Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Dana Nusantara, Wujudkan Desa Nusantara yang Sejahtera

Dana Nusantara

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti online gathering bersama Eco Blogger Squad dan WALHI Nasional juga WALHI Sumatera Selatan. Jujur, materi gathering kali ini sedikit rumit bagi saya. Maklum, topik diskusi adalah topik yang segar untuk perkembangan Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal (MAKL). 


Topik online gathering pertama tahun ini membahas tentang Dana Nusantara dan perannya terhadap keberlanjutan komunitas lokal di desa Nusantara. 


Dana Nusantara ini memang hal yang baru bagi perkembangan MAKL ini. Dana Nusantara baru dirilis pada tanggal 24-30 Oktober 2022, di wilayah adat Tabi di Papua. Pengelolaan Dana Nusantara ini dilakukan oleh WALHI, AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), dan KPA (Konsorsium Pembaruan Agraria). 


Di artikel ini, saya akan bercerita tentang apa itu Dana Nusantara, dan bagaimana pengaruhnya terhadap keberlanjutan komunitas lokal di Desa Nusantara. 


Mengenal Dana Nusantara, Pendanaan Langsung bagi Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal


Desa Nusantara


Dana Nusantara adalah pendanaan langsung bagi masyarakat adat dan komunitas lokal untuk mengembangkan desanya secara berkelanjutan. 


Dana Nusantara didefinisikan sebagai dukungan pengelolaan sumber daya alam sesuai karakteristik wilayah yang ada. Dana Nusantara sebagai stimulus kepada masyarakat adat dan komunitas lokal agar semakin berdaya dalam memanfaatkan lahan yang ada sesuai prinsip-prinsip keberlanjutan. 


Dana Nusantara yang dikelola oleh WALHI, AMAN, dan KPA ini juga berfokus pada pengakuan dan perlindungan masyarakat adat dan komunitas lokal untuk mengelola wilayahnya sesuai dengan prinsip-prinsip SLUP (Sustainable Landing Use Planning). 


SLUP diyakini sebagai pengelolaan yang mampu mencegah terjadinya bencana ekologis. Menurut Direktur Eksekutif Nasional WALHI Zenzi Suhadi, bencana ekologis adalahi bencana yang diintervensi oleh kontribusi manusia seperti banjir serta kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Baca Juga : Fakta Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia


Berdasarkan catatan WALHI, menurut BNPB selama 20 tahun terakhir, 98% disebabkan oleh bencana hidrometeorologis. Mulai dari banjir, longsor, kekeringan, juga kebakaran hutan dan lahan akibat perubahan cuaca ekstrem. Indonesia bahkan disebut sudah mengalami darurat ekologis. 


Tantangan Keberagaman dalam Pengelolaan SDA


Pembukaan online gathering ini menyadarkan pada saya, bahwa begitu luar biasa berkat Tuhan pada Indonesia ini. Betapa tidak, bisa dibilang Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia. 


Desa Nusantara


Indonesia memiliki 17.508 pulau dengan kawasan hutan sebesar 120.601.155,73 hektar. Luas daratan Indonesia sebesar 1.919.440 kilometer persegi dengan lautan seluas 3x lipatnya. 


Belum lagi keanekaragaman sosial yang ada di Indonesia. Terdapat 1.340 suku bangsa dengan 718 bahasa. 


Semua ini menjadi berkah sekaligus tantangan tersendiri. Keanekaragaman ini membuat pengelolaan SDA (Sumber Daya Alam) tak bisa disama ratakan. 


Pengelolaan SDA seharusnya disesuaikan dengan ciri khas yang ada pada setiap daerah. Dimana semuanya juga dikelola secara khusus melalui kearifan lokal masyarakat adatnya. 


Misalnya, wilayah Sulawesi Selatan yang banyak terdapat karst, menyimpan cadangan air yang besar bisa dimanfaatkan untuk mengelola lahan pertanian. Sebaliknya, daerah NTT (Nusa Tenggara Timur) yang kaya padang rumput, bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan peternakan. 


Seperti inilah seharusnya pengembangan ekonomi masyarakat disesuaikan dengan potensi alam yang ada. Dengan begitu, pengembangan ekonomi tak hanya untuk mencari keuntungan semata, tetapi juga mengembangkan komunitas lokal dan ikut serta menjaga keberlanjutan ekosistem. 


Dukungan Dana Nusantara untuk Mewujudkan Nusantara Menjadi Desa  Ekologis



Desa Nusantara


Sejak tahun 1990-an, WALHI – Friends of the Earth Indonesia telah mempromosikan konsep “Sistem Hutan Kerakyatan (SHK)”


Hal ini sejalan dengan apa yang diperjuangkan oleh Desa Nusantara. Desa Nusantara terletak di Kecamatan Air Sugihan,

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan adalah dengan luas wilayah mencapai 259.300 Hektar. Selama ini Desa Nusantara berjuang mempertahankan tanahnya. 


"Kami ingin mengelola bukan jadi buruh. Merdeka atas tanah. Selain juga memenuhi kebutuhan kami, kami juga menyediakan pangan bagi orang lain."


Keinginan warga Desa Nusantara ini didukung penuh oleh WALHI. WALHI mendukung warga Desa Nusantara untuk mengelola tanahnya dengan mengutamakan peran Masyarakat Adat & Komunitas Lokal (MAKL) dalam memastikan pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. 


Hal ini untuk mencegah agar tidak semakin banyak tanah-tanah adat yang diambil alih korporasi tanpa mempertimbangkan dampak lingkungannya, sehingga melahirkan banyaknya bencana ekologis seperti yang marak terjadi akhir-akhir ini. 


Tak hanya Desa Nusantara saja, hingga Desember 2022, WALHI telah mendampingi 250.00 keluarga yang mengelola dan melindungi 1.161.338 ha WKR. Tentu saja perjuangan ini membutuhkan dukungan dana. 


Agar Desa Nusantara bisa mempertahankan tanahnya dan mengelolanya berdasarkan prinsip-prinsip ekologis, dukungan dana sangat diperlukan. 


Inilah yang akhirnya menginisiasi hadirnya Dana Nusantara. Dana Nusantara ini diharapkan bisa menjadi sebuah intervensi RPJMDES untuk kebutuhan organisasi, lalu membuat lahan garapan percontohan untuk berbagai jenis tanaman, hingga mengikuti berbagai pelatihan peningkatan kapasitas.


Dana Nusantara untuk Apa? 


Dana Nusantara ini adalah sebuah program pendanaan yang dikembangkan oleh WALHI, KPA & AMAN, pada tahun 2022 telah diimplementasikan pada 12 lokasi WKR yang didampingi WALHI. 


Program ini bertujuan untuk mendukung inisiatif komunitas dalam melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dengan memberikan bantuan pendanaan yang terjangkau dan mudah diakses.


Bantuan pendanaan yang diberikan melalui program DANA NUSANTARA difokuskan pada komunitas yang memiliki akses terbatas terhadap sumber daya dan pendanaan, serta memiliki potensi untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. 


Selain itu, bantuan pendanaan juga akan diberikan kepada komunitas yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan inisiatif pengelolaan sumber daya alam secara mandiri dan berkelanjutan.


Desa Nusantara menjadi salah satu penerima Dana Nusantara ini. Harapannya, Dana Nusantara ini bisa membantu transformasi Nusantara menuju Desa Ekologis. 


Perjuangan Nusantara Menuju Desa Ekologis


Perjuangan Nusantara menuju Desa Ekologis tentu tidak mudah. Bertahun-tahun warga desa berupaya untuk mengolah tanahnya untuk bisa ditanami oleh berbagai komoditas untuk keberlangsungan kehidupan mereka. 


Mereka juga harus berjuang menghadapi HGU (Hak Guna Usaha) Perusahaan Sawit. Hingga 2015 warga masih terus diusik. Tetapi mendapat perlawanan dari warga sehingga perusahaan berhenti.


Inilah yang kemudian mendorong berdirinya Forum Petani Nusantara Bersatu. Forum Petani Nusantara Bersatu didirikan sebagai respon terhadap perusahaan sawit, memastikan tanah untuk rakyat juga sebagai wadah menyalurkan aspirasi warga.


Kedepannya Forum Petani Nusantara Bersatu ini akan memperjuangkan : 


  • Intervensi RPJMDES untuk kebutuhan organisasi

  • Membuat lahan garapan percontohan untuk berbagai jenis tanaman

  • Mengikuti berbagai pelatihan peningkatan kapasitas


Bantuan dari Dana Nusantara ini dimanfaatkan untuk membiayai pemetaan partisipatif Desa Nusantara. 


Pemetaan tersebut menjadi bagian dari Sustainable Land Use Planning (SLUP), yakni sebuah metode untuk menyusun tata guna lahan berkelanjutan secara partisipatif.


Dukungan Dana Nusantara bagi Masyarakat dan Lingkungan 


Belajar dari Desa Nusantara, bisa dilihat implementasi program Dana Nusantara dapat memberikan berbagai hal baik bagi masyarakat dan lingkungan hidup di Indonesia. 

Beberapa di antaranya adalah:


1. Mendorong kemandirian komunitas lokal


Dana Nusantara berkontribusi mendorong kemandirian komunitas lokal dalam pengelolaan sumber daya alam. Dengan bantuan pendanaan dan pelatihan, komunitas dapat mengembangkan inisiatif pengelolaan sumber daya alam secara mandiri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan lingkungan hidup di wilayah kelolanya masing-masing.


Komunitas lokal


2. Meningkatkan partisipasi komunitas lokal dalam pengelolaan sumber daya alam 


Dana Nusantara dapat membantu meningkatkan partisipasi komunitas dalam pengelolaan sumber daya alam. Dengan melibatkan langsung komunitas dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, komunitas merasa memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam menjaga lingkungan hidup.


3. Membangun kesadaran komunitas lokal terhadap isu lingkungan hidup 


Desa Nusantara


Dengan memberikan dukungan pada model pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, komunitas menjadi paham pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi keberlangsungan hidup manusia. Lebih jauh komunitas akan belajar bagaimana merencanakan dan mengimplementasikan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, apa dampaknya bagi kehidupan mereka dan apa dampaknya terhadap bentang alam yang dikelolanya, dari hulu hingga ke hilir.


Baca Juga : Lindungi Masyarakat Adat Penjaga Hutan


4. Berkontribusi pada keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam 


Luas wilayah Kelola Rakyat yang sedang diadvokasi WALHI telah mencapai angka 1.161.338. Alokasi Dana Nusantara pada komunitas-komunitas pengelola WKR anak memberikan dampak berantai pada seluruh WKR yang tentu akan berkontribusi pada keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Dengan dukungan pada inisiatif pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, program ini dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan hidup.


5. Meningkatkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak 


Implementasi program Dana Nusantara dapat membantu meningkatkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak, seperti masyarakat, pemerintah, dan organisasi-organisasi lain yang peduli terhadap lingkungan hidup. Dengan melibatkan berbagai pihak dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, program ini dapat menciptakan sinergi dan kolaborasi dalam menjaga lingkungan hidup.


Penutup


Akhir kata, WALHI bekerja untuk memastikan agar Dana Nusantara ini mampu mendorong transformasi Nusantara menuju Desa Ekologis. Dimulai dari memperjuangkan pengakuan dan perlindungan Wilayah Kelola Rakyat berada di tangan komunitas, mengembangkan ekonomi lokal dan meningkatkan keterlibatan komunitas dalam pengelolaan sumber daya alam. 


Hal tersebut diyakini akan membantu meningkatkan pendapatan komunitas lokal  dan memperbaiki kualitas hidup mereka. 


Pada akhirnya komunitas lokal yang menjadi subjek dana nusantara akan menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi Indonesia, seperti perubahan iklim, kerusakan hutan, dan degradasi lingkungan hidup. 


Dana Nusantara, wujudkan Desa Nusantara yang sejahtera. Masyarakat bahagia, lingkungan hidup tetap terjaga. 





52 komentar

  1. Semoga tujuan besar yang hendak dicapai lewat program pendanaan yang dikembangkan oleh WALHI, KPA & AMAN ini sukses ya mbak Dian. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Doa yang sama. Biar lingkungan kita paling nggak jadi makin terjaga dibanding saat sekarang. Tanpa disadari, bencana alam akibat ketidakseimbangan lingkungan makin sering terjadi. Ya nggak sih?

      Hapus
  2. Adanya program pendanaan seperti bagus juga ya untuk mendukung perkembangan Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal semakin maju, sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan lingkungan yang terjaga bisa terwujud dengan baik.

    BalasHapus
  3. Banyak manfaatnya ya apalagi untuk kelangsungan SDA juga. Semoga terus berkelanjutan dengan aman dan tepat sasaran

    BalasHapus
  4. Akhirnya terwujud dana nusantara yang telah diperjuangkan WALHI
    masyarakat adat dan hutan/lingkungan hidup tak terpisahkan
    karena itu butuh dana agar lingkungan hidup berkelanjutan
    dan masyarakat adat bisa melanjutkan kebiasaannya memelihara alam

    BalasHapus
  5. Pengelolaan lingkungan sejatinya adalah tanggung jawab kita semua ya. Tapi dengan adanya WALHI, yang dijembatani dengan program Dana Nusantara yang bagus ini semoga harapan lingkungan hidup lebih baik bisa terwujud

    BalasHapus
  6. Wow keren banget nih dari visi & misi DANA NUSANTARA demi mewujudkan Desa Nusantara yang sejahtera. Sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. dengan DANA NUSANTARA, dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Nusantara.
    semoga saja usaha WALHI dalam memperjuangkan DANA NUSANTARA ini berjalan mulus seperti rencana ya, dan semakin banyak yang mendukung usaha ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,setuju kak,
      Semoga banyak dukungan dari berbagai pihak

      Hapus
  8. Dukungan yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah turut menjaga kelestarian lingkungan dan menuliskan perjuangan Desa Nusantara. Semoga semua tetap pada tempatnya dan keseimbangan bumi tetap terjaga.

    BalasHapus
  9. program DANA NUSANTARA baguuuss bgt ya.
    sangat berfaedah esp. utk masyarakat lokal

    BalasHapus
  10. Bener juga, ya. Tiap desa bisa menghasilkan komoditas yang berbeda sehingga cara mengelola dana nusantaranya pun berbeda.

    BalasHapus
  11. Pengelolaan lahan yang baik oleh masyarakat Desa Nusantara dan komunitasnya serta memiliki usaha yang tidak merusak lingkungan, akan terus menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan. Hal sederhana namun mulai terlupakan jika pengalihfungsian lahan dilakukan oleh pihak swasta.

    BalasHapus
  12. Wah bagus banget programnya, semoga sukses sesuai harapan. Bisa diikuti dan diterapkan juga di wilayah lain yang lebih luas. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Semoga bermanfaat Dana Nusantara untuk keberlangsungan dan terwujudnya desa nusantara yang diharapkan dapat hidup sejahtera

    BalasHapus
  14. Salut akan kontribusi WALHI untuk memastikan agar Dana Nusantara yang ada bisa mendorong transformasi Nusantara menuju Desa Ekologis sehingga akan terwujud Desa Nusantara yang sejahtera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, Indonesia butuh banyak desa seperti ini loh sebenarnya untuk mendukung upaya mitigasi perubahan iklim juga

      Hapus
  15. Keren lo Desa Nusantara ini. Bisa memanfaatkan SDA yang ada. Semoga dengan adanya Dana Nusantara bisa membantu mereka

    BalasHapus
  16. Untunglah ada Dana Nusantara yang bisa dimanfaatkan untuk membangun Desa Nusantara. Mudah-mudahan bisa lancar programnya demi terwujudnya desa ekologis

    BalasHapus
  17. Dananya ini berasal dari mana ya mbak? Semoga aja dengan Dana Nusantara, keselarasan penanganan di wilayah lokal bisa makin terjaga. Masyarakat adat harus diberikan prioritas dalam mengelola tanahnya.

    BalasHapus
  18. wah bagus banget ini programnya untuk mewujudkan desa ekologis tentunya juga bisa berdampak baik pada lingkungan kita

    BalasHapus
  19. Masya Allah. Jadi nambah wawasan tentang dana nusantara ini. Aku tahunya yang lagi marak adalah dana desa. Tapi lebub politis kalo dana nusantara ini jauh lebih concern sama budaya dan kesejatraan masuarakat adat dan lingkungan y mbak

    BalasHapus
  20. Baru tahu dengar tentang dana Nusantara dan ternyata berpotensi besar dalam menghadapi tantangan yang lebih besar. Desa Nusantara keren

    BalasHapus
  21. Program dana nusantara ini semoga sukses dan memiliki keberlanjutan yang yang lebih luas lagi ranahnya

    BalasHapus
  22. Jadi uangnya dikasih berapa milyar ama Dana Nusantara? Emang betul lingkungan harus dijaga dan butuh duit juga biar tetap asri dan tidak kacau.

    Bagusnya kalau masyarakat adat diberi kepercayaan yang besar.

    BalasHapus
  23. Semoga program WALHI dengan Dana Nusantara untuk mewujudkan desa Ekologis segera membuah hasil, sehingga Desa-Desa Nusantara akan sejahtera, lingkungan juga terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengamini sekali harapan Kak Salma.
      Semoga dana yang telah dianggarkan dapat direalisasikan dan terserap dengan baik untuk menuju cita-cita desa nusantara yang sejahtera

      Hapus
  24. Asal pengelolaannya transparan, dana desa nusantara ini perlu diaplikasikan ke semua desa di Indonesia sih. Soalnya banyak banget keanekaragaman hayati dan budaya yang perlu dilindungi. Kalo mengandalkan dana desa pemerintah ya nggak akan sampai.

    BalasHapus
  25. Penting sekali aktivitas seperti ini. Pembinaan dan penguatan serta pendampingan bagi masyarakat lokal dan masyarakat adat agar lebih berdaya

    BalasHapus
  26. Wah, saya baru dengar soal Dana Nusantara ini, bagus sekali program yang diberikan, mengingat di indonesia ini banyak sekali hayati dan adat budaya yang memang harus dilindungi dan harus diperhatikan, dengan adanya pembinaan seperti ini , akan menjadikan SDM yang berkualitas juga.

    BalasHapus
  27. Saya baru tau ada Dana Nusantara,
    Bantuan atau program ini sangat membantu ekonomi adat setempat, semoga bermanfaat kesejahteraan warga.

    BalasHapus
  28. eh, aku baru tahu ada Dana Nusa ini. keren juga ya programnya. semoga dengan adanya program Dana Nusa banyak masyarakat lokal yang terbantu. dan semoga juga makin banyak program seperti ini. supaya kesenjangan bisa dikurangi

    BalasHapus
  29. Pantes yaa sekarnag banyak dijumpai desa adat / deaa

    BalasHapus
  30. Desa2 sekarang makmur2 rapii apalagi yg dibuka wahana buat tempat wisatanya yg hits.

    BalasHapus
  31. Semoga program pendanaan ini tepat sasaran dan makin banyak orang terbantu dengan adanya program ini, khususnya desa desa yang mendapatkan dana ini

    BalasHapus
  32. Semoga makin banyak desa yang terbantu sehingga makin banyak pemberdayaan masyarakat untuk pemanfaatan sumber daya alam yang lebih baik dan berkesinambungan

    BalasHapus
  33. konsep desa nusantara ini klo merambah ke seluruh wilayah Indonesia bisa jadi salah satu solusi masalah lingkungan kali yaaa

    BalasHapus
  34. selain dana nusantara saya pernah juga tuh baca tentang donasi untuk hutan juga, kedua program yang sangat bagus untuk membantu permasalahan lingkungan, baik itu lingkungan alam maupun manusianya (suku asli).

    BalasHapus
  35. Perjuangan Desa Nusantara belum berakhir. Dan kini setelah dapat banyak informasinya, semoga kita semua bisa memberikan dukungan agar Desa Nusantara tetap menjaga keseimbangan bumi dengan alami.

    BalasHapus
  36. wah dana nusantara ini pastinya bermanfaat banget buat desa tersebut, karena bisa membantu warga menjaga kelestarian alam

    BalasHapus
  37. keren ya jadi bisa membantu jaga kelestarian alam

    BalasHapus
  38. Masyarakat lokal itu punya kearifan lokal yang bagus banget. Namun ya memang benar, banyak dari mereka mentok di biaya. Salut sama program dana lokal ini. Membiarkan mereka mengolah dengan cara mereka sendiri

    BalasHapus
  39. Sudah seharusnya desa nusantara sebagai penjaga kearifan lokal serta kelestarian lingkungan mendapatkan perhatian khusus, termasuk dengan adanya dana nusantara yang diperuntukkan bagi desa nusantara

    BalasHapus
  40. Cara Top Up: https://botaqin.com/

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. In the world of digital imagery, there often arises a need to Remove Background From Image.

    BalasHapus
  43. Download 4th Of July SVG Bundle, Independence Day Bundle SVG. Fourth of July Calligraphy graphic SVG design Bundle, Cut Files for Cutting Machines like Cricut.

    BalasHapus