Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Manfaat Virtual Private Server (VPS) untuk Website Bisnis

Tips memilih VPS


Apa itu VPS? Mengapa website bisnis perlu menggunakan VPS? Bagaimana tips memilih VPS yang baik?

Bagi private website, VPS adalah hal yang penting. Sebab, salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja website adalah pemilihan hosting yang bersifat shared atau privat. Menggunakan VPS solusinya.

Mungkin tidak banyak diantara teman-teman yang tahu apa fungsi VPS yang biasa disediakan oleh layanan hosting di Indonesia. Dulu, saat masih blogger newbie, saya berpikir hosting yang paling baik adalah hosting yang umum digunakan. Ternyata, pemilihan hosting bisa mempengaruhi kinerja website di mesin pencari. Website bisnis disarankan untuk menggunakan VPS. 

Cara Kerja VPS

Apa itu VPS? Sebelum membahas bagaimana cara kerja VPS, ada baiknya jika cari tahu dulu apa itu VPS. 

VPS adalah layanan virtual server yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website. Website yang membutuhkan sumber daya besar, seperti website bisnis biasanya menggunakan VPS. VPS biasanya disediakan oleh perusahaan sewa hosting

Perusahaan sewa hosting ini menggunakan server induk untuk meng-host beberapa server virtual yang saling terpisah. Dengan hypervisor, perusahaan sewa hosting mengimplementasikan lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) untuk mengelompokkan server virtual. Pemisahan antara dinding virtual ini memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri, membuat server yang benar-benar privat, terpisah dari yang lain pada tingkat OS. 

VPS server yang ditawarkan pun beragam. Teman-teman bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan masing-masing.

Tentu sangat penting jika bisa memilih layanan VPS terbaik untuk website bisnis yang dimiliki. Sebab, layanan VPS ini bisa mempengaruhi kinerja website bisnis itu sendiri.

Manfaat VPS untuk Website Bisnis

Akan sangat tepat jika website bisnis menggunakan VPS. Mengapa? Tentunya selain mencegah website mengalami digg effect atau server down, ada banyak manfaat lain yang didapatkan. 

Berikut manfaat VPS untuk website bisnis.

1. Dengan VPS, privasi lebih terjaga dengan user menyediakan hampir semua elemen hosting, mulai dari software hingga berbagai plugin yang dibutuhkan.

2. Kinerja website akan lebih baik lagi dibandingkan saat menggunakan hosting bersama.

3. Memiliki kontrol penuh atas server.

4. Mendapatkan banyak bandwidth dan penyimpanan.

5. Leluasa menentukan sistem operasi yang digunakan sesuai kebutuhan website.

6. Memiliki kebebasan untuk mengubah pengaturan hosting yang digunakan.

Tips Memilih Layanan VPS bagi Website Bisnis

Private website

Setelah tahu banyaknya manfaat VPS bagi website bisnis, saatnya memilih layanan VPS terbaik. Berikut adalah beberapa tips memilih layanan VPS bagi website bisnis.

1. Sesuai kebutuhan

Tips pertama saat memilih layanan VPS bagi website bisnis adalah sesuai dengan kebutuhan. Layanan VPS ini ada berbagai macam. Ada yang untuk e-commerce, company profile, atau VPS yang ditujukan untuk memonitoring. Dan beragam jenis lainnya. 

Selain itu juga lihat juga dari space dan bandwidth yang ditawarkan. Pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan website bisnis teman-teman. 

2. Menggunakan teknologi terbaru

Pastikan layanan VPS server menggunakan teknologi terbaru. Tujuannya, agar website bisnis tidak mengalami ketertinggalan. Selain itu, penggunaan teknologi terbaru tentu akan semakin memudahkan kita mengatur website.

Contoh teknologi terbaru yang harus ada adalah adanya fitur untuk melakukan monitoring terhadap CPU, RAM, Disk Space, dan Inode. 

3. Besar traffic yang dibutuhkan

Bila website bisnis memiliki pengunjung 2000 orang perhari, tentu tidak mungkin cukup dengan memori 256. Pilih VPS server yang bisa menampung traffic pengunjung website bisnis teman-teman. 

4. Kualitas hardware

Saat memilih layanan VPS, pastikan juga memperhatikan kualitas hardware. Semakin baik kualitas hardware yang digunakan, akan semakin baik kinerja VPS nya. 

5. Adanya fasilitas backup

Pastikan memilih VPS dengan fasilitas backup yang cepat. Ini bisa mendukung kinerja website bisnis yang dikelola.

6. Sistem operasi

Memilih VPS server juga perlu mempertimbangkan sistem operasi yang tersedia. Apakah menggunakan sistem operasi Windows atau Linux. Atau bisa juga menggunakan keduanya.

Pilih sesuai sistem operasi yang ingin dipasang. Bila menggunakan sistem operasi Windows, tentu akan maksimal jika memakai server Windows juga. 

7. Penggunaan bandwidth bulanan

Saat memilih layanan VPS, pastikan memilih yang tidak perlu membayar kelebihan bandwidth yang dibutuhkan untuk penggunaan normal. 

8. Penyimpanan 

Pilih VPS server yang menggunakan SSD (Silod-state Drive), agar lebih optimal. SSD memiliki kecepatan lebih dibandingkan penyimpanan tradisional. Ketahanan dalam menangani masalah kegagalan power juga menjadi kelebihan menggunakan SSD sebagai media penyimpanan di VPS.

9. Dukungan pelanggan

Tips memilih VPS selanjutnya adalah adanya dukungan pelanggan dari penyedia hosting. Dukungan pelanggan ini bisa membantu jika website mengalami gangguan. Akan sangat baik jika dukungan pelanggan secara 24 jam nonstop.

10. Harga yang terjangkau

Tips memilih VPS yang terakhir adalah harganya. Pastikan memilih layanan VPS dengan harga terjangkau. Harga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan teman-teman. Keluarkan anggaran membeli layanan VPS sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Penutup

Menggunakan VPS akan lebih meningkatkan kinerja website bisnis. Pastikan memilih layanan VPS terbaik untuk website bisnismu. Semoga tips memilih VPS ini bisa membantu, ya!

Terima kasih.






57 komentar

  1. Wajib banget paham serba serbi VPS ini ya mba. Apalagi klo berkutat full di ranah digital
    Pastinya pingin segala sesuatu aman terkendali

    BalasHapus
  2. Kalau udah bisnis, memang harus upgrade ya, untuk tujuan penyimpanan maupun keamanan. Sekarang udah makin banyak nih pilihan vps untuk bisnis maupun corporate, harus pilih yg dukungan service mudah dihubungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju, nih. Biar kelihatan profesional bisnisnya. Tapi, memang harus hati-hati memilihnya, ya

      Hapus
  3. Banyak kelebihannya. Salah satunya lebih cepat dan andal daripada server shared hosting. Tapi ya itu, jadi lebih mahal daripada shared hosting.

    BalasHapus
  4. Kinerja website jadi lebih maksimal dan cepat ya berarti. Wah ini sih bikin pengunjung senang pas mampir ke websitenya

    BalasHapus
  5. Harus benar-benar paham dulu nih tentang VPS. Jadi gak asal milih. Tapi, kalau pilihannya tepat bakal meningkatkan performa bisnis ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun baru tau tentang VPS setelah baca artikel ini. Jadi nambah ilmu juga nih buat saya

      Hapus
    2. Ikut belajar sama kak Chie..
      Rasanya VPS ternyata sepenting itu untuk menunjang sebuah website yaa..

      Hapus
  6. Sering mutung kalau pas mengalami server down. Kalau sudah menggunakan VPS insyaallah semuanya bisa segera teratasi ya
    Pekerjaan pun makin cepat kelar

    BalasHapus
  7. Wah kudet banget saya, udah belasan tahun ngeblog tapi baru sekarang tahu tentang VPS
    harus saya baca pelan-pelan nih, karena agak kurang paham

    BalasHapus
  8. Nambahilmu tentang VPS nih. Ternyata banyak banget pengaruhnya pada performa website ataupun blog. Untuk yg ingin profesional menggunakan VPS sebuah keharusan ini.

    BalasHapus
  9. VPS membantu publishing di setiap kesempatan penggunaan

    BalasHapus
  10. Enak klo punya budget lebih, biar secure juga bisnisnya segala data2. Dan udah pasti cepat ya mba, beneer tipsnya perlu ada technical maintenance gitu ya klo ada trouble bisa lekas tertangani

    BalasHapus
  11. Baru nggeh soal VPS ini mbak, tapi ternyata sedikit beda dg hosting ya. Ahh i see,, klo punya website bisnis misal gunain layanan VPS dg spesifikasi tsb bakalan bikin nyaman visitor sih karena bisa sat set aksesnya

    BalasHapus
  12. Memanfaatkan VPS yang bagus sehingga bisa aman saat menyimpan data dan file sebuah website. Apalagi bisa digunakan bersama, hehee..semakin hemat, semakin baik.

    BalasHapus
  13. sebelum menggunakannya, baiknya memang paham dulu yaa apa itu VPS. Dan agar bisnisnya berjalan lancar dan baik, memang sudah seharusnya memilih VPS yang bagus

    BalasHapus
  14. Kalau punya bisnis, jika ada budget yang cukup, sebaiknya pilih yang terbaik, seperti memilih VPS. Agar usaha lancar dan gak perlu lagi upgrade di tengah jalan hehe.

    BalasHapus
  15. Membaca "website 2000 pengunjung sehari" rasanya aku pengen minder. Iya sih tau, banyak yang lebih besar dari itu. Duh, kapan ya blogku seramai itu?

    BalasHapus
  16. Aku masih belum begitu paham sih ini, belum ada gambaran juga. Mungkin garis besarnya aja agar kinerja website bisnis tambah oke gitu kali ya. Hahahaha...

    BalasHapus
  17. Adanya fasilitas backup juga memang penting untuk diperhatikan saat memilih VPS ya mba. Biar kalau sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita udah punya backup file dan datanya.

    BalasHapus
  18. Untuk teman-teman yang mempunyai website bisnis memang perlu banget menggunakan vps ini. Kami dari Arenga Indonesia juga menggunakan hal yang sama. Karena ada jaminan bahwa traffic tidak akan kabur karena lelet misalnya. Memori penyimpanan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah atau tahu nih Mbak Evie seperti itu ya ternyata "permasalahan" yg jadi kendala. Memang kalau untuk bisnis, kita harus mempersiapkan lebih ya

      Hapus
  19. Jadi melek teknologi nih aku. Baru tahu kali pertama baca di blogmu kak tentang VPS. Aku nanti infoin deh ke temanku yang memakai website bisnis pentingnya VPS, good information

    BalasHapus
  20. Iya juga sih, kalo pengunjung website bisnis lebih dari 2000 per hari ya harus pilih VPS server yang ram nya gede ya mbak.

    BalasHapus
  21. Molly sedang mempertimbangkan punya vps. Kebutuhan ngeblognya makin gede. Semoga beriringan sama cuannya hihii

    BalasHapus
  22. Kalo pake VPS ni mungkin ga akan merasakan betenya server down ya . Kalo yg punya bisnis memang sebaiknya menyisihkan budget utk beli VPS ya

    BalasHapus
  23. Kereen, aku nggak paham VPS. Oooh baru tahu nggak bisa milih hosting sembarangan, tapi kalau milih VPS aku bingung hehe.. Memang website bisnis harus dijaga banget ya, karena buat jualan. Mungkin kalau aku punya website bisnis bakal belajar juga nih VPS

    BalasHapus
  24. Harus pintar=pintar cari perusahaan yang menyewakan VPS ya sesuai kebutuhan maisng-masing juga dan faktor pendukung lainnya supaya web yang kita miliki gak ada kendala

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencari jasa penyewaan VPS yang baik dan bisa memenuhi kebutuhan kita faktor terpenting juga dalam mengelola sebuah web ya

      Hapus
  25. Terima kasih mb Dee...memang harus jeli yaa mencari yang terpercaya supaya bisnis lancar tanpa gangguan server.

    BalasHapus
  26. Aku sempat salah baca dari VPS ke VPN hehehe.
    Ternyata, setelah baca ulang, manfaay VPS tuh besar banget, terutama untuk website berbasis bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhaaa aku juga begini awalnya. VPS ini kupikir VPN. Eh ternyata private server. Memang sebaiknya untuk situs bisnis pakai proteksi dan kapasitas lebih supaya nyaman diakses customer.

      Hapus
  27. Buat yang punya bisnis, pakai VPS ini penting juga ya Mba. Untuk mendukung kelancaran bisnisnya. Nah kayanya kalau buat media besar juga perlu punya kapasitas yang lebih juga.

    BalasHapus
  28. Buat pemilik usaha atau bisnis, wajib banget tahu tentang VPS. Jadi nggak asal sewa VPS aja, minimal tau tips menyewa VPS agar websitenya lancar

    BalasHapus
  29. Kagum sih kalau lagi pas lomba terus yang melintas mereka yang punya blog atau website kece kece. Jangan jangan pemilihan VPS yang bener gini ya penyebabnya?

    BalasHapus
  30. Tapi sih ya kalau memang sudah terjun ke bisnis dan memang harus menggunakan private server ya. Apalagi ini untuk kelangsungan bisnisnya jugakan, jadi memang harus mempertimbangkan hal-hal yang nantinya mempermudah bisnis merekakan.

    BalasHapus
  31. Solusi terbaik nih untuk para pemilik bisnis agar webnya terjaga dengan aman dan rapi, tidak sharing dengan yang lain. Private server gini lebih direkomendasikan agar semua data-data perusahaan aman.

    BalasHapus
  32. VPS penting diterapkan untuk siapapun terlebih untuk pelaku bisnis untuk menjaga websitenya tetap aman dan rapi

    BalasHapus
  33. Asik dong ada ada ke bandwidth sehingga bisa menghemat pengeluaran keuangan perusahaan. Uang kelebihan tsb bisa digunakan buat hal yang berguna

    BalasHapus
  34. Adanya fasilitas backup sangat penting nih apalagi zaman sekarang banyak kejahatan virtualkadang suka nyuri data dan menghapus data penting.
    Bagusnya emang pilih VPS harga terjangkau tapi fitur lengkap dan CS bisa dicall 24 jam ya.

    BalasHapus
  35. Wah saya baru tau vps, gak paham selama ini. Sebagai pekerja digital penting ini website kita pake vps

    BalasHapus
  36. Jadi terbayang betapa pentingnya VPS dalam sebuah website karena juga akan menyediakan banyak bandwidth. Sehingga lega kalau mau simpan apapun demi mendukung sebuah website.

    BalasHapus
  37. Jadi sebenarnya nggak hanya untuk bisnis, tapi VPS itu penting juga untuk website perosnal ya. Kayak kalo hostingnya barengan gitu pasti ada batasan pemakaian

    BalasHapus
  38. Kalau punya website bisnis, keberadaan VPS ini jadi hal wajib ya. Kan buat nyimpen data virtual biar aman. Jadi lebih tenang aja dan gak ribet kalau amit-amit kantor kenapa-kenapa

    BalasHapus
  39. Kayaknya cocok nih pqsang VPS, buat mengatasi server yang suka menguras emosi.

    BalasHapus
  40. Tipsnya sangat membantu sekali, supaya pada tahu pentingnya pakai VPS bagi yang memiliki usaha. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  41. sebagai blogger aku juga butuh nih informasi tentang VPS hehehe. tapi memang sih VPS ini membantu banget untuk dunia usaha

    BalasHapus
  42. Ini nih yang perlu diketahui oleh para pengelola website bisnis, agar performa webistenya maksimal. Jangan sampai tidak menggunakan VPS alias Virtual Private Server..

    BalasHapus
  43. Wah ternyata manfaat VPS banyak juga ya selain untuk mencegah website mengalami digg effect atau server down. Harus diperhatikan betul-betul ya pemilihan VPS agar website terutama website bisnis jadi lebih meningkat kinerjanya.

    BalasHapus
  44. VPS ini salah satu produk yang cocok banget untuk website sekolah atau online shop. Kalau untuk ngeblog, saya masih prefer hosting biasa atau cloud hosting. Tetapi kalau ada klien yang butuh website dengan kapasitas yang bisa mengakomodir kebutuhan usahanya.

    BalasHapus
  45. Nah bisa nih saya kasih rekomendasi samatante yang jualan online soalnya trafficnya tinggi banget di toko online nya hehehe

    BalasHapus
  46. Setuju kak VPS ini buat yang memiliki Usaha online memang Penting ya kak. Bahkan blogger pun juga perlu sebenarnya

    BalasHapus
  47. website untuk bisnis emang penting pakai VPS yaa, nah untuk mendapatkannya harus paham serba serbi mengenai pemilihan VPS ini.

    BalasHapus
  48. Semacam hosting untuk pribadi ya, Kak. Tapi iya sih. Apa-apa kalau dipakainya secara pribadi tuh kayak lebih leluasa gitu nggak sih? Jadi lebih aman dan nyaman saja gitu. Terlepas dari semua manfaat VPS yang ada.

    BalasHapus
  49. Seringkali terpikir pengin punya VPS untuk agency yang saat ini saya kelola bersama seorang teman. Tapi belum kesampaian karena banyak faktor. Semoga thn depan bisa punya VPS.

    BalasHapus
  50. Perusahaan yang butuh digitalisasi untuk semua lini usaha dan cabang harus punya vps sendiri atau minimal menyewa di tempat yang tepat, karena keamanan usaha merupakan prioritas.

    BalasHapus
  51. untuk penggunaan pribadi, memang lebih leluasa kalau bisa memakasi secara bebas ya mbak hahaha lebih nyaman juga, jadi kerjaan juga lebih efektif

    BalasHapus