Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Mewujudkan Liburan Impian Classmates Drakor Class ke Korea Bareng Traveloka

Traveloka

Halo, teman deestories..

Apa kabar?

Pekan pertama di tahun yang baru, nih.

Apa resolusimu tahun ini? Impian apa yang ingin kamu wujudkan tahun ini?

Kalau aku, seperti biasa tentu ingin tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Resolusi tahun ini nggak muluk-muluk, kok. 

Tahun ini aku cuma pengen sehat! Ya, sehat secara fisik dan mental. Sehat relationship nya, dan tentu saja sehat dompetnya, hehe.

Kalau bicara tentang impian, sebenarnya ada salah satu impian yang pengen banget segera aku wujudkan. Apa itu? Jalan-jalan ke Korea bersama classmates Drakor Class!!

Yup, tahun ini adalah tahun ketiga Drakor Class. Tanggal 10 Oktober nanti, Drakor Class berusia 3 tahun. Tentu akan sangat membahagiakan jika kami bisa merayakan ulang tahun ketiga Drakor Class di Korea Selatan. 

Drakor Class, Sebarkan Semangat Literasi dan Hallyu

Sebelum aku cerita tentang liburan impian, mungkin aku mau kenalin dulu ke teman deestories, apa itu Drakor Class.

Drakor Class adalah komunitas yang fokus menyebarkan semangat literasi dan hallyu. Kecintaan kami pada budaya pop Korea ini membuat kami sepakat membentuk Drakor Class. 

Awalnya, Drakor Class ini dibuat untuk menyalurkan hobi menulis sekaligus menonton drama Korea. Kami ingin, ide-ide yang didapat dari drama Korea yang ditonton tidak menguap begitu saja.

Drakor Class juga ingin menunjukkan bahwa nonton drakor itu tak melulu negatif. Ada banyak manfaat dari menonton drama Korea. Tak sekadar menghibur tapi juga menginspirasi untuk menghasilkan beragam konten kreatif.

Perjalanan kami yang semula hanya untuk bersenang-senang, kemudian mulai diperhatikan banyak orang. Drakor Class mulai diajak kerjasama dengan pihak luar.

Mulai dari mengisi siaran rutin di radio nasional, menghadiri beragam acara yang berkaitan dengan kebudayaan Korea, hingga terpilih menjadi K-Influencer yang bekerja untuk KOCIS (Korean Culture and Information Service), di bawah Kementerian Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Korea Selatan.

Drakor Class menjadi pembuktian kami. Bahwa hobi menonton drama Korea itu tak melulu negatif. Kami bisa menyalurkan hobi menonton drama Korea ke arah yang positif. 

Menghasilkan berbagai konten kreatif untuk menyebarkan semangat literasi dan hallyu. 

Baca Juga : Drakor Class, Sebarkan Semangat Literasi dan Hallyu Bersama Internetnya Indonesia

Classmates Drakor Class ini tersebar di berbagai kota, bahkan beberapa diantara kami ada yang tinggal di luar negeri. Ada yang di Jepang, ada juga yang di Thailand.

Internet membuat perbedaan ruang dan waktu terasa tak penting. Selama ini kami tetap bisa menjalin komunikasi yang baik meskipun secara daring. Bahkan, kami bisa berkolaborasi dengan baik dalam menghasilkan berbagai konten kreatif untuk para sobat Drakor Class. 

Tentu akan semakin menyenangkan jika kami bisa bertemu secara langsung. Tak hanya bertemu, kami juga bisa liburan bersama di Korea. Negara yang masuk dalam destinasi wisata impian kami semua. 

Apalagi, pastinya jika nanti kami bisa liburan bersama di Korea, tentu kami tak sekadar jalan-jalan. Pastinya kami juga akan berburu konten di sana. Wah, pasti seru!

Liburan Paling Berkesan

Jujur saja, sebagai seorang remote worker, aku lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Menulis di blog, membuat konten sosial media, hingga mengajar, semua aku lakukan dari rumah. 

Ini yang membuatku selalu menyelipkan agenda liburan secara rutin. Tak hanya sekadar liburan bersama keluarga ataupun pasangan, sesekali aku juga liburan bersama teman bahkan sendirian alias solo travelling!

Buat aku, liburan tak hanya mampu menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan yang ada, tetapi juga menjadi recharge energi. Setiap selesai liburan, mood ku jadi bagus. Aku jadi semangat lagi dalam menjalani hari-hariku. 

Memang sih, selama ini destinasi liburanku sebatas dalam negeri, tapi aku tetap bersyukur. Aku tetap bahagia karena bisa liburan sejenak. 

Kalau ditanya mana liburan yang paling berkesan, mungkin aku akan membagikan pengalamanku saat liburan di Jember, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. 

Bandung

Jujur saja, ketika usai menamatkan trilogi novel Dilan milik Pidi Baiq, aku jadi ingin menginjakkan kakiku di kota kembang ini. Semua setting jalanan Bandung yang digambarkan dalam novel tersebut membuatku ingin segera kesana. 

Januari 2019, aku dan keluargaku pergi ke Bandung. Kami menempuh perjalan selama 15 jam menggunakan kereta api Pasundan.

Kami menghabiskan waktu 3 hari di Bandung. Hari pertama, kami menghabiskan waktu di Kota Bandung. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Bandung, aku baru sadar, jika Bandung dan Surabaya ini punya persamaan. 

Apa persamaannya? Kedua kota ini sama-sama punya banyak taman. Yup, mungkin karena walikota saat itu sama-sama seorang arsitek, Pak Ridwan Kamil dan Bu Risma. Hehe. 

Destinasi wisata Bandung

Aku dan keluargaku berkunjung ke Taman Balai Kota Bandung. Di sana aku bertemu dengan tiga orang teman, ada Teh Shanty, Teh Lendy, dan Bunda Intan. Nantinya Teh Lendy dan Bunda Intan ikut membentuk Drakor Class setahun kemudian. 

Aku juga menikmati berkeliling kota Bandung dengan naik Bandung Tour on Bus. Ah, seru banget. Anak-anak juga senang. 

Setelah puas menghabiskan waktu liburan di Kota Bandung, kami pun ke Lembang. Planetarium Bosscha dan Floating Market menjadi destinasi kami selanjutnya.

Liburan ke Bandung ini sangat membekas bagiku. Akhirnya impianku ke Bandung terwujud. Bisa merasakan jalanan kota Bandung yang menjadi latar cerita novel Dilan dan meneropong bintang di Bosscha!

Jember 

Wisata Jember


Aku tak menyangka, hobi menulis blog bisa membawaku menikmati berbagai destinasi wisata di Jember. Kala itu, aku terpilih menjadi salah satu peserta Sueger Famtrip 2019.

Aku merasa beruntung bisa menjadi bagian dari tiga puluh blogger tersebut. Selama tiga hari (22-24 Juni 2019) kami diajak berkeliling enam destinasi wisata yang ada di Jember.

Pantai Papuma

Beberapa destinasi wisata yang aku kunjungi selama di Jember antara lain Puslit Koka atau Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, Kebun Kopi Rayap, Museum Tembakau, dan BIN Cigar.

Tak hanya bisa berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Jember, aku juga berkesempatan menikmati festival budaya khas Jember. Aku berkesempatan menghadiri acara WATON (Watu Ulo Pegon Parade) 2019 adalah salah satu festival budaya Jember.

Di acara WATON ini beragam kesenian khas Jember ditampilkan. Mulai dari reog, jaranan dan musik gambus. Acara yang paling ditunggu-tunggu dari WATON ini adalah parade PEGON. Pegon adalah kendaraan tradisional yang biasa disebut pedati. Pada acara ini pegon dihias semenarik mungkin, semakin menarik semakin besar peluangnya untuk menang.

Pengalaman menjadi bagian Sueger Famtrip 2019 ini sangat berkesan untukku. Ini adalah perjalan wisata pertamaku sebagai seorang blogger. Siapa sangka, hobi blogging membawa aku bisa menikmati keindahan kota Jember sekaligus menjalani silaturahmi dengan teman-teman blogger nasional. 

Yogyakarta

Yogyakarta memang nggak ada matinya. Tak pernah bosan menginjakkan kaki di kota ini. Memang benar adanya, Yogyakarta terbuat dari rindu. Selalu akan rindu dan ingin kembali ke kota ini. 

Dari sekian perjalanan ke Yogya, ada satu yang paling berkesan. Bulan Februari 2022, aku kembali ke Yogyakarta. Melakukan perjalanan sendiri dalam rangka nyusul suami kerja, hehe. 

Wisata Yogyakarta

Ya, kami mau merayakan anniversary pernikahan ke 10. Meski tak seperti second honeymoon pada umumnya, karena jadwalnya di sela-sela kunjungan dinas suami. 

Tapi nggak masalah, yang penting kami bisa menikmati waktu berdua sejenak. Berjalan di keramaian jalan Malioboro dan menikmati lezatnya gelato sudah cukup meriah untuk perayaan ulang tahun pernikahan satu dekade ini. 

Tak hanya itu, ada satu lagi hal yang membuat kunjungan ke Yogyakarta kali ini terasa istimewa. Apa itu? Bertemu dengan salah satu classmates Drakor Class. 

Aku berkesempatan bertemu dengan mbak Litha. Classmates Drakor Class yang berasal dari Jakarta. Mbak Litha ke Yogyakarta dalam rangka pulang kampung. 

Museum Sonobudoyo


Kami menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan Museum Sonobudoyo. Tak lupa makan siang bersama. Menikmati kuliner bakaran yang ada di warung makan di samping museum. 

Meski singkat, pertemuan ini sangat berkesan. Selama ini berinteraksi secara daring, eh bisa tetap nyambung dan asik ngobrol saat bertemu langsung.

Jakarta

Monas

Ke Jakarta aku kan kembali. Ya, pernah menjadi perantau di ibukota membuatku tak bisa melupakan kenangan akan Jakarta.

Meski banyak yang bilang Jakarta itu sumpek karena kemacetannya, aku tak pernah menyesal pernah tinggal di kota ini. Bahkan, jauh di lubuk hatiku, aku ingin suatu saat nanti bisa menetap di sini. 

Kunjunganku ke Jakarta yang paling baru adalah bulan September 2022. Perjalanan kali ini begitu spesial karena ini adalah perjalanan gratis! 

Aku terpilih sebagai salah satu pemenang lomba blog sebuah provider internet yang terkenal di Indonesia. Aku senang, bisa ke Jakarta lagi. 

Naik pesawat dan menginap di hotel berbintang secara gratis. Tak hanya itu, aku juga mengikuti office tour yang menambah pengetahuanku seputar internet. 

Di sela-sela acara lomba blog, aku menyempatkan diri untuk berkunjung ke Monas dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

Perpustakaan Nasional

Meski ini bukan kali pertama aku ke Monas, namun kali ini rasanya berbeda. Jelas berbeda, karena Monas lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya.

Aku juga bahagia, akhirnya keinginanku menginjakkan kaki di Perpusnas tercapai. Bahkan, akhirnya aku punya kartu keanggotaan Perpusnas!! Meski selama ini aku sudah tercatat secara online sebagai anggota Perpusnas. Tapi, kalau punya kartu keanggotaannya tentu jadi lebih keren, bukan? Hehehe.

Korea Selatan, Destinasi Impian Classmates Drakor Class

Bagiku liburan itu sangat istimewa. Liburan cara aku menikmati hidup. Melakukan perjalanan ke tempat baru, meraih banyak pengalaman sekaligus mengukir kenangan. 

Liburan tentu akan semakin berkesan jika kita bisa berkunjung ke destinasi impian bersama orang-orang yang spesial. 

Liburan ke Korea Selatan bersama classmates Drakor Class tentu akan sangat istimewa. Kami tak hanya bisa menghabiskan waktu bersama untuk semakin memperkuat hubungan, tetapi juga bisa melihat secara langsung tempat-tempat yang sering kami lihat dalam drama Korea. 

Akan sangat seru jika kami bisa datang ke tempat-tempat yang menjadi lokasi syuting drama Korea. Menikmati kelezatan kuliner khas Korea yang sukses membuat kami ngiler setiap menonton drama Korea. Atau yang paling spektakuler jika kami bisa datang ke Fan Meeting Oppa kesayangan dan menonton konser artis K-POP favorit kami. Duh, jika semua itu terwujud, maka nikmat Tuhan mana lagi yang aku dustakan!

Tak hanya itu, alasan lainnya mengapa kami ingin bisa liburan bersama ke Korea adalah untuk berburu konten seputar budaya pop Korea. Nantinya kami akan menuliskan secara langsung reportase perjalanan liburan kami. Menulis beragam hal menarik di Korea, mulai dari destinasi wisata, kebudayaan, kuliner, dan hal lainnya seputar Korea. 

Tentunya tulisan ini akan lebih related sebab ditulis langsung dari Korea. Bahkan kami berencana bisa melakukan live Instragram. Membagikan perjalanan kami di Korea secara langsung kepada follower Drakor Class! 

Ah, bahkan di saat liburan kami pun tetap ingin produktif membagikan beragam konten yang menarik untuk sobat Drakor Class. 

Alasan terakhir mengapa memilih Korea sebagai destinasi wisata impian adalah untuk menyemangati kami semua agar terus konsisten menyebarkan semangat literasi dan hallyu. Kunjungan ke Korea tentu akan semakin menguatkan cinta kami pada negeri para Oppa ini. 

Merencanakan Liburan Impian dengan Classmates Drakor Class di Korea Bareng Traveloka 

Aku bahkan sudah membuat itinerary liburan ke Korea Selatan. Semuanya aku rencanakan bareng Traveloka, yang sudah menjadi teman hidup dalam setiap perjalanan liburanku. 

Pas banget di Traveloka ada South Korea Full Package Tour (Seoul, Jeju Island, Nami Island, and Everland) - 5D5N Tour. 

Liburan ke Korea Selatan

Akomodasi Terjamin Bareng Traveloka 

Awalnya sih pengen bisa menyusun itinerary secara lengkap bersama classmates Drakor Class. Tapi pas cari-cari tiket pesawat di Traveloka, nggak sengaja lihat ada South Korea Full Package Tour (Seoul, Jeju Island, Nami Island, and Everland) - 5D5N Tour.

Apalagi tempat-tempat wisata yang ditawarkan di paket ini sesuai dengan keinginan kami. Liburan impian ke Korea Selatan adalah bisa berkunjung ke Jeju Island, Nami Island, Everland dan tentu saja Seoul!

Paket 5D5N Tour dari Traveloka ini akan membuat kami mengunjungi Jeju Island yang terkenal akan kecantikan alamnya. Di Jeju kami akan berkunjung ke Batu Yongduam, Air Terjun Cheonjiyeon, Tebing Daepo Jusangjeolli, Seongsan Ilchulbong, dan Desa Rakyat Seongeup. 

N Tower Seoul
N Tower Seoul| Traveloka 

Kami juga akan ke Nami Island. Piknik bersama sambil menikmati keindahan daun maple yang warna-warni. Beberapa drama Korea mengambil syuting di Nami Island ini. Salah satunya yang paling ikonik adalah drama Winter Sonata. 

Nami Island
Nami Island| Traveloka 

Pasti seru kalau kami bisa berkunjung ke Everland, taman hiburan terbesar di Korea Selatan. 

Everland

Saat di Seol kami bisa mendatangi berbagai tempat-tempat ikonik yang sering kami lihat dalam drama Korea. Mulai dari Istana Gyeongbokgung, Gwanghwamun Square, Cheonggyecheon Stream, N Seoul Tower, Myeong-dong, dan masih banyak lagi. 

Jeju island
Jeju Island| Traveloka 

Kalau pakai paket wisata dari Traveloka ini, kami nggak akan bingung lagi mau pergi kemana saja saat di Korea. Paket ini juga secara lengkap dan detail mencantumkan gambaran akomodasi apa saja yang akan kami dapatkan selama lima hari berlibur di Korea Selatan, bahkan ada durasi waktunya juga. Daebak..

Memilih Tiket Pesawat dan Hotel di Traveloka

Tentu saja akan ada banyak pilihan tiket pesawat dan hotel di Traveloka. Meskipun membeli paket tour dari Traveloka, untuk urusan tiket pesawat dan hotel bisa ditentukan sendiri.

Tiket pesawat ke Korea Selatan

Tentunya kami akan memilih tiket pesawat dan hotel yang sesuai dengan budget, hehe. Kalau pesan tiket pesawat sekaligus hotel di Traveloka, akan dapat banyak potongan. Lumayan kan, duitnya bisa buat jajan corndog di Korea, hehehe. 

Perjalanan Terlindungi dengan Traveloka Protect

Tentunya kami ingin liburan yang tak hanya seru dan menyenangkan, tetapi juga aman dan nyaman. Jadi, selain mencari akomodasi dan transportasi, kami juga mencari asuransi perjalanan di Traveloka.

Traveloka menawarkan tiga paket asuransi perjalanan ke Korea dengan manfaat perlindungan hingga 1,5 milyar.

Melalui Traveloka Protect ini kita bisa meringankan ketidaknyamanan perjalanan dengan kompensasi yang tepat.

Aku dan classmates Drakor Class memilih paket Perjalanan Internasional Platinum. Harga preminya sangat terjangkau, lho. Cukup membayar Rp. 125.000/orang, perjalanan kami akan terlindungi dari segala ketidaknyamanan. 

Berikut benefit yang didapat jika menggunakan asuransi perjalanan dari Traveloka.

1. Keterlambatan Penerbangan

Jika penerbangan terlambat, kita bisa mendapatkan kompensasi Rp750.000 per 4 jam keterlambatan (total maksimal sesuai paket dipilih).

2. Keterlambatan Bagasi

Apabila bagasi check-in terlambat untuk tiba di bandara kedatangan oleh karena kesalahan maskapai, kita dapat mendapatkan santunan sejumlah nominal yang tertera pada ikhtisar polis.

3. Pembatalan Perjalanan

Jika harus membatalkan perjalanan atau pesanan akomodasi karena alasan tertentu, kita akan mendapatkan penggantian untuk biaya yang tidak bisa di-refund.

Manfaat lainnya termasuk eakuasi medis darurat, repatriasi (pemulangan ke negara asal), dan tertinggal penerbangan lanjutan. 

Wah, lengkap ya. Menggunakan asuransi perjalanan seperti ini akan membuat liburan jadi nyaman dan aman, hati juga akan senang. 

Traveloka Wujudkan Liburan Impian Classmates Drakor Class

Jadi diri sendiri itu asik. Seperti aku dan classmates Drakor Class, kami bisa memilih apa yang kami suka. Kesukaan kami terhadap dunia literasi dan hallyu, membuat kami bisa produktif bersama di Drakor Class. 

Baca Juga : Jelajah Wisata Literasi di Surabaya

Tak peduli apa kata orang, kami bisa membuktikan bahwa menonton drama Korea itu juga bisa memberikan kontribusi yang positif. 

Baca Juga : Belajar Budaya Korea di Korean Corner, Seru dan Menyenangkan!

Liburan cara aku dan classmates Drakor Class di Korea Selatan bisa membuat kami semakin dekat, sekaligus mencari sumber inspirasi untuk terus membuat konten yang kreatif di Drakor Class.I

Jadi, jangan pernah ragu untuk ikutin suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay. Segera rencanakan liburan di Traveloka!

Aku makin tak sabar untuk bisa liburan ke Korea dengan classmates Drakor Class Bareng Traveloka!

41 komentar

  1. Waaah aku baru tau ada komunitas drakor class Mbak Dian. Semoga bisa berkumpul dengan teman sekelas di Korea langsung ya. Pasti seruuu banget..

    BalasHapus
  2. Heee di Traveloka ada Paket 5D5N Tour ke Korea? Wah kok aku baru tahu. Buru-buru ngecek app ah. Aku juga pengen ke Korea..

    BalasHapus
  3. Destinasi wisata ke Korea kayaknya wajib nih buat kita para pecinta drakor dan oppa. Meski emak-emak, ga masalah yang penting tujuan kita ke Korea tercapai hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...Ke Korea jadi tujuan wajib karena terinspirasi dari drakor dan Hallyu Wave.
      Senang sekali mendapat rekomendasi liburan ke Korea bersama Traveloka, sehingga lebih mudah dalam travelling.

      Hapus
  4. Cakep banget...
    Itinerary yang bikin travelling tetap produktif apalagi bersama classmates yang sama-sama memiliki visi yang sama, yakni menebarkan semangat literasi dari drakor.

    Uda ngincer Paket 5D5N Tour dari Traveloka ini terbaik...

    BalasHapus
  5. Hwaaa traveloka emang selalu jadi jujukan untuk traveling, lebih mudah ngga ribet dan lengkaaap banget fiturnyaa. Semoga bisa tercapai ya mbaa, aamiin!

    BalasHapus
  6. Wah, keren. Semoga impian buat pelesir ke Korea bareng teman-teman Drakor Class-nya bisa segera terwujud ya, Kak.

    BalasHapus
  7. Uwwww, mudah2an liburan ke Korea dengan classmates Drakor Class Bareng Traveloka segera terwujud ya, Mbak. Aamiin
    Seru banget memang kl selalu meluangkan waktu untuk traveling, terlebih kita2 yg kerjaanya di rumah aja

    BalasHapus
  8. wow dari kesamaan hobi nonton drakor, terus bisa membentuk komunitas bahkan berkegiatan walau posisinya tidak dalam satu kota, bahkan ada yang di luar negeri.

    Semoga impiannya untuk bisa travelling ke korea bersama Classmates Drakor Class bisa terwujud ya mbak

    BalasHapus
  9. Kalau punya hobi yang bermanfaat dan memberi kontribusi, senangnya jadi dobel, Mbak. Ketemu teman-teman yang punya selera yang sama, sekaligus produktif berkarya. Sukses terus dengan aktivitasnya

    BalasHapus
  10. Semoga terwujud ya mbaa, seru banget bisa menjelajah berkat menulis :) Asyik ketemu teman2 sejiwa pastinya ya mba. Korea memang bikin greget hihi, aku nggak nolak kalau diajak gratis ke sana ^^

    BalasHapus
  11. Dengan traveloka bisa ke luar negeri juga ya. Aman lah ini jalan-jalan keliling dunianya

    BalasHapus
  12. Korea zaman raja adakah destinasi yang ingin dikunjungi. Desain dan udaranya aku suka banget. Enak buat menyendiri

    BalasHapus
  13. Wahhhhh impian ku juga ke Korea. Ke Korea bukan cuma sekedar ke tempat wisata, tapi nangkring di cafe dejet SM, JYP, YG, Hybe, siaoa tau luck bisa ketemu sama ayang wkwkwkwk.

    Aku pengen fanmeet, tapi kok kayanya pricey ya di sana kalo fanmeet? Malah aku pengen coba ngonser di sana, mengingat ngonser di indo rusuh mulu 😭

    Duhhh pengen juga ke Kwangya yg di Seoul itu loh, luas banget kayany. Tapi pengen juga makan tteokpoki pinggir jalannnn

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu kalau traveloka menyediakan paket tour 5D5N ke Korea. Pastinya impian banget buat penggemar Korea ya

    BalasHapus
  15. Seru tuh mba kayaknya liburan Classmate Drakor sambil bahas lokasi-lokasi syuting yang dipakai drakor. Senang banget ni pasti pecinta drakor

    BalasHapus
  16. Emang ya klo content creator, liburan aja tetap produktif dan bisa jadi content. cuan always hahaha. dan dg traveloka bisa jadi lebih well prepared dan well organized yaa

    BalasHapus
  17. aahh, keren banget mbak dengan Drakor Classnyaa. kalau aku mau ikutan, bisa daftar ke mana yaa? ahaha

    semoga tercapai yaa bisa ke korea bareng drakor classnya, pasti jadinya seru banget, secara emang pergi dengan orang2 yang sefrekuensi dan sesemangat itu dengan Korea yaa, ihihi..

    BalasHapus
  18. Jeju-Neverland ini paling sering muncul di drama-drama Korea ya. Dulu pas ke Korsel gak sempat ke sana. Pengin suatu waktu nanti ke Jeju dan Neverland juga. Busan juga menarik lhooo.

    BalasHapus
  19. Cadas banget nih penggemar K Pop ini sampai ada komunitas Drakor Class keren dan seru pastinya berkumpul dengan orang-orang yang satu prequensi

    BalasHapus
  20. Traveloka beneran bisa membuktikan banyak impian perjalanan ya..termasuk classmates Drakor Class ke korea Selatan. Komplit dari hotel dll sampai proteksi ada! Keren!

    BalasHapus
  21. Jadi makin pengen jalan-jalan ke korea sana, hiks, semoga bisa segera kesampean, apalagi pake traveloka bisa makin mudah, tinggal siapin budget nih

    BalasHapus
  22. korea itu memang pintar banget ya mempromosikan negaranya lewat drama korea yang ditayangkan ke seluruh dunia. jadinya penonton setianya pasti penasaran dan pengen mengunjungi lokasi syuting drama tersebut

    BalasHapus
  23. Wiiyyy ada aku di foto hehehee... Kangen ya bisa jalan-jalan bareng lagi, Mbak.

    Nami Island nih paling menarik perhatianku. Apalagi klo pas kesana pas musim bunganya masih banyak gitu ya. Warnanya kuning orange bagus bangeeett...

    BalasHapus
  24. Aku pun bisa jalan2 gratis di dalam dan LN karena blog hihihi.
    Semoga 2023 ini kita semua bisa lebih banyak lagi jalan2nya terutama bisa ke negara maju kek Korea yaa.
    Pakai Traveloka semua lengkap dalam satu genggaman apps, mulai dari tiket, penginapan, tempat makan, tempat wisata dll :D
    Ouw ternyata ada paket2 trip juga yaaaa otw cek aahh.

    BalasHapus
  25. Wah mau dong ikutan ke Korea. Apalagi destinasinya cakep2 gitu. Kebayang byk tempat yg ada di drakor

    BalasHapus
  26. Senang banget berkumpul dengan satu komunitas yang memiliki hobi yang sama ya mba. Tentunya semakin produktif menghasilkan karya bersama. Lancar juga rencana jalan jalanny

    BalasHapus
  27. Huwaaaa seru nih wishlist Mbak Dian dan teman-teman Drakor Class ke Korea. Setelah berkali-kali nonton scene di berbagai daerah di Korea, bisa melihat langsung di sana. Siapa tahu yaa waktu antre makan ketemu artis gitu. hihi...

    BalasHapus
  28. Walaupun saya nonton drakor kalau lagi senggang saja, tetapi Korea tuh kayaknya menarik deh. kebayang kalau saya ke sana senangnya pasti. Apalagi lihat foto jeju Island dan lainnya, hm... jadi mau dong. Traveloka emang the best kalau urusan traveling.

    BalasHapus
  29. Kok seruuuu ini plan trip nya mbaaa

    Eikeh mupeng buat ikutaaannn.
    Kalo pakai Traveloka, urusan traveling jd makin easy peasy yakkkk

    BalasHapus
  30. Drakor Class ini keren. Komunitas yang memangun dan berbagi informasi menarik. Bukan hanya tentang kecintaannya terhadap KPOp, tapi juga gimana cara liburan bareng ke Korea.

    BalasHapus
  31. Semoga Classmates Drakor Class bisa ke Korea bareng-bareng ya. Bakal jadi cerita seru tuh karena kan kalian suka nyebarin hal-hal berbau Korea

    BalasHapus
  32. Bakalan seru nih kalo liburan bersama classmates Drakor Class, satu kecintaan dan travel mate paling asik tentunya. Kayaknya ke Korea Selatan kalo nggak ke Jeju island dan Nami island gak lengkap ya. Semoga terwujud impiannya, nanti cerita di sini ya mba Dian

    BalasHapus
  33. whuaa mbak kok seru ide liburannya ala classmate Drakor class. pengen juga nanti main ke pulau Jeju. Apalagi sekarang kalau ke pulau Jeju ga pake visa bener ga ya?

    BalasHapus
  34. Wah, unik, ya, konsepnya Drakor Class.

    Ke Korea pakai aplikasi Traveloka sudah ada South Korea Full Package Tour nya, tentu ini akan lebih mempermudah terutama buat yang pertama kali datang ke Korea, ya.

    BalasHapus
  35. Classmates Drakor Class ini cara ikutannya gimana sih mbak? Hahaha
    Aku pun pengen juga ke Korea, secara pecinta drakor dan Oppa :))
    Semua tempat yang mau dikunjungi pun sama sesuai wishlist-ku
    Semoga tercapai bisa ke Korea tahun ini ya mbak.

    BalasHapus
  36. Wow wow seru banget ya kalau bisa ke Korsel bareng kru Drakor Class ngga kebayang hebohnya, salut deh buat teman-teman DC yang berdedikasi menulis blog seputar Korsel yang bermanfaat dan menghibur pembaca

    BalasHapus
  37. Seruuu dan komplittt mbakuu semoga terealisasi dengan baik dan lancar yaaa....jujur kami korea blm berminat, selalu minatnya jepang ajaaa...

    BalasHapus
  38. Aamiiin.. semoga terealisasi mba.. akau tiap nonton Drakor itu kadang suka kepo.. eh..bagusnya ini..dimana ya.. duh,terjawab bbrp spotnya di tulisan ini

    BalasHapus
  39. Wah baru tau aku traveloka menawarkan paket liburan 5D5N.mbak. pas buat yg pertama x ngtrip luar negeri ya jd bisa ada gambaran harus gmn2nya dan udh pasti pilihan destinasinya terbaik. Buru2 ngecwk juga ah laket liburan traveloka

    BalasHapus
  40. lagi musim liburan dan mari kita gaskeuuun ya mba. Paling happy bisa berangkat liburan ke tempat yang memang sudah dicita - citakan dan nantikan. Traveloka bisa membantu mewujudkannya ya

    BalasHapus