Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Masjid Agung Surabaya, Tempat Ngabuburit Asik

Tempat ngabuburit asik

Halo, teman deestories..

Apa kabarnya? 

Masih semangat puasanya? Harus tetap semangat, ya!

Biar semangat, yuk kita ngomongin tempat ngabuburit asik. Apakah teman deestories, punya tempat ngabuburit asik yang jadi favorit? 

Kalau saya, paling suka ngabuburit di Masjid Agung Surabaya!

Kenapa? Yuk baca sampai habis, ya!

Ngabuburit

Ngabuburit adalah salah satu aktivitas yang biasa dijumpai di bulan Ramadan. Biasanya ngabuburit diisi dengan berjalan-jalan sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Bisa juga berburu takjil saat ngabuburit. 

Baca Juga : Lima Ide Kreatif Ngabuburit Saat Ramadan

Tahukah teman-teman, kalau istilah ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda? Ngabuburit berasal dari kata "burit" yang artinya sore hari menjelang magrib. Orang-orang melakukan ngabuburit setelah shalat ashar hingga datangnya adzan magrib. 

Meski masih dalam situasi pandemi, nampaknya sekarang kita bisa melakukan ngabuburit. Dengan syarat tetap memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. 

Ngabuburit Asik di Masjid Agung Surabaya

Tempat ngabuburit asik di Surabaya

Bagi saya, tempat ngabuburit asik itu ya di Masjid Agung Surabaya (MAS) atau yang disebut juga Masjid Al Akbar. Masjid ini istimewa, lho. Masjid Agung Surabaya ini adalah masjid kedua terbesar di Indonesia. 

Bisa dibilang masjid ini juga termasuk salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Surabaya. Masjid yang bisa menampung hingga 59.000 jamaah ini punya banyak fasilitas pendukung. 

Baca Juga : 5 Tempat Liburan Favorit di Surabaya

Mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan hingga wisata. Nah fasilitas wisata inilah yang membuat Masjid Al Akbar ini bisa menjadi tempat ngabuburit asik. 

Ada Apa Saja di Masjid Agung Surabaya?

Memangnya ada apa saja sih di Masjid Agung Surabaya ini? Apa yang membuat masjid ini menjadi tempat ngabuburit asik? Banyak! 

Berikut adalah fasilitas wisata yang ada di Masjid Al Akbar ini. 

1. Menara

Siapa yang ingin melihat kota Surabaya dari ketinggian? Di menara MAS ini, kita bisa melihat pemandangan kota Surabaya dari atas. 

Tempat ngabuburit asik

Menara Masjid Agung Surabaya ini tingginya mencapai 99 meter. Kita bisa naik hingga puncak menara dan melihat kota Surabaya dari atas. Menara ini dilengkapi dengan lift berkapasitas 8 orang. 

Tiket masuk menara : Rp. 7.500 (untuk dewasa) dan Rp. 5.000 (untuk anak-anak). Menara ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 - 16.30 WIB. Khusus hari Minggu, menara buka pada pukul 06.00-16.30 WIB. 

2. Perpustakaan

Membaca buku di perpustakaan juga bisa menjadi aktivitas mengisi waktu ngabuburit. Di Masjid Agung Surabaya, ada fasilitas perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Tempat ngabuburit asik di Indonesia

Di bagian underground masjid, terletak perpustakaan. Disini pengunjung bisa membaca buku dari berbagai jenis. Mulai dari buku agama, pengetahuan umum, pendidikan, teknik, anak dan lain sebagainya. 

Anak-anak paling suka jika diajak ke perpustakaan yang ada di Masjid Agung Surabaya. Selain tempatnya yang luas dan nyaman, koleksi buku anaknya juga banyak.

3. Masjid Edupark

Masjid Edupark ini adalah fasilitas terbaru dari Madjid Agung Surabaya. Masjid Edupark baru dibangun pada tahun 2019. Sesuai dengan namanya, Masjid Edupark ini menjadi taman edukasi. 

Masjid Edupark

Banyak tanaman yang ada di sini. Mulai dari tanaman urban farming, toga, hidroponik, bunga dan buah. Masing-masing ditata berdasarkan jenisnya. Di setiap tanaman akan ada keterangannya. Jadi, pengunjung tak hanya bisa menikmati keindahannya tapi juga belajar banyak tentang tanaman.

Jalan-jalan di sini pasti asik. Udara segar dan bisa menikmati rimbunnya tanaman, membuat kita bisa rileks sejenak. Jangan khawatir, kalau capek jalan bisa beristirahat sejenak di bangku-bangku taman.

Di Masjid Edupark ini juga ada gazebo yang dilengkapi dengan saklar listrik adan saluran internet. Gazebo ini difungsikan sebagai co-working space. 

Ada juga area jogging track di sini. Bahkan tempat untuk melakukan refleksi telapak kaki juga disediakan. Komplit, ya!

4. Pujasera

Ngabuburit nggak lengkap jika tidak berburu takjil. Di Masjid Agung Surabaya ada pujasera yang menyajikan beragam jajanan. Mau makanan berat juga ada, kok. 

Nggak hanya jualan makanan. Di sini juga banyak penjual pakaian, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. 

Ayo Ngabuburit Asik di Masjid Agung Surabaya

Gimana? Sudah kebayangkan asiknya ngabuburit di Masjid Agung Surabaya? Banyak tempat-tempat menarik yang bisa kita datangi sambil menunggu adzan magrib. 

Baca Juga : Lima Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Masjid Agung Surabaya

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah teman-teman pernah ngabuburit asik di Masjid Agung Surabaya? Atau punya tempat ngabuburit asik lainnya? 

Yuk cerita di kolom komentar, ya! 

Terima kasih.

#BPNRamadan2022

#Day3


26 komentar

  1. dari dulu pengen masuk masjid Agung tapi belum kesampaian.
    semoga next time bisa ngerasain ngabuburit di masjid Agung juga

    BalasHapus
  2. Ngabuburit asik nih, meski ke Mesjid Agung aja tapi langsung bisa ke Menara lihat pemandangan kota, sama halnya di Bandung pun ada.
    AKu belom pernah ke yang di Surabaya ini, dan dilanjut berburu Takjil udah ternikmat rasanya. Suatu tradisi Ngabuburit yang bikin kangen semasa anak2 kecil. jaman sekarang Ngabuburitnya kbanuakan di online ajaaa, hihii..

    BalasHapus
  3. Selngkap dan sekeren ini MAsjid Agung Surabaya. Pasti jadi tempat ngabuburit favorit di Surabaya nih. Anak-anak suka eduparknya, emak cocok dengan pujaseranya. Klop!

    BalasHapus
  4. Keren banget ya MAsjid Agung Surabaya ini dari dulu pengen ke mampir ke masjid ini kalau lagi ke surabaya tapi belum kesampaian sampai sekarang. Next kalau ke surabaya wajib nih mampir kesini

    BalasHapus
  5. Duh lengkap banget yaa belum kesampaian nih buat mampir ke Masjid Agung Surabaya. Next kalau lagi ke surabaya wajib mampir nih

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah mampir ke MAsjid Agung Surabaya ini. Luas ya dan bersiiih. Anak2 senang beribadah di sana apalagi ada edupark dan penting banget ada pujasera hehehe sebagai penyemangat. Asyik ya kalau kita ngabuburt di sana jogging track, co-working space, internet lancar wuih mantap.

    BalasHapus
  7. Udah pernah, Mbak, tapi udah belasan tahun yang lalu. Sekarang jadi kangen ke Masjid Akbar. Deket sana ada juga warung sate favoritku. Ah, jadi inget masa lalu kan.

    BalasHapus
  8. Wah ternyata banyak yang bisa dikunjungi yah di MAS. Belum pernah ke sana sih, kirain cuma masjid aja. Pengen nyoba ke menaranya deh.

    BalasHapus
  9. Ngabuburit berfaedah banget nih mbak Dee
    aku juga suka kalau di perpus - betah dan jangan jangan aku bisa sampe tidur bolak balik kalo ditaro di situ hihi.....

    BalasHapus
  10. Masha Allah, baru tau kalau masjid agung Surabaya ada edupark-nya. Pasti bikin orang tua yang membawa anak dan kebetulan singgah bisa menikmati suasanya teduhnya masjid dengan anak-anak

    BalasHapus
  11. Jadi ingat masa kecil, paling demen ngabuburitnya ke masjid nanti ikutan buka puasa sama teman-teman di masjid sehabis ngaji sore. Ini bagus banget Masjid Agungnya karena ada taman eduparknya ya mak, jadi si anak lebih betah dan senang juga.

    BalasHapus
  12. Aku sering lihat menara dan kubah masjid Al Akbar ini kalau pas ke Surabaya, tapi belum pernah ke sana. Wah ternyata ada eduparknya juga. Asyik ya kalau ngajak anak-anak ke sana, jadi serasa piknik

    BalasHapus
  13. Ngabuburit di masjid ini lebih bermanfaat dan hemat juga mba...daripada ngemall... Klo menurut aku sih. Bisa baca2 di perpustakaan masjid...pas buka, sekalian aja ikut takjil...makan rame2.. enak banget apapun menunya .

    BalasHapus
  14. Menarik ya mb, sepertinya asyik baik menara. Kalau di Jogja tempat ngabuburit asyik tu di Jogokaryan. Di kompleks masjidnya banyak aneka jajanan untuk buka. Mau berbuka di masjidnya juga bisa, menunya lezat dan variatif. Cuma memang antre, pengunjung banyak sekali...

    BalasHapus
  15. Masjid Agung Surabaya pernah mampir memang banyak ya yang jualan banyak pilihan. Asik pastinya kenyang tinggal solat tarwih sekalian di masjid.

    BalasHapus
  16. Sering melihat mesjid ini dari kejauhan kalau dari Malang. Ternyata banyak yang bisa dikunjungi di Mesjid Agung Surabaya ini.

    BalasHapus
  17. masyaAllah masjidnya punya fasilitas lengkap ya
    anak-anak pasti senang diajak kesini bisa sekalian buat edukasi mereka
    abis ngabuburit bisa langsung berbuka dan ikutan sholat jamaah

    BalasHapus
  18. Aku kemarin ke surabaya liputan mba tapi gàk mampir ke di Masjid Agung Surabaya! Waktunya mepet bnget sih ta... Bagus bngunan masjidnya next mau ke Sana lagi mudah2an bisa mampir

    BalasHapus
  19. Menaranya kalau pas ngabuburit dibuka, Di?
    Eh, ada keterangannya dink...hehehe, maap, maap.
    Tapi aku gak tau kalau di MAS ada perpus, taman dan kantin. Aku cuma tau menara yang bisa meneropong seluruh keadaan luar angkasa. Halaa~
    BUkan dink.. Teropong sekitaran MAS aja yaa..
    Siapa tau menangkap sinyal menu takjil yang endeeuuss~

    BalasHapus
  20. Masya Allah, ada perpustakaannya juga ya. Jadi betah nih ke sini, habis shalat atau sebelum shalat mampir ke perpus dulu, baca buku di sana.

    BalasHapus
  21. ya ampun udah lama banget aku gak ngabuburit di sekitar masjid, rasanya rindu sekali, dan masjid-masjid sekarang juga sudah dilengkapi dengan taman-taman yang nyaman untuk dinikmati oleh keluarga

    BalasHapus
  22. Di Balikpapan ada banyak pilihan tempat ngabuburit.
    Di taman, pantai, mall, mesjid dan lain-lain.

    Namun aku termasuk orang yang demen ngabuburit di rumah, karena menyiapkan iftar buat keluarga.

    Kalaupun pernah ngabuburit di luar rumah, biasanya untuk memenuhi undangan bukber.

    Btw,
    Baru tahu juga kalau Mesjid Agung termasuk tempat ngabuburit favorit di Surabaya!


    BalasHapus
  23. Udah beberapa tahun aku ngga ngelakuin lagi ngabuburit soalnya males dengan macet-macetannya gitu. Tapi kali ini kepikiran nih ngabuburit ke masjid-masjid kaya gini. Seru kayanya yah.

    BalasHapus
  24. Aku dulu suka banget ngabuburit ke berbagai masjid, keliling begitu sekalian terawih malah. Jadi kangen deh, karena berasa banget dapat ramadannya

    BalasHapus
  25. Wah keren ya mbak Masjid agung Surabaya, ada menaranya juga. sama kayak masjid agung Semarang. Sayangnya waktu ke sana belum sempat ke menaranya karena terlalu sore jadi sudah tutup

    BalasHapus
  26. aku baru tahu kalau ada perpustakaan dan edupark-nya mbak, pas ke sini ddulu cuma taahu ada menara tapi gak sempat naik karena memang minim informasi. makasih untuk informasi ini, ngabuburitnya beneran asyik deh di masjid ini

    BalasHapus