Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

BERSAMA START UP, DAYAMAYA BAKTI KOMINFO BERDAYAKAN MASYARAKAT DAERAH 3 T

dayamaya

START UP – Apa yang terlintas di benak teman-teman bila mendengar kata START UP? Apakah terbayang Han Ji Pyeong? Atau teringat Nam Do San? Bukan! Kali ini saya nggak lagi ngomongin drama Korea terbarunya si cantik Bae Suzy, START-UP. START UP yang akan saya ceritakan disini adalah Start Up yang dibentuk oleh kelompok masyarakat dan berkolaborasi dalam memberdayakan potensi masyarakat daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) lewat program Dayamaya dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dayamaya BAKTI Kominfo

dayamaya

Pemerintah menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dalam perkembangan ekonomi digital. Meski selama lima tahun terakhir ini Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi paling lambat. Tetapi pertumbuhan industri ekonomi digital justru semakin pesat di tengah perlambatan laju ekonomi tanah air.

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA menyebutkan ada 40 juta pengguna baru internet di Asia Tenggara, dengan 63 persen dari jumlah tersebut berada di Indonesia. Ini bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku ekonomi digital. Bahkan banyak yang meprediksi, ekonomi digital akan menjadi tulang punggung dalam pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Sayangnya geliat laju ekonomi digital ini belum begitu terasa di daerah 3T. Ini yang menjadi latar belakang BAKTI Komonfo meluncurkan program Dayamaya. Program Dayamaya bertujuan mengajak para pelaku Startup eCommerce, Komunitas, Kelompok masyarakat dan UMKM digital bersinergi mengembangkan potensi serta membuat solusi tepat guna bagi masyarakat di daerah 3T.

Melalui peran startup, komunitas, dan UMKM yang terlibat, kami harapkan dapat mempercepat kemajuan di daerah 3T. Saat ini sudah ada lima inisiatif, dari 18 yang terpilih pada tahun 2019, yang mulai berproses di masyarakat. Kami yakin dengan peran serta mereka, akan segera terjadi perubahan di daerah 3T menuju ke arah yang lebih baik,” kata Danny Januar Ismawan, Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah.


Baca JugaIndscript Creative, Berdayakan Perempuan Indonesia dari Rumah 


Kolaborasi Start Up

dayamaya

Dayamaya adalah sebuah program inisiatif untuk membantu pertumbuhan startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM digital dari daerah 3T atau luar daerah 3T untuk diterapkan pada lokasi 3T dengan bantuan fasilitas berupa: pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi, dan sosialisasi & pemasaran.

Program ini memiliki tujuh sektor yang menjadi fokus pengembangan. Ketujuh sektor tersebut adalah: kesehatan, pendidikan, agribisnis, logistik, pariwisata, fintech, dan e-commerce. Sedangkan tahapan dari program Dayamaya ini adalah workshop persiapan riset lapangan, koordinasi pra riset lapangan, riset lapangan dan mentoring pasca riset lapangan.


Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Kuliner dengan Daftar GoPay

Bila ingin bergabung dengan program ini tentu harus melalui seleksi yang ketat. Batch 1 dari program Dayamaya ini telah memilih 18 start up dan komunitas yang siap berkolaborasi bersama. Apa saja? akupintar, andil.id, atourin, bantuternak, berkahbarang.id, BINAR ACADEMY, cakap, DYCODEX, i-tallenta, jahitin, Kalikesia, Ladang, lindungihutan, NGALUP Coworking Space, PIJAR, SahabatGO, SmartSolution, dan Tapakita. Dari 18 start up tersebut terpilih 3 yang siap berkolaborasi dalam memberdayakan potensi ekonomi daerah 3T, yaitu Cakap, Atourin dan Jahitin.

Atourin, Kembangkan Pariwisata

dayamaya

Pariwisata adalah sektor yang cukup menjanjikan untuk terus dikembangkan. Ini yang menjadi fokus pemberdayaan yang dilakukan oleh Atourin. Atourin adalah perusahaan teknologi di sektor pariwisata yang menyediakan jasa dan layanan baik secara online maupun offline untuk industri pariwisata Indonesia. Pada tahun 2019, Atourin berkesempatan menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata di Natuna melalui program Dayamaya.


Baca Juga : Serunya Jalna-Jalan ke Mini Agro Wisata Surabaya


Pelatihan itu akhirnya menghasilkan 10 pemandu wisata di Natuna sudah memiliki lisensi, lebih berani melakukan self branding, dan mulai memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Dengan ini diharapkan akan ada lebih banyak lagi pemandu wisata yang berlisensi.

dayamaya

Di masa pandemi ini, salah satu satu program kami yaitu melakukan pelatihan secara daring bagi pemandu wisata se-Indonesia. Kami ajarkan bagaimana cara membuat tur virtual. Salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi adalah pariwisata. Dengan pelatihan ini, diharapkan pemandu wisata dapat memanfaatkan internet untuk menghadirkan layanan virtual tour baik kepada wisatawan dalam negeri maupun mancanegara” kata Reza Permadi selaku Tim Operasional Atourin. Virtual tour ini merupakan platform baru, yang dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu panjang, tidak hanya di masa pandemi saja

Cakap, Melatih Kecakapan Bahasa Asing

dayamaya

Indonesia menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisatawan mancanegara, jadi penting sekali untuk memiliki kemampuan berbahasa asing. Cakap sebagai platform online pembelajaran bahasa asing mendukung pengembangan daerah wisata dengan meningkatkan kemampuan masyarakat dari sisi penguasaan bahasa, utamanya bahasa Inggris.

Dalam kontribusinya, pada tahun 2019 melalui program Dayamaya, Cakap telah menyelenggarakan digital assessment di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan standarisasi CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages). Program melibatkan peserta setingkat pelajar SMA sebanyak 250 orang, kegiatan ini dilakukan secara daring melalui ruang belajar digital dalam sebuah kelas online yang diisi oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher).

Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting dalam usaha mengembangkan daerah wisata, karena menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah wisatawan dalam menciptakan pariwisata berkelanjutan.

Di masa pandemi ini kami menggelar program pelatihan secara daring bagi penggiat dan pelaku pariwisata yang tentu saja difasilitasi oleh BAKTI, Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah. Cakap selaku mitra platform pembelajaran memberikan kesempatan kepada masyarakat pelaku industri pariwisata untuk belajar bahasa Inggris secara gratis. Untuk menjadi peserta dapat mendaftar dengan mengakses website resmi Cakap. Sejauh ini sudah ada beberapa daerah yang mendaftar yaitu Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Bangka Belitung. Sulawesi Utara dan Kalimantan Selatan sebagai daerah terbanyak yang mendaftar menjadi peserta” kata Tommy Yunus, selaku CEO Cakap.

dayamaya

Peserta pelatihan nantinya akan mendapatkan akses kelas webinar, materi pembelajaran dalam bentuk ebook, akses video pembelajaran, kuis untuk evaluasi dan mengukur kemampuan bahasa Inggris selama program, pendampingan oleh guru profesional dan lokal fasilitator, serta mendapatkan sertifikat penyelesaian di akhir program.

Jahitin Academy Tingkatkan Skill Para Penjahit

dayamaya

Start up yang terpilih tak hanya berfokus pada pengembangan potensi pariwisata saja, tapi juga menggarap potensi SDM (sumber daya manusia) yang dimiliki masyarakat setempat. Seperti yang dilakukan oleh Jahitin Academy.

Baca Juga : Wisata Bahari Surabaya

Jahitin Academy memberdayakan SDM dengan meningkatkan skill para penjahit di Provinsi NTT, khususnya di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Melalui workshop pengolahan limbah kain tenun, Jahitin mengajarkan bagaimana cara mengolah limbah tenun menjadi produk yang bernilai jual, seperti untuk membuat cushion pillow.

Tidak hanya itu, Jahitin juga membantu para penjahit agar dapat lebih mudah mengakses pasar. Dampaknya saat ini penjahit di Sumba sudah mendapatkan akses langsung berhubungan dengan Dinas Perdagangan.

dayamaya

Di masa pandemi kami melakukan pelatihan kepada para penjahit, bagaimana cara membuat masker sesuai dengan standar kesehatan yang difasilitasi oleh BAKTI dan Kementerian Desa, dan Pemberdayaan Daerah Tertinggal. Hasilnya, para penjahit di Sumba berhasil mendapatkan orderan membuat 5000 masker,” kata Asri Wijayanti.

 

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman, dalam membangun daerah 3T pemerintah tentu tidak dapat bekerja sendiri. Untuk itu, peran dari para startup dan komunitas sangat diperlukan untuk bersama-sama bersinergi mempercepat pembangunan di daerah 3T.

Dengan merangkul stakeholder strategis, kami yakin kita akan memiliki daya atau berdaya untuk bersama-sama membawa perubahan di daerah 3T. Utamanya perbaikan dari sisi perekonomian berbasis ekonomi digital. Hal ini selaras dengan campaign yang kami angkat, yaitu Berdaya Bersama,” jelas Ari Soegeng Wahyuniarti, selaku Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat.

Semoga program Dayamaya ini berhasil dalam memberdayakan masyarakat daerah 3 T. Bagi teman-teman yang ingin lebih tahu banyak tentang program ini, teman-teman bisa kujungi langsung website Dayamaya disini.

 

Referensi :

1.      Press Release Dayamaya BAKTI

2.      https://dayamaya.id/

3.      https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6441/Indonesia%2BAkan%2BJadi%2BPemain%2BEkonomi%2BDigital%2BTerbesar%2Bdi%2BAsia%2BTenggara/0/berita_satker

4.      https://teknologi.bisnis.com/read/20201111/266/1316357/startup-di-indonesia-bakal-untung-ini-alasannya

 

 

 


186 komentar

  1. Kominfo keren banget kalau tiap tahun punya gawe seperti ini, pastinya akan membantu masyarakat Indonesia yang memang butuh pemberdayaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekonomi digital menyuguhkan warna tersendiri buat UMKM karena mereka akan lebih berkembang dan mandiri ya mbak

      Hapus
    2. Semoga makin banyak lagi star up yang bisa ikut ya dan membantu program ini. Jadi akan semakin banyak masyarakat yang terbantu. Amin ya Allah.

      Hapus
    3. iya, ini program pemberdayaan yg bisa kembangkan daerah 3T dgn optimal

      Hapus
    4. Iya Mba. Aku terharu jadinya ama program ini. MasyAllah nggak nyangka ada banyak yang terbantu karena program ini. Apalagi ini jadi hal nggak mudah juga ya mengingat kondisi sedang pandemi begini

      Hapus
    5. Semoga program dayamaya ini terus ebrlanjut ya mba.. Dan bisa smp pelosok kalau perlu

      Hapus
  2. Bagus sekali program Dayakaya ini memberdayakan ekonomi masyarakat 3T dengan bantuan teknologi Digital. Untuk pitensi pariwisata semiga bergandengan dengan kementerian lain karena salah satu kelancara dalam ekonomi digital itu harus ditunjang infrastruktur seperti akses jalan dan transportasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya ya mbak, biar proses distribusi lancar ya

      Hapus
  3. Syukurlah ya mbak Dee ada program Dayamaya ini, sehingga berhasil dalam memberdayakan masyarakat daerah 3 T.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kok tertarik dengan CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages) ini ya.

      kebayang sebuah program melibatkan peserta setingkat pelajar SMA sebanyak 250 orang, kegiatan ini dilakukan secara daring melalui ruang belajar digital dalam sebuah kelas online yang diisi oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher).

      kalo diadakan offline di Swedia gitu bakalan seru kali yeee

      Hapus
    2. iya mbak, yang dilakukan dayamaya adalah mengembangkan daerah 3T dgn optimal memlalui pariwisata dan umkm

      Hapus
    3. Aku malah udah ikutan tour virtualnya loh mbak. Seru juga

      Hapus
  4. Wah bagus banget nih program cakap dr keminfo ini.
    Bahasa asing mah wajib utk SDM lokal yg mau daerahnya jd tujuan wisata internasional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar nih. Belajar bahasa asing penting di era sekarang ya, Mbak.

      Hapus
    2. klo cakap itu start up nya mbak, klo program dari kominfo itu dayamaya nya :)

      Hapus
  5. Kolaborasi yang ciamik ya mbak, semoga bisa bersinergi membangun daerah 3T bersama-sama karena pemerintah tentu saja tak bisa bergerak sendiri

    BalasHapus
  6. Sudah saatnya ya mba start up saling kolaborasi untuk memajukan daerah 3T.
    Gak zaman lagi start up saling sikut dan bersaing negatif. Kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, sekarang kunci kesuksesan adalah kolaborasi

      Hapus
  7. Bener banget, Mbak Dee. Kunci sukses di abad 21 ya salah satunya kolaborasi. Sinergi perusahaan rintisan dan kementerian bisa melahirkan program yang bermanfaat untuk rakyat, terutama mereka yang tinggal di daerah 3T. Sudah saatnya kemajuan merata di seluruh Nusantara. Cakap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, makanya program dayamaya ini sangat bermanfaat ya

      Hapus
  8. Senangnya ya pemerintah mulai lebih memperhatikan kemajuan daerah yang pastinya juga memiliki potensi luar biasa untuk dieksplor. Dengan semakin terjangkaunya masyarakat daerah semoga perekonomian negara semakin kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biar pembangunan dan kemajuan bangsa juga merata ya mbak

      Hapus
  9. Ngomongin start up yang kebayang adalah drakor yang lagi famous itu ya mbak dian. Eeeeh ini ternyata lagi bahas yang lebih keren dari drakor start up. Programnya untuk pelaku usaha di wilayah 3T. Aksi nyatanya menebar manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya
      sekarang start up lagi hapening

      Hapus
    2. Aku tuh malah belum nonton lo mbak dian, tahu cerita sedikit tentang apa dari tulisan teman blogger

      Hapus
  10. Bagus banget programnya. Semoga dengan demikian masyarakat di daerah 3 T dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  11. Bagus banget nih start up yang dapat membantu perkembangan UMKM. Sangat bermanfaat dan berdaya guna. Semoga semakin maju dan berkembang UMKM Indonesia di era digital ini ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, program ini untuk membantu masyarakat daerah 3T bisa berkembang secara optimal dalam era ekonomi digital seperti sekarang ini

      Hapus
    2. Suka banget sama program Dayamaya ini mba, semoga menjangkau daerah aku juga apalagi bagian menjahit nya bisa berdayakan ibu2

      Hapus
  12. Suka banget sama program dan tujuan program nya, smeoga bisa berjalan mulus dalam jangka waktu panjang yahh :)

    BalasHapus
  13. Keren ya mba program BAKTI ini, menjaring star up untuk lebih bermanfaat lagi membantu masyarakat terutama masyarakat di bagian 3T. Semoga program ini sukses dan berjalan positif. Biar banyak masyarakat makin terbantu lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget..dan memungkinkan industri pariwisata kelak semakin maju dengan adanya program dari atourin. Dengan adanya tour guide yg mumpuni dan asyik dalam memandu para wisatawan.

      Hapus
    2. iya, dayamaya ini membantu daerah 3 T untuk bisa berdaya

      Hapus
  14. Ya ampun baca 3 tulisan tentang dayamaya, tapi baru paham sesudah baca tulisannya Mbak Dian
    Semoga aplikasi nya sukses ya Mbak Dian
    Karena pariwisata salah satu sector ekonomi sangat berkelanjutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masa sih mbak, makasi ya
      benar mbak, karena itu sektor pariisata harus didukung untuk tetap berembang

      Hapus
  15. Saya jadi kepo sama Jahitin. Secara saya pengen bisa belajar jahit. Udah beli mesin jahit. Eh kalau menjahit masih saja pakai jarum tangan hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kenapa mbak? apa ni kelebihan menjahit dgn tangan?

      Hapus
  16. Waaah asli kagum banget sama programnya DayaMaya, bisa mendirikan startup di masa pandemi dan di daerah-daerah pelosok lagi..saluuut...semoga satart up diatas bisa maju dan terus berinovasi...penasaran sama Atourin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, oh atourin ini keren mbak
      mendukung perkembangan sektor pariwisata

      Hapus
  17. Bala-bala HAN JI PYEONG hadiiirr wkwkwkw
    Awalnya aku suka karakter ini, karena tersepona ama lesung pipi dan senyumnya yg bikin pabrik gula terancam bangkrut 😛 Tapi, seiring bertambahnya episode, karakter HJP memang unik banget. Sempat2nya ngasih saran, setelah babak belur berantem ama Nam Do San 😀

    Rezeki banget buat Kim Seon Ho. Dia beneran laris manis tanjung kimpul setelah memainkan peran HJP dengan sangaaatt ciamik nan paripurna!

    Btw, semangat Dayamaya ini keren warbiyasaakk ya. Bisa memacu lahirnya start up yg mantab jiwa di republik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ah tim pak han ni, tosss
      yes mbak, semoga dayamaya bisa membuat start up start up di indonesia makin sukses

      Hapus
  18. Iya lho. Hal pertama yang langsung nyantol di kepala saya setiap kali baca kata "start up" belakangan ini, pasti dek ke drama korea huhu.

    Senangnya PT Dayamaya mengajak masyarakat lokal terutama di daerah 3 T begini berkolaborasi untuk maju bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, langsung ingat dragor ya
      btw dayamaya ini program dari kominfo mbak :)

      Hapus
  19. Salut sama Program Dayamaya yang mampu menghasilkan inisiasi-inisiasi yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat di daerah 3T.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, program yang sangat inspiratif

      Hapus
  20. Kominfo bagus program ini, tertarik deh dengan Jahitin bisa memberdayakan masyarakat lokal begitu.

    BalasHapus
  21. program bakti kominfo yang keren banget buat mengembangkan daerah 3 T ya mbak semoga kian maju daerah 3 T nya dengan dayamaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, program yang sangat keren dan bermanfaat
      amin amin

      Hapus
  22. Keren banget programnya. Karena memang kita tuh butuh banyak program-program pemberdayaan masyarakat 3T seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, agar daerah 3T makin maju dan berkembang

      Hapus
  23. Keren programnya. Di masa susah begini kita emang harus saling sinergi dan saling dukung.

    BalasHapus
  24. kalau lihat sasando jadi ingat waktu ke Kupang dulu, alat musik ini cakep banget deh emang.
    semoga program BAKTI Kominfo ini berjalan dengan baik agar daerah 3T bisa lebih berkembang lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pernah ke kupang ya mbak? yes dayamaya emang keren dan bermanfaat

      Hapus
    2. heheh, iyaah Mbak.. tahun 2007 saat ikut Pelayaran Kebangsaan bersama mahasiswa se-Indonesia lainnya :)

      semoga ke depannya selain daerah 3T (jika sudah tuntas programnya di daerah itu) bisa merasakan program Dayamaya ini juga ya :)

      Hapus
  25. Program Kominfo yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan masyarakat agar berdaya jual lebih tinggi dengan termasuk melestarikan budaya bangsa Indonesia yang indah.
    Apakah ini menjangkau ke seluruh wilayah 3T di Indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha...iyaya, kalau ada Start Up uda otomatis aja gitu...inget Pak Han.
      Keren banget loo...inovasi anak bangsa membuat start up yang bisa membantu 3T di Indonesia.
      Semoga semakin besar manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

      Hapus
    2. pak han selalu di hati
      belum semu teh, baru beberapa , smg ntar makin menjangkau semua daerah 3 T

      Hapus
  26. program yang sangat bagus banget ini apalagi sasaran mereka adalah 3T pastinya akan bsa membantu meratakan pembangunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biar pembangunan dan kemajuan bangsa merata

      Hapus
  27. Wah harusnya informasi seperti ini lebih diperluas lagi, aku baru tahu loh ada program seperti ini dari kominfo, semoga bisa membantu para UMKM mengembangkan bisnisnya apalagi yang segmennya budaya kayak diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mbak, sudah terpampag di semua sosial media kominfo, tapi memang sih banyak masyarakat yg belum tahu

      Hapus
  28. Melalui program dayamaya semoga semua wilayah di Indonesia bisa diberdayakan, ya. Terutama untuk daerah 3T, agar perkembangan bisnis di Indonesia bisa semakin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, amin
      semoga dearah 3T jadi lebih berdaya

      Hapus
  29. Program yang bagus ini mba untuk memajukan UMKM, terutama untuk daerah 3T. Ya..semoga saja program ini nantinya menghasilkan hasil nyata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, progam yang sangat bermanfaat..
      amin

      Hapus
  30. Program kominfo seeprti ini akan snagat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga terus semakin banyak kepedulian untuk membantu masyarakat sehingga ekonomi Indonesia terus berjaya

    BalasHapus
  31. Mudah-mudahan program dayamaya ini bener-bener bikin masyarakat seluruh Indonesia dimanapun berada makin berkembang pesat ya mbak terutama perekonomiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga masyarakat daerah 3T makin berdaya

      Hapus
  32. 40 juta pengguna baru internet di Asia Tenggara, dengan 63 persen dari jumlah tersebut berada di Indonesia .. wih ini berarti eluang bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan internet ya. Terus, untuk daerah 3T semoga diberi kemudahan dalam hal ongkos kirim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, indonesia sangat potensial untuk ekonomi digital

      Hapus
  33. Masyarakat daerah sana jadi lebih terampil ya mak sesuai ciri khas masing-masing. Senangnya diberdayakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memanfaatkan potensi lokal yang dimiliki

      Hapus
  34. Oh iya, ini tuh programnya kominfo ya... Keren deh membantu perekenomian daerah 3T agar lebih maju...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dayamaya adalah program dari kominfo

      Hapus
  35. Daripada makan tidur selama pandemi ini. Lebih baik lagi Khan isi dengan hal yang berguna dan bermanfaat dengan ikutan darling bahasa Inggris

    BalasHapus
  36. Program seperti Dayamaya ini sangat positif, mengingat aktivitas digital makin banyak dilakukan masyarakat. Pembuatan start-up sebagai salah satu produk digital juga perlu dikuasai oleh generasi muda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ini program yang sesuai banget dgn situasi ekonomi digital yang berkembang pesaat saat ini

      Hapus
  37. Kolaborasi memang jadi salah satu kunci sukses bisnis ya mbak. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang. Sesama pelaku usaha harus saling sinergi

    BalasHapus
  38. Mau komen Han Ji Pyeong lagiii, takut ntar susah move on wkwkwkw
    Btw, Dayamaya semacam sandbox yaaa
    Jadi makin bangga bangetttt

    BalasHapus
  39. Program dayamaya ini menjadi angin segar bagi daerah-daerah 3T. Karena mereka bukannya nggak mempunyai potensi. Cuma kadang belum dikenali saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, makanya perlu bantuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki

      Hapus
  40. Program dari Dayamaya bisa meningkatkan geliat daerah 3T untuk semakin maju lagi perekonomiannya. Dukung selalu yuk dengan bersinergi

    BalasHapus
  41. Saya percaya bahwa pertumbuhan ekonomi digital relatif stabil saat ini sekalipun kita sedang dalam masa pandemi. Setidaknya begitu pengalaman Arenga Indonesia. Semoga teman-teman UMKM lain juga mengalami hal yang sama. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya ya mbak, makasih ya sudah share pengalaman dari Arenga Indonesia

      Hapus
  42. Bagus nih program Kominfo. Perlu penguatan lagi utk ke depan. Banyak bimbingan kpd startup baru bs naik kelas dan menjadi unicorn. Jgn kalah dengan Singapura ya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, penguatan nggak hanya untuk meningkatkan perekonomian tapi juga memantapkan langkah startup untuk meraih unicorn

      Hapus
  43. Bagus banget program Dayamaya ini. Apalagi fokusnya untuk daerah 3T. Misalnya kayak startup Autorin ini yang mau memberdayakan sektor wisata, cocok banget. Negara kita punya potensi pariwisata yang masih banyak belum tergali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dayamaya mengembangkan pariwista dan umkm daerah 3T

      Hapus
  44. Daerah 3T itu perlu banget didukung agar ekonominya bisa setara dengan daerah lain. Apalagi ada program Dayamaya kayak gini, punya andil besar dalam pemerataan ekonomi

    BalasHapus
  45. Keren programnya dan saya paling suka yg bahasa asing itu. Ya, salah satu yg penting untuk tetap bisa mengikuti perkembangan zaman ya dg cakap berbahasa asing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kemmapuan bahasa asing mendukung sektor pariwisata

      Hapus
  46. Program KEMKOMINFO DAYAMAYA ini emang sesuai kebutuhan masyarakat dan kebutuhan zaman. Saya juga salut dan terharu atas perhatiannya pada masyarakat yang membutuhkan yakni masyarakat 3T. Semoga program ini bisa berdampak positif pada lebih banyak orang lagi.

    BalasHapus
  47. didaerahku lumayan banyak sih daerah 3T, berharap program ini bisa sampai kesini dan memajukan UMKM daerah yang luar biasa potensinya. pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia harus didukung oleh kita semua

    BalasHapus
  48. Karena seleksinya ketat banget, jadi bagi startup atau komunitas atau umkm yang berhasil lolos program Dayamaya itu sangat beruntung sekali ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak hanya beruntung, tapi emang berprestasi

      Hapus
  49. Program Dayamaya ini bagus banget apalagi bisa membantu daerah 3T, semoga ke depannya semakin berkembang

    BalasHapus
  50. Melatih skill bahasa Inggris, merupakan hal utama ketika kita ingin memberdayakan daerah ke ranah internasional. Seringkali, teman-teman ngga percaya diri saat harus ngobrol alias conversation. Takut salah. Padahal, cuek dan berani salah adalah langkah pertama.

    BalasHapus
  51. Program Dayamaya ini sangat bermanfaat bagi daerah 3T, jadi perlu digalakkan setiap tahun.

    BalasHapus
  52. Keren swkaki programnya, bisa menyentuh masyarakat di kawasan 3T. Semoga berjelanjutan ya, biar semakin besar manfaat yang dirasakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak, semoga lancar dan sukses dayamaya ini

      Hapus
  53. Berkarya dan berdaya dengan dunia maya?

    Setuju banget.

    Terlebih saat musim wfh gini, yang semua orang dituntut kerja dari rumah, maka peluang untuk berkembang dengan mengandalkan dunia maya adalah salah satu alternatifnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dunia maya bisa dimanfaatkan dgn optimal

      Hapus
  54. penting sih usaha skala apapun mulai melek digital, punay web bisnis sendiir buat branding kayak cakap, jahitin dan autorin yang ikut porgram dayamaya ini, moga makin byk yang bisa terbantu ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga makin banyak memberdayakan masyarakat 3T

      Hapus
  55. Pemberdayaan oleh 3T ini bagus banget ya mba. Mereka juga dapat banyak ilmu yang tentunya bermanfaat ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, agar masyarakat 3T bisa mengembangkan semua potensinya

      Hapus
  56. Jadi semakin optimis deh kalau daerah 3T bisa mengejar ketertinggalan dengan adanya start up yang seperti ini. Biar kesenjangan juga semakin menipis

    BalasHapus
  57. Keren, deh, Kominfo dengan program Dayamaya akan membuat daerah 3T jadi lebih berkembang. Semoga program ini terus dilaksanakan dan masyarakat di sana bisa lebih maju lagi

    BalasHapus
  58. Salut dengan program Kominfo yang selalu mendukung UMKM untuk terus maju seiring perkembangan teknologi..Semoga para UMKM semakin berdaya dalam berkarya..

    BalasHapus
  59. oh jadi startup yang menang langsung praktek mengelola daerah 3T. Canggih juga! Gini nih kolaborasi pemerintah dengan masyarakat terutama yang punya ide-ide cemerlang seperti dari startup.

    BalasHapus
  60. luarbiasa, ini semacam lomba kompetisi gitu ya mak, startup yang menang akan di support untuk mengelola dan praktek langsung. Yeah.. maju terus UKM Indonesia, bangga pada produk lokal

    BalasHapus
  61. wah ini program bagus banget dan semoga ada program program yang serupa ya untuk menyelamatkan perekonomian bangsa

    BalasHapus
  62. Seneng banget loh start up kek sand box di drakor Ini ternyata ada versi nyatanya ya di indonesia. Programnya bagus, jadi bs menyelamatkan ekonomi indonesia jg. Semlga terbentuk inovasi baru dari daya maya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya ya, dayamaya itu kayak sandbox

      Hapus
    2. Iya nih tadinya saya juga heran apa hubungannya dayamaya dengan drakor starup ternyata emang dayamaya ini semacam versin nyatanya ya di Indonesia.

      Hapus
  63. Senang banget bacanya, lahir startup keren dan inovatif di daerah 3T semoga membuat anak muda makin semangat berkarya dan bekerja ya aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, agar anak muda makin semangat berkolaborasi

      Hapus
  64. wah...cakap ternyata start up yg ikut program daya maya kominfo. Sudah sering sih lihat apk cakap saat cari aplikasi bahasa inggris. Dan ada juga ya ya apk jahitin. sbg seseorang yg sedang belajar printhilan nge-craft jahitan, berasa seneng aja ada start up ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya kah mbak, iyes cakap itu adalah start up yang berkolaborasi dgn program dayamaya

      Hapus
  65. suka banget deh, kominfo sekarang banyak kegiatannya, semoga bermanfaat dan mneyeluruh sapai ke pelosok yang bener 3T itu

    BalasHapus
  66. Semoga program-programnya kontinyu ya, sehingga masyarakat 3T, bisa optimis dalam berkarya #optimasitwitter

    BalasHapus
  67. Aku suka banget sama program Damayama ini Mak. Menurutku emang harus banget sih untuk temen2 start up mulai saling bahu membantu wilayah2 yang masih tertinggal untuk digali lagi potensinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, membantu daerah 3T untuk mengembangkan potensinya

      Hapus
  68. Memberdayakan anak muda harusnya gini nih, kreatif dan inovatif ya. Banyak sekali pelosok negeri yang belum terjamah dengan penggunaan start up ini. Semoga ke depannya makin banyak pihak yang menguasai teknologi dan menggunakannya untuk perkembangan usahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, semoga bisa semakin merata ya

      Hapus
  69. Bagus banget ini programnya yang diadakan pemerintah. Kalau banyak start up yang ikut serta, tidak ada lagi daerah 3T

    BalasHapus
  70. Wah, keren banget program Dayamaya ini, semoga bisa membantu masyarakat di daerah 3T lebih terasah keahlian dan meningkat kesejahteraannya.

    BalasHapus
  71. Pemerintah memang gak bisa sendiri utk memajukan daerah 3T kudu berkolaborasi sama sektor lain, salah satunya pengusaha/ start up.
    Dengan demikian akan sama2 saling menguntungkan ya mbak.

    BalasHapus
  72. Keren deh Dayamaya, mendukung start up yang berperan di daerah 3T. Semoga ini bisa semakin membuat banyak start up peduli daerah 3T karena didukung Dayamaya. Dan semoga banyak anak muda yang terinspirasi. Baru tahu aku dengan start up begini. Keren sangaaat!

    BalasHapus
  73. keren nih semoga ke depannya lebih banyak kolaborasi yang tercipta antara pemerintah dengan pelaku ekonomi daerah ya aamiin

    BalasHapus
  74. Kominfo manteb banget program kerjanya, kalau beneran maju bisa membantu masyarakat kecil ini mah di tengah pandemi, bikin pengen gabung dah :D

    BalasHapus
  75. Daku belum nonton drakor Startup itu :)
    Salut sih sama program Kominfo ini, apalagi di masa-masa pandemi, yang mau nggak mau harus kreatif dan inovatif kalau ingin bertahan usahanya.

    BalasHapus
  76. Bagus banget ya program Dayamaya. Memfokuskan pada daerah 3T yang memang butuh perhatian lebih. Baru tahu juga dayamaya ini program dari KomInfo. Yah semoga ke depannya makin banyak star up di negeri ini yang berkembang dengan adanya bantuan dari pemerintah

    BalasHapus
  77. Inget start up ingat drakor dong. Hehe. Mantap ya dayamaya memajukan daerah 3T dengan bekerja sama dg start up, umkm dan komunitas di Indonesia

    BalasHapus
  78. wah ini beneran kayak sandbox di drama start up ya konsepnya. pastinya membantu banget bagi para dosan-dosan di negeri kita. heu

    BalasHapus
  79. Kolaborasi yang keren banget antara pemerintah melalui Kominfo bersama start up. Apalagi di masa pandemi ini. Semoga daerah 3T bisa semakin berkembang dengan adanya program dayamaya ini

    BalasHapus
  80. Bagus ya ada program ini buat daerah 3T. Pelatihan2nya juga pasti bermanfaat dan tepat guna. Semoga inisiatif seperti ini makin banyak dan turut membantu pemerataan ekonomi daerah

    BalasHapus
  81. Program Damayama ini bagus sekali terutama masyarakat pedesaan, biar melek teknologi dan gidital marketing. Setidaknya mereka bisa mulai dari awal gimana membuat produk, memasarkannya secara fisik maupun online dll. Belajar bahasa asing, ditambah keterampilan yang diminati tentu menambah taraf perekonomian keluarga. TFS.

    BalasHapus
  82. Semangaattt terus DAYAMAYA!
    Terus tingkatkan kebermanfaatan yaaa
    Supaya start up Indonesia makin kece!

    BalasHapus
  83. dunia bisnis sudah bergerak ke arah yang benar
    menemukan masalah di masyarakat kemudian menyodorkan solusinya
    seperti yang dilakukan DAYAMAYA

    BalasHapus
  84. Mantapppp. Ini Kominfo emang keren banget deh kalau tiap tahun punya gawe seperti ini, pastinya banyak yg terbantu nih 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul karena bisa bermanfaat untuk masyarakat secara luas

      Hapus
  85. Dayamaya emang keren sih mbak, aq udah sering dengar manfaatnya apalagi buat start up di Indonesia

    BalasHapus
  86. sebagai tim Han Ji Pyeong, aku langsung inget doi dehhh kalo ngomongin start up dan pas aku abaca soal daya maya ini bagus banget deh startupnya di bidang pariwisata utk empowering penduduk lokal yaa mba?

    BalasHapus
  87. Naaah gini doong baru keren programnyaaa
    Kerasa gitu kominfo sebagai garda depan informasi bangsa Indonesia bisa meng-up pariwisata Indonesia di daerah 3T biar makin makmur
    Good job, Kominfo! Banyak-banyakin ya program macam ini, hehehe...

    BalasHapus
  88. Semoga bisa meningkatkan perekonomian dan karya anak bangsa ya dengan adanya program ini

    BalasHapus
  89. Ekonomi digital. Basis yang sangat dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi yang kita hadapi sekarang. Melalui platform digital sekian banyak roda perekonomian dari sektor real akan bisa terangkat. Termasuk di bidang pariwisata yang tergesur pelan-pelan selama pandemi berlangsung.

    Semoga program KOMINFO yang satu ini bisa membawa manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  90. Mantap banget nih usaha Kominfo dalam memberdayakan masyarakat daerah 3T. Semoga makin banyak program berdaya seperti Dayamaya ini ya

    BalasHapus
  91. Program yang luar biasa, semoga membantu masyarakat yang tinggal di kawasan 3T.

    BalasHapus
  92. Starup sudah menjangkau berbagai aspek ya, termasuk pariwisata. Perlu bgt memang untuk tumbuh kembanganya tertutama kawasan 3T.

    BalasHapus
  93. Semoga program ini bisa membantu masyarakat setempat yah bisa lebih baik lagi

    BalasHapus
  94. Aku tertarik waktu ada info tentang Dayamaya ini. Start up memang selalu terdepan dalam penciptaan solusi bagi masyarakat lewat teknologi

    BalasHapus
  95. menarik banget ini program Dayamaya Bakti. semoga nantinya akan makin banyak yg dipandu yaa..
    penasaran sama atourin plus cakap aku malahan

    BalasHapus
  96. Program yang sangat membantu apalagi bermanfaat untuk daerah 3T dengan segala keterbatasannya.

    BalasHapus
  97. Mantep banget euy. Sandbox tyt ada di indonesia. Namanya dayamaya. Keren. Smg yg ikutan bs membantu potensi daerahnya ya

    BalasHapus
  98. Memang banyak banget potensi di daerah 3T Indonesia
    Lewat teknologi, banyak start up bermunculan dan melirik daerah 3 T
    ada juga yang bergerak nyata, seperti lakoatkujawas di mollo. itu keren juga

    BalasHapus