Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Buku : 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling

 

Homeschooling

Buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling menjadi penguat langkah saya dalam membersamai pendidikan anak-anak di rumah. Sebenarnya, sudah sejak lama keinginan homeschooling ini muncul. Hanya saja, keterbatasan ilmu masih menjadi penghalang bagi saya dan suami untuk memilih homeschooling sebagai pilihan pendidikan anak-anak. 

Data Buku

Judul

55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling

Penulis

Aar Sumardiono

Desainer

Mira Julia

ISBN : 978-602-269-282-9

Cetakan Pertama : September 2018

Brulb

Setiap anak unik dan memiliki kekuatan yang berbeda. Pendidikan seharusnya memfasilitasi keunikan anak-anak, bukan menyeragamkan ya. 

Biodata Penulis

Aar Sumardiono adalah seorang praktisi homeschooling. Bersama istrinya, Mira Julia, memiliki homeschooling bagi ketiga anaknya. 

Aar juga merupakan pendiri Rumah Inspirasi. Rumah Inspirasi adalah adalah ruang belajar homeschooling, parenting dan pendidikan entrepreneurship. 

Selain berisi informasi, secara periodik Rumah Inspirasi menyelenggarakan Webinar (Seminar Online) untuk orangtua yang ingin belajar memulai homeschooling, meningkatkan kapasitas parenting, dan mengembangkan entrepreneurship pada anak.

Selain buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling, ada banyak buku lain yang sudah ditulis oleh Aar. Diantaranya Homeschooling Lompatan Cara Belajar, Warna-Warni Homeschooling, Apa itu Homeschooling dan lain sebagainya. 

Tentang Buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling

Buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling sudah lama menjadi salah satu referensi keluarga homeschooler. Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi tentang 55 prinsip dan gagasan homeschooling. 

Baca Juga : Review Buku Secuplik Telaga Homeschooling

Layaknya sebuah panduan, buku ini sangat lengkap menjelaskan homeschooling secara menyeluruh. Mulai dari gagasan hingga bagaimana melakukan evaluasi homeschooling. Semua dibahas secara lengkap. 

Ada tujuh bab yang dibahas dalam buku ini. Semuanya berkaitan dengan bagaimana homeschooling itu. Baik secara teori maupun praktik. 

Berikut adalah daftar isi buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling : 

Homeschooling


Benih Gagasan

Pondasi & Arah

Metode & Materi

Metode

Penitian Perjalanan

Evaluasi dalam Homeschooling

Pertanyaan yang Sering Muncul

Kesan dari Buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling

Bagi saya, buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling ini memang wajib dibaca oleh orang tua. Tak hanya bagi yang memilih homeschooling saja. Tetapi semua orang tua. Bukankah kewajiban mendidik anak itu adalah untuk semua orang tua?

Buku ini tak sekadar membahas teori dan praktik homeschooling semata. Tetapi juga memberi panduan bagaimana orang tua menjalankan perannya sebagai fasilitator pendidikan anak-anaknya. 

Mulai dari hal yang sederhana, misalnya mengapa memilih mendidik anak-anak secara mandiri. Hingga hal-hal yang sifatnya praktis. Bagaimana kelanjutan pendidikan anak yang memilih homeschooling? Bagaimana anak homeschooling bisa bersosialisasi hingga menjawab beragam tantangan yang dihadapi saat mendidik anak secara mandiri. 

Baca Juga : Imperfect Parenteen, Sebuah Tips Pengasuhan Remaja Ala Myra Anastasia

Setelah membaca buku ini, saya semakin paham bahwa : 

1. Homeschooling tak sekadar memindahkan sekolah ke rumah. 

2. Tak bersekolah bukan berarti tidak belajar. 

3. Homeschooling adalah pendidikan yang customize sesuai kebutuhan anak dan kondisi keluarga. 

4. Menjadi orang tua adalah sebuah proses belajar sepanjang hayat. 

5. Setiap anak punya minat dan bakatnya masing-masing. 


Oh ya, satu lagi kelebihan buku ini. Buku ini juga mengajak pembacanya melakukan refleksi. Setelah membaca sebuah bab, ada pertanyaan yang dilontarkan. Penulis meminta pembaca menuliskannya di jurnal masing-masing. 

Seperti ini contohnya : 

Homeschooling


Penutup

Buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling adalah sebuah pnduan lengkap bagi setiap orang tua maupun praktisi pendidikan yang sedang menimbang homeschooling. Buku yang mampu memberikan petunjuk bagi para keluarga homeschooler. Dan juga memberikan pengetahuan lengkap tentang homeschooling, sebagai alternatif lain dalam mendidik anak.

Apakah sahabat deestories sudah membaca buku ini? Apa kesan dari buku ini? Yuk bagikan ceritanya di kolom komentar. 

Terima kasih. 

44 komentar

  1. Saya masih meraba-raba tentang homeschooling ini, kayaknya butuh baca ini ya, hehehe.
    Tapi saya salut loh buat yang anaknya homeschooling apalagi diajarin sendiri, saya mah sama sekali nggak sabaran ngajarin anak-anak hiks

    BalasHapus
  2. Saat saya menerapkan sistem home schooling pada putra saya seharusnya memiliki buku panduan ini nih. Waktu itu saya belum mengenalnya. Sekarang sih anak saya sudah sekolah formal lagi meski masih PJJ

    BalasHapus
  3. Ini salah satu buku yang pengen banget aku baca lo, mbak DK. Udah masuk ke list read, belum terlaksana. Baca reviewnya semakin penasaran untuk membaca lengkap bukunya. Aku japri beli bukunya di mana ya, mbak DK.

    BalasHapus
  4. homeschooling tak hanya memindahkan sekolah ke rumah, bener banget ini mba. karena kenyatanya banyak yang salah kaprah sama konsep homeschooling ini.

    BalasHapus
  5. Buku yang patut dibaca ini,buku bagus.Termasuk saya dengan anak-anak yang sudah remaja.Saya setuju dengan pernyataan,"menjadi orang tua adalah sebuah proses belajar sepanjang hayat".Karena sampai sekarangpun saya masih terus belajar untuk anak terutama dalam komunikasi agar jangan banyak salah paham

    BalasHapus
  6. Senang mendengarnya, karena bukunya bermanfaat banget membantu orangtua dalam mengarahkan pendidikan anak-anaknya, apalagi bagi yg berniat memberikan pendidikan homeschooling. Krn sangat benar banget, sekolah menjadi orangtua itu sepanjang hayat.

    BalasHapus
  7. Aduh ini pasti buku keren banget ya Mbak Dee? Aku perlu baca nih kayaknya untuk menambah wawasanku ttg homeschooling. Benar banget orangtua adalah sebuah proses belajar sepanjang hayat..

    BalasHapus
  8. Aku seorang konvensional yang masuk tim "school schooling". Tapi setelah membaca artikel di atas, jadi tertarik nih dg home schooling. Pingin baca bukunya... Baiklah aku masukkan wishlist ku...

    BalasHapus
  9. Bukunya menarik kak, sinopsisnya membantu seperti saya mengetahui dan penasaran Homeschooling lengkap. Mau hunting buku ini penting

    BalasHapus
  10. Setiap anak itu unik dan cara belajar anak juga kadang berbeda y ambak gak bisa disamakan. Lewat review buku ini jadi ada rekomendasi untuk homseschooling. Masih banyak yg berpikir memindahkan sekolah ke rumah loh soal Homeschooling ini

    BalasHapus
  11. Setuju banget dengan poin ke-4 bahwa menjadi orang tua itu adalah pendidikan sepanjang hayat karena nyatanya hal ini berproses dan memiliki keunikan di setiap saat, disetiap usia, bahkan berbeda untuk setiap anak.

    Homeschooling itu menurut saya tidak gampang, perlu pembelajar yang tekun, disiplin dan konsisten. Dan yang paling penting adalah menurunkan alter ego dan dalam kondisi anak-anak berkenan untuk mengikutinya. Jangan lupa bahwa anak itu bukan kita. Mereka punya takdir yang berbeda dari kita. Punya sifat, asa dan keinginan pribadi sendiri yang wajib kita hormati dan hargai.

    BalasHapus
  12. pak Aaar dan bu Lala ini juga panutanku untuk homeschooling mbak. Awal tertarik dengan HS dulu juga setelah membaca buku yang ditulis pak Aar, terus ikut sesi sharingnya.

    BalasHapus
  13. setuju banget nih:
    Pendidikan seharusnya memfasilitasi keunikan anak-anak, bukan menyeragamkannya

    saya dulu pingin banget home schooling untuk anak kedua saya
    konsentrasinya pendek dan dia sering jahil ke teman temannya

    mungkin ingin eksplorasi tapi salah sasaran
    sehingga tepat banget jika anak saya mendapat pendidikan home schooling

    BalasHapus
  14. Saya belum begitu ngerti tentang home schooling ini. Sepertinya harus baca buku ini nih biar lebih paham

    BalasHapus
  15. Lewat buku tersebut, membuka wawasan ya buat orangtua yang akan memasukkan anaknya ke Homeschooling. Jadi dapat gambaran lebih dalam.

    BalasHapus
  16. Sempat mau memilih homeschooling untuk anak kedua dan ketiga tapi urung, malah sekarang daring udah 2 tahun lebih jadinya emang persiapan mungkin entah nanti memilih homeschooling juga

    BalasHapus
  17. dulu banget pernah sih pengen cobain homeschooling untuk anak, tapi akhirnya gak jadi, apapun pilihan kita pastinya kita pengen yang terbaik untuk anak ya, buku yang bagus buat menambah wawasan nih

    BalasHapus
  18. Wah, buku yang patut dimiliki dan dibaca nih terutama bagi orang tua yang butuh informasi mengenai home schooling. Mungkin masih banyak keraguan untuk menfasilitasi anak2 belajar di rumah, bukan riil secara fisik di sekolah ya. Buku ini menjawab pertanyaan2 di benak kita.

    BalasHapus
  19. Buku ini terlihat asyik dan menarik kak. Gagasan Homeschooling yang wajib dimiliki orangtua yang memutuskan HS

    BalasHapus
  20. Saya kagum banget pada orang tua yang memutuskan pendidikan anak secara homeschooling. Pasti tidak mudah dan harus banyak belajar serta praktek. Mudah-mudahan orang tua yang berniat melakukan homeschooling terinspirasi dengan isi buku ini ya. Dan bisa jadi panduan apa yang harus mereka kerjakan. Semoga

    BalasHapus
  21. Buku yang bisa jadi pijakan teori, praktik dan panduan bagi pelaku homeschooling. Bacaan wajib nih bagi orang tua homeschooler untuk menjalankan perannya sebagai fasilitator pendidikan anak-anaknya.Juga sebagai bahan referensi bagi roangtua lainnya akan sistem pendidikan yang bsia dipilih selain yang formal/sekolah

    BalasHapus
  22. buku yang menarik buat yang mau mengambil homeshcooling, biar ada gambaran gitu ya..

    BalasHapus
  23. Walopun bukan ortu yang anaknya home schooling, kudu deh aku baca buku ini. Anak belajar daring aja aku kewalahan, gimana kalo HS, ya. Kudu banget nih belajar dari buku ini.

    BalasHapus
  24. Belum membacanya maak, dulu aku pengen anak2 HS aja toh kami keluarga tukang ngebolang seruu kali yaa kalau HS. Tapi terbentur dg saya kok kurang sabar dan telaten ngajari anak hiks hikss...takutnya malah anak2 ga dpt apa2 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini juga yang aku pikirin. Masa belajar sekolah yang gak jelas, bikin kepikiran anak-anak utk HS. Tapi itu juga, kebentur aku yang gak telaten dan gak sabaran. Bisa2 anak-anak gak dapet ilmu apa-apa, ya.

      Hapus
  25. Buku yang bagus ya untuk orangtua yang akan memberikan schooling pada anaknya.Penjelasannya padat dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  26. Menarik mbak.. Jika berangkat dari kesadaran belajar adalah tanggung jawab keluarga apapun pilihannya, pasti akan lebih mudah melangkah ya...

    BalasHapus
  27. Ini semester kedua saya menjalani HS sama anak2. Masih di tahap belajar nih. Tapi sejak awal mmg sudah berpikir kalau ga bakalan semudah membalik telapak tangan. Kadang juga set back dg berpikir "bisa gak ya lanjut?" Tapi mengingat sikon keluarga yg pindah2, jd semangat lagi. Saya belum baca buku ini tapi mas Aar dan Mb Lala adl salah satu pasangan yg menginspirasi saya memutuskan HS meski ya, belum cukup ilmu jg sih..

    BalasHapus
  28. Buku yang rekomen banget untuk dimiliki ya Mak, apalagi bagi mereka para orang tua yang memilih untuk homescooling anaknya. JAman sekarang makin banyak soale ya yang HS ini, apalagi di tengah pandemi lebih aman bersama keluarga. Tentunya dengan ilmu dan panduan kek buku ini.

    BalasHapus
  29. Bagus ya bukunya buat panduan para orang tua yang ingin homeschooling biar lebih terarah ya..punya teman anaknya homeschooling dan prestasinya bagus..

    BalasHapus
  30. Aku sering ngikutin live nya pak aar ini di rumah inspirasi, tp belum baca buku yang ini. Kayaknya emang wajib punya ya. kebetulan anakku juga HS nih.

    BalasHapus
  31. Aku dulu gabung di grup HS Bandung, Di.
    Lalu dapat panduan aktivitas dan merancang lesson learn setiap minggu.
    Ini penting banget karena HS kan tujuannya meninggikan gunung dan meratakan lembah. Jadi harus ekstra sabar dan butuh waktu.

    Bagus banget buku 55 Prinsip dan Gagasan Homeschooling.
    Jadi kegambar garis besar HS dan langsung terapkan.

    BalasHapus
  32. di masa sekarang memang homeschooling menjadi salah satu pilihan yang banyak diambil orang tua. Buku ini memberi banyak ide yang membantu para orang tua terapkan Homeschooling untuk anak - anaknya ya mba

    BalasHapus
  33. Wah jadi penasaran baca buku lengkapnya. Btw, betul setuju. Setiap anak itu unik dan punya karakter dan hobi masing-masing. Orang tua mengarahkan dan srbisa mungkin memfasilitasi untuk masing-masing anak juga agar optimal. Nice sharing, Mbak.

    BalasHapus
  34. saya belum baca bukunya mbak,tapi sudah lama saya mengikuti keluarga mbak lala dan pak Aar mendampingi anak anaknya homeschooling. Dari anak anak itu kecil hingga sekarang dewasa. MasyaAllah memang sesuailah dengan blog milik keluarga mereka, rumah inspirasi memang menginspirasi sekali.

    BalasHapus
  35. Sampai saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa "Homeschooling = memindahkan sekolah ke rumah". Buku ini memang layak di baca bagi siapa saja yang tertarik dengan HS, supaya memilih HS tak hanya sekedar mengikuti trend, karena HS ini butuh keterlibatan total orang tua

    BalasHapus
  36. Bagus buku ini sebagai dasar untuk memahami homeschooling ya setelah ikutan webinar rumah inspirasi hehehe
    etuju banget HS gak sekadar mindahin sekolah ke rumah tapi juga mencocokkan dengan kebutuhan yaa

    BalasHapus
  37. dulu saya pikir homeschooling ini cuma anak belajar di rumah sama guru gitu. ternyata dalam praktiknya orang tua harus berperan aktif dalam pendidikan anak di rumah ini. salut banget sama orang tua yang memilih sistem homeschooling ini buat anaknya

    BalasHapus
  38. Belum beli walau udah ngincer lama dari awal launching. Selama ini udah bolak-balik ikutan kelasnya mas Aar di rumah inspirasi, dengerin podcast Mbak Lala yang renyah sambil mikir tentang jalannya homeschooling anak-anak kelak. Belajar memang sepanjang hayat.

    BalasHapus
  39. Karena tinggal di desa, hampir gak ada yang milih homeschooling. Anak di rumah aja tanpa belajar macam-macam. Kalau milih ini, mulai dari kesiapan Orangtua dulu ya. Buku ini bisa jadi panduan dulu

    BalasHapus
  40. buku ini bisa jadi referensi buat ortu yang anaknya sekolah di HS ya mak sebab kalo di sekolah umum kan udah jealsa semua itu seragam, bukan cuma pakainnya asja sih, hehehe. anak yang di pandang sama dna harus tercapai target yang sama

    BalasHapus
  41. Udah berkompeten dan sangat berpengalaman dalam HS sih ya penulisnya ini. Pernah ikut webinar atau apa ya dulu itu, sama istrinya juga. Pengen baca juga buku ini. Eh tapi harganya berapa ini, Mbak? Kayaknya belum tercantum, ya?

    BalasHapus
  42. Bagus nih untuk para orang tua yang sedang memikirkan untuk Menghomeschoolingkan anaknya. Apalagi sejak pandemi ini homeschooling jdi banyak peminatnya

    BalasHapus
  43. Ini buku bagus buat para orang tua yang menerapkan homeschooling.
    Kalau di tempat kita tinggal, belum ada sih anak yang Homeschooling, mungkin karena kami tinggal di desa.

    BalasHapus