Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Mengenal Teknologi Fiber Optik dan Manfaatnya dalam Berbagai Aktivitas

 

IndiHome

Bersyukur sekali kita hidup di era kemajuan teknologi seperti. Beragam kemajuan teknologi nyatanya semakin memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah adanya teknologi fiber yang bisa membantu kita dalam melakukan berbagai aktivitas. 


Hari ini saya mau cerita tentang apa sih teknologi fiber optik dan kegunaannya dalam berbagai aktivitas. Baca sampai akhir, ya! 


Mengenal Teknologi Fiber Optik


Teknologi fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi. 


Kelebihan teknologi ini adalah tidak terpengaruh oleh cuaca, sehingga banyak digunakan oleh industri. Cara kerja teknologi ini adalah menggunakan kabel serat optik untuk mentransmisikan data sinyal dalam bentuk cahaya. Kabel serat optik terdiri dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis yang memungkinkan cahaya melewatinya dengan sangat cepat dan konstan. 


Dengan kecepatannya, teknologi fiber optik menjadi pilihan utama untuk mentransmisikan data jarak jauh pada infrastruktur telekomunikasi seperti internet, telepon, kabel televisi (TV), dan jaringan komputer.



Manfaat Teknologi Fiber Optik


Serat optik ini memiliki keunggulan, kecepatan, keamanan, dan daya tahan dibandingkan kabel jaringan tembaga tradisional yang sebelumnya digunakan. Dengan keunggulan yang dimiliki, teknologi fiber optik ini bermanfaat dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti :


Konektivitas internet


Melalui keunggulan yang dimilikinya, fiber optik memungkinkan kita memiliki konektivitas internet yang lebih cepat dan stabil. Serat optik bisa membawa data dalam jumlah yang jauh lebih banyak dengan kecepatan tinggi.


Baca Juga : Pentingnya Internet Cepat Untuk Meningkatkan Interaksi Follower 


Telkom Indonesia


Jaringan komputer


Teknologi fiber optik ini memudahkan kita untuk bisa melakukan transfer data antar komputer melalui jaringan. Ini bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas kerja


komunikasi telepon


Saat ini, fiber optik menjadi standar untuk melakukan komunikasi telepon. Kecepatan yang dimiliki oleh fiber optic ini membuat kita bisa berkomunikasi lewat telepon dengan lebih cepat. 


Fiber optik juga memungkinkan kita untuk melakukan panggilan video dengan lebih jernih. 


kesehatan industri


Teknologi fiber optik ini juga turut berjasa terhadap perkembangan industri kesehatan. Kabel fiber optik yang ringan dan fleksibel sangat ideal digunakan dalam aplikasi kesehatan. 


Baca Juga : Bersama IndiHome, Lakukan Telekonseling untuk Mendukung Menyusui Saat Pandemi


Fiber optik memiliki peran penting dalam keberhasilan operasi invasif minimal, sebab terdiri dari instrumen kesehatan kecil dan kompak yang diperlukan untuk prosedur sekecil itu. 


Perangkat kecil ini juga membuat diagnosa pasien bisa lebih cepat dan akurat. 


Industri otomotif


Fiber optik juga digunakan dalam industri otomotif. Fiber optik digunakan untuk memberikan pencahayaan pada interior dan eksterior kendaraan. 


Tak hanya itu, teknologi fiber optik di dalam mobil juga memainkan peran penting dalam sistem keselamatan. 


Dekorasi dan Pencahayaan


Saat ini serat optik menjadi solusi yang nyaman dan hemat biaya dalam banyak industri komersial. Misalnya, dalam bentuk pencahayaan dekoratif maupun penerangan jalan. 


IndiHome Layanan Digital dengan Teknologi Fiber Optik


Pricebook


Keunggulan teknologi fiber optik ini juga bisa kita nikmati di rumah lho. Dengan menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia, kita dapat menikmati konektivitas internet dengan fiber optik. 


Baca Juga : Serunya Office Tour IndiHome


IndiHome adalah layanan digital dengan teknologi fiber optik terbaik di Indonesia. Penggunaan teknologi ini membuat pelanggan IndiHome dapat menikmati jaringan internet yang cepat dan stabil. 


Telkom Indonesia adalah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi utama di Indonesia yang sudah terkenal kredibilitasnya. Jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia ini terbukti telah menemani masyarakat Indonesia sejak tahun 2015. 


Demikian cerita tentang mengenal teknologi fiber dan kegunaannya dalam berbagai aktivitas. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang teknologi fiber, teman-teman bisa mengunjungi situs teknologi , Pricebook. 

69 komentar

  1. Jadi lebih paham lagi dan makin tahu dengan teknologi fiber ini. Paling banyak dirasakan manfaatnya pada jaringan internet, yang konektivitasnya makin cepat dan lebih stabil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun yg masih awam, merasa kalau fiber optik itu banyak manfaatnya diambil dari sudut pandang dunia internet saja. Padahal ternyata sudut dunia lain juga banyak yg menggunakan fiber optik ini ya

      Hapus
  2. Ternyata manfaat fiber optik ini luas ya, bisa masuk di berbagai bidang. Makanya kita bisa merasakannya lewat internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak, saya juga baru tahu kalau ternyata banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk internet seperti digunakan IndiHome, tapi juga di industri otomotif juga.

      Hapus
  3. Penggunaan teknologi fiber optik untuk jaringan IndiHome memang terasa lebih bagus dibandingkan dengan perangkat sebelumnya. Saya ada pengalaman menggunakan keduanya. Dengan teknologi fiber optik jaringan IndiHome jadi lebih lancar dan stabil.

    BalasHapus
  4. Zaman semakin modern dengan teknologinya yang semakin canggih, termasuk hadirnya teknologi fiber optik yang membuat kita bisa menikmati jaringan internet yang stabil dan cepat, ya

    BalasHapus
  5. sempet berkhayal waktu SD gimana ya kalo antar komputer bisa terkoneksi terus kita saling chat gitu. ternyata khayalan saya terwujud dengan hadirnya internet. kala itu tahun 94an deh kayaknya dan sekarang hadir IndiHome dengan teknologi FO terbaik, makanya internetan bisa stabil dan cepat.

    BalasHapus
  6. Pantesan IndiHome kenceng banget, emang udah menggunakan teknologi fiber optik. Pantesan kita dimanjakan dengan jaringan internet yang cepat dan stabil.

    BalasHapus
  7. Jadi makin paham nih, apa sih itu fiber optik. Sering denger tapi kurang paham cara kerjanya. Emang keren ya IndiHome selalu berinovasi menggunakan teknologi tinggi untuk pelayanan ke konsumen. Engga akan pindah ke lain hati deh...

    BalasHapus
  8. Karena sudah menggunakan teknologi fiber optik makanya koneksi internet sekarang juga makin cepat ya. Jauh beda kualitasnya dengan zaman dulu kan

    BalasHapus
  9. Oh jadi karna ini ya internet jadi makin kencang hehe jujur baru tahu. Maklum yak selama ini pokoknya tahunya internet nggak lemot

    BalasHapus
  10. Pantas saja koneksi internet jaman now jadi makin stabil dan cepat ya. Dan IndiHome sudah menggunakan fiber optik jadi makin lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga kak, ternyata itu kuncinya.
      Kita bisa menikmati kemudahan jaringan internet yang memadainya jadinya

      Hapus
  11. Aku pernah baca teknologi fiber optik ini udah dipakai sama IndiHome dan ternyata ini yang bikin internet cepat

    BalasHapus
  12. oohh ini yang namanya fiber optik, baru ngeh wkwkw selama ini aku ya taunya pake fiber optic jadi lebih cepet aja udah koneksinyaa tanpa tahu fiber optic tuh kayak manaa

    BalasHapus
  13. Aku pakai wifi Indihome, kecepatan internetnya memang cenderung stabil. Beda dengan provider lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba cenderung stabil sih dan lebih cepat juga. Apalagi kalau streaming drakor no drama drama

      Hapus
  14. nah untung bgt ini di tempatku skrg indihomenya bisa ditaarikin fiber optik dgn bayar gitu. soalnya waktu kemaren ga ada yg pasang kan, ga bisa patungan. tp skrg makin banyak sih yg pake di daerahku sini

    BalasHapus
  15. Sambung kabel FO ini perlu alat khusus. Sepertinya susah dilakukan cara manual, jadi untuk memasang jaringan yg menggunakan kabel fiber pastinya menggunakan tenaga ahli. Beruntung IndiHome telah menggunakan kabel fiber untuk jaringan nya sehingga koneksi bisa lebih cepat

    BalasHapus
  16. Oh pantesan yaaa IndiHome karena pakai teknologi fiber optik, jadi memiliki jaringan terbaik di Indonesia. Penggunaan teknologi ini bikin pelanggan IndiHome nyaman karena dapat menikmati jaringan internet yang cepat dan stabil.

    BalasHapus
  17. Senang kalau IndiHome sudah pakai fiberoptik karena bisa menghalangi pencuri kabel gentayangan kalau malam
    Dulu kabel IndiHome sebelum fiber optik suka dicuri

    BalasHapus
  18. dengan adanya fiber optik ini internet makin cepat dan stabil ya, alhamdulillah udah gak sering gangguan :D

    BalasHapus
  19. Informasi baru dan bagus untuk memanfaatkan teknologi fiber optik terutama di bidang jaringan internet agar terjamin akses data yang lebih cepat dan stabil juga dapat meminimalkan risiko kehilangan data.

    BalasHapus
  20. jadi lebih stabil ya koneksinya kalau yang sudah pakai fiber optik.. memang juara sih IndiHome nih, aku langganan dari awal udah hampir 5 tahun gak pernah ada keluhan yang menyebalkan hehe

    BalasHapus
  21. Nah, Fiber Optik memang lebih sat set dan ringkas dibanding kabel tembaga yang kita tahu itu. Dan memang terbukti pada IndiHome ini yang memang menggunakan fiber optik ini sih

    BalasHapus
  22. Setelah menggunakan fiber optik memang terasa lebih cepat dan stabil internet Indihome di rumah saya ini. Padahal dulu, setiap cuaca buruk selalu eror dan sinyal ambyar

    BalasHapus
  23. Membangun Indonesia, Telkom gak hanya cari untung ya?
    Saya pernah baca pembangunan fiber optik hingga pelosok
    Gak heran hanya sinyal kuat dari IndiHome yang menjangkau hingga pelosok

    BalasHapus
  24. Jadii inget di tahun 2005 ketika kerja dapat lokasi di area Bojonegoro jawa timur bidang IT, disaat itu internetnya lambat sekali apalgi di unit2....

    Mulai 2006 ke 2007 proses menggunakan fiber optik diharapkan semua online terkoneksi satu sama lain dg cepat.

    BalasHapus
  25. ya ampun aku jadi inget bagaimana tim IndiHome datang kerumah terus malam2 cek fibernya ternyata ada yang terputus namun tim IndiHome kala itu gercep sehingga bisa diperbaiki dg cepat.

    Emang oke deh layanan IndiHome

    BalasHapus
  26. Fiber optik memang sangat membantu untuk kebutuhan kita sehari-hari, tidak hanya untuk kebutuhan internet pribadi bahkan bermanfaat sampai tingkat industri. Apalagi koneksi internet dari IndiHome tidak bisa di pungkiri, sangat cepat dan stabil

    BalasHapus
  27. Sebagai pelopor penggunaan fiber optic di indonesia, indihome telah membuktikan diri menjadi yang nomer satu. Emang bener sih, mutu itu nomer satu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul
      Sepakat banget karena dengan fiber optic jadi makin dipercaya profesionalitasnya

      Hapus
  28. Canggih banget ya fiber optik ini. Kualitasnya lebih baik dengan sistem keamanan yang juga lebih canggih. Gak heran jika sekarang banyak dimanfaatkan oleh berbagai fasilitas umum.

    BalasHapus
  29. Beruntung banget ada teknologi fiber optik ini, ya. Aku juga pake IndiHome, nih

    BalasHapus
  30. Koneksi jaringan dengan teknologi fiber optik membuat proses pertukaran data bisa berlangsung dengan cepat, koneksi internet jadi was wus. Pengguna pun pasti senang

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah, internet rumah juga udah pake fiber optic. Jadinya ngebut. Buat pekerja online kayak kita mah perlu banget deh internet cepat. Lemot dikit, udah deh ya cuan melayang. Hehehehe.

    BalasHapus
  32. Berkat jaringan fiber optik, kualitas internet IndiHome semakin baik dan semoga kedepannya akan semakin baik apalagi sekarang OTT IndiHome cukup lengkap, ngak perlu pusing mau nonton atau streaming film atau drama yang lagi tren.

    BalasHapus
  33. Berterima kasih kepada ilmuwan yg menemukan teknologi fiber optik. Sudah andil besar dalam memajukan kehidupan kita semua ya

    BalasHapus
  34. Layanan IndiHome yang sudah full fiber optik ke rumah saya memang terbilang handal sih. Jarang gangguan, akses pun cepat sesuai dengan konsepnya yang full fiber. Semoga kualitasnya terus bertahan bahkan lebih baik ya ke depannya.

    BalasHapus
  35. Fiber optic setahu saya tidak pernah terlepas dalam dunia teknologi. Apalagi seperti IndiHome ini industri teknologi berbasis jaringan, jadi keberadaan fiber optic dengan ketahanan bisa capai 25tahun bisa jadi peranai untuk mempercepat jaringan internet hingga ke pelosok.

    BalasHapus
  36. IndiHome sudah terpercaya menyoal Layanan Digital dengan Teknologi Fiber Optik ya. Menawarkan kecepatan yang tinggi dan mumpuni

    BalasHapus
  37. luar biasaaa ya mba.
    indihome memang terbaik
    inovasinya terdrpan

    BalasHapus
  38. Salut banget sama IndiHome yang menyediakan layanan digital dengan teknologi fiber optik terbaik di Indonesia. Dengan begini, semoga bisa memajukan berbagai lini yang ada di INdonesia.

    BalasHapus
  39. Layanan fiber optik dari IndiHome Telkom Indonesia ini sangat bermanfaat sekali. Kita jadi makin nyaman berinternet ria. Jaringan cepat akses tanpa batas

    BalasHapus
  40. Fiber optik ini yang menjadi pertimbangan utama suamiku pake indihome, bikin internetan cepat dan stabil

    BalasHapus
  41. Internet di rumah juga udah pakai fiber optik, Mbak. Jaringan Indihome jadi terasa lebih stabil dan cepat. Aktivitas online di rumah jadi makin lancar aja

    BalasHapus
  42. Memang, internet yang cepat dan stabil, sudah menjadi kebutuhan primer di era digital ini ya, Mbak. Soalnya semua aspek kehidupan membutuhkan internet.
    Setelah baca tulisan ini, saya makin paham dengan manfaat teknologi fiber optik.

    BalasHapus
  43. Oiya fiber optik bisa buat penerangan ya.. nggak cuma telekomunikasi aja..pantes sih IndiHome kenceng ternyata pakai fiber optik

    BalasHapus
  44. IndiHome dengan layanan internet cepat sudah dilengkapi teknologi fiber optik yang menjadikan layanan internet terbaik dalam kualitasnya

    BalasHapus
  45. IndiHome sudah pakai teknologi fiber optik makanya jadi was wus sat set, cepet internetnya, berselancar di dunia maya jadi menyenangkan kalau begini

    BalasHapus
  46. Wah terima kasih mbak jadi tahu manfaat positif jika jaringan diganti menjadi fiber optik, dan yang pasti bikin internetan makin lancar serta cepat. Internet cepat pastinya bikin semua pekerjaan jadi lancar.

    BalasHapus
  47. Pantesan makin cepet aja ya jaringannya indihome dan makin stabil

    BalasHapus
  48. Keren yaa, internet sekarang makin cepat karena teknologi nya pun makin canggih gini, pakai fiber optic 😍

    BalasHapus
  49. teknlogi fiber ini jadi semacam garansi untuk performa koneksi internet yang bagus, stabil dan kencang ya mbaa

    BalasHapus
  50. Dulu, gak kebayang banget dengan kemudahan informasi seperti zaman sekarang.
    Sekarang adanya teknologi fiber, seluruh informasi mudah didapat sekaligus memberikan banyak manfaat di bidang digital lainnya.

    BalasHapus
  51. makin siippp ya mba dgn kemajuan teknologi jaman now
    mempermudah hidup bangettt

    BalasHapus
  52. Bagus IndiHome bakal ada kemajuan dengan layanan yang maksimal. Internetan jadi lebih mudah dengan adanya Fiber Optik dari IndiHome.

    BalasHapus
  53. Banyak sekali ya manfaat dari teknologi fiber optik ini. Hampir merambah ke berbagai bidang. Pantesan pakai IndiHome internetnya cepat, soalnya pakai teknologi fiber optik

    BalasHapus
  54. Jaringan teknologi fiber optik ini kerasa banget sih manfaatnya. Apalagi buat perusahaan gitu. Butuh koneksi yang cepat tanpa gangguan. IndiHome saat ini masih jadi the best deh.

    BalasHapus
  55. Keren ya IndiHome sudah pakai teknologi fiber optik. Gak heran kalau internetnya kenceng banget. Stabil lagi. Teknologinya aja keren begini

    BalasHapus
  56. Indihome berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggannya ditengah persaingan provider layanan internet lain.

    Bagus sih karena kebutuhan internet saat ini sudah spt kebutuhan pokok kalau gangguan aja rasanya BT apalagi disaat kerja butuh kecepatan internet yg tinggi

    BalasHapus
  57. Fiber optic bikin layanan internet jarang gangguan dan kecepatannya juga makin wus wus yaa. Di lingkungan rumahku juga jaringan internet khususnya IndiHome udah makai fiber optic ini.

    BalasHapus
  58. Teknologi internet sekarang memang semakin maju yaa dan tentunya semakin membantu di berbagai lini kehidupan

    BalasHapus
  59. Keren banget ya IndiHome sebagai bentuk inovasinya sudah menggunakan fiber optik untuk layanan internetnya sehingga koneksinya sangat cepat dan bisa menjangkau sampai ke pelosok

    BalasHapus
  60. Pertama kali melihat kabel fiber optic, aku kaget. "Kok kabelnya kecil banget, Pak?" Kataku kepada teknisi IndiHome yang melakukan instalasi di rumahku. Lalu bapaknya menjelaskan bahwa itu namanya kabel fiber optic. Terus aku jadi merhatiin selama proses instalasi. Ada alatnya yang canggih gitu. Aku bilang "Wih, keren Pak, seperti di film mission impossible". Hahaha.

    BalasHapus
  61. nah teknologi fiber optik aman segala cuaca ya mba jadi ga khawatir kalau cuaca buruk interneta bisa lancar

    BalasHapus
  62. Saya baru-baru nih menikmati layanan konektivitas internet dengan fiber optik yang ditawarkan IndiHome. Memuaskan sih karena jaringannya emang stabil dan cepat

    BalasHapus
  63. Indihome semakin berbenah ya mak sekarang. Concern untuk menghadirkan layanan internet yang stabil dan cepat dengan harga terjangkau

    BalasHapus
  64. Aku juga pake indihome dengan teknologi fiber ini dooong. Berasa koneksi dan jaringan lebih cepet dan lebih aman jugaaa

    BalasHapus