Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD

 


FWD Insurance


Kamis, 31 Maret 2022 lalu, FWD Insurance meluncurkan program literasi keuangan FWD Community Ladies Talk bersama komunitas blogger. Saya beruntung bisa menjadi salah satu bagian dari blogger squad FWD ini. 


Program ini dimulai dengan adanya acara Women Inspiration Talk : Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD. Hadir dalam acara ini beberapa pimpinan perempuan dari FWD Insurance.


⏺️ Maria Magdalena (Chief 

Governance Officer dan Direktur Kepatuhan)

⏺️ Desy Widjaya (Chief Financial Officer)

⏺️ Aling Suhaid 

(Chief Bancassurance Officer) 

⏺️ Widaningrum (Head of Marketing and New Business Model).


FWD Insurance


Semua narasumber membagikan pengalamannya dalam menjalani peran sebagai perempuan. Juga berbagi inspirasi dan tips untuk merayakan hidup penuh percaya diri. 


Menjadi Perempuan yang Penuh Percaya Diri


Acara kemarin tak sekadar informasi seputar literasi keuangan saja, melainkan memberikan dukungan kepada perempuan untuk menjadi pribadi yang penuh percaya diri.


Bagaimana caranya menjadi perempuan yang penuh percaya diri? Bisakah perempuan tumbuh menjadi pribadi yang penuh percaya diri?


Apalagi di situasi pandemi seperti ini. Banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh perempuan. 


Pandemi membuat perempuan yang berkerja di sektor publik harus bekerja dari rumah alias wfh (work from home). Nyatanya, wfh malah bikin capek. Belum lagi, banyak perubahan lainnya. Membuat perempuan harus pandai beradaptasi. 


Dari keempat narasumber, bisa saya simpulkan, jika ingin menjadi perempuan yang penuh percaya diri itu ada dua hal yang harus dilakukan : mandiri finansial dan upgrade skill. 


Mengapa Perempuan Harus Mandiri Finansial? 


Menjadi perempuan penuh percaya diri diawali dengan memiliki kemandirian finansial. Mengapa perempuan harus mandiri finansial? 


Agar tidak bergantung pada orang lain. Dengan memiliki penghasilan sendiri perempuan bisa mandiri. Bebas belanja barang yang diinginkannya.


Terlebih lagi, kemandirian finansial akan membuat perempuan diperlakukan secara setara. Dan juga lebih dihargai oleh pasangan. 


Bagaimana caranya agar perempuan bisa mandiri finansial? Widaningrum (Head of Marketing and New Business Model), memberikan beberapa tips agar perempuan bisa mandiri finansial. 


⏺️ Sesuaikan pengeluaran dan pendapatan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. 

⏺️ Kelola keuangan dengan baik. Jangan lupa melakukan pencatatan keuangan.

⏺️ Lakukan investasi untuk memperkuat keuangan

⏺️ Jangan lupa untuk memiliki asuransi, baik  Asuransi Jiwa maupun Asuransi Kesehatan. Asuransi memberikan kita perlindungan, saat sakit maupun jika ditimpa musibah. 


Upgrade Skill


Hal kedua yang dibutuhkan untuk bisa menjadi perempuan yang penuh percaya diri adalah melakukan upgrade skill. Tingkatkan terus kemampuan kita, dengan cara :


⏺️ Mengikuti pelatihan

Ikuti pelatihan yang bisa menunjang kemampuan yang kita miliki. 


⏺️ Berkomunitas

Berkomunitas menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan skill. Komunitas menjadi tempat belajar dan bertumbuh bersama. 


⏺️ Terus belajar

Jangan terlalu mudah berpuas diri.  Teruslah belajar. Menjadi pribadi yang mau berkembang. 


⏺️ Lakukan gaya hidup sehat

Lakukan gaya hidup sehat. Dengan begitu, kita bisa tetap beraktivitas.


⏺️ Menabung

Jangan lupa untuk selalu rutin menabung. Menabung untuk masa depan kita. 


Setting Intention bersama Tsamara Fahrana Putrityas


Di akhir sesi, semua peserta diajak melakukan sesi setting intention bersama Tsamara Fahrana Putrityas. Tsamara adalah seorang instruktur yoga dan meditasi. 


FWD Insurance


Sesi setting intention untuk membentuk dan 

memperkuat niat untuk terus berkembang dan presence saat mengikuti berbagai 

rangkaian kegiatan. Juga mampu menuliskan berbagai pengalaman dan pelajaran 

yang didapat sehingga bisa menginspirasi orang lain.


Penutup


Acara Women Inspiration Talk kemarin memberikan banyak insight baru bagi saya. Mulai dari bagaimana pentingnya kemandirian finansial hingga terus berusaha menjadi lebih baik lagi. 


Saya makin yakin bahwa keputusan memiliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan adalah keputusan terbaik bagi saya dalam mengelola keuangan. 


Saya juga makin semangat melakukan upgrade skill. Agar bisa menjadi blogger yang lebih bermanfaat. Dengan berbagi pengalaman serta menjadi inspirasi bagi perempuan lain untuk terus berkembang dalam hidup, berani 

menjalani hidup penuh passion dan dapat terus merayakan hidup. 


So, mari rayakan hidup penuh percaya diri bersama FWD.


113 komentar

  1. Setuju perempuan harus mandiri, termasuk finansial. Minimal nggak bingung kalau harus mencari pendapatan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi peran perempuan dalam rumah tangga biasa yang memegang kendali keuangan rumah tangga. Jadi urusan financialnya harus oke dong ya

      Hapus
  2. Keren sih ajakan untuk perempuan biar mandiri finansial, karena emang kan nggak mungkin selamanya kita tergantung pada laki-laki yak. Perempuan harus berdaya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak, bahkan ibu saya dulu sedari saya kecil sudah wanti wanti, kalau saya nanti walau sudah menikah harus punya penghasilan sendiri.

      Hapus
    2. Alhamdulillah sekarang meski di rumah saja para istri bisa tetap berkarya dan berusaha sehingga bisa memiliki penghasilan meski dari rumah saja ya

      Hapus
  3. Percaya diri memang perlu ya ... dengan modal percaya diri jadinya banyak yang kemudian bisa dikembangkan dari dalam diri kita.

    BalasHapus
  4. Keren nih FWD, bikin acara yang makin menambah rasa percaya diri para wanita.
    sering-sering deh bikin acara gini, biar semua perempuan semakin berjaya :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulilah bisa bergabung dalam program ini ya Mbak Dee?

    karena banyak sekali kisah inspiratif dan ilmu baru

    seperti kita harus memilih intentions dan bukan goals

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eventnya seru yah mom, sebagai perempuan serasan menemukan kembali semangat yg mulai pudar, harus meningkatkan kepercayaan diri nih

      Hapus
  6. Perempuan yang berpenghasilan sendiri biasanya memang lebih percaya diri. Apalagi jika dia bagus di bidang itu. Bagus lagi kalau selain berdaya untuk diri sendiri juga bisa berdaya untuk perempuan lainnya.

    BalasHapus
  7. Emang harus selalu PD, sih. Karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing2. Yang penting terus belajar, ya

    BalasHapus
  8. Mandiri financial ini bukan hanya sebagai gaya hidup lho ya saat ini. Tapi juga emang kebutuhan. Saya akui, tanpa kesiapan kemandirian financial, perempuan banyak gak bisa berkutik...

    BalasHapus
  9. Setuju banget kalau perempuan harus mandoro financial. Apalagi sebagai generasi sandwich yg masih harus membantu orang tua. Berpenghasilan semdiri adalah sebuah kemerdekaan meski sudah berkeluarga ya, mb. Dan yup, upgrade skill is a must! Meski hanya di rumah saja. Bagus banget temanya, mb!

    BalasHapus
  10. Bener banget nih, kita harus pede san jangan membandingkan diri dengan orang lain terus. Sebagai wanita kita berhak mandiri secara financial karena banyak cara menjadi sukses dunia akhirat ya ka

    BalasHapus
  11. Memang jadi perempuan harus bisa segalanya ya... terutama urusan finansial. Karena kan ketika gadis bahkan hingga menikah nanti harus pandai mengelola keuangannya.

    BalasHapus
  12. FWD emang keren ya... Jadi perempuan zaman now gak cukup hanya smart dan mandiri. Tapi juga harus sadar akan pentingnya mandiri secara financial...
    Inspiring banget nih FWD...

    BalasHapus
  13. jadi kalau aslinya nggak ada tiangnya gimana mu bikin pasaknyanya mbak. hehehe, meski begitu tetep saja perempuan yang memang harus pandai mengatur keuangan kan, ya.

    BalasHapus
  14. Dengan dukungan dari FWD seperti ini, tentinya membuat makin semangat buat menjadi smart woman apalagi dalam hal finansial

    BalasHapus
  15. mandiri finansial dan upgrade skill, semoga dengan acara-acara kayak yang diinisiasi oleh FWD ini, makin banyak perempuan yang terinspirasi untuk memiliki dua hal itu ya mbak

    BalasHapus
  16. Beuh kereeeeeen. Para pimpinannya kaum hawa semua. Memang semangat Kartini semua para direktur FWD ini. Daebak

    BalasHapus
  17. Sebagai perempuan mandiri tentunya kita harus melek literasi finansial dan harus pintar atur keuangan kan ya..

    BalasHapus
  18. Hehe literasi keuangan akan tersupport oleh fwd, upgrade pengetahuan dan kapasitas diri akan membantu. Mantap kak

    BalasHapus
  19. Mengupgrade diri memang sangat penting dan sangat dibutuhkan ya, Mbak. kalau ga begitu ga akan bisa mengikuti perkembangan yang ada

    BalasHapus
  20. FWD terlihat support perempuan banget, ya. Paham literasi keuangan memang bisa bikin tambah percaya diri, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perempuan tak hanya makin berdaya tapi juga cerdas dalam kelola keuangan ya kak

      Hapus
  21. Sudah bertahun-tahun rasanya saya melihat bagaimana seriusnya FWD ini pada literasi keuangan. Beberapa kali pula topik inovasi yang mereka luncurkan berkaitan dengan kaum perempuan. Gak heran sih kalau banyak yang cinta sama perusahaan asuransi yang satu ini

    BalasHapus
  22. Saya selalu tanamkan dalam diri anak gadis saya untuk mandiri, karena kita nggak tahu ke depan. Meskipun nanti di nafkahi suami, setidaknya bisalah nambah-nambah untuk diri sendiri.

    BalasHapus
  23. Setuju banget sihh mba Dee, jadi perempuan memang harus mandiri financial untuk menghindari hal2 yang ngga kita inginkan di kemudian hari, bisa bantu suami juga ya kann

    BalasHapus
  24. Betul Mbak Dian. Kalau udah punya penghasilan sendiri dan kita memiliki kemampuan, maaf tanpa mengenyampingkan peran suami, tapi keberadaan kita seperti itu gak lagi dilihat sebelah mata ya jadinya.

    BalasHapus
  25. Menginspirasi sekali. Saya setuju untuk upgrade skill salah satu caranya adalah berkomunitas. Seperti skrg saya ikut beberapa komunitas blogger, jadi nambah wawasan dan mendapatkan banyak inspirasi baru.

    BalasHapus
  26. aku emang sering kali berpikir bahwa perempuan emang kudu percaya diri. Urusan finansial kudu mandiri juga. Memang sih kita bisa saja bersembunyi di balik pasangan untuk urusan finansial. Tapi kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Jadi kudu mandiri.

    BalasHapus
  27. aku ikutan webinar ini juga lho mak, jadi belajar untuk mengetahui intentions baru dilanjutkan dengan goals ya

    BalasHapus
  28. Dapat referensi baru. Artikel yang pas untuk meningkatkan kepercayaan diri wanita. Salah satunya ya dengan finansial.

    BalasHapus
  29. Seruuu dan kebayang enjoy bgt orang2 yg menjalani hidup dgn penuh percaya diri
    memang butuh utk selalu diingatkan ya mbaaa

    BalasHapus
  30. Keren banget ya materinya. Benar2 memberdayakan perempuan dari berbagai sisi.

    BalasHapus
  31. Perempuan itu mesti percaya diri yaa mbak, apalagi perannya sebagai ibu dan bisa sebagai juga sebagai bendahara. Nah penting literasi keuangan ini supaya lebih cermat mengatur keuangan di rumahnya

    BalasHapus
  32. perlu banget perempuan percaya diri apalagi di era digital ini banyak cara upgrade skill tidak perlu keluar rumah ya, ikut aja kelas online.

    BalasHapus
  33. Berkomunita smenjadi hal yang penting, ya Kak. Secara gak langsung memantik kita untuk terus meningkatkan skill

    BalasHapus
  34. Berarti aku bersyukur banget ya Mba Dian. Aku memiliki penghasilan atau tidak. Aku mandiri secara finansial atau tidak suami aku menghargai aku. Dia nggak ngeliat itu dari aku. Tapi sayangnya di luar sana betapaaaaa banyak laki - laki bodoh yang menghargai perempuan atau istrinya hanya punya finansial atau tidak. Hiks sedih aku.

    Akhirnya banyak ibu rumah tangga nggak dihargai oleh suaminya. Padahal jadi ibu rumah tangga ngurus anak dan rumah ama suami itu juga cpek banget. Jadi boro2 mau punya penghasilan karena waktu mereka dan tenaga mereka udah abis untuk keluarga.

    BalasHapus
  35. Salah satu hal penting ketika wanita ingin berdaya dan mandiri adalah dengan dukungan terbaik dari lingkunganya. Perempuan pun harus perbanyak hal-hal positif di sekitarnya, seperti bergabung di komunitas.
    Bersama FWD yang selalu mengangkat tema wanita mandiri, semoga menjadi insight terbaik bagi para wanita masa kini.

    BalasHapus
  36. Jadi perempuan mandiri itu memang tidak mudah, terlebih apabila mendapat dukungan yang kurang dari pihak suami. Tapi justru itu, kalau suami yang baik, ia akan mengizinkan istrinya untuk bisa mandiri ya. Toh kita mandiri juga bukan mau mengenyampingkan peran suami di sisi kita

    BalasHapus
  37. Perempuan kalau sudah mandiri khususnya finansial memang keren banget.. Dan mengelola keuangan juga penting sekali, khususnya untuk memilih antara keinginan dan kebutuhan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu mbaa, seengaknya bisa bantu suami juga ya mbaa, dan risiko keuangan keluarga pun bisa lebih diminimalisir

      Hapus
  38. pertama baca aku kira FWD itu Fornt Wheel Drive eh bukan, ternyata ini metode keren untuk mengelola keuangan, mantap banget

    BalasHapus
  39. perempuan harus mandiri finansial bener nih, apalagi perempuan juga harus bisa melakukan pengelolaan perencaanan keuangan keluarga biar ngga besar pasak daripada tiang.

    BalasHapus
  40. Semoga bisa terwujud ya mba. Setelah menikah perempuan jg berhak mewujudkan mimpinya tentu dengan caranya yg berbeda2 ya. Mandiri sebagai perempuan sangat perlu, moga dimampukan. Amin

    BalasHapus
  41. Materinya bagus ya... mengedukasi supaya perempuan-perempuan bisa lebih percaya diri. Dengan begitu mereka bisa lebih mandiri dan mengelola rumah tangga dengan lebih baik lagi

    BalasHapus
  42. Percaya diri siapa takut

    BalasHapus
  43. Jujur yah mba urusan upgrade diri ini kadang mager apalagi terjebak dengan rutinitas, berasa ga ada waktu untuk belajar. Alhamdulillah ada kelas-kelas online untuk belajar selama pandemi. tinggal pilih mana yg sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Helen mah rajin. Aku yang biasanya mager wkwkwk. Tapi iya sih, kelas online ngebantu banget. Cukup di rumah aja, emak rempong pun bisa nambah pinternya :)

      Hapus
  44. Percaya diri itu penting banget bagi perempuan ya. Membuat dia bisa melakukan banyak hal apalagi sebagai ibu ya kan?

    BalasHapus
  45. suka deh kalau ada lingkungan positif seperti ini, kita sebagai perempuan butuh support dari sekitar, perempuan harus percaya diri

    BalasHapus
  46. Setuju sekali nih, Karena dengan kemandirian perempuan bisa dapat melakukan banyak Hal diluar Sana Untuk kebaikan daripada financial masih tergantung dengan orang lain

    BalasHapus
  47. Setuju dengan pernyataan bahwa wanita butuh kemandirian finansial agar tetap bisa berdaya dari rumah

    BalasHapus
  48. Memang sebagai wanita tuh harus bisa mandiri finansial juga, karena ga tau gimana ke depannya

    BalasHapus
  49. Fwd acaranya menginspirasi sekali ya. Jadi ingin ikutan

    BalasHapus
  50. Perlu banget nih kita para perempuan untuk melek literasi keuangan, khususnya asuransi. Karena masih banyak yang memandang asuransi sebagai buang-buang uang saja, pedahal tujuan utama asuransi adalah mengalihkan risiko.

    BalasHapus
  51. Mandiri finansial buat wanita memang perlu banget

    BalasHapus
  52. Mandiri finansial itu wajib bagi semua orang menurut saya. Karena tak selamanya ya kita mesti bergantung pada orang lain untuk mencukupi keuangan kita. Nah upgrade skill di atas sangat membantu ya mbak agar bisa terwujud mandiri finansial ini.

    BalasHapus
  53. Upgrade diri, mandiri secara finansial adalah hal penting buat saya. Karena hal itu adalah cara saya bersyukur terhadap Allah dan menghargai diri sendiri.

    BalasHapus
  54. Sebagai perempuan kita memang mandiri finansial. Karena ini salah satu cara untuk mencintai diri sendiri.

    BalasHapus
  55. Menghargai diri sebagai wanita sambil upgrade diri hingga keuangan bisa jadi salah satu cara ya bersyujur. Untung fwd selalu mengarahkan dengan banyak materi bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerennya lagi topik-topiknya seringkali tetang pemberdayaan perempuan. Gimana biar kita-kita ini lebih percaya diri dan senantiasa haus untuk mempelajari hal baru.

      Hapus
  56. Setuju banget ya kemandirian finansial akan membuat perempuan mandiri.. Dan juga lebih dihargai pastinya ya.. suka bangey dg program fwd ini

    BalasHapus
  57. Bener banget dan setuju sih diriku kalo wanita tuh haru mandiri finansial sampa upgrade diri dan mencintai diri sendiri salah satunya dengan cara perlindungan untuk diri ini ya mba.

    BalasHapus
  58. Seneng yah kalo bisa hadir di acara-acara begini. Sebagai ibu rumah tangga rasanya bisa tetap upgrade ilmu jadinya. Sebagai bagian dari self love juga nih.

    BalasHapus
  59. Menjadi perempuan itu kereen, selain surga ditelapak kaki ibu, jaminan surga bagi perempuan yg taat kepada Allah dan suami dalam hal kebaikan.

    Perempuan bisa mandiri karena bisa melakukan pekerjaan bersama di waktu yg sama apalagi di saat kepepet wuihhh powernyabkeluar deh.

    BalasHapus
  60. Perempuan mandiri itu bisa menenangkan keluarga di saat situasi kepepet. Selalu punya jalan keluar terbaik, apalagi jika sudah punya asuransi, seperti sudah punya payung saat cuaca mendung.

    BalasHapus
  61. Bagus sekali tema talkshow yang diangkat ya, Mbak. Mengajak perempuan untuk mandiri secara finansial. Apalagi zaman now, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan perempuan dan bisa mendapatkan penghasilan. Kalau sudah mandiri secara finansial, bisa punya asuransi juga.

    BalasHapus
  62. Setuju wanita harus bisa mandiri secara finansial. Tak selamanya bergantung sama orang lain. Bebas kalo mau beli barang apa aja nggak mengganggu keuangan keluarga.

    BalasHapus
  63. Berasa banget lho ketika perempuan punya daya dalam hal finansial (walau misalnya belum sepenhnya mandiri) sebab ada sisi dalam dirinya yang memancarkan daya tarik tersendiri, terlihat lebih bahagia dan lain sebagainya.

    Banyak jalan menuju kemandirian secara finansial bagi perempuan kok. Sebab bergantung terus pada orang lain itu nggak selalu menyenangkan.

    BalasHapus
  64. Memang sebagai perempuan gk boleh menggantungkan pada lelaki, perempuan jaman sekarang harus bisa mandiri termasuk mandiri dalam finansial

    BalasHapus
  65. Setuju, perempuan mmg harus mandiri secara finansial dan melek literasi keuangan. Agar siap menghadapi berbagai kemungkinan

    BalasHapus
  66. Para pembicaranya tentu yang memang sudah kredibel di bidangnya ya. Akan sangat menarik ketika perempuan berani tampil dan percaya diri. Keren FWD slalu ada kelas begini nambah insight juga.

    BalasHapus
  67. Memang paling asyik kalau bisa mandiri secara financial itu kita bisa lebih leluasa mempergunakan uang sendiri ya. Bebas mau belanja-belanji hihihi
    Selain itu juga bisa mengatur dana untuk masa depan

    BalasHapus
  68. senang sekali dengan bahwa banyak supporting system yang membuat peremuan mas akini jaid berdaya termasuk dalam hal literasi finasial seperti ini. asuransi sekarg sudah menjadi topik umum bagi masyarakat

    BalasHapus

  69. Setuju sekali, sebagai perempuan kita emang harus mandiri finansial biar gak tergantung pada orang lain. Selain itu harus selalu upgrade skill. Hal ini bikin perempuan terlihat lebih menarik.

    BalasHapus
  70. Setuju, dengan mandiri finansial dan upgrade skill bisa menambah kepercayaan diri...

    BalasHapus
  71. wanita kudu banget punya asuransi kesehatan dan jiwa dong, sebagai pilar rumah tangga yang harus dijaga terus produktifitasnya. Karena disayangi emang kudu diberi proteksi yes

    BalasHapus
  72. Keren banget acaranya. Memang sudah selayaknya perempuan itu mesti mandiri. Aku pribadi, walaupun suami kerja gak mau hanya jadi IRT aja. Aku juga mesti produktif dan bisa menghasilkan uang sendiri. Walaupun gak seberapa tapi bisa bikin bahagia

    BalasHapus
  73. Senang sekali membaca artikel mengenai dukungan yang diberikan FWD serta tips untuk menjadi wanita yang mandiri secara finansial. Ini akan mendorong wanita untuk lebih berani dalam berkarya dan tidak abai dengan literasi keuangan, terutama cerdas berinvestasi.

    BalasHapus
  74. Iya sih ya, edukasi literasi keuangan ini penting banget untuk diikuti para wanita. Kayak aku nih, yang kurang literasi keuangan pas dulu kerja dan bisa menghasilkan uang lumayan, tapi endingnya zonk karena nggak pandai atur keuangan.

    BalasHapus
  75. setuju nih perempuan harus bisa mandiri secara finansial, karena ya memang perempuan harus bisa mandiri tidak bergantung ke suami atau siapapun

    BalasHapus
  76. Setuju jadi perempuan harus percaya diri ya mbak karena tuntunan jaman juga mengahruskan perempuan berubah..untung ya ada edukasi literasi keuangan dari FWD jadi ada tambahan pengetahuan keuangan untuk perempuan

    BalasHapus
  77. Program literasi keuangan perlu tahu nih. Biar bisa mengelola keuangan dengan baik pastinya. Jadi pengen ikutan acara keren ini.

    BalasHapus
  78. woman support woman banget nih penting. sebagai perempuan memang perlu banget membangun PD biar lebih mudah ke sana ke mari, ngurus itu ini. kadang minder emang menghambat

    BalasHapus
  79. semoga banyak perempuan yang mendapatkan support dari pasanganyya untuk terus berkarya baik di dalam rumah atau di luar rumah.

    BalasHapus
  80. jadi perempuan memang harus mandiri financial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, bisa bantu suami juga ya..

    BalasHapus
  81. Sedih kenapa aku ketinggalan acara sebagus ini. Padahal aku lagi suka banget mempelajari topik finansial. Kalau ada lagi kabarin ya mbak.

    BalasHapus
  82. Selain keahlian memasak, perihal skill untuk mengatur keuangan juga harus dimiliki sehingga nggak boros dan boncos di saat masa tua nanti.

    BalasHapus
  83. Perempuan juga harus melek finansial biar kalau terjadi sesuatu sama suami kita bisa take action tentang keuangan

    BalasHapus
  84. Aku pun lagi menuju jadi perempuan yang bisa mandiri secara finansial, mengingat beberapa tahun lagi suamiku pensiun. Masih terus belajartentang manajemen waktu dan keuangan

    BalasHapus
  85. Pengen banget aku jadi perempuan yang mandiri secara finansial. Baca postingan ini jadi ingin selalu mandiri dan selalu mengatur keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  86. aku selalu suka kalau ada acara tentang literasi keuangan gini, walau pun udah hampir 12 tahun nikah, kayaknya tetep butuh upgrade ilmu seputar perencanaan keuangan

    BalasHapus
  87. Perempuan memang harus upgrade skill terus, ya, ka, Biar bisa mandiri dalam masalah finansial. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  88. Hidup penuh percaya diri itu penting banget untuk perkembangan perjalanan karir kita salahsatunya ya mba. Dengan mandiri secara financial memang bikin bikin PD

    BalasHapus
  89. Penting banget upgrade skill apapun profesi kita, irt pun perlu upgrade skill

    BalasHapus
  90. Bener banget, yang namanya belajar sepanjang hayat itu ya harus upgrade skill. Manusia harus terus belajar dan belajar agar nggak ketinggalan zaman.

    BalasHapus
  91. Percaya diri biar bisa menjalani hidup dengan penuh semangat yah, plus jangan lupa upgrade skill biar tambah pintar

    BalasHapus
  92. saya juga ikut talkshow ini
    memang banyak banget inspirasi dan motivasi usai ikut
    kegiatan yang positif banget dan sayang jika dilewatkan
    pokoknya ikut lagi deh minggu depan dengan tema beda

    BalasHapus
  93. Pasti seneng yaa, penuh sisi positif jika bisa hidup dengan penuh percaya diri. Terutama bagi perempuan. Ikut talkshow ini banyak banget yaa insight yang didapat. Baru baca ulasannya aja udah dapat banyak pengalaman berharga

    BalasHapus
  94. Perempuan yang memang punya kemandirian secara finansial, terasa lebih punya kepercayaan diri dibanding yang bergantung pada pasangan sih ya. Perempuan begini, jadi cenerung punya keleluasaan dalam memutuskan hal-hal yang ia lebih pahami, dan bisa diajak berkomunikasi dengan lebih menyenangkan. Di sisi lain, sering meng-upgrade skill adalah jalan lain untuk menaikkan rasa PD. Sepakat banget dan suka banget menemukan insight dari tulisan Mba.

    BalasHapus
  95. Kepercayaan diri perlu diusahakan bagi sebagian orang supaya tidak insecure ya ... kalau sudah timbul kepercayaan diri, jadi mudah untuk makin berkembang.

    BalasHapus
  96. Selalu senang dengan bahasan-bahasan tentang perempuan yang menginspirasi. Karena suka dapat insight baru dan suntikan semangat. Perempuan yang mandiri, biasanya juga literasi keuangannya bagus, ya

    BalasHapus
  97. Setuju banget nih mom wanita itu memang harus mandiri secara finansial tidak tergantung pada orang lain,termasuk pasangan.Karena kita tidak tahu ya harus esok.

    BalasHapus
  98. setuju nih mba.. perempuan memang sebaiknya bisa mandiri finansial juga, setidaknya ada pemasukan atau pegangan uang sendiri. tujuannya selain untuk diri kita sendiri, juga untuk jaga2 jika ada hal2 tertentu di keluarga

    BalasHapus
  99. Saat pandemi, banyak hal yang harus dilakukan oleh perempuan. Dan ini jadi tantangan juga. Terima kasih sudah berbagi, mba

    BalasHapus
  100. Kemandirian finansial itu harus dimiliki semua orang ya, termasuk perempuan. Beruntung banget bisa dapet inspirasi dari acara FWD, mbak :)

    BalasHapus
  101. Wah seru kyknya nih acaranya. Aku setuju banget kalau perempuan harus melek dan mandiri finansial supaya lbh berdaya. Selain utk dirinya sendiri juga bisa bantu2 keluarga yaa

    BalasHapus
  102. Bener banget ya Mbak Dee say,, dg memiliki penghasilan sendiri kita kaum hawa ini punya semacam bargaining position ya,, diperlakukan setara gitu deh hehe,, Alhamdulillah, FWD bagus banget eventnya ya

    BalasHapus
  103. Wah bener banget mba, bahwa perempuan kudu tetep belajar, melek financial, dan kudu punya kemandirian finansial biar berdaya meski di rumah aja. Semangat untuk semua perempuan:)

    BalasHapus
  104. Bener, mbak. Meskipun ada suami yang menanggung nafkah tapi rasanya lebih enak aja kalau bisa mandiri secara finansial, minimal buat jajan gitu. Aku kalau gak ada pemasukan dari diriku berasa gak punya power, mau apa-apa harus minta ke suami kayak gak enak.

    Tapi selain mandiri secara finansial, yang penting juga perempuan harus bisa mengelola keuangan (laki-laki juga sih) agar kalau sumber nafkah utama gak ada, gak kaget dan bingung gimana cara ngelola uang sehari-hari.

    BalasHapus
  105. Kemandirian perempuan memang perlu diupayakan sedini mungkin ya mbak. Supaya lebih mantap mengatur finansial keluarga

    BalasHapus