Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!

 


Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Halo, teman deestories..

Apa kabar? 

Semoga selalu baik-baik saja, ya!


Hari ini saya mau cerita tentang self love, nih. Pasti teman-teman disini sudah sering mendengar tentang self love ini. Ya, akhir-akhir ini pembicaraan tentang self love semakin sering dibahas, ya!


Beli tas untuk self love..

Staycation buat self love..

Maraton nonton drama Korea buat self love..

Dan masih banyak lagi cara yang dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta pada diri sendiri.


Tapi, ada yang mengkhawatirkan soal self love ini. Self love tanpa berpikir panjang, seringkali merugikan. Misalnya, keuangan yang berantakan. Self love bikin boros!


FWD Bebas Berbagi



Beruntung banget saya bisa ikutan acara FWD Bebas Berbagi "Pentingnya Self - Love, Self Care Tanpa Harus Boros". Acara yang digelar pada hari Kamis, 21 April 2022 lalu ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu : 


⏺️ Maura Makarim, Self Love & Purpose Life Coach

⏺️ Mada Aryanugraha, Financial Consultant, Co Founder & CEO @sipundi.id. 


Baca Juga : Launching Event HERoic 2022


Kedua narasumber memberikan banyak insight tentang pentingnya self love tanpa harus boros. 


Self Love Tanpa Harus Boros


Sebelum membahas bagaimana cara agar bisa self love tanpa harus boros, mungkin kita bahas dulu tentang self love, self care dan self reward. 


Sedangkan self love adalah mencintai diri sendiri. Self love ini sangat penting, lho. Self love bahkan bisa menjadi semangat kita dalam meraih mimpi. 


Self care adalah bagaimana kita merawat diri kita. Self care bisa diartikan tindakan untuk fisik, emosi, relasi yang menunjukkan cara kita menjaga diri sendiri. Biasanya, orang yang melakukan self care ini adalah orang yang mencintai dirinya sendiri. Sudah punya self love, baru self care. 


Lalu, bagaimana dengan self reward? Self reward ini adalah hadiah yang diberikan untuk diri sendiri. Bentuk self reward ini beragam, bahkan membeli asuransi jiwa juga bentuk self reward.


Jadi, kalau disimpulkan ya self love dulu, terus self care dan akhirnya self reward. 


Biasanya self reward inilah yang akhirnya membuat kita bersikap konsumtif. Beli ini itu, alasannya sih buat menghadiahi diri sendiri. 


Memberikan hadiah untuk diri sendiri itu nggak salah. Bahkan harus dilakukan. Hanya saja kita perlu tahu, bagaimana cara agar self reward yang kita lakukan tidak mendorong perilaku konsumtif. Nggak boros, gitu. 


Emang bisa self reward nggak boros? Bisa! Inilah yang saya dapatkan dari acara FWD Bebas Berbagi. Kita bisa self love, self care tanpa harus boros.


Cara Agar Bisa Self Love Tanpa Boros


Unshakable Self Confidence


Muara Makarim menyampaikan materi unshakable self confidence pada acara FWD Bebas Berbagi. Menurut Muara Makarim,  unshakable self confidence atau kepercayaan diri yang tak tergoyahkan ini penting, dasar dari self love. 


Core Confidence Matrix


Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Apa arti percaya diri itu? Coach Muara menunjukkan core confidence matrix untuk membantu mengetahui arti kepercayaan diri sesungguhnya.


Senang sekali saat Coach Muara menyampaikan materinya, peserta diajak melakukan praktik juga. Membuat core confidence matrix. 


Kotak-kotak pada matriks ini punya arti tersendiri. Saat kotak-kotak kecil  hilang, kita bisa kembali ke kotak besar. Kotak besar ini adalah kemampuan yang kita miliki. Kemampuan ini yang membuat kita bisa bertahan dari apapun yang terjadi. 


Core confidence matrix ini mengajarkan kita untuk percaya diri dengan apa yang kita miliki. Percaya diri muncul dari dalam diri kita, bukan hal-hal yang dari luar. Bukan karir, keuangan ataupun pasangan yang membuat kita percaya diri. Tapi diri sendirilah yang menjadi tumpuan kepercayaan diri itu sendiri.


Melatih Kepercayaan Diri


Rasa percaya diri itu muncul dari latihan. Tidak bisa datang begitu saja. Jika saat ini teman-teman merasa kurang percaya diri, jangan khawatir. Latih kepercayaan dirimu sekarang juga. Caranya mudah kok, ada. Berikut adalah beberapa cara melatih rasa percaya diri dari Coach Muara. 


Daily habit


Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Melakukan kebiasaan harian yang baik, bisa memupuk rasa percaya diri kita. Lakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini agar, punya rasa percaya diri yang tak tergoyahkan.


1. Gratitude list about YOURSELF

Tuliskan daftar rasa syukur atas diri sendiri. Apa yang diri kita miliki hingga sejauh ini. Tentunya kepemilikan disini tak hanya yang bersifat material semata, ya.


2. Set small bite goal daily. Get things done

Buatlah pencapaian-pencapaian kecil tapi konsisten. Ini akan membuat kita terus semangat mencapai tujuan-tujuan dalam hidup nantinya. 


3. Choose 1 think daily makes you feel uncomfortable - result is your feedback

Lakukan hal kecil yang tidak kita suka. Lihat bagaimana hasilnya. 


4. Set intention

Buat niat kita setiap hari sebelum menjalani semua aktivitas.


Self confidence check


Coach Muara juga mengajak semua peserta untuk menilai sejauh mana rasa percaya diri yang dimiliki oleh setiap peserta. Caranya : 


 

⏺️ Nilai dari angka 1-10 berapa besarnya rasa percaya diri

⏺️ Tulis apa saja pencapaian yang sudah kita dapatkan selama 6 bulan terakhir ini

⏺️ Setelah melihat daftar pencapaian tersebut, berapa besarnya rasa percaya diri kita. Apakah berubah?


Baca Juga : Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance


Diawal saya menulis bahwa rasa percaya diri saya ada di angka 7. Kemudian saya pun menulis semua pencapaian selama 6 bulan terakhir. Ajaib, setelah melihat pencapaian apa saja yang sudah saya raih, angka percaya diri saya berubah. Saya menilai angka percaya diri saya ada di angka 9. 


Optimize Your Day


Melatih rasa percaya diri bisa dimulai dari melakukan optimasi pada hari-hari kita. Tentunya semua dimulai pada pagi hari. 


Lakukan ritual pagi selama 1 jam sebelum memulai aktivitas harian : 



⏺️ Menulis jurnal dan melakukan meditasi

⏺️ Menginjak tanah sambil merasakan sinar matahari (tidak pakai alas kaki), membaca buku (minimal 10 lembar setiap hari)

⏺️ Olahraga ringan, lompat-lompat di trampolin selama 7 menit misalnya.


Selain itu, penuhi nutrisi di pagi hari. Dengan mengonsumsi protein dan serat yang cukup. Boleh juga dengan melakukan keto kopi. 


Nutrisi yang baik itu penting. Bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. 


Plan your day right


Hal terakhir untuk melatih rasa percaya diri adalah dengan mengatur hari kita dengan baik. Atur jadwal yang baik adalah salah satu bentuk self love. Gunakan Google Calendar, berikan warna yang berbeda untuk setiap aktivitas kita. Misalnya, warna merah untuk pekerjaan, biru untuk aktivitas domestik dan kuning untuk aktivitas pribadi. Pemberian warna ini untuk mengetahui aktivitas mana yang membuat kita stres. Misalnya, jika terlalu banyak aktivitas pekerjaan, kita bisa stres. Makanya perlu diimbangi dengan aktivitas lainnya. 


Jangan lupa untuk selalu membuka kalender setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Agar kita tahu, apa saja hal yang harus dilakukan setiap hari. 


Atur Keuangan dengan Baik


Cara kedua agar self love tanpa harus boros adalah dengan mengatur keuangan. Coach Mada memberikan banyak tip mengatur keuangan dengan baik, agar bisa self love tanpa harus boros. 


Segitiga Piramida Keuangan Pribadi


Buatlah segitiga piramida keuangan pribadi. Kita tidak hanya hidup untuk hari ini. Pun, kita juga tidak tahu akan hidup sampai berapa lama. 


Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Kelola keuangan sesuai dengan segitiga piramida keuangan pribadi. Agar kita bisa menyusun skala prioritas. 


Bandingkan Pendapatan vs Pengeluaran


Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Sesuaikan pendapatan kita untuk memenuhi kebutuhan hidup, bukan sekadar gaya hidup. 


Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Bagi pendapatan kita untuk kebutuhan hidup, gaya hidup, cicilan utang dan tabungan/investasi. 


Buat Anggaran Pengeluaran Bulanan


Setiap bulan, jangan lupa untuk membuat anggaran pengeluaran bulanan. Ini penting, agar kita tahu kemana larinya pendapatan kita. Juga bisa menjadi kontrol, agar tidak melakukan hal-hal yang konsumtif. 


Self Love Tanpa Harus Boros, Begini Caranya!


Membuat rencana keuangan yang baik adalah cara untuk bisa self love tanpa harus boros. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki pengaturan keuangan yang baik. Kelola keuangan sesuai piramida. 


Jangan lupa untuk menyediakan dana darurat. Miliki juga asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Menurut Coach Mada, asuransi itu adalah bentuk dari self reward.


Penutup


Dari acara FWD Bebas Berbagi "Pentingnya Self Love Self Care Tanpa Harus Boros" , saya jadi tahu bagaimana caranya agar bisa self love tanpa harus boros. Miliki rasa percaya diri yang tak tergoyahkan dan pengaturan keuangan yang baik adalah cara agar bisa self love tanpa harus boros. 


Bagaimana dengan teman-teman? Apakah selama ini sudah melakukan self love tanpa harus boros? Apa yang akan teman-teman lakukan agar tetap bisa self love tanpa harus boros? 


Yuk, saling sharing di kolom komentar!


Terima kasih.

40 komentar

  1. seru banget bisa ikutan acara ini. Self love aku selama ini bisa dibilang kadang agak boros, kadang enggak. dalam artian juga udah mulai ngerem, kalau nggak direm malah kebablasan dan boncos juga jatuhnya nanti

    BalasHapus
  2. makasih sharingnya, acara yang keren

    BalasHapus
  3. Sebetulnya saya kepingin melihat foto-foto slides-nya lebih besar, karena menurut saya huruf-huruf pada foto-foto slide di halaman ini kekecilan.
    Namun sayangnya, halaman ini tidak bisa diperbesar (being stretched) di layar HP saya, padahal HP saya layarnya sudah 6 inci.

    BalasHapus
  4. untuk bisa self love banyak banget ya cara bisa ditempuhnya, but honestly to much poin nya nih for me, hehehe. tapi well noted banget kak terutama kaitannya dengan keuangan. sayang image nya kecil ya aku gak bisa baca poin poin di image

    BalasHapus
  5. Suka banget sama tulisannya. Aku izin save image nya ya buat aku coba buat sama keuangan rumah. Biar bisa lebih baik lagi.

    BalasHapus
  6. Seru banget ya acaranya. Alhamdulillah bentuk self love dan self reward ku masih terkontrol, gak melulu dalam bentuk barang atau jalan.

    BalasHapus
  7. hihihi iya , kita sering menggunakan sel love untuk boros ya?
    Sampai gaji pertama dan seterusnya habis dengan alasan self love yang dicari pembenarannya
    Sesudah itu gigit jari karena gak punya tabungan, apalagi investasi dan asuransi

    BalasHapus
  8. Aku juga melakukan self love dengan hal remeh temeh sih. Kadang melakukan body treatment dan sejenislah buat self care. Yaa tapi harus waspada juga dengan anggaran keuangan wkwk.

    Ini penting banget ya, aku mau menerapkan pola mengatur keuangan ini lah.

    BalasHapus
  9. Setuju bangett, aku sendiri juga selalu cerewet sama temen2ku yang selalu ajakin hedon dengan alasan self reward hahaa, bukannya apa sih, cuman yaa biar ngga jadi kebiasaan aja gitu ntr ujung2nya uang habis sebelum gajian kan susah yaa

    BalasHapus
  10. Bertambah lagi ilmuku soal self love deh, setuju banget, self love itu bisa sangat terjangkau. Menikmati kesejukan udara pagi sambil menapakkan kaki tanpa alas kaki itu saja sebenarnya sudah merupakan nikmat tersendiri ya mba..

    BalasHapus
  11. Self love tanpa berpikir panjang bikin rugi, jadi boncos sana-sini. Menarik ini melatih percaya diri dengan optimasi hari lewat ritual pagi. Pengin coba biar hari berjalan lancar jaya. Dan praktekkan self love self care bisa tanpa boros pastinya...

    BalasHapus
  12. Self love ya? 🤔 Hmm? Makan makanan yang enak-enak juga self love ni ya, mbaa 😅

    BalasHapus
  13. Saya pernah ikut retret gitu, kan. Waktu disuruh nulis nama orang yang paling dibenci, tanpa sadar saya nulis nama sendiri. Ehehe. Masih perlu belajar banyak soal self love nih.

    BalasHapus
  14. Ini yang kadang salah kaprah sih menurutku. Kita kadang hanya menuruti self reward dan berdalih itu adalah bentuk self love. Sehingga yang terjadi adalah konsumtif dan boros. Rasanya aku nggak kuasa menunjuk diri sendiri, euy. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, padahal sih gak mesti ngabisin duit ya. Bisa dengan hal simple bikin konten bermanfaat

      Hapus
  15. self love terbaik menurut saya adalah dengan menulis jurnal mba, kita bisa refleksi dan mensyukuri apa yg sudah terjadi. Sudah sebulan ini saya aktif nulis jurnal

    BalasHapus
  16. self love ini penting lho. aku sendiri baru mulai 5 tahun terakhir ini. Memperhatikan kebutuhan jiwa dan raga dengan berimbang karena berkat mereka saya bisa hidup dengan bahagia dan berhasil melakukan banyak pencapaian

    BalasHapus
  17. Pingin banget nulis jurnal tapi kadang aku ngerasa itu adalah aktivitas sia2. Padahal scrol medsos lebih sia2 y. Hiks. Dulu belum zaman medsos hampir tiap hari nulis jurnal di diary

    BalasHapus
  18. self love dengan alasan reward utk diri tapi melebihi budget yang ada itu malah bikin stres sesudahnya ya. Kita perempuan kudu pinter memanajemen keuangan dengan baik, sehingga bisa self love kapanpun tanpa boros.

    BalasHapus
  19. Daging banget mba informasinya. Apalagi yg tentang tip mengatur keuangan dengan baik, agar bisa self love tanpa harus boros. Kerennn...tengkiu yaa...

    BalasHapus
  20. Dulu-dulu seringnya langsung ke self reward tanpa self love dan self care dulu. Hehehe.... Sekarang lagi belajar self love dan self care. Bisa mengurangi stres juga ituuu.

    BalasHapus
  21. Oh ternyata ada urutannya. Self love, self care baru self reward. Ngga boleh lompat2 hehe. Bener deh setuju kalo percaya diri ngga bisa muncul tiba2. Harus dilatih. Apalagi yg intropet kek aku.

    BalasHapus
  22. Self reward saya masih berupa makanan sih hehehehe.. jarang barang.. malah ngga kepikiran kalo asuransi bisa jadi self reward. Bisa buat ide nih..

    BalasHapus
  23. Aku terbiasa buat pencapaian besar mbak. Makanya ketika ga mencapai yg besar kayak merasa ga pede gitu. Padahal ternyata justru set goal kecil2 daily ya. Noted bangets

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbaa, ga kerasa yaa padahal goal kecil itu penting yaa kann.. aku juga sedang berusaha untuk bikin ituu

      Hapus
  24. Sejujurnya, akutu paling payah banget soal mengatur keuangan.
    Tapi jadi paham bahwa self love berarti memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk berbahagia dengan pilihan dan keputusan yang diambil dengan percaya diri.

    BalasHapus
  25. Ritual yang disarankan sederhana tetapi sarat makna dan manfaat ya Mbak. Journailng, meditasi, menikmati alam di pagi hari, dan olahraga. Kegiatan yang bisa dilakukan setiap hari tanpa merogoh kochek hihihi. Nice sharing Mbak.

    BalasHapus
  26. Keren nih pembahasannya self love - self care - self reward beh mantep banget deh. Bener banget nih untuk bisa self love kita kudu punya rasa percaya pada diri sendiri ya. Dan percaya diri itu emang kudu dilatih yaa. Suka juga sama tips mengatur keuangannya agar bisa self love tanpa harus boros.

    BalasHapus
  27. FWD mengingatkan kembali gimana seharusnya saya mencintai diri sendiri tanpa harus membahayakan diri. Hmm jadi salut sama inovasinya

    BalasHapus
  28. Baiklah, jadi saya harus mulai nulis jurnal dan meditasi biar bisa mewujudkan self love tanpa boros. Selama ini hidup saya let it flow dan saya gak tau saya tuh udah jd manusia yg berkembang dan jd lebih baik lagi gak sih

    BalasHapus
  29. Waah acaranya keren. Materinya ngena banget nih dan bisa dipraktekkan agar kita jadi lebih baik... Jangan lupakan hal kecil ya, karena ternyata ngaruh banget buat diri kita..

    BalasHapus
  30. Penting banget tahu kelola keuangan. Karena orang sering keliru self love tapi berakibat buruk pada keuangan. Misalnya healing healing liburan eh berujung ngutang.

    BalasHapus
  31. Pertama liat judulnya aku langsung tertarik. Pas baca isinya ternyata bergizi dan bikin semangat nih. Yups karena self love gak melulu harus keluar uang ya mbak.

    BalasHapus
  32. Wah harusnya saya ikut acara ini ya. Ketinggalan info gara-gara sibuk mudik. Selama ini masih berusaha Self Love dengan baik, meskipun sebagai ibu dan istri, tantangan mencintai diri sendiri itu sering bersinggungan halus dengan kepentingan-kepentingan keluarga.

    BalasHapus
  33. Self love ku berarti masih aman ya nggak perlu jajan soalnya, cukup baca buku dan segelas susu coklat atau ngedrakor sambil maskeran aja.

    BalasHapus
  34. Makasih sharingnya, acaranya keren banget, nyesel baru tahu sekarang

    BalasHapus
  35. Dulu sering gak bisa bedain self love itu gimana yang baik yaa..
    Kalau bebelian terus, kerasa banget boncosnya.
    Mendapat penjelasan dari artikel Dian. Nuhun yaa..

    Dengan merencakan keuangan untuk masa depan, sebenarnya kita sudah self love dengan jaminan terencana yang baik.

    BalasHapus
  36. Bagus ni ulasannya, aku baru tau ada teknik begini. Kadang yang populer itu self love harus sesuatu yang mahal

    BalasHapus
  37. Setuju banget. Self love ga harus boros. Apalagi jadi emak emak yang dananya terbatas ya kan? Jangan sampai mau healing tapi pake uang jatah sekolah anak, xixixi.

    BalasHapus
  38. Wah iya juga selama ini tagline healing buat selfreward tapi bikin boros ehm. Bener juga ya kalo kita harusnya tidak menjadikan selfcare sebagai media foya foya

    BalasHapus