Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Jago Public Speaking Berkat GreatNusa

 



Kursus online


Jago Public Speaking Berkat GreatNusa akan menjadi cerita saya hari ini. Hampir 6 tahun terakhir ini saya menekuni profesi sebagai blogger. Kecintaan saya terhadap dunia kepenulisan membuat saya memilih berkarir sebagai blogger usai resign dari kantor. 


Ternyata dalam perjalanannya, menjadi blogger itu tidak hanya butuh skill menulis saja. Ada beberapa skill lain yang wajib dikuasai blogger. Salah satunya kemampuan public speaking. 


Saya kira seorang blogger untuk cukup berkomunikasi lewat tulisan saja. Nyatanya blogger juga harus bisa terampil berkomunikasi secara lisan. Blogger harus bisa berbicara di depan umum. 


Mengapa blogger perlu memiliki kemampuan public speaking? Apa manfaatnya kemampuan public speaking ini untuk blogger? Bagaimana caranya agar bisa jago public speaking? 


Semua itu akan saya coba ceritakan hari ini, ya! Jadi, teman-teman bisa stay tune sampai akhir, ya :) 


Public Speaking


Kursus online




Sebelum membahas mengapa blogger juga harus jago public, kita bahas sebentar tentang public speaking ya. 


Melansir laman ThoughtCo, public speaking adalah sebuah seni berpidato, di mana pembicara berkomunikasi dengan audiensnya melalui presentasi lisan.


Kalau, menurut Cleverism, ia dapat dianggap sebagai skill yang bisa digunakan untuk membangun keterlibatan atau relasi dengan audiens saat berkomunikasi di depan umum.


Kemampuan public speaking ini sangat dibutuhkan dalam dunia professional, lho. Kalau kita bisa berbicara di depan umum dengan percaya diri, tentu kita lebih terlihat professional. 


Sayangnya, kebanyakan dari kita akan merasa takut dan gugup jika diminta berbicara di depan umum. Apalagi bagi saya yang sehari-hari lebih banyak mencurahkan kata-kata melalui tulisan. Terkadang saya merasakan kegugupan yang luar biasa jika harus berbicara di depan, apalagi di tengah-tengah orang-orang baru yang belum saya kenal sebelumnya. 


Pentingnya Kemampuan Public Speaking Bagi Blogger


Faktanya ada banyak kegiatan blogging yang mengharuskan saya untuk bisa berbicara di depan umum. Misalnya, jika ada acara event offline, tentu saya harus bertemu banyak orang. Saya harus bisa berinteraksi dengan semua orang yang hadir. Belum lagi jika memang ada acara diskusi interaktif yang melibatkan klien, sudah pasti saya harus menampilkan performa yang baik. 


Baca Juga : Bangga Jadi Blogger, Sebuah Catatan dan Harapan


Atau saat pandemi kemarin, banyak juga event online seperti Instagram Live maupun Webinar yang membuat saya harus berbicara di depan umum. Beberapa kali bahkan saya juga menjadi narasumber dari event online. Pastinya saya harus bisa berkomunikasi dengan baik di hadapan peserta. 


Tak hanya itu, nyatanya kemampuan public speaking ini juga bisa memberikan banyak peluang baru bagi saya. Mulai dari menjadi podcaster, siaran radio, hingga diundang stasiun televisi. 


Portal pembelajaran online



Kalau saya tidak memiliki kemampuan public speaking yang baik, tentu saya akan melewatkan semua peluang yang ada. Sayang sekali, bukan? 


Belajar Public Speaking di GreatNusa


Saya tidak menyerah. Perasaan gugup untuk berbicara di depan umum ini harus saya atasi. Saya ingin mengasah kemampuan public speaking. 


Beruntung banget hidup di era digital seperti ini, mau belajar apa saja jadi mudah dilakukan tanpa harus keluar rumah. Saya pun menemukan portal pembelajaran online yang bisa membantu saya mengasah kemampuan public speaking. 


GreatNusa adalah portal pembelajaran online yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses materi tanpa batasan waktu dan tempat. GreatNusa menawarkan berbagai jenis course dan webinar untuk mendorong kemampuan public speaking. Berbekal cara public speaking yang dikemas secara ringkas dan berkualitas, kita bisa tumbuh sebagai seorang pembicara yang baik. 


Jago Public Speaking Berkat GreatNusa


Saya pun mengikuti kursus public speaking di GreatNusa. Kursus public speaking ini termasuk kursus best seller di GreatNusa. Diampu oleh Ferane Aristrivani Sofian, S.I.Kom, M.I.Kom, kurus ini bisa diakses selama setahun. 


Kursus public speaking


Kursus ini ditujukan untuk peserta yang ingin mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berbicara di hadapan banyak orang, berdiskusi saat rapat dan memimpin forum. Dalam kursus ini akan dibahas pengertian, tujuan, dan manfaat public speaking, tips dan trik bagaimana meningkatkan kepercayaan diri, bagaimana membangun komunikasi yang baik, dan bagaimana komunikasi itu menjadi kunci utama dalam kehidupan profesional maupun kehidupan sehari-hari. 


Materi ini dibawakan dengan semi formal sehingga akan membuat kita bisa menikmati setiap bagian dari kursus di dalamnya. Kursus ini sangat direkomendasikan untuk mahasiswa, fresh graduate, dan karyawan yang sedang belajar dan mengembangkan karir profesionalnya.


Melalui kursus ini kita bisa jago public speaking. Tak akan lagi gugup dan takut untuk berbicara di depan umum. 


Penutup


Mengasah kemampuan public speaking itu penting. Tak hanya meningkatkan profesionalitas yang dimiliki saja, tetapi juga memberikan kita kesempatan bertemu banyak peluang baru. 


Baca Juga : Ini Dia 4 Peluang Peluang Penghasilan dari Blog yang Bikin Kamu Makin Semangat Ngeblog!


Kalau teman-teman ingin jago public speaking, jangan lupa mendaftar kelasnya di GreatNusa. Atau jika ingin tahu jenis kursus kepemimpinan lainnya, teman-teman bisa dapatkan juga di GreatNusa. 


Semoga cerita hari ini bermanfaat, ya. Jadilah insan yang tak kenal lelah untuk belajar hal baru dan berani mengambil peluang yang ada di depan mata. 


Semangat :) 






35 komentar

  1. Auto meluncur nih ke GreatNusa agar bisa juga public speaking, biar jago juga seperti kak Dian.
    Seorang blogger ternyata gak cukup hanya bisa menulis ya, tapi kudu bisa menyampaikan ide secara langsung.

    BalasHapus
  2. Rp189.000 untuk materi komplit tentang public speaking selama setahun ya, Mbak? Atau bakal ada biaya lain-lain lagi? Boleh dicoba nih, karena jadi blogger jangan cuma jago nulis, tapi juga harus jago public speaking, hehe..

    BalasHapus
  3. bisa jadi referensi buat saiap saja yang ingin belajar public speaking ya, apalagi zaman sekarang semua sosmed kayaknya memang menuntut kita untuk jago ngomong dan GreatNusa bisa jadi solusinya untuk yang ingin belajar

    BalasHapus
  4. Betul sekali, meski blogger kerap menyampaikan ide lewat tulisan, tapi makin ke sini, saya juga makin merasakan jika sebagai blogger harus jago public speaking. Kapan-kapan, kalau mau ikutan kelas public speaking saya nggak usah bingung lagi nih Kak, tinggal meluncur ke Great Nusa. Terima kasih infonya ya Kak. 🙏

    BalasHapus
  5. Ini belajarnya bisa secara online ya kak?
    Bener nih, sebagai blogger perlu juga ilmu public speaking.
    jadi bisa menulis, bisa juga menyuarakan secara langsung depan publik ya

    BalasHapus
  6. Belajar public speaking dimulai saat sekolah, disuruh presentasi kelompok, nah kalau sekarang sih jadi blogger harus bisa public speaking siapa tau nanti ditunjuk jadi pembicara

    BalasHapus
  7. akses kursusnya sepanjang 12 bulan ya pas banget jadi selepas sesi kursus nantinya bisa lebih terlatih lagi public speaking-nya. Rasanya, apapun itu ranah pekerjaan yang dijalani, bisa berkomunikasi di hadapan publik begini memang nilai lebih deh, Mba.

    BalasHapus
  8. Keterampilan public speaking di masa sekarang ini sangat penting. Tak cuma untuk jadi pembicara atau mau berkarir secara khusus di bidang public speaking, tapi untuk mempresentasikan pekerjaan saja juga butuh skill yang satu ini.

    BalasHapus
  9. punya kemampuan public speaking ini memang penting banget yaa, salah satu keterampilan wajib yg dibutuhkan bagi yang mau sukses. Belajarnya bisa di GreatNusa yaa kak, mau coba explore ah

    BalasHapus
  10. Keren sekalii.. Dian.
    Rasanya memang public speaking ini patut dipelajari sii.. karena bukan hanya kebutuhan ketika untuk tampil di hadapan publik, tapi juga kepentingan berkomunikasi sehari-hari. Memang urgensinya jadi gak sepenting ketika ada kebutuhan tampil di depan publik sih ya..

    BalasHapus
  11. GreatNusa bener2 platform belajar yg oke banget ya, bisa bikin kita makin produktif dan belajar banyak hal. Salut banget!

    BalasHapus
  12. Blogger jaman now emang gak cukup bisa nulis atau ngetik aja, tapi kudu bisa paket komplit ya. Termasuk bisa bicara di depan umum seperti itu

    BalasHapus
  13. Public speaking jd salah satu keahlian yg hrs dikuasai kini. Scr tdk lgsg public speaking emg diperlukan di berbagai hal. Bahkan buat wirausaha sekalipun. Dan diri sendiri sekalipun.

    Soalnya dgn speaking yg bgs, kita bs meyakinkan org lain utk bs percaya dgn kita. Dan komunikasi bs lancar dgn org lain.

    BalasHapus
  14. Wahh public speaking pun disediakan di GreatNusa yaa? Kalau aku kmrn tuh kursus public speaking pernah nanya2, offline, mahal banget ituuu

    BalasHapus
  15. Asik yaa sekarang tuh ada platform belajar online, Dan banyak kursus yang bisa kita ambil, jadi belajar Dan upskilling atau pun reskilling udah ga jadi hambatan besar

    BalasHapus
  16. Mantap, nih. Bisa belajar banyak hal di GreatNusa termasuk public speaking. Udah enggak ada alasan lagi ga bisa ini-itu, ya. Karena, jalannya udah ada.

    BalasHapus
  17. keren ini greatnusa ya mba, saya belum pernah coba ambil course di sana. ternyata ada berbagai macam pilihan termasuk soal public speaking

    BalasHapus
  18. keren nih greatnusa ya mba. saya belum pernah ambil course di sana. ternyata ada berbagai pilihan course termasuk public speaking

    BalasHapus
  19. Memang penting banget belajar public speaking zaman sekarang. Apalagi yang kerjanya berhadapan dengan orang banyak. Nah, belajar di GreatNusa menjadi pilihan yang tepat ni untuk melatih skill Public Speaking

    BalasHapus
  20. yups, penting banget mengasah skill public speaking. ohiya harga di greatnusa terjangkau berarti ya, jaman dulu rasanya ditempat lain mahal-mahal banget

    BalasHapus
  21. Dulu banget akutu pede aja bicara di depan umum, alih profesi jadi IRT makin ke sini makin merasa enggak mampu itu ini jadi keder kalau mesti public speaking begini hiks. Mesti ikutan kelas di GreatNusa biar jago lagi nih

    BalasHapus
  22. Blogger perlu juga nih belajar public speaking biar lancar ngomong kalau ditanya soal ngeblog. Hehe

    BalasHapus
  23. Betul sekali, nih, kak, kemampuan public speaking, tuh diperlukan juga buat para Blogger, secara kadang job juga butuh bikin video yg atraktif dan interaktif bersifat ajakan. Apa aku harus sekolah ke great nusa, yaa...hehe

    BalasHapus
  24. Public Speaking itu penting banget lho, tidak hanya pekerja kantoran tapi juga ibu rumah tangga yang merangkap sebagai blogger juga, kadang butuh juga keterampilan untuk bicara. Langsung deh aku kepoin GreatNusa, kayaknya penting juga buat anakku yang sekarang masih kuliah.

    BalasHapus
  25. GreatNusa untuk usia berapa saja mba.. bisa untuk anak-anak juga tidak ya?

    BalasHapus
  26. Pingin sekali si sulung bisa Public speaking tapi belum ada wadah yang bisa me Menjembatani kemampuan ini. Thanks infonya

    BalasHapus
  27. Wah, keren ya? Sekarang bisa ikutan kursus Public Speaking secara online ya Mbak? Kebetulan anak sulung saya berencana mengambil ekstra Public Speaking ini. Terima kasih atas info.

    BalasHapus
  28. Public speaking memang yang bikin panik tuh kalau suasananya gak bisa kita kuasai. Jadi perlu banget belajar dan mendalaminya ditambah jam terbang agar semakin fasih dan lancar menghadapi berbagai suasana.

    BalasHapus
  29. Dulunya saya tuh pemalu mbak, seiring dengan berjalannya waktu, belajar bareng teman2 kuliah untuk berani tampil. Meskipun beberapa kali jadi narasumber, saya rasa belajar public speaking tetap perlu. Tiap kali mau tampil, deg-degannya tetap ada euy hehehee... kadang bikin materi yang tadinya udah dalam pikiran bisa buyar :D

    BalasHapus
  30. Aku termasuk yang susah banget nih kalai soal public speaking, sering grogi dan blepotan. Kayak.y kudu banyak belajar jg nih

    BalasHapus
  31. Wah keterampilan public speaking dari dulu memang masih diperlukan ya mba. Untungnya ada Great Nusa yang bisa mengakomodasi kebutuhan untuk belajar public speaking

    BalasHapus
  32. asyikkk asyiiikk
    bisa bangett upgrading skills dgn ikut program ini yah
    mantab betuulll ini maah

    BalasHapus
  33. Mbak diannnn dikau keren sekali sih.. aku seneng banget membacanya

    BalasHapus
  34. Public speaking gak cmn buat blogger ya. buat kami2 di kantor yang sering2 presentasi ini itu, public speaking wajib banget, biar paparannya ok dan audiens antusias. Btw salam kenal mb

    BalasHapus
  35. Kemampuan yang ingin aku latih ini
    Soalnya banyak yang mau dibagi
    Tapi terhalang pada minder diri
    Khawatir orang salah arti
    Karena ngomong tapi belibet

    BalasHapus