Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cek Kesehatan Murah dan Cepat di Labkesda Surabaya

 

Cek Kesehatan Murah dan Cepat di Labkesda Surabaya


Halo, teman deestories.. 

Apa kabar? 

Semoga selalu sehat, ya! 


Bagaimana libur lebarannya? Sudah mulai beraktivitas secara normal kah? 


Saya sengaja melakukan cek kesehatan pascalebaran. Biar tahu bagaimana kondisi kesehatan, apakah kolesterol dan gula darah aman setelah menyantap berbagai hidangan lebaran, hehe. 


Saya melakukan cek kesehatan di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) Surabaya. 


Yuk, simak pengalaman saya melakukan cek kesehatan di Labkesda Surabaya. 



Pentingnya Cek Kesehatan


Melakukan cek kesehatan secara rutin itu penting, lho. Cek kesehatan bertujuan untuk mengetahui status kesehatan secara menyeluruh. Pemeriksaan ini dianjurkan untuk dilakukan setidaknya satu kali dalam setahun, guna mengantisipasi masalah kesehatan yang dapat. 


Baca Juga : 5 Alasan Pentingnya Screening untuk Kesehatan


Cek kesehatan adalah cara yang baik untuk memeriksa kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah. Kadar ketiganya sering kali tinggi tanpa kita sadari, atau muncul gejala.


Dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin, kita dapat mengobati kondisi ini sebelum menjadi parah.


Jenis Cek Kesehatan


Sebenarnya ada beragam jenis cek kesehatan, teman-teman bisa pilih sesuai kebutuhan. 


Berikut jenis-jenis cek kesehatan. 



1. Pemeriksaan fungsi jantung (Ekokardiografi/EKG)


Ekokardiografi (EKG) merupakan salah satu pemeriksaan yang biasa kamu lakukan saat MCU. Tujuannya adalah untuk memeriksa kondisi, struktur, dan fungsi jantung. 


2. Pemeriksaan radiologi


Tes ini akan menggunakan sinar X dan bertujuan untuk memeriksa adanya penyakit lewat foto atau gambar. Beberapa penyakit yang bisa terdeteksi melalui pemeriksaan ini adalah kanker, tumor, penyakit jantung, stroke, kelainan paru, serta gangguan tulang dan sendi.


3. Pemeriksaan laboratorium


Ada beberapa jenis tes yang bisa dilakukan dalam pemeriksaan laboratorium, yaitu:


  • Pemeriksaan hematologi. Untuk mengetahui kualitas dan kuantitas dari sel darah merah, sel putih, trombosit, dan hal-hal lain seputar darah.


  • Pemeriksaan urine. Untuk memeriksa warna, pH, protein/albumin, gula, bilirubin, dan darah.

Pemeriksaan feses. Dilakukan dengan memeriksa warna dan konsistensi feses atau tinja.


Baca Juga : SADARI Ancaman Kanker Payudara tanpa Menunggu Gejala


4. Cek kolesterol


Cek kolesterol juga termasuk salah satu pemeriksaan penting dalam medical check up. Sebab, kolesterol tinggi dapat memicu berbagai masalah serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol berada dalam ambang normal jika di bawah 200 mg/dL. 



5. Tes kadar gula darah


Tes kadar gula darah biasanya akan berlangsung setelah berpuasa minimal 8 jam sebelumnya. Kadar gula darah normal adalah 70-100 mg/dL. Jika kadarnya 100-125 mg/dL, berarti kita berada pada kondisi pradiabetes. Sementara itu, jika kadar gula darah lebih dari 126 mg/dL, artinya mengidap diabetes.


6. Pemeriksaan fungsi hati


Pemeriksaan ini akan kamu lakukan dengan mengecek kadar enzim dan protein dari sampel darahmu. Ini penting untuk mendeteksi dan memantau perkembangan penyakit liver, menilai efektivitas dan memantau efek samping pengobatan, serta memeriksa seberapa parah kerusakan hati


7. Pemeriksaan fungsi ginjal


Berikut ini beberapa jenis tes untuk memeriksa fungsi ginjal:


  • Ureum atau blood urea nitrogen (BUN). Untuk menentukan kadar urea nitrogen dalam darah. Ini adalah sisa zat metabolisme protein.

  • Tes urine. Untuk mendeteksi adanya protein atau darah dalam urine. 

  • Laju filtrasi glomerulus. Untuk melihat kemampuan ginjal dalam menyaring zat sisa metabolisme dalam tubuh.

  • Kreatinin darah. Untuk menentukan kadar kreatinin dalam darah. Kreatinin adalah zat sisa hasil pemecahan otot yang akan tubuh dibuang melalui ginjal.


Labkesda Surabaya
 
Cek Kesehatan Murah dan Cepat di Labkesda Surabaya


Labkesda ini diresmikan pada tahun 2020 lalu. Awalnya digunakan untuk layanan tes SWAB gratis bagi warga kota Surabaya saat terjadinya pandemi COVID-19. 


Jenis cek kesehatan di Labkesda Surabaya


Saya datang pukul 8 pagi. Oh ya, sebelumnya saya sudah berpuasa dulu selama 12 jam. Pertama datang saya diminta mengisi formulir data diri dan cek apa saja yang akan dilakukan. 


Cek kesehatan murah dan cepat



Kalau untuk jenis cek kesehatan di Labkesda Surabaya ini sudah cukup lengkap. Labkesda melayani berbagai jenis cek kesehatan. 


Laboratorium Medis

  • Hematologi : Darah Lengkap (DL), Laju Endap Darah (LED).

  • Kimia Klinik : Gula Puasa, Kolesterol, Trigliserida, HDL, LDL, Kreatinin, BUN, Asam urat, SGOT, SGPT, Total Protein, Albumin, Bilirubin, HbA 1c.

  • Mikrobiologi klinik : Rektal Swab

  • Parasitologi klinik : Malaria

  • Imuno serologi klinik : HBsAg, Anti HBs, VDRL, TPHA, GO, BTA/TBC, Anti HIV, Widal, Darah, Plano Test (tes kehamilan).

  • Bakteriologi

  • ECG

  • Narkoba dan Toksikologi

  • Urinalisa : Urine Lengkap, Sedimen Urine, Trichomonas.

  • Crosscecker sediaan TBC


Labkesda Surabaya



Laboratorium Kesehatan Lingkungan

  • Kimia / Fisika Air

  • Kimia Makanan dan Minuman

  • Kimia Limbah

  • Mikrobiologi Air Dan Limbah

  • Mikrobiologi Makanan dan Minuman

  • Usap Alat

  • Udara Ruang


Baca Juga : Daftar Puskesmas Surabaya Secara Online


Laboratorium PCR / BSL-2

  • Pemeriksaan PCR (COVID-19)

  • Pemeriksaan TCM (COVID-19)

  • Mobile PCR


Labkesda Surabaya



Jam layanan Labkesda Surabaya


Pelayanan Pagi Hari

-Senin – Kamis : 07.30 – 14.30

-Jumat : 07.30 – 11.30

-Sabtu : 07.30 – 13.00


Harga cek kesehatan di Labkesda Surabaya


Biaya cek kesehatan di Labkesda Surabaya

Jenis layanan cek kesehatan di Labkesda Surabaya

Manfaat cek kesehatan



Lokasi Labkesda Surabaya


Labkesda Surabaya ini terletak di Jalan Gayungsari Barat no 124 A, Surabaya. Letaknya bersebelahan dengan Puskesmas Gayungan. 


Pengalaman Cek Kesehatan di Labkesda Surabaya


Kemarin saya melakukan cek kesehatan di Labkesda Surabaya. Sebelumnya, saya bertanya beberapa prosedur sebelum cek lewat akun Instagram @labkesdasby.



Cek Kesehatan Murah dan Cepat di Labkesda Surabaya


Petugas sosial media Labkesda ini ramah dan responsif, lho. Memberikan informasi jenis cek kesehatan beserta harganya. Saya juga diberitahu agar berpuasa dulu selama 12 jam sebelum cek. 


Saya datang jam 8 pagi. Saat datang, saya ke loket pendaftaran. Mengisi data diri dan memilih jenis cek kesehatan. 


Saya memilih Paket Lengkap 1, total biayanya Rp. 220.500.


Proses cek juga cepat. Hasil cek keluar hari itu juga. Hasil cek kesehatan saya keluar pukul 14.00 WIB. Setelah hasil keluar, saya pun bisa berkonsultasi dengan dokter. 


Baca Juga : Aku Sakit Radang Kelenjar Getah Bening


Cek kesehatan di Labkesda Surabaya ini cepat dan murah. Sangat membantu warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya dengan biaya terjangkau. 


Teman-teman yang tinggal di Surabaya, boleh juga mencoba cek kesehatan di Labkesda ini. 


Demikian cerita tentang pengalaman cek kesehatan di Labkesda Surabaya. Apakah teman-teman juga pernah cek kesehatan di sini? 




23 komentar

  1. jadi pingin pindah ke Surabaya, heheheh. Paket 1 di kisaran Rp 200K itu terjangkau buat akuh... Selalu maju mundur kl mau cek kesehatan. Takut sama hasilnya sm bayarnya, padahal ini penting ya buat kontrol kesehatan kita.

    BalasHapus
  2. Wah mva, makasiii sekali informasinya. Baruuu aja kemarin saya cek kesehatan di lab swasta, ternyata pemkot Surabaya punya layanan kesehatan ini. Tfs Mba ... aku share berita baik ini, ke manaa aja cobak diriku haja

    BalasHapus
  3. Sudah banyak labkesda di daerah, beberapa sudah bagus pelayanannya

    BalasHapus
  4. orang Surabaya wajib simpan info ini, mana tahu butuh nantinya ya, lengkap juga layanannya jadi bisa ajdi pilihan juga

    BalasHapus
  5. Belum, Mbak. Karena say agak tinggal di Surabaya. Tapi, seneng ya kalau pelayanan kesehatan tuh ramah dan cepat. Jadi kitanya juga tenang saat cek kesehatan

    BalasHapus
  6. Wah lumayan terjangkau tuh mbak, harga paket 1 cuma 200an. Aku pernah antar suami mau cek standar di laboratorium klinik warna kuning, untung sebelum tes aku tanya biaya dan ternyata pas dihitung habis sekitar 1,4 jt walhasil mundur balik kanan menuju RSUD deh

    BalasHapus
  7. cukup terjangkau ya mba dan keluar hasilnya cepat, asyik banget. Ini berarti hari minggu tutup ya. Tapi masih ada sabtu untuk yg bisa di weekend. Labkesda di sini ada nggak yaaa, aku belum pernah dengar nih di daerah rumah aku

    BalasHapus
  8. Ini murah lho dibandingkan cek kesehatan di lab sebelah. Mana cepat pula prosesnya. Labkesda bisa jadi jujugan untuk cek kesehatan di Surabaya nih ,

    BalasHapus
  9. Wah, lengkap ya pelayanan kesehatan di Labkesda Surabaya ini. Dengan kocek 200 ribuan aja dan seterusnya, kita sudah bisa melakukan cek kesehatan sesuai kebutuhan dan pilihan. Sempat lewatin Surabaya aku tuh pas road trip kemarin hehehe. Cuaca super hot ga kuat deh di luar mobil wkwkwkwk.

    BalasHapus
  10. Seandainya tinggal di Surabaya aku pasti datang ke Labkesda Surabaya harganya terjangkau ya dan hasilnya cepat. Aku 3 bulan sekali cek kolesterol, gula dan asam urat.

    BalasHapus
  11. Sekarang cek eksehatan semakin mudah ya. Apalagi kalau pada resposif juga petugasnya. Jadi makin nyaman. Paket medical check up di Labkesda ini juga ramah banget di kantong. Bisa deh jadi rekomendasi.

    BalasHapus
  12. Cek kesehatan itu memang penting, ya. Biar kita tahu kondisi badan gimana, dan jadi tahu apa yang harus kita lakukan kalau ada gejala penyakit tertentu. Sehingga sedini mungkin bisa teratasi.

    BalasHapus
  13. Daripada penanganan terlambat,hayukk bener medical check up. Paling gak jika memang ada sesuatu di tubuh kita,kita jadi tau dan bisa lebih siap ancang-ancang dan lebih berkualitas lagi jaga kesehatannya. Kusave ah kalau ke sby ;)

    BalasHapus
  14. Wow paket lengkap hanya 220 ribu kayanya murah deh harga segini, bagus mencegah daripada mengobati

    BalasHapus
  15. Seneng banget ada Labkesda Surabaya yang bantu cek kesehatan. Setidaknya untuk beberapa kesehatan yang memang (mungkin) gak terasa sakit. Tapi semoga nothing serious ya.. Dee.

    Sehat selalu untuk Dian sekeluarga.

    BalasHapus
  16. Jadii dingatkan nih aku lama gak general cek up jd pengen apalagi usia tak lagi mudaa....cek kesehatan itu penting ya mak

    BalasHapus
  17. wah saya pikir jutaan mbak buat tes kesehatan lengkapnya ternyata malah 200 ribuan. terbilang murah ya itu, mbak. aku biasanya ada sih dari kantor tes kesehatan ini tapi terakhir 2 tahun yang lalu tes kesehatannya

    BalasHapus
  18. Wah cukup terjangkau ya Mbak biayanya. Btw ini khusus melayani warga Surabaya (ber-KTP Surabaya) atau bisa dari luar Surabaya, ya?

    BalasHapus
  19. Sekarang cek kesehatan lebih mudah ya, dan harganyapun terjangkau, apalagi 200rb sudah tes kesehatan lengkap.

    BalasHapus
  20. Cek kesehatan zaman now lebih mudah banget yah, biayanya juga terjangkau tidak bikin kantong bolong

    BalasHapus
  21. Wah lengkap ya layanannya. Bisa one stop medical check up jadinya di sana. Huhu jadi keingetan kepengen bisa total MCU. Tapinya ngeri-ngeri sedap. Antara kepengen tahu kondisi badan sendiri, sama takut tiba-tiba ada sesuatu yang salah. Heuheu, jadinya berusaha semaksimal mungkin untuk hidup sehat. Walopun sering juga cheating. :D

    BalasHapus
  22. ini terhitung terjangkau nih mbak untuk cek kesehatan. bisa nih jadi andalan saat ultah untuk cek kesehatan mandiri di sini

    BalasHapus
  23. Harganya terhitung terjangkau ya Mak, akutuh kalau cek kesehatan suka takut. Padahal penting banget sih...

    BalasHapus