Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Drama Korea Birthcare Center, Lika Liku Perjuangan Ibu Baru

 

Birthcare Center

Review Drama Korea Birthcare Center, Lika Liku Perjuangan Ibu Baru - Drama Korea Birthcare Center ini baru saja tamat. Drama yang hanya terdiri dari 8 episode ini memberikan kesan yang mendalam bagi saya. Baru kali ini saya menonton drama Korea yang sangat related dengan kehidupan saya sebagai seorang ibu. 

Drakor Birthcare Center ini bercerita tentang Oh Hyun Jin (Uhm Ji Won) yang menjalani peran barunya sebagai ibu. Hyun Jin adalah seorang direktur pelaksana dari perusahaan kosmetik. Tak mudah bagi Hyun Jin untuk menjalani peran barunya sebagai ibu, selama ini dia banyak menghabiskan waktunya untuk mengejar karirnya. 

Oleh karena itu, setelah melahirkan Hyun Jin dan suaminya, Kim Do Yoon (Yoon Park) memutuskan untuk pergi ke pusat perawatan pasca melahirkan, Serenity. Di pusat perawatan ini, seorang ibu pasca persalinan akan dirawat agar cepat pulih secara fisik dan psikis. Bayinya juga akan dirawat oleh perawat yang profesional. 

Lalu apa yang menjadi drama ini sangat menarik ditonton? Berikut adalah kisah-kisah menarik dari drakor Birthcare Center.

1. Menjadi ibu di usia yang tak lagi muda 

Birthcare Center

Saat Hyun Jin dilantik sebagai direktur pelaksana, saat itu juga dia mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Hamil di usia 40 tahun membuat Hyun Jin mengalami banyak kesulitan saat akan melahirkan. 

Dia berjuang diantara hidup dan mati. Bahkan di episode pembuka digambarkan bahwa Hyun Jin berjuang melarikan diri dari perahu malaikat maut. 

Padahal saat kehamilannya Hyun Jin tidak mengalami hambatan. Dia bahkan terus bekerja sampai air ketubannya pecah saat dia harus melobi seorang partner bisnisnya. 

2. Perjuangan menyusui

Birthcare Center

Setelah mengalami perjuangan luar biasa melahirkan anaknya, Hyun Jin harus berjuang menyusui bayinya. Hyun Jin memiliki payudara dengan puting yang datar, ini yang membuat dia mengalami kesulitan menyusui di masa-masa awal. 


Baca Juga : Mitos dan Fakta Menyusui dalam Drama Korea Birthcare Center


Drama ini juga membahas banyak hal seputar menyusui. Mulai dari berbagai posisi dan pelekatan menyusui hingga bagaimana menyediakan ASIP (ASI Perah). 

Melalui usaha yang keras, akhirnya Hyun Jin berhasil menyusui bayinya. Para perawat dan teman-teman di Birthcare Center banyak yang membantu Hyun Jin agar bisa menyusui bayinya. 

3. Mom war

Birthcare Center


Pusat perawatan Serenity terkenal sebagai surganya ibu pasca persalihan. Fasilitas lengkap layaknya hotel bintang lima membuat banyak ibu yang senang menghabiskan waktu pasca melahirkannnya disini. 

Namun siapa sangka, ternyata di Serenity juga mom war atau persaingan sesama ibu. Banyak hal yang menjadi topik persaingan. Mulai dari memberi ASI atau susu formula, ibu bekerja atau ibu rumah tangga, makan makanan sehat atau makan semaunya dan masih banyak lagi. 


Baca Juga : Serba Serbi Menyusui dalam Drama Korea Birthcare Centre


Di Serenity ada sosok ibu sempurna, Jo Eun-Jun (Park Ha-Sun). Pengalaman punya tiga anak membuat Eun-Jun atau yang biasa dipanggil ibu sarang, sangat terampil dalam menjakankan tugasnya sebagai ibu. Dia menjadi panutan bagi ibu-ibu yang ada di pusat perawatan. 

4. Berbagi peran dengan pasangan

Birthcare Center


Satu hal yang menyentuh dari drakor ini adalah sosok Do Yoon yang selalu jadi suami siaga bagi Hyun Jin. Do Yoon bahkan rela menggantikan istrinya untuk melakukan senam hamil karena Hyun Jin sibuk bekerja. 

Ketika anaknya, Lem Stik lahir, Do Yoon pun sigap membantu. Mulai dari menemani Hyun Jin saat menyusui di malam hari sampai berbelanja perlengkapan bayi di pameran ibu dan anak. 

Drama ini juga membahas pentingnya berbagi tugas dengan pasangan setelah melahirkan. Bahwa seorang ibu membutukan perhatian dan dukungan dari ayah untuk bisa merawat bayinya dengan baik.

5. Dilema ibu bekerja

Birthcare Center


Drakor Birthcare Center juga membahas dilema ibu bekerja. Tak mudah bagi ibu bekerja untuk kembali bekerja pasca persalinan. Banyak yang harus dipersiapkan, salah satunya mencari pengasuh yang bisa diandalkan. 

Hyun Jin sudah mantap untuk kembali bekerja setelah cuti melahirkannya habis. Dia tak perlu bingung mencari pengasuh bagi anaknya. Ibunya bersedia membantu menjaga bayinya. 

Namun, tiba-tiba ibunya sakit dan harus operasi. Ibunya tak bisa menjaga bayinya. Hyun Jin pun bingung mencari pengasuh. Dia gagal mendapatkan pengasuh bagi bayinya. 

Ini membuat dia bingung. Haruskah dia melepaskan karir yang sudah susah payah dicapai? Atau siapa yang akan menjaga bayinya bila dia harus kembali bekerja? 

6. Semua ibu berhak bahagia

Birthcare Center

Episode terakhir dari drakor Birthcare Center ini sangt mengharukan. Dalam episode terakhirnya, drama ini berpesan bahwa semua ibu berhak bahagia. 

Ibu berhak bahagia dengan pilihannya. Mau itu kembali bekerja atau menjadi seorang ibu rumah tangga. Kebahagian ibu harus lebih utama. Kebahagiaan ibu akan membuat anak bahagia. Happy mom raise happy kids 

Tentunya ibu harus berbagi peran dengan pasangan. Tak harus mengurus semunya sendiri. Tak berarti seorang ibu harus selalu berkorban untuk anak dan keluarganya. 

Ibu berhak mengerjar mimpinya. Ibu berhak memiliki waktu isturahat yang cukup. Dan ibu juga berhak untuk bahagia. Setuju?


Jadi gimana? apakah teman-teman sudah nonton drama ini? bagaimana kesan teman-teman tentang drama Bitthcare Center ini? Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya...

Terima Kasih...






17 komentar

  1. Setujuuu! Ibu itu adalah yang paling berhak bahagia - secara beliau sudah meluangkan sejuta waktu berharganya untuk kita semua anak anaknya!

    Aku jadi merasa panas dingin nonton episode pertamanya, dan suka sama openingnya yang buku cute warna biru muda itu

    BalasHapus
  2. Waaa, aku belum nonton nih mbaaa
    pastinya mengharukan ya drakor dgn tema emak2 gini
    jadi ingat masa2 hamil dan melahirkan yhaaaa

    BalasHapus
  3. Setuju pakai bangeet, Ibu berhak mengerjar mimpi, memiliki waktu isturahat yang cukup. Dan pastinya untuk bahagia. Ibu2 wajib tetap waras dan bahagia agar semua anggota keluarga bahagia

    BalasHapus
  4. pesan pentingnya adalah semua Ibu berhak untuk bahagia, apapun circumstances yang dihadapi dalam hidupnya ya

    BalasHapus
  5. Aku sudah naksir sama Birthcare Center tapi belum nonton karena satu dan lain hal. Mungkin tahun depan aja sih sekalian bikin ulasan. Fase jadi Ibu memang luar biasa

    BalasHapus
  6. Wih, mom war ternyata ada dimana-mana ya mbak, memang kalau hal kek gini gak bisa hilang dari hidup kita selalu aja dibanding bandingkan

    BalasHapus
  7. Rame nih baca ulasan drama ini di mana-mana, karena temanya yang unik ya, terus relate banget dengan kehidupan mamak...

    BalasHapus
  8. Aaah...senangnya.
    Ada juga drama yang menyenangkan hati para mommies.
    Karena temanya yang begitu relate dengan kehidupan sehari-hari sebagai seorang Ibu.

    Hangat yaa...meskipun kadang gemes juga, hehehe..

    BalasHapus
  9. drama korea itu kelebihan utamanya itu menurut saya ceritanya life story banget dan disampaikan dengan natural apa adanya, jadi waktu nonton itu kita jadi mudah kebawa perasaan banget ya... I feel u gitu deh jadinya pas nonton

    BalasHapus
  10. Aku pas episode satu pas awal nonton yang baru lahiran dan baru masuk ke sana. Jadi inget nostalgiaaaa lahiran dan postpartum yang sesuatu ya mak. Cuma drakornya episode dikitt

    BalasHapus
  11. Aku belom nonton nih si birtcare center, kayanya ni mirip mirip drama ringan seputar masalah kehidupan macem reply atau prison playbook ga sih mak? tapi kayanya banyak pesen pesen bagus dr drama ini yaaa

    BalasHapus
  12. Lagi banyak yang ngreview birthcare center ini ya. Lagi ngebayangin kalau di tempat kita ada yang kayak gini seru juga kayaknya ya.

    BalasHapus
  13. Idenya briliant banget buat ngangkat persoalan masa-masa menyusui dan juga seorang ibu betapa struggle nya untuk memberikan yg terbaik

    BalasHapus
  14. Related banget sama kehidupan ya drama koreanya. Soalnya waktu jadi ibu baru, saya juga mengalami beberapa hal diatas. Kayaknya saya harus nonton nih keseruan drama birthcare diatas.

    BalasHapus
  15. Belum pernah nonton tapi baca review ya kok berasa kayak kembali ke masa awal jadi ibu ya. Cocok deh ini ditonton para ibu baru mak

    BalasHapus
  16. Wah, ternyata war-war antar ibu ngga cuma ada di Indonesia, yaa... Haha.. dari asi vs sufor, caesar vs normal, MPASI homemade vs pabrikan, ibu bekerja vs ibu rumah tangga, rasanya udah kenyang banget deh. Tapi kalo dibikin film begini, semoga ibu-ibu jadi bisa berempati dan war-warannya berhenti, yaa... Perang-perang kayak gitu ngga ada gunanya, cuma nambah kerutan aja.

    BalasHapus
  17. aku belom nonton ini, meskipun udah direkomendasikan sama adek iparku. katanya emang bagus banget dramanya. ntar deh nonton kalau list yang sekarang udah kelar

    BalasHapus