Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Daftar Puskesmas Surabaya Secara Online

Daftar online puskesmas Surabaya


Daftar Puskesmas Surabaya Secara Online adalah sebuah kemudahan bagi saya. Sebagai keluarga PNS, tentunya saya selalu menggunakan asuransi kantor untuk mengakses layanan kesehatan secara gratis. Saat ini cara mendaftar di  puskesmas Surabaya semakin mudah. Cukup mengkases layanan e-health.

Berobat ke Puskesmas

Berobat ke puskesmas belum menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama bagi warga kota. Banyak yang membuat warga enggan berobat ke puskesmas. Alasannya beragam, mulai dari antrian yang bikin malas hingga tidak percaya dengan kualitas tenaga kesehatannnya. 

Hmm, padahal semua pikiran tersebut nggak benar, lho! Berobat ke puskesmas nggak kalah manjurnya dengan berobat ke rumah sakit atau klinik swasta. Saya sudah bertahun-tahun membuktikan, bahwa tenaga kesehatan di puskesmas semuanya berkualitas. Ingat, mereka PNS yang pastinya sudah memiliki kompetensi yang baik. 

Kalau persoalan antri, itu malah nggak ada lagi. Yup, daftar puskesmas Surabaya itu nggak antri! Kita cukup daftar dari rumah. Bahkan bisa daftar hingga 3 hari sebelum kunjungan. Asik kan? 

Pendaftaran pasien puskesmas di Surabaya bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi e-health dan website e-health. Tapi kali ini saya akan cerita tentang mudahnya daftar online puskesmas Surabaya dengan website e-health. 

Daftar Online Puskesmas Surabaya

Cara daftar online puskesmas Surabaya ini mudah, kok. Pertama, kunjungi website e-health (https://ehealth.surabaya.go.id/pendaftaran/).

Daftar online puskesmas Surabaya

Kemudian, pilih bahasa. Ada 3 pilihan bahasa dalam website e-health ini. Bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Madura. Pilihan bahasa ini memudahkan kita dalam mengakses website e-health. Ada suara yang akan memandu kita dalam melakukan pendaftaran online di puskesmas Surabaya. 

Setelah itu, pilih jenis layanan. Ada dua pilihan layanan. Yaitu layanan Rumah Sakit dan Puskesmas. Website e-health ini bisa juga digunakan untuk mendaftar online di RSUD Bhakti Dharma Husada dan RSUD dr.M Soewandhie. 

Baca Juga : STOP Pneumonia Pada Anak, Ini Peran yang Bisa Ayah Lakukan

Tapi kali ini saya akan menceritakan pengalaman mendaftar online untuk berobat di puskesmas Surabaya. 

Daftar online puskesmas Surabaya

Ketika memilih layanan "Puskesmas", ada pilihan wilayah Surabaya, mulai dari Surabaya Pusat, Surabaya Selatan, Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan Surabaya Barat. Setelah memilih wilayah, pilih puskesmas yang akan dituju. Kalau saya, memilih wilayah Surabaya Selatan dan puskesmas Jemursari. 

Langkah selanjutnya adalah memilih status kependudukan kita. Ada dua pilihan : Penduduk Surabaya dan Penduduk Non Surabaya. 

Daftar online puskesmas Surabaya

Tentunya saya memilih penduduk Surabaya. Setelah itu memilih jenis layanan, ada beberapa pilihan :

1.Pilih LOKET apabila anda pasien baru atau ingin mendaftar antrian di loket

2. Pilih BP UMUM apabila mengalami sakit dengan gejala umum

3. Pilih BP Gigi apabila mengalami sakit dengan gejala sakit gigi

4. Pilih KIA apabila mendaftar pasien ibu (hamil,menyusui,nifas) atau anak-anak (bayi,balita,usia prasekolah)

Baca Juga : Sayangi Anak dengan Imunisasi Lengkap Agar Sehat Kini dan Nanti

5. Pilih Psikologi apabila ingin melakukan pemeriksaan psikologis. 

6. Pilih Gizi apabila ingin berkonsentrasi masalah gizi

7. Pilih Batra untuk pengobatan tradisional

8. Pilih lansia apabila yang ingin berobat adalah lansia 

9. Sanitasi untuk permasalahan sanitasi

Daftar online puskesmas Surabaya


Lalu klik tombol lanjutkan, kemudian isi nomor KTP. Setelah melakukan verifikasi data, kita bisa memilih tanggal kunjungan. Setelah itu, kita akan mendapatkan nomor antrian puskesmas. Kita bisa datang sesuai dengan jam yang tertera pada nomor antrian tersebut. 

Mudahnya Cara Daftar Online Puskesmas Surabaya

Gimana? Cara mendaftar di puskesmas Surabaya cukup mudah kan? Pendaftaran online puskesmas ini membuat kita tak perlu lama-lama antri. Nggak capek lagi saat berobat di puskesmas.

Saya sendiri sudah merasakan mudahnya cara daftar online puskesmas Surabaya. Sekarang giliran teman-teman, ya! Kalau sakit dan butuh berobat ke puskesmas jangan lupa untuk daftar online melalui e-health, ya!

9 komentar

  1. Aku suka salut sama kota/provinsi yang punya gebrakan kayak gini. Di Palembang, untuk vaksin udah ada situs tertentu dan lumayan bangga. Cuma untuk ke puskesmas dan berobat secara khusus kayaknya masih serba manual dengan datang langsung ke sana.

    "Untungnya" untuk RS daerah udah mulai pake pendaftaran secara online ini. Kasihan, dulu orang suka datang jam 3 subuh hanya buat rebut antrean. Sekarang ya modal hape aja asal orangnya mau melek dan mencoba teknologi yang ditawarkan ini.

    BalasHapus
  2. Wah solutif banget nih ada aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mendaftar di puskesmas. Secara jumlah pasien di puskesmas selalu banyak dan cenderung antri. Btw di Bandung udah tersedia juga belum ya? dan yang menarik di aplikasi e-health di Surabaya ini ternyata ada 3 pilihan bahasa ya? Mantul nih!

    BalasHapus
  3. keren ya Puskesmas Surabaya udah go digital, daftar berobat udah bisa lewat online ya, jadi yang sakit gak perlu ngantri lama lagi ngurusin administrasi segala.
    moga di Kota lain juga segera berbenah dan memperbaiki sistem ya biar berobat di Puskesmas bukan lagi jadi pilihan terakhir untuk berobat :)

    BalasHapus
  4. Kerennya, daftar lewat aplikasi.
    Pasti sangat membantu para pasiwn sepuh atau pasien dengan penyakit yang kurang mampu mengikuti proses antrian loket atau masing-masing poli/dokter.
    Semoga sistem yang sama segera berlaku di banyak puskesmas lain, terutama di kota-kota besar di Indo esia

    BalasHapus
  5. Penake rek yang jadi orang Surabaya. Aku dulu pas masih nganggur juga lebih suka berobat ke puskesmas sih Mbak, karena dosis obatnya yg gak tinggi amat. Tapi sejak kerja, rasanya susah buat ke puskesmas soalnya kan harus ijin segala.

    BalasHapus
  6. Nanti kalau sudah daapt nomer antrian, datangnya bisa menyesuaikan yaa, Di?
    Alhamdulillah,
    Jadi gak berlama-lama di puskesmas yaa.. Bisa hemat waktu dan kelebihan puskesmas juga hemat biaya.

    Yang paling nyaman tuh klinik KIA yaa..
    Paling rame sama dokter umum.

    BalasHapus
  7. Jaman sekarang semua serba digitalisasi jadi pada menyesuaikan. Jaman aku di surabaya masi harus datang dl datang sesuai nomer urutan. Alhamdulillah ada langganan jadi bisa sms an haha

    BalasHapus
  8. Makin lama makin keren puskesmas Surabaya ya mbak Dian, daftar bisa akses online. Tapi sezuzurnya, saya sekeluarga sudah kezewa sama pelayanannya dan obat-obatan yang dikasih.
    Terakhir pengalaman di salah satu puskesmas di Surabaya Timur,, alm bapak saya cuman dilihat dokter (tanpa dicek ini itu badan beliau), terus langsung dikasih resep. Ibu saya yang pensiunan apoteker langsung mencak mencak ketika dikasih resep obat yang ngga pas. Obat yang dikasih dosisnya terlalu rendah dan seharusnya bukan itu obatnya. Ya kali mana bisa kasih obat secara tepat kalau dokternya ngga periksa dengan cermat. Sudah wes ngga balik lagi kesana huhuhu. Lebih baik keluar uang agak banyak tapi kelihatan hasilnya ketimbang kayak begini 🙏🏻😆

    BalasHapus
  9. mantap banget puskesmas Surabaya ya, aku pas ke Puskes untuk vaksin 2 aja. Itu juga belum bisa daftar online dan masih pelru fotocopy KTP enggak mau KTP asli. Artinya pendataan masih manual. Nah, kalau daftar online ini sangat memudahkan ya gak perlu fotocopy KTP deh.

    BalasHapus