Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Kemudahan Investasi Saham Bersama Aplikasi Stockbit

 

Aplikasi Stockbit

Bisa dibilang tahun ini adalah tahun investasi bagi saya. Saya makin giat belajar dan mencoba memiliki beragam produk investasi. Maklum, tahun ini salah satu resolusi saya adalah merdeka finansial. Saya ingin kondisi keuangan saya much better dari tahun lalu. Salah satu caranya ya dengan memulai investasi. Setelah berinvestasi dengan emas, deposito hingga bitcoin, saya pun akhirnya mencoba investasi saham. Apalagi sekarang investasi saham makin mudah bersama aplikasi Stockbit. 

Berkenalan dengan Saham

Hari Jumat lalu, tepatnya tanggal 28 Januari 2022 saya berkesempatan belajar tentang saham. Ada acara bloggerTalks, "Blogger Juga Bisa Investasi Saham". Acara ini merupakan kerjasama antara bloggerHUB dan Stockbit. Disini saya pun belajar banyak tentang investasi saham.

Seperti yang teman-teman ketahui, saham adalah surat bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menginvestasikan dana di saham, kita menjadi pemilik dari perusahaan tersebut.

Dulu, saham itu bentuknya kertas atau berupa sertifikat fisik. Sekarang, di era digital seperti ini saham sudah berbentuk digital melalui online trading

Pada tahun 2021, terdapat sekitar 700 perusahaan yang sahamnya telah terdaftar dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Saham yang diperdagangkan di BEI adalah saham perusahaan terbuka, artinya saham perusahaan tersebut dapat dimiliki masyarakat. Perusahaan terbuka ini tandanya adalah adanya keterangan Tbk setelah nama perusahaan. Misalnya,PT Bank Central Asia Tbk. 

Keuntungan investasi saham

Lalu, apa sih keuntungan investasi saham ini? Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan investasi saham, antara lain : 

1. Dividen

Pembagian keuntungan yang berasal dari keuntungan perusahaan.

2. Capital Gain

Investor menjual saham lebih tinggi dari harga beli.

3. Investasi jangka panjang

Saham adalah produk investasi jangka panjang dengan keuntungan paling tinggi.

4. Modal kecil dengan keuntungan besar

Modal untuk membeli satu lot saham terbilang cukup murah dibanding jenis investasi yang lainnya. 

Biasanya yang paling murah berkisar Rp 50.000 - Rp 100.000. Namun dari modal tersebut kita dapat meraup keuntungan hingga 100 peren. Tentunya dengan analisa yang teliti. 

5. Transparan

Investasi saham ini transparan, semua bisa dipantau secara online. Apalagi jika melakukan investasi saham melalui aplikasi perusahaan sekuritas. 

6. Pajak relatif kecil

Dibandingkan dengan produk investasi lain, investasi saham memiliki persentase pajak yang relatif lebih kecil yaitu sekitar 0,1 persen dari keuntungan akhir yang kita dapatkan dari saham itu sendiri.

Cara Investasi Saham

Melakukan investasi saham ini caranya cukup mudah, kok. Berikut cara investasi saham.

1. Memilih perusahaan sekuritas

2. Membuka RDN (Rekening Dana Nasabah) 

3. Melakukan transaksi jual beli saham di perusahaan sekuritas

Aplikasi Stockbit

Kalau mau investasi saham itu nggak bisa beli langsung di perusahaannya. Kita hanya bisa membeli saham melalui perusahaan sekuritas. 

Dulu kalau mau beli saham harus mendatangi kantor perusahaan sekuritas. Tapi di era digital seperti ini, kita bisa lho memulai investasi saham cukup dalam satu gengaman. 

Yup, sekarang bisa lho investasi saham melalui aplikasi Stockbit. Stockbit adalah aplikasi untuk kita yang ingin berdiskusi, analisa dan investasi saham dalam satu tempat. Stockbit ini adalah aplikasi dari PT Stockbit Sekuritas Digital.

Keunggulan aplikasi Stockbit

Aplikasi Stockbit

Berikut adalah keunggulan berinvestasi saham di aplikasi Stockbit. 

1. Gratis biaya broker

2. Tanpa minimal deposit

3. Gratis Stockbit Pro

4. RDN BCA 

Stockbit cocok untuk investor pemula

Aplikasi Stockbit ini sangat cocok untuk investor pemula seperti saya. Tak hanya user friendly, aplikasi ini juga didukung beragam fitur yang sangat membantu investornya. Yaitu : 

1. Stockbit Academy

Disini para investor bisa belajar all about investasi dan saham. Ini pas banget buat pemula seperti saya. 

2. Stockbit Stream

Melalui Stockbit Stream ini kita bisa berdiskusi, berbagi analisis, prediksi, dan riset dengan lebih dari 1 juta+ investor lainnya. 

Selain itu, Stockbit Stream juga menyediakan berita terkini dan data fundamental seputar saham dari sumber terpercaya.

Wah, pas ya buat para pemula untuk belajar melakukan analisa sebelum berinvestasi. 

3. Stockbit Pro

Stockbit Pro ini adalah fitur premium dari Stockbit. Di fitur ini disediakan fitur-fitur analitikal canggih yang dapat membantu kamu trading dan investasi secara professional. Fitur-fitur yang ada di Stockbit Pro yaitu Chartbit, Screener, Fundachart, dan masih banyak lagi.

Mudahnya Investasi Saham di Aplikasi Stockbit

Aplikasi Stockbit

Saya merasakan sendiri mudahnya melakukan investasi saham di Stockbit ini. Berikut adalah cara melakukan investasi saham di Stockbit. 

1. Download aplikasi Stockbit, tersedia di Apps Store dan Play Store

2. Setelah itu klik "Daftar" untuk membuat RDN (Rekening Dana Nasabah)

3. Isi data yang diperlukan. Siapkan juga foto KTP, foto selfie dan rekening BCA. Harus rekening BCA ya. Buat yang belum punya, nanti akan diarahkan Stockbit untuk membuka rekening BCA secara online. 

4. Setelah semua data diisi secafa lengkap, tunggu proses verifikasi. Biasanya memakan waktu 1 hari kerja. 

5. Jika RDN sudah jadi, lakukan deposit. Deposit ini yang nantinya untuk kita membeli saham. 

6. Lakukan pencarian saham apa yang ingin dibeli. 

7. Jika sudah tahu mau beli saham apa, pilih dan beli. Minimal pembelian 1 slot ya, atau sekitar 100 lembar saham.

8. Kalau pembelian berhasil, saham yang dibeli akan masuk ke portofolio kita. 


Nah, gimana mudah banget kan? Investasi saham di Stockbit ini aman kok. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi kita tidak perlu khawatir. 

Penutup

Saham bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan, selama kita juga mempelajari cara kerjanya. Sesuaikan dengan rencana investasi kita. 

Kemudahan investasi saham bersama Stockbit ini sudah saya buktikan sendiri. Jadi, tunggu apalagi. Yuk yang mau memulai investasi saham, pakai aplikasi Stockbit saja! 



46 komentar

  1. Menarik juga investasi saham ini Mbak. Sambil investasi sambil belajar tentang pasar keuangan. Apa lagi gerai dan cara membeli saham sekarang bisa dilakukan 100 persen online. Begitu pun beli dan jual bisa langsung dari HP dengan download aplikasi. Yuk kita investasi dan belajar tentang saham :)

    BalasHapus
  2. Aku baru mulai belajar investasi nih mbak. So far baru kenalan sama sukuk dan reksa dana, belum sempet nyentuh saham. Seru ya kalau ada aplikasi yang bisa memfasilitasi keinginan kita untuk inves, kayak stockbit ini

    BalasHapus
  3. Aku masih belum berani nih investasi saham, walau agak tertarik nih pas baca kalau modal awalnya sekitaran 50rb - 100rb utk 1 lot saham. Jadi pembelian dan penjualan, semuanya via aplikasi ini ya? Apakah selain modal awal utk pembelian saham, ada sejumlah dana yg mesti diendapkan? *Jd pinisirin*

    BalasHapus
  4. Aku masih investasi emas saja sih selama ini. Walaupun bertahap sedikit demi sedikit hehehe. Mesti dopelajari dulu lebih lanjut sih mengenai stockbit ini sebelum memulainya. Modal sedikit, hasil banyak memang disukai pastinya ya hehehe :D Sudah dijamin OJK ya jadi aman dan hati tenang, sip mbak tq infonya.

    BalasHapus
  5. nah iya sama, aku masih agak ragu buat investasi kayak gini, gak tau deh kenapa ya, tapi dengan adanya informasi seperti ini mungkin lama-lama jadi tertarik

    BalasHapus
  6. Aku blank maak soal saham, makasih ya mak lewat blog ini aku jadi tahu, ternyata simple ya mak kalau mau main saham.

    Pandemi memang membuat aku juga jadi ikut investasi tapi belum berani ke saham.

    BalasHapus
  7. udah sering lihat iklan aplikasi Stockbit

    tapi baru paham sesudah baca tulisan Mbak Dee

    mau coba ah, karena selain aman, juga dapat bimbingan

    BalasHapus
  8. Belajar investasi saham supaya investasi bisa berkembang. Tentunya bagus banget ada program untuk belajar bagi pemula. Wah aplikasinya pasti juga mendukung pembelian dan penjualan saham lewat Stockbit

    BalasHapus
  9. Selamat mba..udah berhasil ke fase merdeka finansial. Aku masih bingung2 ni soal investasi. Klo bitcoin, jelas nggak dulu.. masih abu2 juga kan klo dalam pandangan agama.

    Saham? Aku pelajai dulu yaa..dan makasih aetikelnya. Bisa nambah2 informasi nih

    BalasHapus
  10. kita samaan mba, tahun ini juga tahun investais bagi saya. dimana saya mulai melek soal investasi. pilihannya banyak dan saya juga menpertimbangkan investasi saham. nominal terendahnya berapa nih mba biar bisa mulai investasi saham di stockbit?

    BalasHapus
  11. beberapa senior saya di kantor setelah pensiun, mereka bilang kerjaannya "mainan saham" mbak. Katanya sering begadang mengamati grafik-grafik pergerakan.

    Kalau bagi pemula kayak saya ini, mesti banyak belajar dulu kali ya di stockbit academy

    BalasHapus
  12. Salah satu resolusi saya tahun ini adalah investasi saham, tapi masih bingung caranya dan pilih aplikasi yang mana. Stockbit ini termasuk salah satu yang banyak direkomendasikan. Setelah baca ini jadi tahu cara pendaftarannya. Terima kasih, Mbak Dian.

    BalasHapus
  13. Sekarang makin banyak nih bloger yg menuliskan tentang saham dan investasi, jadi makin faham supaya engga salah pilih. Walaupun masih belum berani sih ambil saham yang agresif, masih yg konvensional dulu...

    BalasHapus
  14. Wiwin | pratiwanggini.net5 Februari 2022 04.59

    Kepemilikan saham nih menjadi pilihan investasi yang banyak disukai. Tapi menurut saya memang ga bisa asal ikut-ikutan ya, musti mempelajari dan memahami bener-bener. Bte selamat ya, mba, menuju merdeka finansial ��

    BalasHapus
  15. saya terus terang masih awam dgn investasi saham. sy selama ini investasinya pake tabungan emas

    BalasHapus
  16. Aku belum paham soal saham. Pernah belajar tapi kok ya nggak paham juga. Aduh. Sama Mbak resolasi kita tahun ini merdeka financial. Saya juga ingin banget nggak bingung lagi kalau pas nggak bisa kerja.

    BalasHapus
  17. kalau saya sih masih belum terlalu ngerti soal investasi saham. jadi masih belum berani sih takut salah pilih juga. dan aku juga masih belum ngerti caranya gimana. setelah baca ini sekarang jadi tau sedikit mengenai investasi saham dan dijelasin juga cara daftarnya gimana.

    BalasHapus
  18. Memilih saham yang tepat emang pilihan banget. Aku juga harus banyak belajar untuk memilih mana saham yang tepat untuk memudahkan juga investasi. Makasih mba informasinya

    BalasHapus
  19. Belajar sambil praktek langsung investasi saham di Stockbit ini sangat menguntungkan.
    Jadi tahu seluk beluk mengenai saham dan nantinya ketika sudah semakin mahir, maka akan semakin lancar memanfaatkan aplikasi Stockbit.

    BalasHapus
  20. saya dari dulu penasaran dengan saham
    tapi bingung mau belajar dimana yang simpel dan mudah dimengerti apalagi masih pemula ini
    semoga dengan stockit ini saya bisa belajar tentang saham

    BalasHapus
  21. Dengan aplikasi stokbit mau invest saham jadi mudah ya mbak. Wah artikel ini asli bikin mataku terbuka nih mbak jadi mengerti per saham an

    BalasHapus
  22. Info menarik. Aku tuh udah lama penasaran caranya investasi saham. Agak takut gt mau pilih saham mana yg harus dibeli, kapan harus dijual, analisa pasar gimana. Kayaknya kalau pakai stockbit enak ya, ada stockbit Academy buat belajar.

    BalasHapus
  23. Sekarang sudah banyAk ya apps investasi saham, yang stockbit ini aku baru dengar

    BalasHapus
  24. saya udah buat akun stockbit, menjajal aplikasi investasi terbaru kayanya menarik juga. dan yang paling keren akun RDN nya dari bank jago

    BalasHapus
  25. Aku belum paham dengan investasi saham tapi kadang pengen coba. Butuh orang dekat yang bisa bimbing langsung sepertinya.

    BalasHapus
  26. Akhir-akhir ini aku lagi belajar juga untuk cek-cek soal investasi saham nih. Setelah baca soal Stockbit ini aku jadi tergerak untuk ngga takut lagi pakai Investasi saham dan pas juga ya buat pemula

    BalasHapus
  27. Masa depan harus dipikirkan dengan baik agar tidak nyusahin orang lain. Saham bisa jadi pilihan.

    BalasHapus
  28. Kayanya aku butuh baca-baca dan cek aplikasi Stockbit deh. Penasaran juga buat investasi di saham. Beberapa waktu ini pilih emas karena gampang. Ini mau naik kelas siapa tahu ya kan

    BalasHapus
  29. Dari baca-baca postingan teman jadi banyak info tentang investasi, bisa ikutan juga untuk merdeka finansial. Nah aku belum pernah nih investasi saham, masih mempelajari. Banyak keuntungannya ya, sekarang lebih mudah ternyata kalau investasi saham bisa lewat aolikasi Stickbit, aku pelajari deh kl gitu

    BalasHapus
  30. Semoga lancar ya mba resolusi tahun ini. aku juga udah mulai nih belajar investasi saham dikit-dikit, pengen nya nanti anak-anak punya masa depan yang lebih baik. nah boleh coba juga nih di stockbit

    BalasHapus
  31. perlu juga nih belajar mengenai saham apalagi investasi saat ini perlu banget mengingat pendidikan anak semakin mahal dan investasi menjaid pilihan ya

    BalasHapus
  32. Investasi kini ada banyak sekali instrumennya dan karena zaman digital, semua kemudahan berinvestasi pun ada dalam genggaman. Aplikasi Stockbit membantu mewujudkan yang awam sampai yang sudah mahir ikutan investasi saham di sini.

    BalasHapus
  33. Ahh Stockbit ini pakai rekening BCA ya. Anw aku belum berani nih main saham. Alokasi cashflow belum cocok sama instrumen high risk hihi. Semoga bisa belajar banyak dulu dalam waktu dekat biar mantap

    BalasHapus
  34. Asik banget ya..hanya dengan 1 aplikasi kita bisa melakukan banyak hal..termasuk berinvestasi saham ya...

    BalasHapus
  35. aku baru tahu aplikasi ini mak, terus kalo inves saham juga abru belajar, sama nih akau lagi kepo sama inves saham, moga tahun ini bisa dimulai

    BalasHapus
  36. aku tuh selalu pengen mulai invest saham tapi bingung mau mulai darimanah. hihihi. kayanya aku mesti download stockbit juga niiiih

    BalasHapus
  37. Saat ini memang kita harus melek literasi finansial yaa, salah satunya investasi saham begini. aplikasi stockbit ini sebenarnya mudah banget ya karena bisa menggunakan rekening BCA. cuma perlu juga dipelajari lebih dalam lagi yaa, karena main saham juga perlu pengetahuan yang luas yaa. selain kemudahan-kemudahan dari layanan ini. thanks infonya mbak

    BalasHapus
  38. Mantap nih, mainan saham sekarang bisa via aplikasi aja ya mba. Investasi melalui saham nih aku masih harus belajar banyak. Boleh juga nih melalui stockbit yaaa..

    BalasHapus
  39. Sekarang tuh saham lagi trend banget, mbak. Saya juga kepikiran sih mau nyoba saha cuman belum kesampaian juga, banyak loh aplikasi-aplikasi saham di play store termasuk stockbit ini. Saya jadi mau investasi lewat stockbit nih

    BalasHapus
  40. Wah, mantap nih aplikasinya, kayaknya mau aku coba juga. Aku masih was-was dengan aplikasi untuk investasi kalau bener² belum terpercaya.

    BalasHapus
  41. Beruntung banget ya zaman sekarang mau investasi saham aja tuh gampang dan banyak aplikasi yang sangat membantu. Salah satunya Stockbit ini.

    BalasHapus
  42. Asyik banget dan memudahkan karena bisa beli saham minimal 1 slot saja. Biasanya yang aku temuin ini banyak yang harus beli banyak slot dan akhirnya malah mundur tak jadi beli saham

    BalasHapus
  43. Lama lama jadi paham juga soal saham karena aplikasi Stockbit
    Oerlu telaten belajarnya supaya paham benar dan selalu cek perkembangan saham

    BalasHapus
  44. Aku juga mba Dee.. tahun kemarin jadi mulai menata kembali keuangan dan mulai nvestasi.

    Aplikasi stockbit ini brti perlu bikin baru ya jd member BCA atau yang lama bisa langsung pakai aja mbak?

    BalasHapus
  45. Asyik nih investasi jadi mudah pakai Stockbit ya mba. Aku jadi prngen pakai aplikasi ini mudah tambah investasi.

    BalasHapus
  46. Dari dulu udah denger tentang investasi saham, beberapa kali diajak temen ke kantor sekuritasnya tapi ogah terus. Males karena jauh dari tempat tinggalku. Hahha. Eh, sekarang dipermudah sama Stockbit ya sampe ke prosedur pembelian sahamnya

    BalasHapus