Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Alun-Alun Surabaya, Destinasi Wisata Baru Surabaya

 

Alun-alun Surabaya

Alun-alun Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata baru yang menarik perhatian. Tak seperti alun-alun biasanya, alun-alun Surabaya ini terletak di bawah tanah, lho! Yuk simak cerita pengalaman saya saat mengunjungi alun-alun Surabaya. 

Akhirnya, Surabaya Punya Alun-Alun

Arek Suroboyo seperti saya ini, sangat senang saat mengetahui peresmian alun-alun Surabaya. Alun-alun Surabaya yang diresmikan pada Agustus 2020 lalu semakin melengkapi Surabaya sebagai kota metropolitan. Akhirnya, Surabaya punya alun-alun!

Alun-alun menjadi ciri khas sebuah kota. Kota-kota di Jawa selalu diidentikkan memiliki alun-alun yang letaknya berdekatan dengan kantor pemerintah. Selain itu juga, biasanya alun-alun juga dekat dengan pasar dan masjid agung. Tata letak seperti itu disebut dengan sistem macapat, salah satu local genius Indonesia. 

Alun-alun Surabaya juga dekat dengan kantor pemerintahan kota Surabaya. Tapi memang tidak berdekatan dengan pasar dan masjid agung, sih. 

Tak seperti kota-kota lain di Jawa. Bisa dibilang kota Surabaya ini yang paling baru memiliki alun-alun. Nggak masalah, lebih baik terlambat daripada tidak punya alun-alun sama sekali, ya kan?

Keunikan Alun-Alun Surabaya

Alun-alun Surabaya

Berbeda dengan alun-alun kota pada umumnya, alun-alun Surabaya ini sifatnya indoor. Alun-alun Surabaya terletak di bawah tanah alias basement. 

Pengunjung harus menggunakan eskalator untuk masuk ke alun-alun. Selain itu, alun-alun Surabaya memiliki desain yang modern. 

Tak perlu khawatir kepanasan, alun-alun Surabaya dilengkapi dengan pendingin ruangan. Hmm jadi mirip mall gitu. Pas banget buat warga Surabaya yang sukanya ngemall.

Ngapain Aja di Alun-Alun Surabaya

Lalu apa saja ya yang bisa dilakukan saat berkunjung ke alun-alun Surabaya? Banyak! Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan saat di alun-alun Surabaya. 

1. Bersantai

Yup, alun-alun Surabaya ini tempat yang enak buat bersantai. Pendingin ruangannya dingin banget. Pas lah buat ngadem sejenak dari panasnya kota Surabaya. 

Alun-alun Surabaya

Saya bersantai dengan bestie disini. Tak lupa sambil foto selfie. 

2. Menikmati karya seni

Alun-alun Surabaya

Saat berkunjung ke alun-alun Surabaya beberapa waktu lalu, saya menikmati beragam lukisan yang dipamerkan disini. Lukisan ini bisa dibeli, lho. Harganya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta. Teman saya pun membeli sebuah lukisan saat kami berkunjung ke alun-alun Surabaya. 

Alun-alun Surabaya

Buat penikmat karya seni seperti lukisan, alun-alun Surabaya adalah pilihan yang tepat. Disini lukisan yang dipamerkan setiap bulan berubah tema. Wah seru, ya!

3. Membeli sketsa

Alun-alun Surabaya

Disini teman-teman juga bisa lho membeli sketsa. Bisa di gambar langsung oleh pelukisnya atau dengan menyerahkan foto. 

Alun-alun Surabaya

Kalau kami bertiga sih menyerahkan foto. Jadi sambil nunggu sketsanya jadi, bisa berkeliling melihat lukisan-lukisan yang dipamerkan di alun-alun Surabaya. 

4. Bermain skateboard

Buat yang suka bermain skateboard, pasti senang kalau berkunjung ke alun-alun Surabaya. Disini ada area yang bisa dimanfaatkan untuk bermain skateboard. 

Kapan lagi, bisa main skateboard indoor. Nggak kepanasan pula, karena ada pendingin ruangan. 

5. Belanja produk UMKM

Di alun-alun Surabaya juga ada stand produk UMKM unggulan Surabaya. Ada beragam produk UMKM yang bisa dibeli. Mulai dari produk kuliner hingga fashion. 

6. Menikmati bangunan bersejarah

Alun-alun Surabaya yang berada sekompleks dengan gedung Balai Pemuda ini membuat kita bisa sekalian menikmati bangunan bersejarah. Ya, Balai Pemuda adalah salah satu bangunan bersejarah yang ada di Surabaya. 

Dulunya Balai Pemuda ini adalah pusat tempat orang-orang Belanda untuk pesta, berdansa, bowling. Gedung ini dibangun pada tahun 1907. 

7. Menonton pertunjukan seni

Di alun-alun Surabaya kita juga bisa menonton pertunjukan seni khas Surabaya. Misalnya ludruk. Atau sekadar menikmati merdunya suara seniman lokal yang bernyanyi di dalam alun-alun Surabaya ini. 

Ayo ke Alun-Alun Surabaya

Berkunjung ke alun-alun Surabaya cukup menyenangkan. Alun-alun ini menjadi kebanggaan bagi arek Suroboyo. Satu-satunya alun-alun di Indonesia yang dirancang dalam konsep modern. 

Alun-alun Surabaya tak sekadar tempat wisata gratis yang bisa dinikmati. Melainkan juga sebagai pusat kebudayaan Surabaya. 

Jadi, ayo ke alun-alun Surabaya!


29 komentar

  1. aku belum pernah sih ke alun-alun surabaya ternyata banyak banget yaa yang bisa dilakuin di alun-alun surabaya nggak cuma buat bersantai aja. jadi pengen nih kesana terus aku juga pengen deh dibuatin sketsa gituuuuu

    BalasHapus
  2. wah ternyata selama ini surabaya nggak punya alun-alun yaa. baru tahu saya. hehe. penasaran juga nih sama alun-alun surabaya soalnya pasti banyak spot menarik nih buat dikunjungi

    BalasHapus
  3. surabayaaaaa! baru kemarin saya cerita ke temen yang orang probolinggo: pengen main ke surabaya. pengen tau aja perkembangannya seperti apa. terakhir 'tinggal' itu tahun 1993. tahun 2012 cuma lewat, membelah kota dari bandara menuju malang. setahun kemudian, membelah kota menuju kota kelahiran, trenggalek. jadi ya udah lama bwaaaanget nget. kok jadi curcol yak :)

    BalasHapus
  4. Kami keudah ke sini dong, daftarnya sehari sebelumnya, biar dapat kuota :D
    Sayang di dalam memang masih terbatas ya, cuman lukisan aja, tapi area skate boardnya kece :D

    BalasHapus
  5. Wow banyak hal ya yang bisa dinikmati di Alun-Alun Surabaya. Suatu hari aku berkunjung kesana ingin di sketsa wajahnya sama seniman disana

    BalasHapus
  6. wah kerennn

    saya pikir alun-alun Surabaya seperti kota lain yang berupa hamparan rumput

    Kota Bandung dan banyak kota lain
    \
    lha ini kok bangunan, tapi justru bisa mengadopsi kebutuhan warga ya?

    BalasHapus
  7. Area skateboardnya juga berarti indoor, ya? Unik banget alun-alun Surabaya. Itu lukisannya juga bagus-bagus. Bakalan betah kayaknya kalau ke sini

    BalasHapus
  8. Oh jadi alun-alunnya Surabaya ini di dalam ruangan ya Mbak Dee. Biasanya sih alun-alun ini berupa taman dengan area yang luas dan penghijauan yang menyegarkan mata. Bisa duduk-duduk dan melakukan kegiatan fisik di alam terbuka. Kalau di Surabaya jadi lebih mirip mall ya Mbak.

    BalasHapus
  9. Pantas, pas ke Surabaya tahun 2017, saya tidak tahu alun-alun Surabaya ini, Mbak. Karena baru ada Agustus 2020. Dan memang alun-alun ini berbeda dari alun-alun yang pernah saya lihat di kota-kota lain. Misalnya, alun-alun kebumen, Banyumas, Purworejo, Purwokerto, Cilacap dna lainnya. Konsepnya sama. dekat kantor pemerintahan dan masjid. Tapi justru asyik ya, banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Tidak takut kepanasan atau kehujanan hehehe.

    BalasHapus
  10. Lebih mirip galeri seni gak sih daripada disebut alun-alun? Seperti menyalahi pakem alun-alun yang kita tahu selama ini. Berada di pusat kota, ada pendoponya, berupa tanah lapang yang luas dan terpenting banyak pedagang kaki 5 berjualan di sekitarnya.

    Kalau ini disebut alun-alun, menurutku agak dipaksakan. Apalagi kalau diperkenalkan ke orang dari generasi boomer, masih belum bisa diterima sepenuhnya. Tapi ya udah gpp lah kalau memang konsepnya begitu.

    BalasHapus
  11. Wah, belum tahu kalau Surabaya punya alun-alun baru. Menarik ini, indoor alun-alunnya...Bisa melakukan aneka aktivitas pula. Wah, kalau mudik mesti main ke alun-alun Surabaya nanti

    BalasHapus
  12. Alun-alunnya beda dengan kota lain, keren konsepnya. Lebih kekinian.. dan pastinya menarik buat generasi Z, cuma kalau untuk warga yang bawa anak-anak gimana? apakah ada arena playground gitu disana ?

    BalasHapus
  13. Pasti jadi primadona banget ni alun-alun sekarang. Jadi tempat yang hits untuk berfoto ria. Apalagi yang letaknya di bawah tanah membuat ia jadi ciri khas tersendiri. Ditambah dengan banyak hal yang bisa dinikmati dalam alun-alunnya.

    BalasHapus
  14. Benar juga ya kalau biasanya kan alun-alun itu outdoor ya. Nah alun-alun Surabaya ini keren karena dia indoor gitu. Idenya bagus juga. Salut malah dengan pemerintahan disana.

    BalasHapus
  15. eh waw alun alun tapi bawah tanah ya? pengap ga mba? ih penasaran sama wahana yg buat skateboard an mbaaa

    BalasHapus
  16. Wah seru dan unik banget alun alun Surabaya. Dulu saya kalau transit di Surabaya, tahunya hanya bandara dan TP saja. 😂

    BalasHapus
  17. Sebelum pandemi saya ke Surabaya belum ada ini..Wah kece banget ya bangunan dan isi Alun-Alun Surabaya ini. Bakal jadi destinasi favorit banyak orang nih terutama wisatawan dalam negeri

    BalasHapus
  18. Kak, saya bangga pernah tinggal di kota Pahlawan, menuntut ilmu dan agama menjadi sulit dilupakan. Alun-alun Surabaya memang punya grand desain sendiri yang bagus.

    BalasHapus
  19. Sungguh lengkap fasilitas dan entertainment di Alun-alun Surabaya ini yaa..
    Aku kemarin pas adikku dateng, diceritain. Tapi gak kebayang kaya apa.
    DK nulis artikelnya, aku baru kebayang...gimana rupa alun-alun di bawah tanah yang penuh dengan hiburan bagi warga Surabaya.

    BalasHapus
  20. lengkap ya fasilitas hiburan di alun alun surabaya. terutama jajan seni, beli lukisan atau sketsa. emang konsep alun-alunnya jadi taman seni kah?

    BalasHapus
  21. mau dong diajak ke alun-alun surabaya. hehe. rasanya menarik nanti insyaallah aku juga mau nulis tentang alun-alun sukabumi atau solo kali ya yang pernah kukunjungi hehe

    BalasHapus
  22. Alun-alun surabaya unik banget ya, biasanya alun-alun kan bertema outdoor, ini alun-alun surabaya malah indoor. Tentu sebagai pengunjung akan merasa begitu nyaman ketika berkunjung ya, tdaik lagi khawatir akan kondisi cuaca hujan dan tak perlu lagi pusing basah kuyup atau kotor juga.

    Pasti sangat adem itu alun-alun surabaya karena indoor, bisa menjadi tempat yang nikmat utk bersantai dan menikmati waktu bersama kawan2 atau bersama keluarga

    BalasHapus
  23. aku belom ke sanaa.. lha mau ke sana dadak wes PPKM level 2 huhu mana taman2 pada ditutup juga.. ntar kalo udah lebih kondusif mau ke alun2 suroboyoo sama anak2

    BalasHapus
  24. Oh, alun-alun Surabaya ini di Balmud yaa..
    Aku baru tahu karena dulu Balai Pemuda terkenal dengan bioskop yang harganya sangat ramah di kantongs.
    Heheh...sebelahan sama SMA 6 donk yaa..

    BalasHapus
  25. Nah kalau yang seperti ini salah satu destinasi kesukaanku, semoga diberi kesempatan jalan2 kesana

    BalasHapus
  26. kangen surabayaa :) sempat disana 2 bulan waktu magang, dan memang kotanya enak banget buat main-main hihi.. jadi pengen ke alun-alunnya ini, kece ya fasilitasnya

    BalasHapus
  27. keren ya mba. aku belom pernah ke surabaya. jadi kepengen lihat alun-alun kota surabaya. nice share mba.

    BalasHapus
  28. wow, keren banget pengen banget dibuatkan sketsa dan jalan2 ke Surabaya aku belum pernah kak, kepo deh alun2 Surabaya yang penuh kisah

    BalasHapus
  29. belum sempet kesini waktu ke Surabaya beberapa waktu lalu. Bagus banget ini model alun-alunnya, Indoor pula

    BalasHapus