Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Teras Korea, Sensasi Makan di Tenda Ala Pojangmacha Korea



Teras Korea, Sensasi Makan di Tenda Ala Pojangmacha Korea menjadi pilihan makan malam kami kali ini. Ya, hari ini saya dan suami sedang menikmati quality time di kota Malang. Udara Malang yang sejuk mampu menghilangkan segala penat yang ada. Sejenak melepaskan diri dari Surabaya yang sumuk!!

Masakan Korea 


Masakan Korea



Sejak jadi fans drakor garis keras, saya juga mulai menyukai masakan Korea. Apalagi teman-teman di Drakor Class juga sering membahasnya, kan jadi makin pengen nyoba!

Sebenarnya ini baru kali kedua kami menyantap masakan Korea. Sebelumnya kami pernah menikmati kelezatan masakan Korea di Chingoo Cafe Malang. Oh iya memang di Malang lagi banyak bermunculan tempat makan masakan Korea. Mulai dari konsep restauran hingga warung tenda seperti Teras Korea ini.


Baca Juga : Menikmati Korean food di Chingoo Malang 


Beberapa masakan Korea yang pernah saya coba antara lain toppoki, kimbab, chicken wing gochu, tteokbokki dan ramyun. Kali ini kami, khusunya saya lagi pengen banget makan kimci dan jajjangmyeon. Dua kuliner khas Korea yang sering banget muncul dalam drama Korea. 

Teras Korea


Masakan Korea

Setelah googling, kami memutuskan makan di Teras Korea. Sebenarnya banyak sekali pilihan tempat makan masakan Korea di Malang, hanya saja konsep Teras Korea ini unik, makanya patut dicoba. 

Jam delapan malam kami sudah tiba di Teras Korea. Tapi ternyata kami harus bersabar, namanya juga teras, tempat makan ini terletak di halaman parkir mini market. Mengusung konsep makan di dalam tenda, tempat makan ini hanya menyediakan 4 meja yang terbuat dari drum. Alhasil kami harus menunggu.

Ya uda kepalang basah, uda terlanjur pengen. Kami pun dengan sabar menunggu biar bisa dapat meja dan menikmati kelezatan masakan Korea di Teras Korea ini. Sambil memunggu antrian, kami sudah pesan terlebih dahulu. 

Menu yang kami pesan adalah Jajjangmyeon, Firenoodles, Sundubujjigae dan Chese Tteokbokki. Minumannya Korean Corn Tea. 

Lagu-lagu k-pop diputar buat menemani pengunjung menyantap makananannya. Duh uda berasa makan di Pojangmacha Korea deh. Oh ya Pojangmacha dalam bahasa Korea yang berarti "gerobak tertutup". Pojangmacha biasanya buka sejak malam hari sampai dini hari. Kalau di drama Korea biasanya Pojangmacha juga menjadi tempat untuk minum minuman beralkohol. 

Menu Teras Korea


Masakan Korea


Meski tempatnya kecil, Teras Kota ini menyajikan menu masakan Korea yang sangat beragam lho. Mulai dari Korean BBQ, BAB/Nasi, Bibimbab, Gyeranjjim, Krispy Chicken, Emoukkodeng, Lettuce Kimci, Jajjangmyeon, Firenoodles, Sundubujjigae dan Tteokbokki.

Harganya juga sangat terjangkau lho. Semua menu dibandrol dengan harga mulai dari 4 ribu hingga 25 ribu rupiah, murah pooll kan!!


Baca Juga : 7 Resep Masakan Korea Halal yang Mudah Dibuat di Rumah


Dan ini dia menu-menu yang sudah kami pesan. 

Korean Corn Tea


Masakan Korea

Korean corn tea atau teh jagung adalah salah satu minuman khas Korea. Teh jagung ini telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari masyarakat. Teh dengan cita rasa khas jagung manis ini banyak dikonsumsi untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Teh ini tidak mengandung kafein. Rasanya gimana? ya seperti teh pada umumnya hanya saja ada berpadu dengan rasa jagung. Aneh sih, tapi enak juga kok. 

Jajangmyeon

Masakan Korea


Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis Masakan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Tionghoa, dan orang Tiongkok biasa menyebutnya Zhajiangmian. Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mi.

Masakan Korea


Saya sengaja pilih Jjangmyeon karena ini makanan kesukaannya Lee Ik Jun alias Jo Jong Suk dalam drama Hospital Playlist, hahaha moon maap, bucin detected ini mah. 

Sundubujjigae

Masakan Korea


Sundubujjigae adalah jjigae (sup) yang bahan utamanya adalah tahu sutera.Bahan sundubujjigae adalah tahu Korea, kerang, jamur, jeotgal dan telur, direbus dengan kuah yang dibumbui kecap asin dan disajikan panas-panas di dalam ttukbaegi. Variasi bahan lain bisa kimchi dan berbagai jenis makanan laut.

Pas banget makan sundjbunnigae yang panas ditengah dinginnya kota Malang. Isi sundjbunnigae Teras Korea ini selain tahu sutera, juga ada sosis, telur dan sayur-sayuran lainnya. Rasanya spicy meski sedikit pahit karena telurnya sedikit gosong. 

Tteokbokki

Masakan Korea


Tteokbokki adalah masakan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Tteokbokki ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha Korea.

Saya sih sudah beberapa kali mencoba tteokbokki. Tteokbokki yang disajikan di Teras Korea ini menurut saya porsinya pas. Nggak kebanyakan, cocok lah buat teman makan malam.

Firenoodles

Masakan Korea


Sesuai dengan namanya, mie ini rasanya sangat pedas. Ya seperti kalau makan samyang, mie instan Korea yang sangat terkenal itu. 

Masakan Korea


Di Teras Korea bisa pilih topping firenoodles suka-suka kamu. Kebetulan kami pilih topping telur. Standar kalau makan mie pada umumnya, nggak lengkap klo nggak pake telur, hehehe. 

Kimci

Masakan Korea


Berhubung pesanan kami sudah lebih dari 60 ribu rupiah, kami dapat bonus kimci. Yeay, akhirnya merasakan kimci!

Kimci ini hampir selalu disebut dalam setiap drama Korea yang saya tonton, makanya saya penasaran banget. Gimana sih rasanya Kimci itu. 

Masakan Korea


Kimci adalah makanan tradisional Korea,yang berasal dari tiongkok salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimci adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimci diucapkan sebagai chim-chae yang berarti "sayuran yang direndam." Kimci yang disajikan di Teras Korea terbuat dari sawi putih. Rasanya spicy dan segar.


Overall puas banget makan di Teras Korea ini. Penantian satu jam buat dapat meja terbayar lunas dengan kelezatan beragam masakan Korea yang disajikan. Harganya juga ramah dikantong, untuk semua menu yang kami pesan, totalnya hanya 78 ribu rupiah lho...

Nah gimana, pengen juga kan merasakan sensasi makan di tenda ala Pojangmacha Korea? Kalau ke Malang jangan lupa mampir ke Teras Korea yang ada di Jl. Tlogomas No.Kav. 1, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang ya. Teras Korea buka setiap hari mulai pukul 12 siang. 





43 komentar

  1. Wah menunya lumayan komplit ya? Nama masakannya beberapa saya sudah dengar. Kalau soal masakan Korea, memang istri saya yang paling ngerti. Tapi kalau soal maka, saya sih ayo. Kebetulan minggu ini mau ke Malang, mau nyobain Teras Korea juga ah.

    BalasHapus
  2. Nama-nama masakan korea sulit ya wkwkw
    Btw teras korea menunya bikin selera makan nih, aku dulu sekalinya nyoba masakan korea emang bikin ketagihan. Thank sharingnya mbak :)

    BalasHapus
  3. Aku engga hafal kalo nama-nama masakan Korea. Cuma tahu rasa aja pas nyicipin. Ada yg cocok ada yg kurang. Di Bandung ada ga ya Teras Korea? Mungkin perlu dicoba nih, biar makin faham kulinernya...

    BalasHapus
  4. Saya masakan Korea tu tahunya cuma Kimci. Jadi kalo ke restoran Korea, saya harus nanya-nanya dulu menu apa gimana dll. Daripada salah pesan hehehehe..

    BalasHapus
  5. Penasaran yang punya orang Korea asli apa orang Indonesia teh? Sepertinya menggiurkan djajangmeyon sama ttebbokki

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah nyoba makanan Korea πŸ˜…πŸ˜….

    Kayanya memang sekali-kali perlu mencoba buat menambah khazanah cita rasa deh. Hahaha

    BalasHapus
  7. Waduh. Yuni pingin jajangmeyon, kimchi dan ttebbokki. Kok kayaknya maknyus. Mana kalau lihat drakor tu mereka makannya terlihat nikmat banget.

    BalasHapus
  8. Mbak... Aku kok berasa muler banget siih �� tinggal di malang tapi gak tahu teras Korea ini, wkwkwk... Cuss mau coba ah.. Apalagi murmer banget ini mah

    BalasHapus
  9. Weh, konsep teras korea ini kayak yang biasa buat beli Soju itu ya malam2 kalo d Drakor, etapi itu terpalnya biru tua sih warnanya. :D

    BalasHapus
  10. Pas lagi diare lihat jajangmyeon kayaknya enak banget tuh Mbak. Wijen dan kedelai hitam kayaknya gurih, ingat ramen jadinya. Enk ya bisa ngedate bareng pasangan gitu.

    BalasHapus
  11. Hahahaha Pojangmacha ini identik banget sama drama korea di mana kalau karakter utamanya lagi stress pasti minum soju di sini sampe mabuk, lepas itu datang deh belahan hatinya buat nganterin pulang wkwkwkwk. BTW Teras Korea ini memang dapet banget sih vibe koreanya, jadi pengen makan di sana juga.

    BalasHapus
  12. Wah aku yang rumahnya di Malang aja belum pernah nyobak hehehe. Btw harganya terjangkau pake banget ya mbak..

    BalasHapus
  13. Liat postingane samean iki, jadi kangen malang aku mbak. Kangen pedaan liwat nisore flyover

    BalasHapus
  14. doi ku kalo jalan sama ku pasti mau makanan korea karena enak dan juga bisa dengar musik K-pop haha

    BalasHapus
  15. Aku bukan Korean addict. Tapi kalau makanan Korean masih ada lah yang ku suka.
    Tapi sangat jarang makan soalnya suami nggak suka. Jadi daripada mubazir kalau cuma aku makan aendirian, mendingan melipir cari makanan lain yang bisa dimakan sekeluarga. Wkwkwk

    BalasHapus
  16. Seru amat nih tempatnya. Auto ingat momen Ji-pyeong dan Dal Mi makan di warung tenda gini malam malam. heuheuheu

    BalasHapus
  17. menunya banyak dan bergam, pasti semuanya sedap untuk dinikmati. jadi laper sih pengen cobain juga. sepertinya sedap betul

    BalasHapus
  18. waahhh menu sama nuansanya korea bgt asliiii,, pengen dehh,, coba dideket sini ada

    emang ya liat org korea smpe tengah malam nongkrong di warung model begini asik bgt rasanya

    BalasHapus
  19. yaampun lucu amaaaat, kaya tempat makan di drakor yang orangnya sambil minum soju yaaa. pengen cobain juga iiiiihhh ke teras korea iniii

    BalasHapus
  20. Wow, 60 ribu dapat segitu banyaknya. Auto mupeng saya, Mbak.Apalagi sama supnya, berasa anget, lembut tahu sutranya. Di Jakarta belum nemu yang murah meriah enak begini. Heuheu,penginnn.

    BalasHapus
  21. Seumur-umur saya belum pernah makan masakan korea Mbak jadi kalau di kota saya hadir juga teras Korea seperti yang tempat makan yang MbK ulas ini pengen juga saya datangi. Apalagi harganya juga cukup terjangkau ya

    BalasHapus
  22. Tteokbokki nya menggoda kali mba....
    Walaaah udah makan kenyang hanya 78 ribu saja ya..
    Plus dapet bonus lagi.. kimchi.
    Enyaknyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih menggoda banget teokbokkinya ya mbaaa.. harga menu lainnya juga masih terjangkau yaaaa.. jadi makin penasaran pengen cobain niiih

      Hapus
  23. Wah, jadi pengen nyobain, kelihatannya enak-enak semua, harganya ramah di kantong lagi hehehe... Harus masuk ke list nih kalau pas ke Malang.

    BalasHapus
  24. Ajak paksu ke teras korea cocok nih, suasana nya terlibat santai yah, apalagi menu2nya jg ok

    BalasHapus
  25. Duh bikin ngiler. Kepengen deh makan makanan Korea lagi. Udah lama bangeeet gak makan. Huhuhu di sini jauh. Topoki topoki topoki... kangeeen :D

    BalasHapus
  26. Wah ada tempat makan yg khusus makanan korea yang harganya terjangkau, wajib coba nih sayang jauh huhu

    BalasHapus
  27. Beruntung bisa ikutan icip di teras korea. Konsep ini unik banget . Mpo jadi lapar. Sayangnya dijakarta belum ada yang seperti ini

    BalasHapus
  28. Waa seru banget ada makanan korea yang ditenda tenda pasti berasa di korea beneran ya mbak

    BalasHapus
  29. Waaa jadi kepengen nyobain makan di Teras Korea, unik dan harga terjangkau... coba nanti kalau ke Malang mampir ah

    BalasHapus
  30. Asa belum pernah nemu Pojangmacha di Bandung euuii~
    Apa aku yang ga tau yaa...??
    Pan pengen juga makan makanan di tenda sambil menikmati dinginnya angin malam.
    Aaahhhai~

    BalasHapus
  31. Aku kangen banget pengen makanan Korea model gini, sekarang belum berani makan di luar gini. Tapi udah ngiler banget ini lihat menu yang kamu pesan mbak. Besok pesan ah bikin di rumah saja biar kayak Korea gitu.

    BalasHapus
  32. seru banget nih kayak lagi makan di korea sana. suka penasaran sama makanan tenda di korea. mungkin kayak gini juga kali ya..

    BalasHapus
  33. Toss mba aku juga penggenar drakor dan paling penasaran jajangmeon ini rasanya gimnaa mba enak gak? sesuai gak sma expetasi saat nonton drakornya?

    BalasHapus
  34. jadi ingat ada teman kantor juga dulu suka banget makan Kimci itu, tapi saya gak berani coba katanya kecut-kecut pedas gimana gitu, lihat dia makan sih kayaknya asyik banget.
    makanan Korea ini banyakan yang berkuah-kuah kental gitu ya.

    BalasHapus
  35. Lihat kimci dan Sundubujjigae jadi inget drakor yang kadang kulinerannya dua menu tersebut, sehingga acap kali jadi bikin laparπŸ˜‚

    BalasHapus
  36. Sama sekali belum pernah makan makana korea. Aku penasaran sama Tteobokki eh bener ngga ya ejaannya haha. Aku juga penasaran darimana restoran atau warung Korea dapat bahan makanannya XD

    BalasHapus
  37. Kalo pake tenda gini justru jadi lebih kerasa ala-ala drakor nya ya mbak, kan selalu ada tuh di drakor tempat makan kaki lima langganan pemeran utamanya, hehehe.. Ohiya ini harganya pun terjangkau banget ya

    BalasHapus
  38. Makanan Korea dari yang mba jabarin cuma Tteokbokki yang pernah aku coba dan aku ga kuat pedesnya wkwkwk yang lainnya belum pernah cobain nih jadi pensaran

    BalasHapus
  39. Namanya lumayan susah dihafal ya mba, selama ini cuma tahu kimchi sama teokpokki aja, yang lain sepertinya susah dihafalkan kalau bukan penggemar berat drakor emang ya hihi

    BalasHapus
  40. Aku doyan banget sama Korean BBQ. Seru juga ya makan kuliner Korea di teras seperti ini, mbak.. Rasanya udah fushion atau masih Korea banget? :D

    BalasHapus
  41. Wah murmer banget ya mba, makan masakan korea berdua cuma habis segitu. Hmmm aku suka drakor juga tapi belum pernah nih nyoba makanan korea....

    BalasHapus
  42. duuuh ngiler banget liat Sundubujjigae, pengen cobaaa :D

    BalasHapus