Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Drama Korea "Green Mother's Club", Persaingan Sengit Mendidik Anak

 

Drama Korea Green Mother's Club
Drama Korea Green Mother's Club | JTBC

Halo, teman deestories

Lagi nonton drama Korea apa nih?

Ada nggak yang nonton drama Korea Green Mother's Club? 

Sesuai dengan judulnya, drama ini menceritakan kehidupan ibu-ibu dalam mendidik anak-anak. Ibu-ibu ini saling bersaing agar anak-anak mereka bisa masuk ke universitas terbaik di Korea, padahal anaknya baru kelas 1 SD!

Drama Korea Green Mother's Club

Saat menonton drama ini, saya jadi melakukan refleksi. Betapa ibu memiliki peran penting dalam pendidikan anak-anaknya. Tanggung jawab kesuksesan pendidikan anak-anak ada di tangan ibunya. Tak heran, para ibu berusaha keras agar anaknya menjadi anak berprestasi. 

Profil Drama

Drama: Green Mothers' Club

Revised romanization: Green Mothers Club

Hangul: 그린마더스클럽

Director: Ra Ha-Na

Writer: Shin Yi-Won

Network: JTBC / Netflix

Episodes: 16

Release Date: April 6 - May 26, 2022

Runtime: Wed. & Thu. 22:30

Language: Korean

Country: South Korea

Pemain Drama Korea Green Mother's Club

Drama Korea Green Mother's Club ini bercerita tentang bagaimana kelima ibu di SD Sangwe yang saling bersaing agar anak bisa diterima di Universitas Gyeongsang. Kelima ibu-ibu ini punya cara masing-masing dalam mendidik anaknya. 

Lee Yo Won sebagai Lee Eun Pyo


Drama Korea Green Mother's Club
Lee Eun Pyo |JTBC

Lee Yo Won berperan sebagai Lee Eun Pyo. Di sini Lee Eun Pyo adalah seorang ibu berpendidikan tinggi. Dia nyaris meraih gelar Profesor dari sebuah universitas di Perancis. 

Lee Eun Pyo baru memindahkan anak-anaknya ke SD Sangwe. Dia awalnya kaget dengan cara ibu-ibu di SD ini dalam mendidik anak-anaknya. 

Namun, seiring berjalannya waktu di pun bisa beradaptasi. Bahkan menjadi punya ambisi saat tahu anaknya termasuk anak yang punya kecerdasan tinggi. 

Choo Ja Hyun sebagai Byun Chun Hee

Choo Ja Hyun memerankan Byun Chun Hee, ibu yang selalu jadi rujukan para ibu di SD Sangwe. Byun Chun Hee ini terlihat sebagi sosok ibu yang sempurna dalam mendidik anak-anaknya. 

Nggak hanya sigap mengantar jemput anak-anaknya ke sekolah dan tempat les saja. Tapi juga memperhatikan asupan gizi yang terbaik bagi kecerdasan otak anak. 

Drama Korea Green Mother's Club
Byun Chun Hee | JTBC


Menyusun daftar buku bacaan yang harus dibaca anak. Hingga selalu membuat anak mendengarkan pelajaran bahasa Inggris di rumah. 

Byun Chun Hee sangat ambisius. Dia ingin anak-anaknya menjadi anak yang penuh prestasi. Juga bisa diterima di universitas ternama di Korea Selatan. Dia sudah merancang dengan baik rancangan pendidikan anak-anaknya. 

Kim Gyu Ri sebagai Seo Jin Ha

Seo Jin Ha digambarkan sebagai sang dewi SD Sangwe. Cantik, kaya dan berpendidikan. 

Seo Jin Ha adalah teman dekat Lee Eun Pyo. Mereka berteman sejak kecil hingga kuliah di Perancis bersama-sama. Seo Jin Ha adalah seorang pelukis terkenal. 

Drama Korea Green Mother's Club
Seo Jin Ha | JTBC


Dia terlihat santai dalam mendidik anaknya. Anaknya sepertinya terlahir cerdas. Tidak perlu ikut les ini itu sudah pintar. Bisa menguasai bahasa Inggris dan Perancis. Maklum, ayahnya adalah orang Perancis. 

Seo Jin Ha memiliki suami yang tampan dan sukses. Kehidupannya terlihat sangat sempurna. 

Jang Hye Jin sebagai Kim Young Mi

Kim Young Mi ini berbeda dengan ibu-ibu lain di SD Sangwe. Dia tidak menuntut anaknya untuk meraih prestasi sebanyak mungkin. Dia bahkan tidak setuju dengan sistem pendidikan yang ada di Korea. Di mana anak harus dididik untuk belajar dengan keras sejak dini. 

Drama Korea Green Mother's Club
Kim Young Mi | JTBC


Bagi Kim Young Mi, bonding antara orang tua dan anak lebih utama. Tak seharusnya anak-anak dituntut ini itu di usia yang masih dini. Baginya, tidak masuk akal jika anak baru kelas 1 SD tapi harus sudah dipersiapkan masuk universitas. 

Joo Min Kyung sebagai Park Yun Joo 

Park Yun Joo sengaja memindahkan anaknya ke SD Sangwe agar anaknya bisa meraih pendidikan terbaik. Dia berusaha mengikuti apa yang dilakukan oleh ibu-ibu di sana. 

Drama Korea Green Mother's Club
Park Yun Joo | JTBC

Mengikutkan anaknya les ini itu. Mengajak anaknya ikut berbagai lomba. Hingga ingin anaknya masuk kelas siswa berbakat. Padahal, secara ekonomi suaminya tidak sanggup. 

Suaminya harus sangat kerja keras demi membayar mahalnya pendidikan. Mereka juga hidup sangat hemat. 

Sinopsis Drama Green Mother's Club

Drama Green Mother's Club bercerita tentang bagaimana ibu-ibu di SD Sangwe saling bersaing agar anaknya menjadi yang terbaik. SD Sangwe ini adalah SD negeri terbaik di Korea, yang tidak kalah dengan SD-SD swasta. 

Peran ibu dalam pendidikan anak

Dalam drama Green Mother's Club ini yang menjadi fokus cerita adalah bagaimana peran ibu dalam pendidikan anak. Ibu-ibu nggak hanya bertugas sebagai sopir antar jemput anak saat sekolah saja. Tapi juga mengarahkan agar anak bisa meraih prestasi. 

Baca Juga : Review Drama Korea Birthcare Center, Lika Liku Perjuangan Ibu Baru

Mulai dari mencari tempat les terbaik, mengikuti kelompok belajar hingga masuk ke kelas siswa berbakat. Bahkan, ibu pula yang merancang bagaimana pendidikan anak-anaknya. 

Pentingnya mengenal gaya belajar anak

Cerita Lee Eun Pyo dalam mendidik anaknya yang bernama Jung Dong Seok (Jung Si Yul) patut diacungi jempol. Lee Eun Pyo nggak menuntut anaknya belajar dengan keras. Menurutnya dunia anak-anak adalah bermain. Tidak seharusnya anak dibebani harus meraih prestasi ini itu. 

Namun, setelah banyaknya komplain dari guru tentang perilaku Dong Seok di sekolah, Lee Eun Pyo mulai resah. Dia mulai mencari tempat les yang bagus hingga menemui psikolog pendidikan. 

Betapa terkejutnya Lee Eun Pyo saat tahu hasil tes kecerdasan anaknya. Dong Seok memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Dia mampu mengerjakan soal-soal yang sangat sulit. 

Asal metode belajarnya seru, Dong Seok suka belajar. Hasilnya pun jadi luar biasa. Hmm, inilah pentingnya mengetahui gaya belajar anak, ya!

Mahalnya pendidikan

Drama ini juga menunjukkan realita saat ini. Di mana biaya pendidikan semakin mahal. Semakin bagus fasilitas pendidikan, maka biayanya pun mahal. 

Contohnya, kelas siswa berbakat yang ada dalam drama ini. Orang tua harus mengeluarkan banyak biaya agar anaknya bisa masuk kelas ini. 

Belum lagi biaya les. Mulai dari les pelajaran hingga pengembangan bakat seperti les musik.

Setiap orang punya rahasia

Dalam drama ini juga akan dibahas masing-masing kehidupan tokoh utama yang penuh misteri. Setiap tokoh punya rahasia yang ingin disembunyikan. 

Mulai dari kenapa Lee Eun Pyo gagal menjadi profesional, Seo Jin Ha yang terlihat sempurna ternyata haus kasih sayang hingga apa pekerjaan diam-diam yang dilakukan oleh Byun Chun Hee.

Lesson Learn Drama Green Mother's Club

Bagi saya drama ini related banget dengan kehidupan ibu-ibu. Betapa ibu yang diberi tanggung jawab mengatur pendidikan anak-anaknya. Menonton drama ini membuat saya banyak berefleksi dalam menjalankan peran sebagai ibu. 

Setiap anak punya bakat masing-masing

Lagi-lagi, saya diingatkan bahwa setiap anak punya bakat masing-masing. Termasuk saat menonton drama ini. 

Dong Seok yang cerdas ini punya bakat dalam bidang sains. Dia sangat ahli dalam menyusun percobaan sains. Juga dalam mengerjakan soal-soal matematika. 

Ada juga Kim Yu-Bin (Joo Yee Rim) yang suka belajar. Dia nggak keberatan mengerjakan soal-soal. Ikut banyak les dan perlombaan. Dia memang ingin jadi anak yang berprestasi. Pas, bila ibunya Byun Chun Hee mengikutkannya ke belajar ke berbagai tempat les dan kompetisi.

Jangan membandingkan anak dengan anak lain. Masing-masing punya bakatnya sendiri. Anak akan meraih prestasi terbaiknya jika bakatnya bisa terasah dengan baik. 

Tidak memaksakan kehendak pada anak

Sedih melihat anak-anak dalam drama ini yang dipaksa mengikuti bebagai tuntutan orang tua. Terutama anak-anak dari Byun Chun Hee. Kalau Kim Yu Bin sih nggak masalah, tapi beda dengan kakaknya, Kim Yeong Bin (Kim Seo Jong). 

Baca Juga : The Penthouse 2 :  Harta, Cinta dan Piala

Yeong Bin sangat tertekan dengan tuntutan ibunya. Dia tidak terlalu suka belajar. Tak heran nilainya tak sebagus adiknya. 

Drama ini mengajarkan pada penonton untuk tidak perlu memaksakan kehendak pada anak. Menuntut anak untuk meraih prestasi ini itu. Kalau anak tidak nyaman, anak yang akan stres. 

Karir dan Anak

Satu lagi hal yang membuat drama ini sangat related dengan kehidupan ibu pada umumnya. Lee Eun Pyo menjadi contoh bagaimana karir ibu harus berhenti sejenak saat harus mengurus anak. 

Dia tidak bisa melanjutkan gelar profesor, tidak bisa kembali mengajar di kampus. Semua ini karena anaknya yang membuat sebuah kesalahan fatal. Lee Eun Pyo pun bertekad menemani anaknya saja, dia melepaskan karir akademisnya. 

Beberapa ibu di drama ini memang digambarkan adalah ibu rumah tangga. Kecuali Seo Jin Ha yang masih aktif berkarir sebagai pelukis. 

Harusnya karir dan anak bisa berjalan seiringan dalam satu tarikan nafas. Jalannya memang tidak mudah. Butuh support system yang baik.

Drama Korea Green Mother's Club,  Persaingan Sengit Mendidik Anak

Drama Korea Green Mother's Club
Drama Korea Green Mother's Club | JTBC

Drama Green Mother's Club ini menunjukkan realita kehidupan para ibu. Ibu menjadi garda terdepan dalam perjalanan pendidikan anak. 

Meski bersaing secara sengit, dalam drama ini ditunjukkan bahwa setiap ibu punya caranya masing-masing dalam mendidik anak. Ibu-ibu ini juga bisa menjadi teman baik. 

Drama yang cukup menarik untuk ditonton, terutama buat ibu-ibu. Menjadi inspirasi sekaligus refleksi dalam mendidik anak. 

Jadi, apakah teman-teman akan menonton drama ini? Atau mungkin sudah ada yang nonton? 

Ceritakan pendapat teman-teman tentang drama Green Mother's Club ini di kolom komentar, ya!

Terima kasih.


11 komentar

  1. Saya tertarik sama ide ceritanya. Parenting banget nih!

    BalasHapus
  2. Mirip Sky Castle ya?
    Masyarakat Korsel emang serius dalam hal pendidikan, anak sekolah hingga sore kemudian dilanjut berbagai kursus hingga malam hari

    BalasHapus
  3. halo Mba Dee, sy juga lagi ngikutin drama ini, serasa lagi belajar parenting. gak setiap cara parenting itu bisa diaplikasikan utk tiap anak, karna pada dasarnya setiap anak punya keunikan masing-masing

    BalasHapus
  4. Banyak pesan moral yang penting di Green Mother's Club. Pas jika jadi media refleksi diri setelah menontonnya. Ibu yang ambisius, membandingkan anak dengan anak orang, menuntut banyak hal...sungguh cerminan realita para ibu di keseharian. Fixed, mesti nonton!

    BalasHapus
  5. Drakor ini dah masuk dalam wishlist tontonan saya. Apalagi setelah membaca tulisan ini. Salah satu tema yang paling saya suka saat menonton drama yang intinya banyak meninggalkan konsep bagaimana pendidikan anak bermula dari sentuhan ibu.

    BalasHapus
  6. Aku belum nOnton. Temanya ibu2 banget, ya. Bisa buat pembelajaran nih bagi para ibu yang masih meraba.

    BalasHapus
  7. Eih ternyata Lee Yo Won pemeran utamanya 😍.
    Wah boleh juga nih ditonton, biar dapat ilmu parenting

    BalasHapus
  8. Ini bisa jadi tontonan keren banget. Bisa sekalian belajar parenting ya buatku. Lagipula aku juga suka sih drama begini..

    BalasHapus
  9. Ya ampun, anak masih SD tapi ibunya sudah punya ambisi untuk tempat kuliahnya nanti. Ini antara ibu yang visioner sama ibu yang ambisius jadinya emang agak susah dibedakan ya mbak. Apapun itu, asal caranya menyenangkan buat anak, tak memaksakan kehendak pada anak, menurut saya sih boleh-boleh aja

    BalasHapus
  10. dari sinopsinya ini aku jadi inget sama satu drakor yang pernah aku tonton tapi lupa judulnya hehe soal gimana ankanya bisa masuk sekolah bergengsi. sekilas jadi ingat gimana ini pun terjadi di lingkungan sekitar kita yaa.. pengen yang terbaik buat anak-anak kita.

    BalasHapus
  11. Sinopsisnya Green Mother's Club mengenai parenting menjadi penting mengetahui keberadaannya. Setiap anak unik dan faktor milleu juga menjadi tantangan.

    BalasHapus