Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Hal Kecil yang Bisa Membuat Ibu Rumah Tangga Bahagia


Halo, teman deestories

Apa kabar? 

Apa yang membuat teman-teman merasa senang? 

Apakah senang jika bisa shopping di mall favorit?!

Apakah senang jika bisa menghabiskan waktu me time di salon? 

Mungkin teman-teman akan punya jawaban yang berbeda. Setiap orang tentu punya sebab kebahagiaannya masing-masing. Begitu juga saya, setelah menjadi ibu rumah tangga, saya mencoba bahagia dari hal-hal yang kecil. 

Kenapa begitu? Ya, saya sadar saat menjadi ibu rumah tangga tentu akan banyak perubahan yang dialami. Termasuk cara untuk bahagia. 

Dulu, saya akan bahagia kalau bisa menikmati secangkir kopi di cafe langganan sambil membaca buku. Atau berlama-lama di salon untuk melakukan perawatan. 

Sekarang, saat menjadi ibu rumah hal-hal tersebut seolah sulit dijangkau. Daripada stres, maka lebih baik berdamai dengan keadaan. Mencoba bahagia dengan hal-hal kecil, misalnya..

1. Menikmati waktu bersama anak secara penuh

Bisa menikmati waktu bersama anak secara penuh bisa menjadi hal yang membahagiakan bagi saya. Lho, bukannya sebagai ibu rumah tangga memang selalu menghabiskan waktu bersama anak? 

Belum tentu. Menikmati waktu bersama anak secara penuh itu artinya, bisa hadir sepenuh tubuh dan sepenuh hati. Ada didekat anak dan fokus pada anak. 

Kebanyakan yang terjadi adalah ada didekat anak tapi sambil sibuk mengerjakan pekerjaan rumah. Bingung baju yang belum dilipat lah, tumpukan piring kotor, dan lain sebagainya. 

Saat bisa menikmati waktu bersama anak secara penuh, itu akan memberikan kebahagiaan tersendiri. 

2. Bisa me time sejenak

Me time itu penting. Apalagi buat ibu rumah tangga. Makanya, jika bisa me time sejenak, rasanya bahagia banget. 

Baca Juga : Menikmati Me Time Bersama Traveloka Xperience

Me time nggak harus pergi ke luar rumah, bisa saja di dalam rumah. Misalnya, sejenak menikmati kopi sambil membaca buku di teras rumah. Itu sudah me time, itu sudah membahagiakan. 

3. Bantuan suami mengurus anak

Pasti bahagia jika suami bisa membantu mengurus anak. Misalnya, saat malam hari menjelang jam tidur, suami menemani anak belajar. Atau membacakan anak-anak buku sebelum merekam tidur.

Bantuan ini sangat berarti, lho. Ibu bisa istirahat sejenak. Selain itu, bantuan ini menunjukkan bahwa suami ikut bertanggungjawab dalam mengurus anak. Kalau kata Ayah ASI : "Bikinnya berdua, urusnya juga harus berdua". 

4. Hadiah kecil

Siapa yang nggak suka dengan hadiah? Semua orang pasti senang jika diberi hadiah, termasuk saya. Hadiah nggak harus yang besar dan mahal. Hadiah kecil yang tulus juga akan membuat bahagia. Misalnya, suami yang tanpa diminta tiba-tiba membelikan makanan kesukaan. 

5. Menonton drama Korea

Menonton drama Korea di akhir hari menjadi aktivitas yang membahagiakan buat saya. Setelah semua pekerjaan selesai, bersantai sejenak menonton drama Korea adalah pilihan terbaik. 

Drama Korea menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Saya selalu memberikan hadiah pada diri sendiri. Nonton drakor 1 episode setiap hari, jika semua pekerjaan selesai. 

Baca Juga : Mau Jadi Ibu Bahagia? Begini Caranya!

Nah itu tadi 5 hal kecil yang membuat ibu rumah tangga bahagia. Bagaimana dengan teman-teman? Apa hal-hal yang membuat teman-teman bahagia? 

Ceritakan di kolom komentar, ya!

Terima kasih.

#BPNRamadan2022

#Day19


2 komentar

  1. sebenarnya hal-hal sederhana sudah membuat kita bahagia ya mbak, semoga bahagia selalu mbak

    BalasHapus
  2. buat ibu rumah tangga, bisa me time sedikit aja udah bahagia bgt ya mbaaaa,, 5 menit aja rasanya berhargaaaaaaaaaaaaaaa bgt

    BalasHapus