Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Persiapan Puasa Hari Pertama yang Sebaiknya Dilakukan

Puasa hari pertama

Tak terasa esok puasa hari pertama. Bulan Ramadan 1443 H sudah di depan mata. Semua umat Islam di seluruh dunia bersuka cita menyambut bulan mulia ini. 

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Tentunya kita tidak ingin melewatkannya begitu saja, bukan? 

Pastinya kita ingin mengisi Ramadan tahun ini dengan melakukan hal-hal baik. Bisa puasa dengan nikmat, nggak bolong tarawih atau mungkin bisa sampai khatam Al-Qur'an. 

Tentunya semua itu butuh persiapan. Apa saja yang kita persiapkan untuk menyambut puasa hari pertama besok? 

Berikut yang bisa kita siapkan agar menjalani puasa hari pertama dengan maksimal. 

1. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting agar kita bisa menjalani ibadah puasa dengan maksimal. Kalau sakit, nggak bisa puasa, dong!

Menjaga kesehatan di bulan Ramadan bisa kita lakukan dengan selalu mengosumsi makanan bergizi seimbang. Kalau saya, saat puasa lebih sering memperbanyak makan buah dan sayur. 

Hindari gorengan dan makanan dengan gula tinggi. Bila perlu konsumsi multivitamin. Dan tetap lakukan olahraga meski sedang berpuasa. 

Baca Juga : Olahraga Saat Puasa? Bisa Kok! Ikuti 3 Tips Berikut Ini

Semua itu akan membuat kesehatan tubuh kita terjaga. Tubuh sehat, ibadah melesat!

2. Menulis jurnal Ramadan

Menulis jurnal Ramadan bisa jadi persiapan agar ibadah makin maksimal. Tuliskan target-target Ramadan kita tahun ini. Ini akan memotivasi kita untuk menjalani ibadah dengan sungguh-sungguh.

Jangan lupa,tulis juga refleksi harian dan rasa syukur di jurnal Ramadan ini. 

3. Food preparation

Jangan lupa melakukan food preparation untuk menyambut puasa hari pertama. Belanja bahan masakan untuk sahur dan berbuka. Lakukan food preparation untuk masak selama 7 harian. 

Baca Juga : Tips Sukses Melakukan Food Preparation

Jadi, kita nggak bingung lagi saat akan menyiapkan masakan sahur ataupun berbuka. Selain itu, food preparation membuat kegiatan memasak jadi lebih cepat. 

4. Kelola keuangan dengan bijak

Ramadan jangan boros! Jangan banyak jajan takjil di luar atau roadshow buka bersama. Kelola keuangan dengan bijak. Sebab, Ramadan waktunya kita banyak berbagi. Jangan sampai karena kebanyakan jajan, kita jadi jarang bersedekah.

Ingat, banyak pengeluaran tambahan di bulan Ramadan ini. Mulai dari membayar zakat hingga ongkos untuk pulang kampung. Jadi, kelola keuangan dengan bijak ya!

5. Bersihkan hati

Bersihkan hati dari segala rasa iri, dengki dan penyakit hati lainnya. Ini penting, lho! Agar kita bisa lebih khusyuk dalam menjalani puasa. 

Perbanyak dzikir dan sholawat. Jangan lupa untuk memperbanyak membaca Al Qur'an. 

Itulah 5 persiapan puasa hari pertama yang sebaiknya dilakukan. Apakah teman-teman punya persiapan lainnya? Yuk ditunggu sharingnya di kolom komentar, ya! 

Selamat berpuasa!

#BPNRamadan2022

#Day1

Tidak ada komentar

Posting Komentar