpuni buat kerjaan juga penting sih

    BalasHapus
  20. Dapet banget nih tips jadi freelancer.Karena aku baru memulai dipertengahan tahun lalu setelah memutuskan untuk pensiun dini.Lebih nyaman jadi freelancer tidak terikat waktu

    BalasHapus
  21. Wah setuju bangett mba Dian sama Quotesnya haha. Jadi freelance enak enak ngilu juga sih ya hahaha. tapi alhamdulillah aku menikmatinyaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng-seneng senep ya mbak,haha tapi emang dimanapun dan apapun pilihan kita tetap ada tantangannya. sebagai freelancer emang kudu siap sih jaid bos sekaligus karyawan untuk diri sendiri

      Hapus
  22. Betul nih. Jadi freelancer enaknya gak punya bos, gak perlu mandi pagi2 trus gak kena macet2 di jalan tp gak enaknya klo gak bisa management waktu dah lah buyar semua. Haha...
    Aku juga pake merk HP mbak. Awet. Udah berapa tahun tuh kupake masih bandel aja laptopnya

    BalasHapus
  23. Sebagai freelancer, aku yang masih jadi PR itu soal manajemen waktu. Apalagi kalau ada drama bagus atau kalau enggak scroll tiktok, malah jadi amburadul, heheh..
    Btw, sebagai freelancer, yang namanya laptop itu penting bgt buat aku. Dan laptop HP emang salah satu laptop yang recomend. Dulu pas kerja kantoran, laptop sama printer aku juga pakai HP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. manajemen waktu sama manajemen uang juga nih ya kak, soalnya kan pendapatannya ga menentu, mesti aktif juga cari peluang kerjasama2 nya juga

      Hapus
    2. Bener Mbak, manajemen keuangan juga penting banget. Freelancer kudu pinter ngatur keuangan, jangan sampai boros pas pendapatan banyak terus kering pas jobnya dikit...heheh

      Hapus
  24. Manajemen waktu dan mau membaca brief secara benar sih yg kadang susah banget. Kadang udh riweh banyak kerjaan, ada aja brief yg salah/ketinggalan. Untungnya admin2 pada baek suka ngingetin.

    Nah pas banget nih tahun ini ada rencana buat upgrade gadget. Soalnya laptop yang kupake skrg udh versi jadul. Cuman bs ngetik doank. Buat ngedit foto/video udh ngga sanggup tuh. Semoga tahun ini bs upgrade ahhh..Nabung dl nih soalnya invoice dr tahun kmrn ada yg blm cair hahahaha *derita freelancer.

    BalasHapus
  25. bener banget, manajemen waktu ini perlu. Kadang kalau ambil terlalu banyak kerjaan dan ga bisa manage waktu bisa bisa bikin badan drop.
    Dan networking penting juga untuk freelancer ya, karena datangnya job juga ga bisa di duga-duga

    BalasHapus
  26. Yang kata orang freelancer itu nggak terikat jam seven-nine (kerja dari jam 7 sampai jam 9), tapi yang betul adalah 24 jam hahaha apalagi kalau belum punya managemen waktu baik, keteteran yg ada karena punya anak bayi. Managemen keuangan juga PR. Tapi tetep bahagia jd freelancer ;) hehe Btw, laptopnya cakep mba hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nihh, betul banget, karena ambil pekerjaan ini itu dengan deadline yg rupa rupa makanya ada satu waktu kaya kejar setoran yaa aka lembur nih ga 9 to 5 hahaha

      Hapus
  27. Jadi freelancer memang tak semudah tampilan luarnya ya kak. Butuh banyak perjuangan. Terutama peralatan yang mendukung kegiatan.

    BalasHapus
  28. Laptop, kamera, hingga ponsel selalu jadi alat perang wajib bagi freelancer nih. Demi cuan, ya semua akan dikerahkan. Tahun ini aku juga harus upgrade laptop nih. Nabung dulu ahhh soalnya juga harus menyiapkan buat puasa dan lebaran. Blm lagi tagihan domain dan hosting yang bentar lagi mau abisss.

    Duh derita freelancer kyk gini nih. Invoice segera cair donk. Hahaha..

    BalasHapus
  29. Memang deh menjadi freelancer itu mesti pandai mengelola waktu dan keuangan juga hihihi :D Thanks udah berbagi tipsnya ya mbak :D Aktivitas zaman now rata2 online apaagi masih pandemi begini dan anak2 PJJ kembali. Laptop dan printerku di rumah merk HP lho. Andalan keluarga banget pokoknya untuk segala urusan cetak, scan, copy dll oke banget hasilnya.

    BalasHapus
  30. Bener banget nih, Mbak. Setelah jadi Freelancer, jadi tau rasanya bahwa membagi waktu itu tidak mudah. Apalagi kalo masih punya balita dan tanpa ART pula :)
    So, balance antara kesehatan fisik dan mental sangat perlu juga, nih. Semangat!

    BalasHapus
  31. Keren, Di..
    Selalu produktif jalani hari dengan memberikan ilmu yang dimiliki. Ketika membutuhkan aktivitas online yang tinggi, maka pilihannya adalah menggunakan laptop HP yang canggih dan memuaskan.

    BalasHapus
  32. Wah saya juga mulai merasakan badan kewalahan akhir-akhir ini Mbak. Alhamdulillah memang masih kuat dan tidak sampai tumbang hingga ke IGD. Semoga sehar-sehat terus ya Mbak... Saya mulai merasakan batup pilek dan panas dingin karena sering begadang dan lelah.
    Tapi imbasnya ada beberapa job yang saya turunkan rofesionalitasnya ketimbang harus sakit lebih parah. Tapi ya itu, jadi nggak enak sama yg kerjasama karena molor waktu. eh jadi curhat.

    BalasHapus
  33. Aku punya teman yang suka sekali menggunakan laptop HP. Aku nggak begitu kenal sih typenya. Tapi emang asyik sih pkenya.

    BalasHapus
  34. Betulbanget nih mbak.jadi freelancer kita ini bos sekaligus pekerjanya jadi harus pandai2 manajemen diri..

    Aku pun masih terus beradaptasi btw merk HP ini terkenal oke sejak dulu produknya

    BalasHapus
  35. Semoga sekarang sudah sehat ya, Mbak
    Memang jam kerja yang tak berpola membuat freelancer bisa tumbang ya jika tak pandai-pandai mengaturnya. Semangat terus, sehat selalu, semoga dengan didukung piranti seperti laptop HP ini bikin kerja makin lancar jaya

    BalasHapus
  36. Mampir sudah tertampar dengan kata-katanya hehehe... Dulu saya berkeinginan menjadi ibu rumah tangga dan Lancer jadi pekerjaan bisa dilakukan dirumah aja. Sekarang alhamdulillah sudah terwujud tapi nyatanya tidak mudah ya apalagi tentang manajemen waktu. Tulisan ini menjadi inspirasi agar sukses menjadi freelancer juga didukung alat tempur yang mantap seperti laptop HP

    BalasHapus
  37. Nice tips mba dian, HP mmg laptop kece. Laptop dinasku juga HP. bentuknya kecil enak dibawa kemana2 dan tentunya speksifikasinya mumpuni

    BalasHapus
  38. laptop memang peralatan yang penting banget ya mbak dimiliki bagi mereka yang bekerja di bidang kepenulisan kayak penulis freelance ini. makanya memang sebaiknya kita pilih laptop yang bagus untuk pekerjaan kita

    BalasHapus
  39. Manajemen waktu itu tantangan terberat untuk freelancer yang juga memiliki pekerjaan kantoran seperti saya. Bener-bener harus atur waktu biar bisa Work-Life balance huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. memang kita harusnya pintar membagi waktu ya agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik

      Hapus
  40. Laptop adalah perangkat yang wajib dimiliki oleh para freelancer yaa, Mba. Saya sedang nabung nih biar bisa beli laptop baru yang kapasitasnya lebih baik dari laptop saya saat ini

    BalasHapus
  41. Mba setuju banget kalau sebaiknya jadi freelancee itu baiknya yang luas jaringannya ya mba. Jadinya ya banyak yang terbantu berikan info pekerjaan

    BalasHapus
  42. Manajemen waktu ini emang penting banget ya buat freelancer, jangan mentang-mentang nggak punya bos, lalu nggak mengatur waktu kerja dengan baik.

    Freelancer juga butuh dukungan perangkat handal, laptop dan printer dari hp bisa memperlancar pekerjaan

    BalasHapus
  43. Banyak yang ngira jadi freelancer tuh enak soal waktu, padahal harus pinter-pinter nih bagi waktu biar kerjaan dan urusan rumah juga tertangani.

    BalasHapus
  44. Iya ya, Mbak .. freelancer itu eperti gambaran Mbak Dian dalam tulisan ini dan kita perlu perlengkapan mumpuni, salah satunya laptop seperti Laptop HP 14s ini.

    BalasHapus
  45. Infonya bermanfaat banget mbaa, sampai aq screenshoot, pengen dirumah menghasilkan jugaa, selama ini sih jd reseller.

    Ngomong2 soal.laptop punya suamiku jg merk HP ringan tipiss simpel.

    BalasHapus
  46. perluu banget nih peralatan yang mendukung kerjaan kita sebagai freelancer, apalagi buat nulis dan bikin konten.
    oia keinget slogannya: diam jatuh miskin, bergerak jatuh sakit... ini percis banget kayak orang yang aku kenal, harus kerja kalo ga anak2 ga makan, tapi badan udah ga muda dan malah sakit2an hiks..

    BalasHapus
  47. makasih tipsnya kak, saya masih belajar jadi freelancer yg tetap profesional. mungkin hambatan saya di manjemen waktu kali ya karena masih ada batita jd kudu pinter bagi waktunya

    BalasHapus
  48. Profesi apapun yang dipilih, selalu ada konsekuensi yang menyertai yaa..
    Dan tantangan terbesar dari seorang freelancer adalah di masalah manajemen waktu dan keuangan. hihi...ini akunya yang kudu banyak belajar agar tidak keteter dalam mengerjakan tugas sehari-hari dan DL job freelancer.

    BalasHapus
  49. salah satu pendukung pekerjaan influencer adalah dengan memiliki laptop. Tentunya laptop yang memiliki spesifikasi ok punya yang layak jadiin pilihan. Karena freelance kan main dengan deadline, jd hrs punya pendukung laptop yang ok

    BalasHapus
  50. Aku punya laptop HP ini mak. Membantu banget untuk urusan ngeblog. Sekarang dipake anakku untuk sekolah dan desain grafis

    BalasHapus
  51. Setuju sama semua tipsnya khususnya bangun networking seluas-luasnya, soalnya freelancer kan nggak punya gaji tetap, jadi harus banget ada pegangan demi memenuhi kebutuhan hidup. Hehe.

    BalasHapus
  52. Terim kasih tipsnya ma, nambah pengetahuan juga. Btw saya naksir pintar nya sebab lagi nyari2 pintar nih, hehehe

    BalasHapus
  53. Gadget yang mumpuni tuh emang jadi syarat mutlak freelancer zaman sekarang ya mak. Makasih banyak buat tips suskes jadi freelancernya. Kagum deh ama dirimu yang bisa handle banyak kerjaan gitu.

    BalasHapus
  54. Mbak Dee hebat lho aktif banget ngeblog dan jadi konselor laktasi. Keren euy. Jadi freelancer memang ga mudah tapi nyatanya mbak berhasil. Ternyata salah satu rahasianya adalah laptop HP:)

    BalasHapus
  55. Jadi freelancer emang gak gampang yaa. Kuncinya memang di disiplin soalnya yang ngatur kan diri sendiri gak diperintah org. Butuh gadget yang mumpuni emang ya kalau kerjaannya gk bisa lepas dari laptop. Btw pirnternya cakep nih desainnya. Asyek banget cetak2 invoice yeaaay, paling seneng deh denger kata invoice ehehehe :D

    BalasHapus
  56. Aku salut sama mba Dian. Energinya kaya full terus, ya ngurusin anak, ngajar, ngurus rumah, jadi freelancer, rajin update blog pula.
    Memang mba, jadi freelancer itu disiplinnya kudu tinggi biar produktif.
    Kudu banyak belajar manajemen waktu dari Mba Dian yang udah jadi professional ini.

    BalasHapus
  57. Aku dulu pake notebook dari HP saat kuliah mbak, emang bagus banget. Trus sekarang aku pake printer dari HP, Alhamdulillah sudah hampir 6 tahun belum ada masalah. Wah, ni ada produk terbaru ya, pengen upgrade jadinya

    BalasHapus
  58. Laptop dan printer emang senjata andalan di rumah, mbak. Buatku ngeprint worksheet belajar, kerjaan, invoice, dst.
    Btw, jadi penasaran dengan situs job untuk influencer yg mbak sebutkan. Mau cek satu-satu

    BalasHapus
  59. Manajemen waktu itu penting dalam pekerjaan, apalagi buat freelancer. Makanya perlu memiliki perangkat kece dari HP ini

    BalasHapus
  60. Blm bisa manajemen waktu dengan maksimal nih. Kayaknya tips membagi waktu kerja bisa dicoba nih, siapa tahu cocok buatku... Apalagi kalau didukung dengan alat tempur yang keren kayak laptop dari HP. Kerja jadi bisa lebih maksimal.

    BalasHapus
  61. Menjadi Frelancer memang ngak mudah ya, selain butuh fasilitas penunjang meskipun bekerja dari rumah, juga harus pandai menjaga kesehatan soalnya pekerja freelance juga rentan mengalami masalah kesehatan. Tapi aku suka karena jenis pekerjaan ini bisa dilakukan darimana saja.

    BalasHapus
  62. Oalaaah, baru tahu kalau Mbak Dian sempat masuk IGD. Jadi pas ketemuan awal Januari itu baru sembuh dari sakit ya, Mbak? Sehat-sehat, Mbak Dian. Sebagai freelancer memang harus bisa manajemen waktu biar badan tetap strong.

    BalasHapus
  63. Udah lama aku menjalani profesi sebagai blogger ini cuma mengandalkan hp karena tuts notebook ku rusak. Pengen juga punya laptop baru semacam hp. Bismillah aja dulu lah sembari nabung. ehehe

    BalasHapus
  64. Betul banget kak tipsnya. Bekerja sebagai freelancer meski dikerjakan dari rumah, tetap harus profesional bisa manajemen waktu dengan tepat dan terpenting di dukung dengan peralatan yang mumpuni, sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih baik

    BalasHapus
  65. wah paling seneng ya kalau pekerjaan kita didukung sama perangkat yang mumpuni kaya HP gini :)

    BalasHapus
  66. jadi freelancer itu memang gak mudah sih, perlu strategi juga biar tetap bisa ngerjain semuanya dan kesehatan kita juga tetap terjaga. Manajemen waktu itu yang penting karena semuanya kita yang atur dan kendalikan ya.
    btw ini laptop terbaru keluaran HP itu ya? wiih kece, waktu itu lihat reviewnya dari YouTuber bikin kelepek-kelepek deh, apalagi speknya dah canggih gitu, ringan pula ya jadi bisa dibawa kemana-mana gak pegel, moga bisa punya ini juga iih :D

    BalasHapus
  67. Laptop HP ini memang cocok untuk freelance yang mobilitasnya tinggi ya. Ringan, spesifikasiya bagus dan baterai yang tahan lama. Rekomended sekali, deh!

    BalasHapus
  68. Diam jatuh miskin, bergerak jatuh sakita. Wkkwkwk. Aku langsung ketawa dong mba sama kalimat pembukanya. Soalnya aku juga lagi ngerasain hal yang sama setelah memutuskan jadi full time freelance. Tapi ini bahasanya related banget ya sama kita freelance-freelance ini

    BalasHapus
  69. Ikut komunitas paling perlu tuh kak utk menjaring networking. Setuju banget deh apa poin tips lainnya. Emang akan saling terkait sih.

    Dgn komunitas, kita jg bs belajar dr lainnya, saling support jg. Plus ada informasi lomba2. Siapa tahu dapat laptop baru tuh.

    BalasHapus
  70. "Diam jatuh miskin, bergerak jatuh sakit"

    kalimat ini ngena banget mbak. kebetulan aku juga baru udahan kerja dan masih nunggu panggilan kerja. jadi sekarang freelance aja, dan rasanya kayak kalimat di awal.

    aku baca ini ternyata ada beberapa peluang yang belum aku coba juga. makasih mbak. semangat ya :)

    BalasHapus
  71. Sukses menjadi freelancer apabila manajemen waktu baik.
    Sehingga semakin banyak lagi memperoleh kepercayaan dari klien sang pemberi kerja.

    BalasHapus
  72. menjadi free lancer tantangannya memang tidak main - main ya mba. Selain disiplin dan manajemen waktu, kita juga perlu didukung gawai yang mumpuni

    BalasHapus
  73. Buat influencer, Laptop itu emang penting banger untuk menunjang pekerjaan. Nah, kalau soal lapto aku tertarik sama HP yang bisa dilipet itu, sekarang lagi kumpulin dnaa dulu.

    BalasHapus
  74. Bener banget mba, menjadi freelancer harus pinter ngatur waktu, walau waktunya semau kita, kalau nggak diatur bakal keteteran. Apalagi dengan profesi kita sebagai ibu, makin tambah numpuk deadline kalau time management nya amburadul, kayak saya nih, hehe

    Jadi pelan-pelan mulai atur waktu. Mulai bangun kebiasaan kecil, sedikit-sedikit aja.

    BalasHapus
  75. Managemen waktu dan managemen keuangan memang perlu dilakukan seoptimal mungkin oleh kita sebagai freelancer. Biar ga kayak quote pembuka. Selain itu perlu didukung oleh perangkat yang bisa diajak tempur.

    BalasHapus
  76. Jejaring yang luas memang modal penting banget untuk freelancer. Tapi yang lebih penting bagaimana 'memanfaatkan' jejaring itu dan mengkonversikannya menjadi penghasilan. Kalau urusan perangkat, saya juga pakai HP, karena suka dengan desainnya yang miminalis, dan bobot yang cukup ringan.

    BalasHapus
  77. Produktif sekali dirimu, mbak. Multitalenta, bisa jabanin banyak bidang freelancer. Sehingga tugas utama di keluarga bisa dikerjakan, aktivitas freelance pun bisa jalan. Meski memang mesti pintar-pintar menyiasati waktu agar sukses ya..Seperti tips yang disebutkan di artikel ini:)

    BalasHapus
  78. Duh, quotesnya nampol banget ya bun.

    "Diam jatuh miskin, bergerak jatuh sakit"

    Derita freelance ini mah. Apalagi kalau udah dikerjar deadline. Alamat lembur terusssss

    BalasHapus
  79. Mbak Dee, terima kasih banyak tipsnya. Saya juga ingin menerapkannya terutama tentang 6 jam kerja sehari itu. Mungkin saya tidak bisa menyediakan waktu sebanyak itu, tapi setidaknya dalam sehari kita memang harus menyisihkan waktu untuk konsisten bekerja sehingga tetap produktif ya.

    BalasHapus
  80. memang menjadi freelancer itu tantanganny beda pula dgn kerja kantoran ya, tetap semangat semuaaa

    BalasHapus
  81. Jadi freelancer modalnya cukup hp dan laptop, freelancer bisa dari rumah dapat maraut rupiah. Cukup kreatif dn slalu berkarya.

    BalasHapus
  82. Nah manajemen waktu nih yang masih jadi PR buat aku. Selama ini aku juga masih keteteran nih. Btw klo gadget nya mantap gini jadi bikin semangat krja ya

    BalasHapus
  83. Kece mb kalau bisa managemen waktu karena semua bisa jalan beriringan dengan apik. Aku masih keteer managemen waktuku kerja dan mendampingi anak belajar di rumah, plus ngasuh bocil. Harus belajar nih

    BalasHapus
  84. Mengatur waktu dan mengatur keuangan itu memang penting banget untuk freelancer ya, Mbak. Jadi freelancer itu menyenangkan kalau bisa mengatur waktu dan mengatur keuangan.

    BalasHapus
  85. Banyak yg bilang jd freelancer itu mudah (kelihatannya). Padahaaaal yaa kalau dijalaninya kurang serius dan awut-awitan juga gak bisa menghasilkan. Tipsnya mantul mbak. Btw aku blm punya nih merek HP, kalau asik ipar ada yg pakai tuh emang awet.

    BalasHapus
  86. Waaaaah, desainnya stylish dan slim ya. SpesifikaisnyarSpesifikaisnya jugaIjuga udah mumpuni dengan prosesor Pentium® 6405U. Cocok bnaget ini mah untuk freelancers seperti kita-kita

    BalasHapus
  87. Tipsnya udah pas banget nih untuk para freelancer. Emang kesehatan kudu dijaga bener ya biar bisa terus produktif tapi fisik tetap oke.
    Btw keren ya laptop dan printer HP, udah terjamin emang kualitas produk-produk HP.
    Sehat dan sukses selalu yaa Mbak Dian.. :)

    BalasHapus
  88. Memiliki latop dan gadget yang mumpuni, ini bekal menuju freelancer agar bisa tetap produktif membuat konten yang bermanfaat.

    BalasHapus
  89. setuju banget, harus pinter management waktu nih untuk menjadi freelance dan pastinya laptop yang mumpuni untuk mendukung kegiatan ini. Ssst, laptop HP ini mirip punya Dewi, benar-benar rekomendasi deh:)

    BalasHapus
  90. Manajemen waktu memang penting banget, ya. Meskipun pekerjaan sebagai freelance bisa dilakukan di rumah, bukan berarti kita harus bekerja terus-terusan. Waktu 6 jam insya Allah cukup ya, Mak.

    Aku juga lagi cari printer yang cocok, nih. Karena printer lamaku rusak. Dan sekarang ternyata meski anak baru SD, suka ada tugas yang harus diprint. Terima kasih infonya, bisa jadi pertimbangan buatku. :)

    BalasHapus
  91. Wow, Mak Dian juga seorang konselor laktasi? Selama ini aku taunya Mak Dian guru sekaligus blogger. Ternyata... Luar biasa energik dan aktif ya dirimu... Aku ngebayanginnya aja udah lelah. Haha...

    Tapi bener, Mak.. Jadi freelancer, kita harus pinter-pinter kelola keuangan, karena pekerjaan ngga bisa dipastikan selalu ada.

    BalasHapus
  92. Masya Alloh. Freelancer yang produktif bangett. Manajemen waktunya pasti udah oke banget, nih. Didukung dengan laptop HP, makin produktif pastinya ya, Mbaak.

    BalasHapus
  93. Jadi freelancer keliatannya enak santai, tetapi sebenarnya ya gak sesantai itu ya Mbak. Butuh managemen waktu yang bedar agar swmua berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  94. Freelancer emang modalnya laptop ya mba.. Saya juga di rumah pakai laptop HP 14s. Kapasitas dan spesifikasinya membantu saya belerja jadi freelancer juga. Tpai btw.. Lah tulisan mu ini mengingatkan saya kalau saya pernah apply di intellifluence.. Udah dibales blm ya?

    BalasHapus
  95. Mba quote mu paling atas kena banget sih, diam jatuh miskin gerak jatuh sakit,,, sad but true gitu loh untuk seorang influencer, makanya kudu bisa menajemen waktuyang baik ya mba supaya kerjaan bisa dikerjain dan ga sakit ples punya tools yang mumpuni yaitu laptop dan printer, kebetulan aku emang pengguna HP, dari kuliah terus tabungan hasil ngeblog,,, 2 laptopku HP semua

    BalasHapus
  96. Iya bener banget mba, saya pun memutuskan jadi freelancer sejak tahun 2013 supaya bisa menemani tumbuh kembang anak, apalagi anak ektiga saya waktu itu masih bayi. Time management emang harus, supaya pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

    BalasHapus
  97. Bener banget nih tipsnya. Huhu aku masih kacau nih management waktu dan management keuangannya. Waktu masih banyak mepet-mepetin ke DL. Nah keuangan masih merasa kalo penghasilanku ini penghasilan tambahan selain dari gaji suami. Jadinya ya habis entah ke mana. Kudu banyak belajar nih dari Mbak.

    BalasHapus
  98. Menurutku manajemen waktu paling krusial Mba, karena kerjaan kita selalu online, buka medsos rawan tergelincir (awalnya buat support job lama2 scroll for nothing). Beda sama yg kerja kantoran, yg jelas waktu dan targetnya. Sungguh menantang banget, walaupun "freelancer" tapi tetap harus punya triknya

    BalasHapus
  99. Menjadi freelancer memang ngak mudah ya mbak tapi dalam kondisi tertentu pekerjaan ini sangat membantu karena bisa dikerjakan dari rumah meskipun untuk itu kita harus memiliki manajemen waktu yang baik.

    BalasHapus
  100. belum pernah merasakan jadi freelancer tapi dari sini jadi tahu kalo penting bgt untuk manajemen waktu dan keuangan krn pemasukan tiap bulan belum pasti dan setuju mba seorang freelancer memang harus didukung juga dengan gadget yang mumpuni agar memperlancar pekerjaan juga

    BalasHapus
  101. Printer idaman memang HP sejak dahulu
    Sekarang butuh buat anak anak bermain di rumah dari worksheet DIY

    BalasHapus
  102. Bener banget, tools yg mendukung itu penting banget sih buat berjuang di tanah freelancer. Soalnya kan apa2 sendiri ya. Sama kalau pendukungnya udah cangguh makin semangat lagi jadi Mama digital

    BalasHapus
  103. Huhu bener banget semua poinnya, terutama manajemen waktu. Biar kata freelancer itu fleksibel, tapi benar-benar harus atur waktu. Berikut tools yang memadai karena kita ngga bisa bergantung pada siapa2 untuk ngerjain kerjaan begini ya.

    BalasHapus
  104. Sudah 6 tahun menjadi pekerja freelance dan Alhamdulillah senang banget krn bisa mengatur waktu, ya tapi itu memang harus tetap profesional dgn pekerjaan/klien

    BalasHapus
  105. Bener ya mba job diambil capek, gak diambil gak ada pemasukan hehe. Btw Laptopnya keren banget ya spesifikasinya, bisa mendukung nih untuk rajin nulis lagi

    BalasHapus
  106. Setuju banget sama tipsnya, meski freelancer harus tetep melakukan tips diatas biar makin lancar rejekinya, hehe.. Btw laptop HP tuh cakep cakep ya tampilannya, jadi pengen punya juga deh

    BalasHapus
  107. punya printer di rumah memang penting yaa mba. yang penting spexnya juga kudu yang tangguh. punyaku dulu merk canon udah wasalam dah.. bolak balik bermasalah di roller. kayaknya mau cari yang merk HP atau epson sekalian

    BalasHapus
  108. Andalan banget ya mba buat Freelancer, laptop itu udah seperti kebutuhan pokok, perangkat tempur. Untunglah ada HP 14s yang memahami betul usernya

    BalasHapus