Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ini Dia Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Paling Ampuh

Betadine

Cara mencegah sakit tenggorokan paling ampuh menjadi perhatian saya beberapa hari terakhir ini. Saya takut banget kalau sampai sakit tenggorokan. Saat sakit tenggorokan, bikin susah menelan makanan. Duh, sakit banget!

Sakit tenggorokan seolah menjadi penyakit langganan bagi saya. Sejak masih SMA, saya tuh sudah akrab sama sakit tenggorokan. Tapi saat masih pandemi seperti ini, makin takut kalau sakit tenggorokan. Kan, salah satu tanda COVID-19 adalah sakit tenggorokan.

Makanya, saya mau cari tahu cara mencegah sakit tenggorokan paling ampuh. Bukankah, mencegah lebih baik daripada mengobati?

Sakit Tenggorokan

Saat tenggorokan sakit, kita akan merasakan rasa gatal, perih, tidak nyaman, dan nyeri saat menelan. Tentu rasanya tidak nyaman.

Baca Juga : Daftar Puskesmas Surabaya Secara Online

Gejala terkena sakit tenggorokan ini  bermacam-macam, tergantung apa penyebabnya. Menurut website Kemenkes, beberapa gejala sakit tenggorokan adalah :

⏹️ Nyeri atau sensasi gatal di tenggorokan
⏹️ Rasa sakit yang memburuk saat menelan atau berbicara
⏹️ Kesulitan menelan.
Pembengkakan kelenjar di leher atau rahang
⏹️ Amandel membengkak dan merah
⏹️ Bercak putih atau nanah di amandel
⏹️ Suara serak atau teredam

Baca Juga : Kenali Gejala Tipes Sebelum Terlambat

Jika sakit tenggorokan timbul karena infeksi, muncul tanda dan gejala lain, meliputi:
⏹️ Demam
⏹️ Batuk
⏹️ Pilek
⏹️ Bersin
⏹️ Pegal-pegal
⏹️ Sakit kepala
⏹️ Mual atau muntah

Pada gejala yang ringan, sakit tenggorokan ini bisa sembuh dengan sendirinya. Sakit tenggorokan juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit, antara lain radang amandel (tonsillitis), radang pada tenggorokan (faringitis), atau radang pada pita suara (laringitis).

Tapi saat pandemi seperti, kita tentu harus semakin waspada jika terkena sakit tenggorokan. Apalagi jika sakit tenggorokan disertai dengan batuk, demam, dan kehilangan indra penciuman karena gejala ini adalah tanda-tanda terkena COVID-19.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan ini juga bermacam-macam. Mulai dari infeksi virus, seperti pilek, flu (influenza), mono (mononukleosis), campak, cacar air dan croup.

Bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Contohnya, bakteri Streptococcus pyogenes (grup A streptococcus) yang menyebabkan radang tenggorokan.

Ada juga penyebab lainnya dari sakit tenggorokan ini, misalnya alergi, udara kering, paparan bahan kimia yang mengiritasi tenggorokan (asap rokok, alkohol, dan polusi udara), ketegangan otot, GERD dan tumor.

Saat pandemi seperti ini, bisa jadi sakit tenggorokan terjadi karena paparan virus COVID-19.

Baca Juga : Mau COVID - 19 Ambyar? Ayo Disiplin!

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Paling Ampuh

Mencegah lebih baik daripada mengobati, makanya saya sedang berusaha mencegah terkena sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Tujuannya, agar tidak terkena paparan virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa dicegah dengan rutin berkumur. Biasanya banyak yang berkumur menggunakan air garam. Namun, penelitian ilmiah tentang ini masih terbatas.

Oleh karena itu, untuk mencegah sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung povidone iodine (PVP-I).

Penelitian membuktikan bahwa berkumur menggunakan zat PVP-I sebanyak empat kali sehari dapat mengurangi timbulnya infeksi pernapasan akut dan penyakit yang ditularkan melalui percikan air liur lainnya.

Selain itu, PVP-I juga aman dan efektif untuk mencegah dan meredakan infeksi di rongga mulut.

Obat Kumur Terbaik Ampuh Cegah Sakit Tenggorokan

Betadine

Saya pun mencari obat kumur terbaik yang ampuh mencegah sakit tenggorokan. Pilihan saya jatuh pada BETADINE® Mouthwash & Gargle.

Produk dari Betadine ini berfungsi sebagai antiseptik rongga mulut dengan Povidone-Iodine 1% untuk mengatasi:

⏹️ Bau Mulut
⏹️ Sariawan
⏹️ Sakit Tenggorokan
⏹️ Gusi Bengkak
⏹️ Napas Tak Segar

Cara penggunaan BETADINE® Mouthwash & Gargle ini juga cukup mudah, lho. Tuangkan ke dalam tutup botol sebanyak 15 ml. Masukkan Betadine ke dalam mulut dan berkumurlah seperti bisa. Disarankan, untuk berkumur sambil mendongakkan kepala 45 derajat. Lakukan dengan hati-hati ya, jangan sampai tertelan.

Pemakaian juga tidak boleh setiap hari, ya. Lakukan 3-5 hari sekali ya. Mouthwash ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap Iodium, penyakit thyroid, juga ibu hamil dan ibu menyusui.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Menyusui dalam Drama Korea Birthcare Center

Saya jadi makin yakin dengan BETADINE® Mouthwash & Gargle ini adalah obat kumur terbaik yang ampuh untuk mencegah sakit tenggorokan. Maklum, sudah lama juga rangkaian produk Betadine lainnya seperti Betadine Antiseptik, Betadine Antiseptic Ointment, hingga Betadine Femine Hygiene ada di rumah saya.

Teman-teman bisa tahu lebih banyak tentang produk-produk Betadine lainnya dengan mengunjungi situs berikut ya :

https://betadine.co.id/

Oke, sekian dulu cerita saya tentang cara mencegah sakit tenggorokan paling ampuh. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman untuk mencegah sakit tenggorokan.

Salam sehat.

44 komentar

  1. Wah biasanya aku tahunya betadine itu cuma obat merahnya aja yang buat luka tapi ternyata ada obat kumurnya ya buat mencegah sakit tenggorokan. Ternyata ga boleh dipake tiap hari ya mba. Lengkap di sini penjelasannya dan ga boleh juga buat bumil ama busui ya. Wah kalau infonya sejelas ini pembacw jadi seneng dan puas ya dengan infonya

    BalasHapus
  2. Jadi sakit tenggorokan bisa diatasi dengan obat kumur, ya? Biasanya aku mikirnya berhubungan sama flu aja

    BalasHapus
  3. Wah, makin banyak pilihan obat kumur nih, termasuk juga ini ya Betadine,yang terus berinovasi dalam mewujudkan hidup sehat bagi semua orang

    BalasHapus
  4. Makasih ya Kak rekomendasinya sangat keren banget untuk mencegah sakit tenggorokan.

    BalasHapus
  5. Betadine itu tidak hanya memproduksi obat luka dan antiseptik saja ya. Ada produk lainnya juga ternyata seperti untuk kumur dan mencegah sakit tenggorokan. Saya cukup kurang apdet juga ternyata hahaha

    BalasHapus
  6. Kalau sakit tenggorokan tuh gak enak banget, mau makan apa-apa susah, apalagi kalau ada sariawan.

    Wajiiib ya beli Betafine obat kumur biar selalu sehat, belinya juga mudah, di apotik terdekat juga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak..
      Jangankan nelen makanan, nelen air minum pun sakit ya.

      Hapus
  7. Setuju sih dengan tulisan ini, karena saya dulu punya pengalaman, ketika sedang sakit tenggorokan , saya menggunakan betadine mouthwash untuk membersihkan mulut, dengan berkumur dan dilanjutkan dengan meminum air hangat, baik itu wedang jahe atau wedang ronde

    BalasHapus
  8. Betadine ada obat kumurnya ya sekarang? Baru tau. Sudah dijual di minimarket ya? Saya biasanya stok obat luka Betadine dan pakai sabun mandi anti-bakterinya Betadine.

    BalasHapus
  9. Iya sih jaman sekarang sakit tenggorokan tu kayak bikin parno gitu. Alasannya karena sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala terinfeksi covid. Berasa siaga penuh gitu deh sama keluhan ini. Padahal kan nggak selalunya begitu ya, Kak.

    BalasHapus
  10. Ini sohib buat mengatasi sariawan kalau sama daku kak..
    Karena gak bikin perih.
    Apalagi nyarinya juga mudah

    BalasHapus
  11. Belum pernah mencoba Betadine kumur ini. Selama ini aku pikir produk betadine hanya obat luka dan plester saja

    BalasHapus
  12. Duh, aku ke mana aja ya sampai baru tahu ada Betadine kumur. Sepertinya mesti sedia ini selalu di rumah.

    BalasHapus
  13. Saya juga langganan sakit tenggorokan. Awalnya terasa radang trus jadi demam. Paling kerasa itu kalau sering makan makanan yang pedas banget, efeknya jadi radang tenggorokan. Iya, saya juga sering pake betadine obat kumur kalau tenggorokan udah mulai terasa enggak enak.

    BalasHapus
  14. Wah Betadine mouthwash ini juga bisa mengatasi sariawan yah? Bisa dicoba nih buat anak-anak yang lagi sariawan. Tapi ngga dianjurkan buat bumil busui ya mba.

    BalasHapus
  15. Betadine langganan keluarga kami sejak saya kecil yang buat obat luka. Nah sekarang Betadine keluar produk mouthwash bisa buat mengobati sariawan yakss.

    BalasHapus
  16. Betadine obat kumur udah menjadi andalanku untuk mengurangi sakit tenggorokan sejak dulu loh Kak. Sampai sekarang keluarga kami masih setia sama betadine mouthwash

    BalasHapus
  17. Baru tau ternyata Betadine punya produk buat obat kumur ya. Lengkap banget nih infonya kak, jadinya kalau nanti sakit tenggorokan coba pake Betadine Mouthwash ini dulu deh. Jujur ya kalau sakit tenggorokan tuh nggak enak banget.

    BalasHapus
  18. ah ini nih yang mau aku beli tapi lupa terus hahaha waktu itu lihat ada selebgram yg pake ini juga mbak, mau coba ah

    BalasHapus
  19. aku jg nyetok betadine biru itu mba. ga cuma yang itu aja sih, obat semprot hidung juga aku punya dari betadine.. sejak zaman covid udah nyetok teruuss

    BalasHapus
  20. Aku blm pernah cobain obat kumur yang satu ini, selama ini betadine buat perwatan luka sama antiseptik ajaa. bisa nih ntr dicoba

    BalasHapus
  21. Ampuh banget betadine buat mencegah sakit tenggorokan ya Mbak. Tapi sejujurnya saya belum pernah nyobain, sepertinya mesti stok di rumah nih karena aku suka sakit tenggorokan juga yg berakhir demam terkadang nih. Untungnya ada solusi dari betadine ini.

    BalasHapus
  22. Au sejak pandemi, Di.. Selalu sedia BETADINE® Mouthwash & Gargle.
    Dan mulai membiasakan anak-anak untuk berkumur, minimal ketika abis keluar rumah. Kalau sekarang, udah lebih selow.. Tapi tetep, BETADINE® Mouthwash & Gargle andalan agar gak bau mulut juga.

    BalasHapus
  23. Ternyata betadine tidak hanya mengobati luka saja ya. Sudah ada produk untuk mouthwashnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi makin lengkap ya mbak.
      Sehingga kalau udah terpikirkan untuk kesehatan, langsung deh ingetnya betadine

      Hapus
  24. waahh betadine sekarang ada obat kumur nya juga yaaa, jadi praktis buat jaga kesehatan mulut nih, apalagi bisa cegah sakit tenggorokan juga

    BalasHapus
  25. sakit tenggorokan memang menyiksa yaa, untung udah ada betadine mouthwash yang bisa mengatasinya

    BalasHapus
  26. Paling sebel kalau sakit tenggorokan. Bikin terbatas pilihan makan dan minumnya. Kalau udah tanda-tanda sakit tenggorokan aku biasanya juga pakai betadine. Selain betadine mouthwash, yang selalu jadi andalan buatku betadine lozenges, terutama kalau bepergian.

    BalasHapus
  27. Ibuku selalu sedia obat kumur ini di rumah. Soalnya sakit tenggorokan tuh emang nyebelin banget ya. Haha..

    BalasHapus
  28. paling kesel sih kalau sampai sakit tenggorokan, salah satu penyebab yang sering terjadi lupa sikat gigi atau habis minum minuman manis dan langsung tertidur..

    berkumur air garam biasanya sih untuk sakit gigi, biasanya akan sedikit mereda cenut"nya..tapi kalau untuk mencegah sakit tenggorokan belum coba sih..:D

    Makasih sudah share tips cara cegah sakit tenggorokanya, sukses selalu
    ditunggu komen backnya Dee Arif..makasih

    BalasHapus
  29. dulu saya pikir betadine ini produk khusus untuk luka ternyata saya salah, ada banyak produk betadine salah satunya adalah mouth wash

    BalasHapus
  30. Saya pakai betadine mouthwash ini juga, ampuh banget membantu menyembuhkan sariawan, kebetulan kapan hari dikirimin Mba Fanny pas kena flu Singapura yang mana jadinya tenggorokan penuh sariawan, bermanfaat banget dikumurin pakai Betadine ini

    BalasHapus
  31. Kami selalu ada persediaan Betadine Mouthwash di lemari obat. Kalau sakit menelan, ampuh memang kumur Betadine ini...Bahkan produk Betadine lainnya pun kami sedia juga. Lengkap deh...

    BalasHapus
  32. baru tahu bahwa Betadine punya BETADINE® Mouthwash & Gargle
    beli ah
    saya sering banget sariawan dan sakit tenggorokan
    sehingga harus sering kumur rebusan daun sirih
    Harusnya pakai BETADINE® Mouthwash & Gargle, yang pasti ampuh dan praktis

    BalasHapus
  33. Saya juga dulu sering banget sakit tenggorokan Mbak Dee. Tapi setelah amandel saya dioperasi, alhamdulillah sudah jarang banget sakit tenggorokan. Amandel yang radang ternyata jadi penyebab kenapa saya sering merasakan bengkak dan radang di leher. Gatelnya nauzubillah.

    BalasHapus
  34. Aku selalu stok betadine mouth wash karena langganan sakit gigi bungsu
    Mau dioperasi tapi masih takut
    Jadinya infeksi kena bakteri deh
    Tapi lumayan ampuh kumur-kumur pakai betadine mouth wash selama 2 hari, ga sakit gigi lagi
    Rasanya kayak kumur-kumur dengan betadine, hihihi

    BalasHapus
  35. Betadine karena udah kadung identik sama obat luka jadi kaya ngebayangin minum kbat merah gitu hehee...

    Namanya juga inovasi produk, ya. Malah bagus banyak variasinya.

    Betadine itu brand lama yang masih awet sampe sekarang.

    Bener banget, asep rokok bisa langsung bikin batuk dan kering tenggorokan. Sebel sama perokok palagi di tempat umum

    BalasHapus
  36. Pernah sih aku nyobain kumur kumur betadhin rasanya gimana gitu, alkoholnya masih terasa bau obat, memang hasilnya baik untuk mulut

    BalasHapus
  37. Bau mulut sekarang sudah bisa diatasi dengan betadine ya. Dari sini baru dilihat kalau varian betadine banyak banget. Saya tahunya dulu cuman obat luka luar aja. Ternyata ada yang buat mengatasi bau mulut.

    BalasHapus
  38. Biasanya paling khawatir tuh kalau sakit tenggorokan yang bermula dari badan demam.
    Huhuhu...rasanya khawatir kemana-mana. Langkah bijak Ibu untuk menanggulangi sakit tenggorokan dengan berkumur menggunakan BETADINE® Mouthwash & Gargle.
    Aman, tanpa efek samping dan terbukti efektif.

    BalasHapus
  39. Kalau sakit tenggorokan tuh ga enak banget ya pasti, Alhamdulillah banget ada Betadine mouth wash, sekarang Betadine makin lama makin banyak produk dan makin banyak membantu ya

    BalasHapus
  40. Nah sakit tenggorokan nih engga banget deh ya..rasanya ga bisa ngapa2 ini tapi perut laper dan haus ..soalnya buat menelan kan sakit ya jadi serba salah ..untung ada betadine mouthwash ya sehingga sakit tenggorokan bisa reda

    BalasHapus
  41. aku selalu langganan pake betadine, khasiatnya langsung terasa ;D

    BalasHapus
  42. Nah, pas sekali saat baca tulisan ini, tenggorokan saya lagi sakit, Mbak. dan biasanya itu mau flu. Jadi kayaknya ada lendir-lendir yang menyumbat di tenggorokan. Makanya segera saya minum obat flu yang mengandung paracitamol.
    Hanya memang, cuaca lagi tak bersahabat, jadi perlu sekali hidup sehat dan melakukan pencegahan.

    BalasHapus