Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

3 Kali Puasa Saat Pandemi, Bagaimana Rasanya?

 

Ramadan 1443

"Tiga kali puasa, tiga kali lebaran"


Hayoo, siapa yang baca itu sambil nyanyi? Hehe, bukan bang Toyib tapi COVID-19 ini ya yang seolah enggan beranjak pergi, sedih!

Kalau dihitung-hitung, sudah tiga kali puasa kita jalani di masa pandemi, ya! Mulai Ramadan 2020, 2021 dan sekarang 2022. Kok mengsedih rasanya, ya! 

Tiga tahu puasa saat pandemi, bagaimana rasanya? Apa yang teman-teman rasakan? Adakah yang berbeda dengan puasa tahun 2020 dan 2021 lalu? 

Hmm kalau saya sih, lumayan banyak lah perbedaannya. Meski tak sebebas dulu sebelum pandemi, saya rasa puasa tahun ini akan lebih baik daripada saat 2020 lalu, saat COVID-19 baru menyapa. 

Puasa Tahun 2020

Puasa tahun 2020 menjadi pengalaman pertama puasa saat pandemi. Namanya juga pengalaman pertama, banyak perubahan yang bikin kaget. 

Saat puasa tahun 2020 lalu, saya dan keluarga menghabiskan waktu di rumah saja. Kami beribadah bersama di rumah. Mulai dari buka puasa hingga shalat tarawih. Semua dilakukan di rumah saja, sesuai anjuran pemerintah. 

Biar nggak bosan di rumah saja, saya dan anak-anak biasanya bikin-bikin mainan DIY, memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah.

Tahun 2020 kami juga tidak mudik ke Bojonegoro. Bahkan untuk saling berkunjung ke rumah kerabat di dalam kota pun nggak. Semua itu untuk menjaga diri agar tidak tertular virus COVID-19. 

Silaturahmi dilakukan secara virtual. Dengan melakukan panggilan video maupun menelpon kerabat-kerabat. Alhamdulillah tetap syahdu suasana silaturahminya.

Puasa Tahun 2021

Harapannya tahun 2021 bisa puasa tanpa terancam sama virus COVID-19. Eh ternyata kok nggak! Tahun 2021 masih harus bersabar melakukan puasa saat pandemi.

Meski begitu, sepertinya tahun 2021 lebih baik dari tahun 2020. Masih bisa keluar rumah dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru : 3M ; Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak. 

Masih bisa buka bersama di luar rumah sesekali. Bisa shalat tarawih tapi harus daftar dulu di masjid. Sebab, kapasitas masjid hanya 50%. Jadi nggak tiap hari juga shalat tarawih di masjid. Harus gantian, nggak apa-apa yang penting tetap bisa merasakan shalat tarawih di masjid. 

Saya juga banyak melakukan pekerjaan dari rumah. Alhamdulillah, tak seperti Ramadan 2020, Ramadan 2021 lebih ramai job. Mulai dari job blogging ataupun mengajar. Semuanya via online. 

Puasa Tahun 2022

Ternyata, sampai tahun 2022 kita masih harus tetap puasa saat pandemi, ya! Mau gimana lagi, disyukuri saja lah. Alhamdulillah masih bisa berjumpa lagi dengan Ramadan. 

Pengalaman ketiga puasa saat pandemi, membuat saya lebih tenang menjalaninya. Maklum sudah terbiasa. Sudah bisa beradaptasi dengan pandemi. 

Saya optimis, tahun ini jadi lebih baik lagi. Meski sekarang sudah bebas untuk aktivitas di luar rumah, saya tetap membatasi diri untuk melakukan buka bersama di luar.

Selain untuk menjaga diri, juga menjaga dompet 😆😆. Tahu sendiri kan, harga-harga pada naik. Mulai dari minyak goreng, gula pasir sampai BBM (Bahan Bakar Minyak). Jadi, harus mengencangkan ikat pinggang. Biar bisa bersedekah, bayar zakat hingga persiapan untuk mudik.

Bersyukur Ramadan tahun ini bisa mengajar secara offline. Ada beberapa job blog rutin. Alhamdulillah.

Tahun ini juga bisa shalat tarawih dengan tenang di masjid. Masjid ramai, kapasitas normal. Nggak perlu daftar online, bisa tiap hari.

Mungkin karena kita semua sudah di vaksin, ya. Juga sudah makin mantap dengan adaptasi kebiasaan baru, menjaga protokol kesehatan. Selama shalat tetap memakai masker. 

Harapannya, puasa saat pandemi tahun ini bisa itikaf lagi di masjid agung Surabaya. Mengajak anak-anak merasakan nikmatnya ibadah itikaf. 

Puasa Saat Pandemi

Tetap semangat, ya! Jalani puasa saat pandemi dengan sungguh-sungguh. Semangat meraih keberkahan Ramadan. 

Jangan lupa untuk senantiasa berdoa, semoga tahun ini adalah terakhir kalinya kita puasa saat pandemi. 

Semoga tahun depan, kita semua dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan. Dalam situasi yang lebih baik lagi, tanpa pandemi.

Amin...

#BPNRamadan2022

#Day2


19 komentar

  1. Aku auto nyanyi di depan kwkw. Tiga kali Ramadan saat pandemi mesti syukurnya kali ini sudah lebih baik kondisinya. Alhamdulilah. Semoga sehat semua kita hingga Ramadan tuntas

    BalasHapus
  2. Tak terasa ya Indonesia sudah memasuki tahun ke-3 pandemi.Sama halnya dengan puasa yang juga 3x di masa pandemi.Tetapi di tahun ini lebih beda karena harga sebelum puasa sudah naik tinggi.Minyak misalnya hingga sekarang bertahan diangka 50 ribu untuk 2kg juga dengan telor 24 ribu/kg padahal baru hari kedua puasa ya, semoga segera turun ya

    BalasHapus
  3. Ramadhan tahun ini adalah ramadhan ketiga di masa pandemi. Meski tak semencekam tahun-tahun lalu, tapi kita tetap harus jaga prosedur kesehatan. Selalu ada cerita tersendiri di setiap ramadhan... Selalu ada memory yang membekas di tiap lebaran... Selamat menunaikan ibadah puasa ya buat semuanya...

    BalasHapus
  4. wah ikut BPN Ramadan, semoga sukses ya?

    dulu saya ikut 2 tahun berturut2, malah di awal pandemi juga ikut

    gak tau sekarang kok loyo banget, hiks

    BalasHapus
  5. Iya ya. Gak berasa sudah 3 kali menjalani Ramadan semasa pandemi. Tahun ini seperti sudah gak ada beban dan sudah nyaman melaluinya. Yang terasa bagi saya adalah sudah 2 kali lebaran tidak bisa bersua dengan ibu saya yang sekarang tinggal di rumah yang di Cipanas karena menjaga agar Ibu tidak berinteraksi dengan orang-orang di luar rumah. Tujuannya adalah meminimalisir kemungkinan tertular virus. Mengingat bahwa ibu saya tidak bisa divaksin karena penyakit bawaan.

    Tapi semoga tahun ini kondisi sudah lebih kondusif.

    BalasHapus
  6. Kak, puasa Ramadhan sebagai ladang syukur sebagai muslim dalam hubungan dengan sesama manusia. Sebagai ibadah dengan Illahi karena puasa ada dua kenikmatan pertama saat berbuka puasa dan nantinya saat bertemu dengan Illahi. Ramadhan kali ini banyak cerita. Semoga ibadah puasa Ramadhan diterima Illahi dan lancar. Aamiin.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah meski pandemi, baik kesatu maupun kedua (apalagi sekarang) saya dan masyarakat di kampung sini gak merasakan perbedaan. Soalnya disini tarawih tetap berjamaah. Pasar tetap buka dua kali seminggu dan aktivitas tidak berubah kecuali ok anak sekolah dan PNS, serta prokes yg harus dijalankan kalau ada petugas, hehehe

    BalasHapus
  8. Pengalaman puasa saat pandemi yang paling bikin speechless itu waktu bayar zakat fitrah, Mbak. Dapat cerita dari Ketua RT bahwa ada beberapa KK di kompleks kami yang kesulitan ekonominya parah banget.

    BalasHapus
  9. Iya ya, ini sudah puasa ke tiga di masa pandemi. Alhamdulillah kondisinya makin membaik sih ya mbak untuk pelaksanaan ibadah puasa maupun tarawih. Diijinkan mudik pula tahun ini dengan syarat sudah vaksin booster.

    BalasHapus
  10. Rasanya nano-nano, Kak. Apalagi yang pas tahun 2020. Aku masih di Semarang dan nggak bisa mudik. Sendirian. berasa horor. Akhirnya habis lebaran aku malah diphk dari kantor. hiks..

    tapi aku sekarang udah vaksin. Dan berharap semoga pandemi segera usai.

    BalasHapus
  11. Sebenarnya nggak terlalu terasa si pas lebaran antara pandemi dan enggak karena memang nggak pernah mudik hehe
    Bedanya ya cuma lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja

    BalasHapus
  12. Aamiin.. Semoga tahun ini terakhir pandemi ini bertamu. Semoga segera hilang sebelum akhir tahun.
    Tapi, alhamdulillah nya tahun ini sudah bisa terawih dengan normal ditempatku, mb. Tanpa jarak lagi..

    BalasHapus
  13. Tetap semangat, dan percaya kita bisa melalui pandemi ini dengan baik, dan beribadah dengan lancar

    BalasHapus
  14. Walaupun sempat terasa berat ternyata kita mampu melewatinya juga. Semoga mbak DK dilancarkan beribadah puasanya, ya dan semoga bisa i'tikaf di masjid lagi, aamiin

    BalasHapus
  15. Nah bener ya puas ketiga tahun ini kala pandemi tapi untung pandemi sdh mereda ya semoga situasi kondusif dan bisa seperti sedia kala ya mbak

    BalasHapus
  16. Semoga lebaran tahun ini lebih plong otak dan pikirannya, gak kayak mengenang 2 tahun lalu saat pandemik, aduh jadi trauma, semoga pandemi bener2 berakhir jadi kita ibadah puasanya juga lebih enakan. Bisa lebih bersosialisasi maaf-maafan bareng keluarga dan tetangga samping rumah.

    BalasHapus
  17. tetap semangat mbak! ini tahun ketiga kita puasa saat pandemi, rasanya tetap nano-nano. namun tahun ini sudah mulai agak longgar. semoga kita dikasih kesehatan terus ya...

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah puasa saat pandemi justru bikin hemat soalnya jadi jarang beli makan di luar.

    BalasHapus
  19. Saya mba bacanya sambil nyanyi ehehe, bener ya gak kerasa pandemi kayak bang Toyib, udah 3 kali puasa 3 kali lebaran masih anteng, tapi senengnya tahun ini banyak yang bisa mudik kayak mau back to normal

    BalasHapus