Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Rakornas SDM Industri 2023 : Optimis Menuju Indonesia Maju

 

Rakornas SDM Industri 2023



Rakornas SDM Industri 2023 digelar pada tanggal 26 - 28 Juli 2023 di Tunjungan Ballroom lantai 3 Hotel Double Tree by Hilton Surabaya. Rakornas ini diprakarsai oleh BPSDMI (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri). Acara ini dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Guwimang dan dihadiri oleh semua satuan kerja di seluruh Indonesia, mitra kerja, dan undangan lainnya yang berkaitan dengan SDM industri. Acara ini menjadi momentum kolaborasi Kemenperin (Kementerian Perindustrian) dengan stakeholders yang ada dalam mencetak SDM Industri 4.0 untuk mendorong Indonesia menjadi negara industri tangguh pada tahun 2035.


Pameran Pendidikan dan Pelatihan Vokasi


Pameran Pelatihan Vokasi


Acara Rakornas SDM Industri 2023 juga dimeriahkan dengan pameran pendidikan dan pelatihan vokasi. Ada 38 booth dan dimeriahkan oleh 29 satker BPSDMI, 11 Politeknik, 2 Akademi Komunitas, 9 SMK, dan 7 BDI (Badan Diklat Industri). 


Pameran ini memberikan pengetahuan baru bagi saya. Demi mendukung penyediaan SDM Industri yang kompeten, Kemenperin telah menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana yang mendukung melalui : 

  • 11 Politeknik

  • 2 Akademi Komunitas

  • 9 SMK Industri

  • 7 Balai Diklat Industri


BPSDMI



Saat berjalan-jalan ke booth Politeknik STMI Jakarta, saya jadi tahu bawah politeknik ini di bawah naungan langsung Kemenperin. Lulusannya banyak yang langsung dipakai di dunia industri. Sebelum lulus sudah dibekali pengalaman magang di mitra industri. Saya pun berkesempatan untuk mengikuti games berhadiah. 


SDM INDUSTRI


Tak hanya mengunjungi booth Politeknik, saya juga berkeliling di beberapa booth SMK Industri. Salah satunya, SMK SMAK Padang. Tak hanya melakukan pembelajaran teori dan praktik di sekolah, SMAK Padang juga memberikan kesempatan magang bagi siswa-siswanya untuk magang di industri, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 


Produk industri dari SMAK Padang antara lain pupuk cair organik, hand soap, hand sanitizer, dan sabun cuci piring. 


Smk SMAK Padang


BDI adalah badan diklat industri yang khusus mencetak SDM industri. Tak hanya memberikan pelatihan saja, BDI juga memberikan sertifikasi pada setiap lulusannya. Hal ini bisa menjadi bekal bagi setiap lulusan BDI untuk masuk ke dunia industri. 


Pembukaan Rakornas SDM Industri 2023


Setiap tahunnya, Kemenperin menggelar Rakornas SDM Industri. Rakornas ini menjadi bukti keseriusan Kemenperin berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam melakukan pembangunan industri di Indonesia. 


Tema tahun ini adalah SDM Industri 4.0 : Kompeten dan Berdaya Saing Global. Tak bisa dipungkiri saat ini kita berada di era industri 4.0 dimana persaingan global semakin terasa. Maka, sudah selayaknya jika SDM Indonesia memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global. 


Rakornas SDM Industri


Acara Rakornas ini juga diisi dengan penandatanganan MoU antara PT. Mayora, PT. Petrokimia Gresik, dan PT. Denso sebagai mitra industri dan BPSDMI yang diwakili oleh kepala BPSDMI, bapak Masrokhan. Selain itu juga ada penyerahan hibah dari PT. Petrokimia Gresik dan Konsulat Jenderal Amerika. 


BPSDMI


BPSDMI juga memberikan penghargaan kepada satuan kerja dan mitra-mitra terbaiknya. Politeknik terbaik diraih oleh Politeknik STTT Bandung, SMK terbaik diraih oleh SMK AK Padang,  BDI terbaik diraih oleh BDI Yogyakarta, dan mitra-mitra industri terbaik diraih oleh PT. Sumber Masanda Jaya, PT. Winners Indonesia, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT. Indonesia Morowali Industri Park, PT. Mayora Indah, dan PT. Sri Rejeki Isman. 


Penghargaan kepada satuan kerja terbaik

Di acara ini juga, Menperin meresmikan dua gedung pendidikan SMK SMAK Bogor dan Politeknik Industri Petrokimia Banten. 


Menperin RI : Optimis Dorong Indonesia Menjadi Negara Industri Tangguh 2035


Agus Guwimang


Setelah berkeliling booth pameran, Menperin RI Agus Guwimang, memberikan sambutannya untuk membuka acara Rakornas ini. 



Dalam sambutannya, Pak Menteri menyampaikan bahwa pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian adalah salah satu upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri tangguh pada 2035 nanti. Di mana negara industri tangguh yang bercirikan struktur industri nasional yang kuat, berdaya saing global, serta berbasis inovasi dan teknologi. 


Upaya Kemenperin dalam mencetak SDM Industri 4.0 dilakukan melalui BPSDMI dan satuan kerjanya. Selain itu, juga ada Pusat Industri Digital (PIDI) 4.0 yang bertugas melakukan transformasi digital dunia industri. 


Kemenperin menjamin bahwa pendidikan vokasi yang berada dibawah naungannya, baik itu SMK Industri, Politeknik, maupun Badan Diklat Industri, 100% diserap oleh dunia industri. Lulusan pendidikan vokasi inilah yang menjadi ujung tombak Indonesia menjadi negara industri tangguh 2035. 


Bila teman-teman ingin mengetahui lebih banyak tentang pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kemenperin, jangan lupa hadir di acara ini. Hari ini hari terakhir, jadi jangan sampai ketinggalan, ya. 

17 komentar

  1. Suka nih kalau ada program bagus untuk meningkatkan SDM. Semoga berhasil dan berjalan lancar, ya

    BalasHapus
  2. Rakornas SDM Industri 2023 pastinya memberi dampak positif untuk meningkat Sumber Daya Manusia yang siang bersaing dan mengembangkan industri-industri di Indonesia ya, Mbak. Apalagi bagusnya, dirangkai juga dengan pameran. Anak-anak muda pun bisa mulai melirik-lirik sekolah mana yang akan mereka masuki untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia industri.

    BalasHapus
  3. Wahhh meriah banget ya acara Rakornas SDM Industri 2023 ini. Produk industry SMAK Padang juga keren tuh kalua bisa dikembangkan dan dijual lebih luas. Emang bene rya Pendidikan vokasi salah satu upaya menjadukan Indonesia sebagai negeri industry Tangguh ke depannya.

    BalasHapus
  4. Keren ya Kementerian Perindustrian, sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar, seperti Mayora dan Semen Gresik. Semoga ke depan bisa bekerjasama dengan lebih banyak perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  5. Dukung Pak Menteri, karena peluang kita di industri tangguh masih besar. Harus optimis dalam mewujudkannya

    BalasHapus
  6. infrastruktur dan sarana prasarana yang mendukung suksesnya Indonesia menjadi negara industri tangguh pada tahun 2035 sepertinya sudah sangat bagus ya. Mulai dari SMK Industri, Politeknik dan Akademi Komunitas sampai Balai Diklat Industri. Semua tersedia dengan lengkap.

    BalasHapus
  7. programnya keren nih. ada yang bilang kalo sekarang udah otw ke industri 5.0. jadi nggak cuma teknologi, tapi kombinasi dari teknologi dan manusia. emang penting banget buat pendidikan ngikutin perkembangan zaman terlebih lagi anak muda. semoga programnya makin sukses

    BalasHapus
  8. Dunia kerja di Indonesia masa kini memang membutuhkan keahlian yang siap pakai sehingga pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kemenperin ini bisa memenuhi kelayakan para pencari kerja.

    BalasHapus
  9. Kita memang kudu optimis Indonesia Maju. Didukung dari SMA/SMK yang kian berinovasi dan mendapatkan pelatihan/magang di dalam/luar negeri. Ini bekal banget sih biar mereka paham gmana dunia industri, nantinya bisa langsung beradaptadi dengan baik dan memberikan inovasi yang bagus.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah. Sempat foto bareng pak mentri kah?

    Keren sekali acara rakornasnya dan ada pameran pendidikan juga. Sangat bermanfaat bagi ortu yg ingin menyekolahkan anaknya ke tingkat lebih lanjut.

    BalasHapus
  11. Makin semangat ya sekolah di SMK kalau terjamin dapat kerja, seperti yang di bawah Kemenperin ini. Apalagi kalau bidang kerjanya sesuai dengan bidang yang dipelajari di sekolah.

    BalasHapus
  12. Seneng ya mbak...meski singkat tapi wawasan yang didapat banyak. Harapan dan optimisme ini perlu disebarluaskan biar banyak ikut mendukung Indonesia menjadi negara industri tangguh

    BalasHapus
  13. Ini adalah harapan dan optimisme dalam industri Indonesia sih menurutku. Harus didukung serta disebarluaskan agar banyak yang tahu dan paham soal ini

    BalasHapus
  14. Anak lulusan SMK skrg udh siap banget di industri lokal ya kak. Mereka udh bs bikin produk yg mampu berdaya saing.

    Asal dapat bimbingan tepat dr instansi tsrkajg serta dukungan marketing dan modal, bkn tdk mgkn mereka akan mampu memperluas hsahanya serta menciltakan lapangan kerja.

    BalasHapus
  15. Rakornas SDM Industri oke banget nih. Karena memang SDM di Indonesia harus bener² dicari tau kemampuannya supaya bisa bersaing di dunia kerja.

    BalasHapus
  16. Adanya Rakornas SDM Industri 2023 sebagai upaya peningkatan masa depan industri Indonesia yang lebih baik dan dengan SDM yang berkualitas. Ah, jadi optimis banget dan penasaran juga, semaju apa nanti Indonesia

    BalasHapus
  17. Wah aku juga jadi tahu info kalau Politeknik STMI Jakarta di bawah naungan Kemenperin dari kakak nih. Semoga niat baiknya Kemenperin untuk SMK Vokasi dan Politekniknya berjalan lancar supaya banyak anak2 negeri yang lebih mudah mendapatkan pendidikan dan juga mduah bekerja setelah lulus

    BalasHapus