Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Asuransi Mobil Collision Coverage dengan Liability Insurance!






Unsplash.com


Seiring dengan perkembangan jaman, kini ada banyak sekali jenis produk Asuransi mobil yang membuat masyarakat bingung dalam memilih salah satunya semisalnya asuransi Mobil Collision Coverage dengan Liability Insurance. Oleh sebab itu kami jelaskan perbedaan asuransi mobil Collision Coverage dengan Liability Insurance di bawah ini. 

Mengenal Asuransi Mobil

Memiliki asuransi sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan merupakan langkah yang cerdas. Begitupun dengan Anda yang memiliki kendaraan roda empat, asuransi mobil merupakan fasilitas yang penting untuk dimiliki.


Asuransi mobil yakni sebuah proteksi atau perlindungan khusus yang akan menanggung, mengganti atau memperbaiki atas risiko kecelakaan, kehilangan, dan kerusakan yang terjadi pada mobil yang Anda asuransikan.


Dengan demikian jika suatu saat Anda mengalami kecelakaan, Anda tidak akan terbebani dengan potensi resiko yang terjadi. Sebab, dengan memiliki asuransi mobil segala risiko tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi itu sendiri.


Adapun jenis-jenis Asuransi mobil yang umum banyak dipilih oleh pemilik kendaraan roda empat seperti asuransi TLO. Namun kali ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan Asuransi Mobil Collision Coverage dengan Liability Insurance.

Asuransi Collision Coverage

Asuransi Collision Coverage merupakan jenis asuransi yang dapat menanggung jenis komprehensif. Di mana asuransi ini dapat menanggung semua kerugian yang menimpa pada Anda.


Contohnya saat Anda melakukan perjalanan ke luar kota kemudian tak sengaja terjadi sebuah kecelakaan yang menimpa pada mobil Anda seperti halnya tertimpa pohon tumbang atau menabrak seekor rusa.


Asuransi ini memberikan semua jaminan dari keadaan tersebut.


Asuransi Collision Coverage dapat melindungi mobil Anda dari akibat tabrakan yang disebabkan pengemudi.


Asuransi ini dapat membiayai kerusakan mobil serta mengganti rugi sesuai dengan harga mobil itu sendiri.


Asuransi Collision Coverage merupakan jenis Asuransi yang cocok untuk mobil mewah, baik itu mobil baru maupun mobil antik yang memiliki nilai tinggi.


Harus Anda ingat bahwa dana yang harus disiapkan dalam asuransi ini sangatlah besar. Dibandingkan jenis asuransi lain tertanggung membutuhkan dana ekstra.

Asuransi Liability Insurance

Asuransi Liability merupakan jenis asuransi yang dapat menanggung resiko kerusakan properti atas kecelakaan tersebut. 


Di mana asuransi ini yang akan menanggung keseluruhan kerugian yang terjadi seperti perbaikan pada kendaraan dan juga termasuk pada tagihan medis atas cedera yang tertimpa saat kecelakaan.


Jika Anda memilih asuransi ini maka sangat disarankan untuk membayar premi di atas jumlah minimum yang direkomendasikan.


Hal ini dilakukan agar dapat mencegah pengeluaran biaya dua kali lebih besar dari yang pihak perusahaan asuransi berikan. Misalnya pembayaran yang berada di luar pertanggungan dari asuransi.

Perbedaan Asuransi Mobil Collision Coverage dengan Liability Insurance

Dari penjelasan diatas mengenai asuransi mobil collision coverage dan liability insurance dapat disimpulkan bahwasanya keduanya merupakan jenis asuransi yang berbeda.


Yang membedakannya adalah cakupan jaminan yang diberikan asuransi tersebut.

Di mana Collision Coverage hanya mencakup pada perlindungan kerusakan atau kerugian kendaraan sedangkan Liability Insurance tidak sebatas pada pergantian tersebut melainkan juga jaminan tambahan berupa biaya tagihan medis atas cedera yang dialami pengemudi.


Sehingga Anda yang menggunakan Liability Insurance tidak hanya mendapatkan jaminan pergantian atau perbaikan kendaraan saja tetapi juga biaya medis rumah sakit.

3 Manfaat Asuransi Mobil

Mengenai manfaatnya, asuransi mobil memiliki manfaat umum yang dirasakan oleh pemilik asuransi mobil antaranya sebagai berikut:


1. Menanggung Biaya Perbaikan Mobil 

Manfaat pertama dari memiliki asuransi mobil adalah sebagai penggantian perbaikan mobil. Bilamana mobil Anda mengalami kerusakan terutama akibat kecelakaan, maka Anda bisa menggunakan asuransi mobil tersebut.


Namun harus Anda ingat tidak semua perbaikan kerusakan mobil dapat ditanggung oleh asuransi tersebut. Oleh sebab itu pahami dahulu apa saja yang dapat ditanggung oleh asuransi tersebut.


2. Memberi Perlindungan Risiko Kecelakaan

manfaat asuransi selanjutnya adalah memberikan perlindungan kepada Anda dan kendaraan atas risiko kecelakaan.

Memang kita tidak ingin kecelakaan apapun menimpa pada diri kita sendiri. Tapi dengan menggunakan asuransi mobil Anda bisa melakukan antisipasi terhadap hal-hal tersebut.


Dimana asuransi mobil dapat memberikan proteksi sejak dini. Kerugian-kerugian yang diakibatkan kecelakaan dapat terganti dengan asuransi mobil tersebut.


Umumnya asuransi mobil memberikan perlindungan yang mencakup kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir maupun mobil yang terperosok.


Bahkan sejumlah asuransi seperti Liability Insurance menanggung tagihan biaya medis atau rumah sakit, inilah yang menjadi alasan pentingnya memiliki asuransi mobil.


3. Memberikan Jaminan Pasti

Dengan memiliki fasilitas asuransi mobil Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai biaya-biaya yang dikeluarkan akibat resiko kecelakaan yang tertimpa pada mobil Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengkhawatirkan penggantian biaya resiko tersebut.


Meski begitu, Anda harus tetap waspada dalam mengemudi kendaraan.


Nah demikianlah beberapa manfaat umum yang diberikan asuransi.


Setelah menyimak penjelasan perbedaan perbedaan asuransi mobil Collision Coverage dengan Liability Insurance, Anda bisa bijak memilih Asuransi Mobil Garda Oto , Asuransi terbaik untuk perlindungan mobil Anda.






17 komentar

  1. Aku masih ingat kejadian kebakaran di rumah salahsatu warga di desaku. Beruntung rumahnya diasuransi
    Sama halnya dengan mobil,
    Apalagi kendaraan yang kita gunakan masih tergolong baru, mewah, ato yg sekiranya digunakan stiap waktu ga ada salahnya untuk diasuransikan karena kita ga tau kedepannya bagaimana ya
    Noted deh jadi tau perbedaan asuransi collision coverage dan liability insurance

    BalasHapus
  2. Memang penting banget punya asuransi kendaraan. Walaupun kita tidak menginginkan hal-hal buruk, namanya hidup, pasti punya ketidakpastian. Khususnya risiko kerugian materi akibat kecelakaan dll.

    BalasHapus
  3. punya kendaraan, terlebih lagi mobil mewah ataupun antik itu wajib banget sih ya punya asuransi karena kita gak tau apa yang bakalan terjadi pada kita saat di jalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya namanya di jalan kan ada aja resikonya. Apalagi kalo bawa mobil, resiko gak cm ke badan tapi jg body mobil yg utamanya kena. Makanya kudu punya asuransi semisal ada masalah gak pusing duluan karena kalo dikover asuransi kan beban jadi berkurang

      Hapus
  4. Kalau di kota-kota besar penting banget asuransi mobil ini. Soalnya resiko kendaraan lebih besar karena jalanan lebih padat dan sering macet.

    BalasHapus
  5. Punya perlindungan untuk mobil yang dimiliki memang perlu, agar ketika berkendara lebih nyaman dan menenangkan

    BalasHapus
  6. Punya mobil tuh emang selalu berhadapan dengan risiko sih. Jadi, memang perlu banget sama yang namanya asuransi. Tinggal pilih jenis asuransi nya saja. Sesuai dengan budget premi yang kita punya.

    BalasHapus
  7. Asuransi kendaraan pun jg penting banget ya.. Apalagi kalau kita sering bepergian pakai mobil jg.. Pastinya kita jg lebih tenang ya.. Walaupun kita jg gk menginginkan hal yg buruk terjadi tp untuk jaga" memang dbutuhkan asuransi itu ya..

    BalasHapus
  8. Asuransi mobil itu penting sekali, ya. Kita harus memberikan perlindungan untuk mobil kita. Karena kita enggak pernah tau, apa yang bakalan terjadi di jalanan

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu loh kalau asuransi mobil banyak macamnya, hehehe. Dulu pas ada mobil soalnya bengkak diasuransikan. Tapi noted nih, siapa tahu kan yaa nanti bisa punya mobil mevvah, kan penting bgt tuh diasuransikan... ☺

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu loh kalau asuransi mobil banyak macamnya, hehehe. Dulu pas ada mobil soalnya enggak diasuransikan. Tapi noted nih, siapa tahu kan yaa nanti bisa punya mobil mevvah, kan penting bgt tuh diasuransikan... ☺

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu ada istilah asuransi mobil collision coverage. Thank you, Kak, untuk penjelasannya. Di masa sekarang, kayaknya emang penting banget ya beli mobil sudah include dengan asuransi juga. Berjaga-jaga lebih baik daripada kenapa-napa kan ya?

    BalasHapus
  12. ternyata ada banyak istilah dan jenis-jenis asuransi mobil yaa, sejauh ini aku baru tau jenis asuransi all risk sama TLO aja, ini pun masih aku baca-baca dulu

    BalasHapus
  13. Penting banget punya asuransi mobil, klu ada hal2 yg tdk diinginkan sangat mmbantu dn meringankan..

    BalasHapus
  14. Belum punya mobil tapi bolehlah menambah pengetahuan tentang asuransi mobil biar gak lugu2 amat, hehe. Oh ya, kapan hari saya juga ikut mendengar presentasi ttg cara klaim asuransi mobil. Tinggal beli mobilnya aja nih, hehe, Amiin.

    BalasHapus
  15. Nita Juwithafina18 November 2022 21.59

    Penjelasannya lengkap sangat, sebagai kaum yang belum punya mobil ini jadi pengetahuan banget si, jika nanti dipercayakan rejeki buat punya mobil :)

    BalasHapus
  16. saya masih belum punya mobil. Tapi rencana entah beberapa tahun ke depan pengin juga punya mobil pribadi. Tulisan ini bermanfaat banget, buat pengetahuan kalau saya nanti punya mobil.

    BalasHapus