Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

13 Drama Korea Paling Favorit di Tahun 2022

Drama Korea Terfavorit

Halo, teman deestories..

Apa kabar?

Pekan pertama di tahun 2023, nih! Sedang nonton drama Korea apa?…

Tahun 2023 ini banyak drakor baru yang seru untuk ditonton. Namun, sebelum membahas drakor 2023, saya mau flashback sebentar. Mau bahas drakor-drakor yang tayang di tahun lalu. 

Tahun 2022 lalu banyak banget drakor bagus yang bisa dinikmati, ya! Banyak drakor seru dengan beragam genre. Mulai dari romcom, saeguk, thriller, hingga hukum. 

Lumayan banyak tontonan saya di tahun lalu. Walau tak semuanya nonton sampai tamat. Yup, beberapa drakor tidak saya selesaikan. 

Tapi, ada 13 drakor yang saya tonton sampai tamat. Bahkan diantara sangat membekas di hati dan bikin susah move on. 

Ini dia 13 drakor paling favorit di tahun 2022. 

Our Beloved Summer

Our beloved summer

Our Beloved Summer tayang pada bulan Desember 2021 hingga Januari 2022, jadi nggak apa-apa ya kalau saya masukkan drama ini sebagai drama tahun 2022. 

Our Beloved Summer dibintangi oleh Choi Woo Sik dan Kim Da Mi. Drama ini bercerita tentang Choi Ung (Choi Woo Shik) seorang murid peringkat akhir di sekolah yang terpaksa mengikuti proyek dokumenter bersama Kook Yeon Su (Kim Da Mi), seorang murid peringkat pertama yang ambisius.

Siapa sangka, proyek dokumenter ini menumbuhkan benih-benih cinta diantara keduanya. Meski sempat putus, keduanya kembali bersama saat sudah sama-sama dewasa. Drama romcom yang bikin hati hangat. 

Forecasting Love and Weather

Forecasting Love and Weather

Forecasting Love and Weather adalah drama Korea yang mengangkat kisah cinta pegawai kantor BMKG Korea. Drama ini dibintangi oleh Song Kang dan Park Min Young. 

Tak hanya menghadirkan kisah cinta yang romantis, dalam drama ini penonton juga belajar tentang istilah-istilah cuaca dan iklim. 

Saat menonton drama ini, saya jadi hobi cek perkiraan cuaca setiap hari, lho. Mau pergi keluar rumah, cek dulu apakah hari ini akan hujan atau tidak. Hehehe.

Twenty One Twenty Five

Twenty One Twenty Five

Februari 2022 banyak drama romance, seolah ikut meramaikan bulan penuh cinta, salah satunya ya drama Twenty One Twenty Five. Drama ini dibintangi oleh Kim Tae-ri dan Nam Jo-hyuk.

Drama ini nggak hanya menghadirkan kisah cinta keduanya, tetapi juga mengajari bagaimana berusaha untuk meraih impian. Mulai dari menjadi reporter terkenal, atlet yang hebat, hingga pengusaha sukses. 

Oh ya, dalam drama ini penonton diberikan ending bahwa cinta pertama tak selalu bisa bersama. Duh..

Business Proposal

Business Proposal

Mau drama romcom yang seru dan menghibur? Nonton drama A Business Proposal saja. Drama ini dibintangi Kim Se-jeong dan Ahn Hyo-seop. 

Drama percintaan antara bos dan karyawan ini menarik untuk ditonton. Tak hanya kisah cinta para lead yang menarik. Second lead drama ini juga menarik perhatian penonton. Bahkan, saya sendiri lebih suka dengan kisah cinta pasangan second lead, yang diperankan oleh Kim Min-kyu, dan Seol In-ah.

Chemistry dua pasangan ini membuahkan hasil. Baik para lead maupun second lead mendapatkan penghargaan di acara SBS Award 2022. 

Pasangan drama Business Proposal, Kim Sejeong dan Ahn Hyo Seop, berhasil memenangkan penghargaan Best Couple. Tak hanya keduanya, Seol In Ah dan Kim Min Kyu pun juga memperoleh penghargaan serupa.

Sh**ting Star

Sh**ting Star

Drama Sh**ting Star adalah drama yang bercerita tentang dunia hiburan di Korea Selatan. Bagaimana para agency berperan besar pada kesuksesan seorang bintang. 

Drama ini dibintangi oleh Kim Young Dae dan Lee Sung Kyung. Menghadirkan kisah cinta seorang bintang dan manajernya. 

Baca Juga : Shooting Star, Drama Tentang Kehidupan Dunia Hiburan Korea

Sebenarnya ceritanya cukup menghibur. Romansa yang dihadirkan juga manis. Namun karena dianggap terlalu ringan dan klise, sepanjang penayangan Sh**ting Star hanya meraih rating 1%. 

Tomorrow

Tomorrow

Tomorrow adalah drama genre fantasi yang dibintangi oleh Roowon. Tomorrow bercerita tentang malaikat maut yang bertugas untuk menyelamatkan orang-orang yang ingin bunuh diri. 

Sebenarnya isu yang diangkat dalam drama ini cukup berat. Namun bumbu komedi dan visual yang memikat, membuat drama ini tetap ringan untuk ditonton.

Tomorrow menggambarkan realita tingginya angka bunuh diri di Korea Selatan. Drama ini menjadi pengingat bahwa, seberat apapun hidup, tetaplah sebuah anugerah yang harus disyukuri. 

Ghost Doctor

Ghost Doctor

Ghost Doctor adalah drama medis dibalut fantasi. Drama ini dibintangi oleh Rain dan Kim Bum. 

Ghost Doctor bercerita tentang Cha Young Min (Rain) , seorang dokter bedah andal yang koma akibat kecelakaan. Arwah Cha Young Min merasuki Go Seung Tak (Kim Bum), dokter magang yang punya pengetahuan sangat luas, namun ceroboh saat praktik.

Drama ini banyak menyajikan unsur komedi. Menjadi drama comeback Rain. Akting Kim Bum disini juga memukau. Dia dianugerahi Top Excellence Award Actor dalam ajang Korea Drama Awards 2022 atas perannya dalam drama ini.

Why Her

Why Her

Why Her adalah drama Korea dengan genre hukum. Why Her bercerita tentang seorang pengacara tangguh difitnah lalu dipecat dari sebuah firma hukum dan harus mengajar di universitas.

Drama ini dibintangi oleh Seo Hyun Jin dan Hwang In-youp. Seo Hyun Jin memerankan tokoh Oh Soo Jae. 

Oh Soo Jae adalah pengacara terbaik TK Law Firm. Tingkat kemenangan 99%. Uniknya, meski seorang pengacara sukses dan terkenal, Oh Soo Jee hanyalah lulusan SMA.

Extraordinary Attorney Woo

Extraordinary Attorney Woo

Extraordinary Attorney Woo adalah drama yang bercerita tentang seorang pengacara yang menderita sindrom autisme. Drama ini dibintangi oleh Park Eun Bin.

Disini Park Eun Bin memerankan Woo Young Woo dengan baik. Aktingnya sebagai seorang autis sungguh menjiwai. 

Extraordinary Attorney Woo ini tercatat sebagai drama Korea dengan rating tinggi, lho. Menurut Nielsen Korea, drama Extraordinary Attorney Woo ini berhasil meraih rating sebesar 17,5%.

Cafe Minamdang

Cafe Minamdang

Cafe Minamdang bercerita tentang Nam Han-joon (Seo In-guk), seorang mantan profiler kriminal yang kini bekerja sebagai dukun palsu. 

Dengan bantuan adiknya yang mantan anggota intelejen, dukun palsu ini malah membantu memecahkan beragam kasus kejahatan. Dia pun berhasil mengungkap pembunuh sahabatnya. 

Meski bercerita tentang pengungkapan kasus kejahatan, Cafe Minamdang ini cukup ringan untuk dinikmati. Maklum, banyak unsur komedi yang ditampilkan dalam drama ini.

Again My Life

Cafe Minamdang

Bagaimana jika kita terlahir kembali? Yup, drama Again My Life ini bercerita tentang seorang jaksa yang terlahir kembali. Di kehidupan keduanya, dia berusaha untuk mengungkap sosok yang bertanggung jawab atas kematiannya. 

Drama ini diperankan oleh Lee Jong Gi. Ada hal yang menarik dalam drama ini. Keempat tokohnya bermarga Kim. 

Mulai dari Kim Hee Woo (Lee Jong Gi) dan tiga perempuan dalam kehidupannya. Ada Kim Hee Ah (Kim Ji Eun), Kim Seok Hoon (Choi Kwang II), dan Kim Kyu Ri (Hong Bu Ra). 

Selain itu, dalam drama ini ada nama Indonesia disebut lho. Diceritakan Kim Hee Woo dan Kim Hee Ah berbulan madu ke Bali, Indonesia.

Big Mouth

Big Mouth

Satu lagi drama genre hukum yang tayang di tahun 2022, Big Mouth. Drama ini menjadi ajang comeback Lee Jong Suk pasca wajib militer.

Big Mouth bercerita tentang pengacara kelas teri yang akhirnya difitnah sebagai ketua geng narkoba, Big Mouse. 

Dalam drama ini, Lee Jong Suk beradu akting dengan Yoona dan Kim Joo Hun. 

Big Mouth menjadi drama yang sering dibicarakan sepanjang penayangannya. Setiap episode netizen dibuat penasaran dengan menebak siapa sosok Big Mouse yang sebenarnya. 

Baca Juga : Prediksi Ending Drama "Big Mouth"

Tak heran jika drama ini selalu meraih rating tinggi. Big Mouth masuk dalam jajaran drama dengan rating tinggi di Korea Selatan. 

Reborn Rich

Reborn Rich

Reborn Rich menjadi drama penutup di tahun 2022. Drama ini mengangkat kisah yang hampir sama dengan Again My Life. Bagaimana orang yang lahir kembali berusaha membalas dendam untuk menegakkan keadilan.

Reborn Rich ini dibintangi oleh Song Jong Ki. Drama ini bercerita tentang tentang Yoon Hyun-woo (Song Joong-ki) merupakan sekretaris keluarga chaebol yang meninggal dunia setelah dijebak penggelapan oleh keluarga Grup Sunyang yang selama ini ia layani. Hyun-woo kemudian terlahir kembali menjadi sebagai putra bungsu keluarga tersebut, Jin Do-joon.

Sepanjang penayangan, Reborn Rich selalu meraih rating tinggi. Ratingnya selalu dua digit. Episode terakhir Reborn Rich mencapai rating 26,9%. Rating ini dibawah dari drama Korea terbaik sepanjang masa, The World of the Married (2020) yang memiliki rating  28,4%.

Penutup

Itu tadi 13 drakor paling favorit di tahun 2022. Beragam genre yang saya tonton, meski kebanyakan dari genre favorit saya : genre hukum 

Baca Juga : 10 Drama Korea Terbaik 2022, Mana yang Jadi Favoritmu?

Bagaimana dengan  teman-teman? Punya drama favorit di tahun 2022?  Yuk ceritakan di kolom komentar, ya! 



11 komentar

  1. Wah mantap nih mbak sampai 13, dari 13 nya saya baru nonton 2 forecasting sama business proposal, pengen nonton ghost doctor sama twenty one twenty five belum kesampaian. Love in contract nonton gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus itu mbak
      Saya belum nonton love in contract mbak, mbak sudah nonton?

      Hapus
  2. Duhh, maafkeun, Mbak. Aku sekarang udah gak pernah nonton drakor. Kudet banget, yakk... 🤭 tapi kuakui, drama Korea memang sarat pesan moral dan variatif banget ceritanya.

    BalasHapus
  3. Beberapa drama ini aku juga suka. Kayak Ghost Doctor, BUSINESS Proposal, Attorney Woo, sama Tomorrow.

    Kalau Shooting Stars baru mau nonton. Terus why her juga kayaknya pingin nonton. Lainnya belum ada keinginan buat nnonton. Hehehe

    BalasHapus
  4. Luar biasa drama korea ini ya, Mbak. Terus berkembang dan terus digemari. Kalau saya pengin nonton Reborn Rich. Terlahir kembali untuk membalas dendam. Tapi harusnya dan bagusnya juga alurnya, dia lahir kembali untuk mengubah orang lain agar tidak berbuat jahat, agar tidak ada dendam lagi yang dibawa mati hehehe.

    BalasHapus
  5. Berasa banget kalo Mba Dian suka banget sama drama korea yang temanya agak agak nyerempet ke urusan hukum. Aku pun nonton yang mirip tapi kupilih yang ceritanya ringan kayak The Law Cafe. Nah kalo favoritku di penutup tahun 2022 malah Summer Strike.

    BalasHapus
  6. Ternyata lebih banyak yang aku belum nonton daripada yang udah aku tonton ya mbaa..ta[i ghost doctor ini kayaknya yang paling aku suka karena aku emang suka sama Rain hehehhe

    BalasHapus
  7. Dari ke 13 drama ini, aku belum nonton semua. Cuma Forecasting Love, Bussiness Proposal, Again My Life dan Big Mouth doang. Dan ku paling suka ama Again My Life & Big Mouth. Rencananya sih pengen nonton Reborn Rich, katanya seruuuu

    BalasHapus
  8. forecasting suka banget.. kali 2521 juga suka banget cuma endingnya nyebelin pol deh mba hahaha udah lah dibikin gregetan tiap episode, eeh endingnya babak belur

    BalasHapus
  9. Mantap ya Dian..
    Selama 2022 ternyata perjalanan menonton drama genre hukum menduduki peringkat pertama.
    Aku setuju banget kalo 13 drama di atas masuk dalam deretan drama wajib ditonton ketika bingung mau nonton apa. Karena memang sebagus itu deretan drakor di sepanjang tahun 2022.

    BalasHapus
  10. Cuma dua yang aku belum nonton, Our Beloved Summer dan Cafe Minamdang, entahlah, pas di episode satu mungkin terlalu lambat, jadinya mau lanjut agak setengah hati. Yang lainnya udah nonton semua, dan paling suka Reborn Rich (emang suka So Joong Ki sih aku) dan Ghost Doctor...

    BalasHapus